Perbedaan Antara Sel Hewan Dan Tumbuhan Lengkap

Perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya yang akan disediakan juga dalam bentuk tabel dan gambar perbedaan sel hewan dan tumbuhan.

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan belajar mengenai beda antara sel hewan dan tumbuhan secara lengkap. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan dapat dilihat dari keberadaan beberapa struktur sel hewan dan tumbuhan. Salah satu perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan yang tepat adalah ada atau tidaknya dinding sel. Selain itu, dinding sel adalah perbedaan mendasar sel hewan dan tumbuhan.

Adakah perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan yang lainnya?

Tentunya ada, selain yang telah disebutkan diatas perbedaan antara sel hewan dengan tumbuhan adalah adanya atau tidaknya sentrosom dan beberapa lainnya. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya akan dibahas dibawah ini secara lengkap. 

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan adalah sebagai berikut ini. 

Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan itu apa saja?

Perbedaan Sel Hewan Dan Tumbuhan Beserta Gambarnya
Perbedaan Sel Hewan Dan Tumbuhan Beserta Gambarnya

Coba sobat carilah perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan dari gambar perbedaan antarasel hewan dan tumbuhan diatas. Nah, perbedaan sel hewan dan tumbuhan gambar dapat dilihat diatas. 

Dibawah ini akan dijelaskan perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan secara lengkap. Dimana materi perbedaan sel hewan dan tumbuhan kelas 11 dan kelas 7 walau belum spesifik. Perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan yaitu struktur atau hal yang membedakan antara sel hewan dan tumbuhan. 

Baca Juga: Jenis Sel Tumbuhan Dan Fungsinya - Gambar Lengkap

Dibawah ini dijelaskan mengenai perbedaan sel hewan dengan tumbuhan adalah sebagai berikut ini.

Perbedaan Ukuran Sel Hewan Dan Tumbuhan

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan adalah perbedaan ukuran sel hewan dan tumbuhan. Memiliki ukuran yang berbeda keduanya. Pada sel tumbuhan memiliki ukuran sel yang lebih besar dibadingkan dengan sel hewan. Hal ini terjadi karena terdapat plastida dalam tumbuhan yang digunakan untuk proses fotosintesis. 

Sementara itu, tidak ada proses fotosintesis yang terjadi pada hewan karena hewan bisa bergerak dan berpindah untuk mencari makan sendiri. Itulah perbedaan sel hewan dan tumbuhan beserta penjelasannya yang pertama.

Perbedaan Bentuk Sel Hewan Dan Tumbuhan

Contoh perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah perbedaan bentuk sel hewan dan tumbuhan. Memiliki bentuk yang berbeda keduanya. Sel tumbuhan memiliki bentuk yang persegi panjang, sedangkan sel hewan memiliki bentuk yaitu berbentuk bulat. Nah, itulah perbedaan ciri sel hewan dan tumbuhan.

Perbedaan Lisosom Sel Hewan Dan Tumbuhan

Apa yang menjadi perbedaan lisosom pada sel hewan dan tumbuhan?

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan berdasarkan organelnya adalah lisosom. Perbedaan dari lisosom. Sel tumbuhan tidak memiliki lisosom sedangkan sel hewan memiliki sel lisosom. Didalam sel tumbuhan tidak terdapat lisosom karena didalam tumbuhan tidak terjadi proses pencernaan. 

Gambar Sel Hewan Dan Tumbuhan Bagian Lisosom
Gambar Sel Hewan Dan Tumbuhan Bagian Lisosom

Sedangkan sel lisosom pada hewan terletak di dalam sitoplasmanya dan berbentuk seperti kantong. Selain itu, lisosom juga mengandung sejumlah enzim. Dimana lisosom berfungsi untuk membantu dalam pencernaan pemecahan zat didalam sel hewan yang dibantu oleh enzim.

Selain itu, apa saja perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan?

Perbedaan Plastida Hewan Dan Tumbuhan

Perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan dapat dilihat dari perbedaan plastida hewan dan tumbuhan. Perbedaan dari adanya plastisida. Didalam plastisida terdapat salah satu bagian yang bernama kloroplas. 

Hal inilah yang membedakan antara sel tumbuhan dan sel hewan. Apakah sel hewan memiliki kloroplas?

Gambar Kloroplas Pada Sel Tumbuham
Gambar Kloroplas Pada Sel Tumbuham

Dimana sel hewan tidak memiliki kroloplas seperti sel tumbuhan yang memilikinya. Nah, itulah Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan kloroplas. 

Dimana kroloplas ini memiliki pigmen hijau sehingga dapat menyerap matahari dan membuat proses fotosintesis yang sering dimanfaatkan oleh tumbuhan. Sedangkan pada hewan tidak ada, sehingga mereka harus mencari makan untuk memenuhi kebutuhannya. 

Nah, itulah salah satu untuk mengetahui perbedaan sel hewan dan tumbuhan dapat dilihat dari keberadaan plastidanya. 

Baca Juga: Karakteristik Sel Tumbuhan Disertai Fungsi & Gambar

Perbedaan Dinding Sel Hewan Dan Tumbuhan

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan dapat dilihat dari ada tidaknya  dinding sel. Perbedaan yang terdapat di dinding sel pada sel hewan dan tumbuhan. Dinding sel hanya terdapat pada sel tumbuhan, sedangkan pada sel hewan tidak terdapat dinding sel. Perbedaan yang mencolok antara sel hewan dan tumbuhan adalah dinding sel. 

Dinding sel pada tumbuhan memiliki fungsi untuk melindungi dari pengaruh lingkungan luar dan mempertahankan bentuk sel agar tidak berubah. Dinding selnya terdiri dari selulosa dan hemiselulosa. Sebagai pengganti dari dinding sel yang tidak ada pada sel hewan. 

Sel hewan memiliki membran plasma yang berfungsi sebagai pembatas yang tipis antara isi sel dan lingkungan luar sel. Nah, salah satu perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan adalah ada tidaknya bagian sel yaitu dinding sel.

Perbedaan Sentrosom Hewan Dan Tumbuhan

Perbedaan komponen sel hewan dan tumbuhan  adalah melalui sentrosom. Perbedaan terhadap sentrosom hewan dan tumbuhan. Setrosom terdapat pada sel hewan sedangkan sel tumbuhan tidak memilikinya. Sentrosom pada sel hewan adalah suatu organel sel yang letaknya dekat dengan inti sel yang memiliki fungsi aktif pada pembelahan sel hewan. 

Gambar Sentrosom Pada Sel Hewan
Gambar Sentrosom Pada Sel Hewan

Selain itu, sentrosom pada sel hewan bertugas dalam membantu pergerakan kromosom selama proses pembelahan sel. Nah, itulah salah satu perbedaan karakteristik sel hewan dan tumbuhan. Sentrosom adalah salah satu perbedaan umum sel hewan dan tumbuhan.

Perbedaan Vakuola Hewan Dan Tumbuhan 

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan dilihat dari keberadaan vakuola. Salah satu yang mencolok adalah perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan antara lain pada ukuran vakuola. Pada sel tumbuhan, ukuran vakuola besar dan memiliki jumlah yang banyak. 

Bahkan, dapat dilihat dari ukuran vakuola yang semakin besar dapat menandakan bahwasannya tumbuhan tersebut telah berusia lama. Vakuola adalah suatu organel sel berupa rongga cairan dan memiliki fungsi semacam gudang seperti menyimpan air, zat sisa, cadangan makanan, dan zat terlalu lainnya. 

Vakuola dapat ditemukan baik didalam sel tumbuhan maupun sel hewan. Namun, pada sel hewan tidak semua hewan memiliki vakuola dan jika memilikinya hanya sedikit dan ukurannya pun kecil. Hewan yang memiliki vakuola adalah jenis hewan uniseluler rendah seperti protozoa. Nah, itulah salah satu perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan adalah antara lain vakuola.

Lalu bagaimana dengan tabel perbedaan sel hewan dan tumbuhan terutama organelnya? Sebelumnya yok tonton dulu video perbedaan sel hewan dan tumbuhan dibawah ini.

Perbedaan Organ Sel Hewan Dan Tumbuhan Dalam Tabel

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan secara singkat terutama pada bagian perbedaan organel sel hewan dan tumbuhan. Kali ini, perbedaan organel sel hewan dan tumbuhan dalam bentul tabel penyajian. 

Tenang saja walau perbedaan sel hewan dan tumbuhan dalam bentuk tabel disajikannya. Namun, akan tetap ada penjelasan sedikit mengenai perbedaan sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya.

Dibawah ini dijelaskan perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan berdasarkan organel organel selnya adalah berikut ini. Dimana perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan menggunakan tabel. 

Baca Juga: Struktur Sel Tumbuhan Dan Fungsinya Terlengkap 

Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Pada Tabel

Perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan berikut ini yang tepat adalah bagian organelnya dibawah ini.

No.

Nama Organel

Hewan

Tumbuhan

1.

Sentriol

Ada

Tiada

2.

Dinding Sel

Tiada

Ada

3.

Vakuola

Kecil

Besar

4.

Plastida

Tiada

Ada

Itulah perbedaan sel hewan dan tumbuhan dalam tabel. Dibawah ini dijelaskan empat perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan yang telah dijelaskan sebelumnya didalam tabel.

Perbedaan Fungsi Organel Sel Hewan Dan Tumbuhan

Setelah mengetahui dan mengindetifikasi perbedaan sel hewan dan tumbuhan diatas. Mari kita jabarkan mengenai perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan dalam tabel diatas. Perbedaan organel sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya adalah sebagai berikut ini. Selain itu, dibawah ini disajikan perbedaan sel hewan dan tumbuhan dalam bentuk gambar.

Perbedaan Sel Hewan Dan Tumbuhan Berdasarkan Gambar
Perbedaan Sel Hewan Dan Tumbuhan Berdasarkan Gambar

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan gambar dengan keterangan jelas dapat disimak pada gambar diatas. 

Sentriol Pada Sel Hewan

Salah satu perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan terletak pada sentriol. Sentriol adalah salah satu organel sel yang hanya ada pada sel hewan dan tidak terdapat pada sel tumbuhan. Sentriol berbentuk silindris. Didalam sentriol terdapat tiga mikrotubula yang menyusun setiap silindris tersebut. Sentriol berfungsi untuk pembelahan sel.

Dinding Sel Tumbuhan

Apa perbedaan sel hewan dan tumbuhan selanjutnya?

Salah satu perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan yang paling tepat adalah terdapat di dinding sel. Dinding sel adalah salah satu bagian terluar dari sel dan dinding sel hanya terdapat ada pada sel tumbuhan, sedangkan untuk sel hewan dan manusia tidak ada. Dinding sel berbentuk diktiosom dan dinding sel tersusun dari polisakarida yang terdiri atas hemiselulosa.

Dinding sel berfungsi untuk turginitas atau kekakuan sel dan dapat membuat bentuk sel tetap atau tidak berubah. Nah, itulah salah satu perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang paling tepat adalah pada bagian dinding sel. Lalu apa perbedaan vakuola sel hewan dan tumbuhan?

Vakuola Pada Sel Tumbuhan

Salah satu perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan secara umum adalah vakuola. Vakuola adalah suatu organel terbesar pada tumbuhan yang memiliki bentuk seperti kantung yang didalamnya terkandung cairan senyawa organik dan an organik. Vakuola berfungsi untuk sebagai tempat menyimpan makanan seperti protein dan zat gula yang didalamnya tersimpan pigmen daun, daun, dan buah. 

Selain itu, vakuola berfungsi juga sebagai menstabilkan nilai tingkat PH, mengatur tekanan didalam sel, dan mengisolasikan zat sisa – sisa metabolisme sel.

Gambar Vakuola Sel Tumbuhan Dan Hewan
Gambar Vakuola Sel Tumbuhan Dan Hewan


Vakuola Pada Sel Hewan

Vakuola pada sel hewan hanya dijumpai pada hewan uniseluler saja, selain itu tidak ada. Vakuola pada sel hewan berfungsi sebagai tempat terlarutnya berbagai zat seperti enzim, garam mineral, basa, asam, lipid, dan akaloid. Selain itu, vakuola berfungsi sebagai tempat osmoregulator. Osmoregulator adalah sebagai pengatur sekresi.

Plastida Sel Tumbuhan

Plastisida adalah organel yang hanya terdapat pada tumbuhan dan tidak terdapat pada sel hewan maupun sel manusia. Plastisida terbagi menjadi 3 bagian yaitu leukoplas, kloroplas, dan kromoplas. 

Plastisida berfungsi untuk sintesis asam lemak dan terpen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Selain itu, fungsi plastisida yang paling penting adalah untuk melakukan proses fotosintesis. Nah, itulah salah satu perbedaan utama sel hewan dan tumbuhan.

Nah, itulah telah dijelaskan perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan dalam bentuk tabel. Mungkin hanya sampai disini materi mengenai perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan beserta fungsinya dalam bentuk tabel. 

Selain itu, sekaligus mengakhiri materi perbedaan antara organel sel hewan dan tumbuhan. Serta mengenai perbedaan sel hewan dan tumbuhan secara lengkap.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung