Struktur Sel Tumbuhan Dan Fungsinya Terlengkap

Organel atau struktur sel tumbuhan dan fungsinya yang disertai dengan gambar. Seperti fungsi nukleus, sitoplasma, kroloplas, dinding sel pada sel tumbuhan.

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai struktur sel tumbuhan dan fungsinya singkat. Hal ini agar sobat lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai struktur sel tanaman dan fungsinya yang disertai dengan gambar. Materi ini adalah salah satu materi biologi kelas 11 tentang sel lengkap bagian tumbuhan.

Dengan disertai gambar, sobat dalam mempelajari struktur organel sel tumbuhan dan fungsinya akan jauh lebih muda. Selain itu, sobat juga akan lebih mudah dalam membedakan setiap struktur sel pada tumbuhan dan fungsinya tersebut.

Selamat Belajar!!!

Pengertian Sel Tumbuhan


Pengertian sel tumbuhan adalah Sel tumbuhan adalah suatu penyusun terkecil pada bagian organel tumbuhan. Sel tumbuhan pada tumbuhan berperan dalam penggerak dari suatu tumbuhan tersebut. Sifat sel tumbuhan adalah dapat beregenerasi menjadi tanaman yang lengkap adalah sifat meristem. Nah, itulah sifat sel jaringan tumbuhan. Pada sel tumbuhan terdapat jenis jenis sel tumbuhan. Selain itu, disetiap struktur sel tumbuhan memiliki fungsi tersendiri pada tumbuhan tersebut. 

Gambar Struktur Sel Tumbuhan
Gambar Struktur Sel Tumbuhan

Diatas telah ditampilkan gambar sel tumbuhan dan fungsinya. Nah, dibawah ini adalah struktur sel tumbuhan beserta fungsinya yang disertai gambar agar sobat mudah memahaminya. 


Struktur Bagian Sel Tumbuhan Dan Fungsinya


Dibawah ini akan dibahas secara lengkap mengenai struktur sel tumbuhan beserta fungsinya yang disertai dengan gambar didalamnya. Penasaran apa saja struktur sel tumbuhan beserta bagian dan fungsinya tersebut. Yuk, simak dibawah ini mengenai struktur organel sel tumbuhan beserta fungsinya.

Gambar Struktur Sel Tumbuhan Dan Fungsinya
Gambar Struktur Sel Tumbuhan Dan Fungsinya

Gambar diatas telah mencakup seluruh struktur sel tumbuhan yang akan dijelaskan dibawah ini. Sehingga, ketik tidak ada gambar sel tumbuhan beserta struktur dan fungsinya, maka dapat melihat gambar diatas tersebut.

Membran Inti Sel Tumbuhan

Struktur organel sel tumbuhan beserta fungsinya yang pertama adalah membran inti. Membran inti adalah lapisan terluar yang melindungi inti sel dan badan sel dari lingkungan atau pengaruh luar. Membran sel memiliki sifat selektif permeabel. Sifat selektif permeabel artinya hanya dapat dilalui oleh zat atau ion tertentu saja. Zat atau ion yang dapat lewat adalah glukosa, asam amino, dan gliserol. Membran sel terbagi menjadi dua yaitu fosfolipid dan protein. 

Fungsi Membran Inti Sel Tumbuhan

Fungsi membran sel adalah melindungi bagian dalam sel dari lingkungan luarnya dan mengatur keluar-masuknya suatu zat kedalam sel.

Kromatin Pada Sel Tumbuhan

Selanjutnya dari materi fungsi struktur sel tumbuhan lengkap adalah kromatin. Kromatin adalah suatu istilah yang digunakan dalam merujuk terhadap campuran histon, DNA dan protein lainnya yang membentuk kromosom. 

Fungsi Kromatin Sel Tumbuhan

Fungsi kromatin pada sel tumbuhan adalah mengkondensasi DNA untuk mengaktifkannya masuk dalam inti sel, membantu dalam menyalin RNA dan melindungi DNA dari kerusakan.

Nukleolus Pada Sel Tumbuhan

Selanjutnya, struktur sel tumbuhan dan fungsinya adalah Nukleolus. Nukleolus adalah suatu organel sel yang terdapat di dalam nukleus dan nukleolus disebut juga dengan anak inti. Nukleolus tersusun dari benang – benang halus DNA. Ukuran yang dimiliki oleh nukleolus lebih besar dibandingkan kromatin. 

Gambar Nukleolus Pada Sel Tumbuhan
Gambar Nukleolus Pada Sel Tumbuhan


Fungsi Nukleolus Pada Sel Tumbuhan

Nukleolus berfungsi sebagai tempat berlangsungnya sintesis RNA dan membentuk ribosom.

Inti Sel Tumbuhan

Struktur tubuh sel tumbuhan dan fungsinya adalah inti sel. Inti sel adalah suatu organel sel yang terletak didalam sel eukariotik. Selain itu, intel sel merupakan suatu sel yang unik dan penting karena mengandung materi genetik yang berbentuk DNA. Didalam DNA tersebut mengandung informasi genetik yang berbentuk polinukleotida. 

Baca Juga: Jenis Sel Tumbuhan Dan Fungsinya - Gambar Lengkap

Fungsi Inti Sel Pada Sel Tumbuhan

Inti sel berfungsi melakukan proses pembelahan untuk memenuhi proses metabolisme yang terjadi pada tubuh tumbuhan. Selain itu, mengkoordinasi proses metabolisme, misalnya pertumbuhan sel, pembelahan sel, dan sintesis protein.

Nukleoplasma Pada Sel Tumbuhan

Organel sel tumbuhan dan fungsinya yaitu nukleoplasma. Nukleoplasma adalah cairan kental yang mengisi bagian dalam nukleus. Nukleus memiliki fungsi untuk mengatu aktivitas sel secara menyeluruh. Nukleoplasma terdiri dari asam nukleat (DNA dan RNA) yang merupakan pembawa sifat genetik, protein, dan mineral garam. Selain itu, ketika DNA dan RNA bergabung dengan protein maka akan disebut dengan nukleoprotein. 

Gambar Nukleoplasma Pada Sel Tumbuhan
Gambar Nukleoplasma Pada Sel Tumbuhan


Fungsi Nukleoplasma Pada Sel Tumbuhan

Fungsi nukeloplasma adalah sebagai media transportasi zat-zat yang telah dibutuhkan oleh nukleus, suspensi bagi organel sel yang terdapat di dalam nukelus, dan untuk Mempertahankan bentuk nukleus.

Retikulum Endoplasma Kasar Pada Sel Tumbuhan

Struktur dan fungsi sel tumbuhan selanjutnya adalah Retikulum Endoplasma Kasar. Retikulum Endoplasma (RE) kasar adalah bagian dari retikulum endoplasma (RE) yang letaknya RE kasar ini terdapat di dekat nukleus dan aparat golgi. RE kasar memiliki bentuk memanjang ke pinggiran sel, endoplasmaticular reticulum endoplasma diisi dengan ribosom dan memberikan bentuk granular.

Fungsi Retikulum Endoplasma Kasar Sel Tumbuhan

RE kasar berfungsi untuk memproduksi protein dan steroid, dilakukannya pemeliharaa streroid dan sebagai jalur bagi molekul untuk bergerak secara bersama – sama.

Gambar Retikulum Endoplasma Pada Sel Tumbuhan
Gambar Retikulum Endoplasma Pada Sel Tumbuhan


Retikulum Endoplasma Halus Pada Sel Tumbuhan

Organel sel dan fungsinya dari tumbuhan adalah Retikulum Endoplasma Halus. Retikulum Endoplasma (RE) halus adalah salah satu bagiand ar retikulum endoplasma (RE) yang mana mempunyai sedikit atau tidak memiliki robosom. Secara umum konsentrasi RE haluss kurang apabila dibandingkan dengan RE kasar. 

Retikulum Endoplasma Halus Pada Sel Tumbuhan

Fungsi Retikulum Endoplasma pada sel tumbuhan (RE Halus) adalah mengisolir dan membawa protein tersebut ke bagian-bagian sel lainnya.

Kloroplas Sel Tumbuhan

Selain itu, struktur sel tumbuhan dan fungsinya adalah kloroplas. Kloroplas adalah bagian dari plastisida yang hanya ada pada tumbuhan. Bentuk kloroplas adalah bulat lonjong dan mengandung pigmen hijau. Selain itu, didalam kloroplas terjadi fase terang dan fase gelap yang merupakan bagian dari proses fotosintesis. 

Gambar Kloroplas Pada Sel Tumbuham
Gambar Kloroplas Pada Sel Tumbuham


Fungsi Kloroplas Pada Sel Tumbuhan

Kloroplas berfungsi sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis dan menghasilkan klorofil.

Plastida Sel Tumbuhan

Plastisida adalah organel yang hanya terdapat pada tumbuhan dan tidak terdapat pada sel hewan maupun sel manusia. Plastisida terbagi menjadi 3 bagian yaitu leukoplas, kloroplas, dan kromoplas. Plastida adalah salah satu organel sel yang hanya dimiliki tumbuhan.

Fungsi Plastida Sel Tumbuhan

Plastisida berfungsi untuk sintesis asam lemak dan terpen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Selain itu, fungsi plastisida yang paling penting adalah untuk melakukan proses fotosintesis.

Dinding Sel Tumbuhan

Struktur sel tanaman dan fungsinya adalah dinding sel tumbuhan. Dinding sel adalah salah satu bagian terluar dari sel dan dinding sel hanya terdapat ada pada sel tumbuhan, sedangkan untuk sel hewan dan manusia tidak ada. Dinding sel berbentuk diktiosom dan dinding sel tersusun dari polisakarida yang terdiri atas hemiselulosa. Dinding sel adalah salah satu organel sel yang hanya dimiliki tumbuhan.

Fungsi Dinding Sel Pada Sel Tumbuhan

Fungsi dinding sel tumbuhan untuk turginitas atau kekakuan sel dan dapat membuat bentuk sel tetap atau tidak berubah.

Gambar Struktur Organel Sel Tumbuhan Dan Fungsinya
Gambar Struktur Organel Sel Tumbuhan Dan Fungsinya


Selulosa Pada Dinding Sel Tumbuhan

Selulosa adalah salah satu kompenen structural utama dinding sel dari tumbuh – tumbuhan hijau dan memiliki jumlah zat penyusun yang banyak terhadap tanaman. 

Baca Juga: Sistem Reproduksi Wanita, Fungsinya & Hormon Yang Memengaruhinya

Fungsi Selulosa Pada Sel Tumbuhan

Fungsi selulosa adalah sebagai penyusun dinding sel tumbuhan.

Sitoskeleton Pada Sel Tumbuhan

Struktur organel sel tumbuhan dan fungsinya adalah sitoskeleton. Sitoskeleton adalah suatu jaringan berkas – berkas protein yang menyusun sitoplasma didalam sel tumbuhan. Sitoskeleton tidak hanya ditemukan didalam sel eukariota. Namun, ditemukan juga di sel prokariota. 

Fungsi Sitoskeleton Pada Sel Tumbuhan

Fungsi sitoskeleton adalah motilitas sel, memberikan bentuk dan memeprtahankan struktur sel, dan penempatan berbagai organel sel.

Plasmodesmata Pada Sel Tumbuhan

Plasmodesmata adalah suatu saluran terbuka yang ada pada dinding sel tumbuhan melalui benang sitosol yang terhubung dari sel-sel tetangganya. Sitoplasma lewat melintasi plasmodemata dan menghubungkan kandungan hidup sel yang bersebelahan. Hal ini akan menyatukan sebagian besar bagian tumbuhan itu menjadi satu rangkaian tumbuhan hidup. Fungsi sitoplasma pada sel tumbuhan adalah sebagai tempat bagi organel - organel sel seperti oleh sel dan inti sel.

Gambar Plasmodesmata Pada Sel Tumbuhan
Gambar Plasmodesmata Pada Sel Tumbuhan


Fungsi Plasmodesmata Pada Sel Tumbuhan

Plasmodesmata memiliki fungsi untuk menghubungkan sel yang satu dengan sel lainnya melalui retikulum endoplasma dengan celah yang disebut desmotubul, memberikan suatu jalur yang mudah untuk pergerakan suatu zat dan sebagainya.

Membran Plasma Sel Tumbuhan

Struktur sel tumbuhan dan fungsinya adalah membran plasma. Membran plasma adalah pelindung dan akses keluar-masuknya berbagai molekul didalam sel. Membran akan melindungi seluruh permukaan sel berjumlah banyak pada tumbuhan terhadap gangguan dari luar agar tidak masuk. 

Fungsi Membran Plasma Pada Sel Tumbuhan

Fungsi membran plasma adalah pintu gerbang keluar – masuknya zat kedalam sel, mengamakan bagian dalam sel, dan mencegah terjadinya perubahan terhadap bentuk sel.

Struktur Sel Tumbuhan Beserta Fungsi Dan Gambarnya
Struktur Sel Tumbuhan Beserta Fungsi Dan Gambarnya


Sitosol Pada Sel Tumbuhan

Prolasma/sitosol adalah suatu cairan kental yang terdiri dari atas 70% air, senyawa – senyawa organik dan garam. 

Fungsi Sitosol Dalam Sel Tumbuhan

Fungsi dari prolasma/sitosol adalah sumber bahan makanan bagi sel dan organelorganel sel serta tempat terjadinya proses metabolisme seperti sintesis protein dan asam lemak.

Peroksisom Sel Tumbuhan

Peroksisom adalah suatu organel sel yang memiliki ukuran kecil yang dilapisi dengan membran tunggal. Selain itu, peroksisom merupakan organel sitoplasma dari sel tumbuhan yang memiliki kandungan enzim oksidatif tertentu. Umumnya peroksisom dapat berinteraksi dengan retikulum endoplasma. 

Gambar Periksisom Sel Tumbuhan
Gambar Periksisom Sel Tumbuhan


Fungsi Peroksisom Pada Sel Tumbuhan

Fungsi peroksisom adalah untuk mengubah racun menjadi air, untuk memecahkan asam lemak menjadi gula, dan untuk dapat membantu kloropas dalam proses fotorespirasi.

Mitokondria Pada Sel Tumbuhan

Mitokondria adalah suatu organel tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel tumbuhan dan mitokondria dikenal juga dengan the power house of cell. Mitokondria berbentuk bulat lonjong yang ada di dalam sitoplasma sel tumbuhan. Selain itu, mitokondria memiliki dua macam yaitu membran dalam yang berbentuk seperti labirin dan membran luar berbentuk seperti celah sempit yang disebut dengan intermembran space. 

Gambar Mitokondria Pada Sel Tumbuhan
Gambar Mitokondria Pada Sel Tumbuhan


Fungsi Mitokondria Pada Sel Tumbuhan

Mitokondria berfungsi sebagai tempat respirasi aerob dalam bentuk ATP dan sumber energi.

Lamela Tengah Pada Dinding Sel Tumbuhan 

Lamela tengah adalah suatu lapisan dinding sel yang memiliki perekat untuk membentuk jaringan tumbuhan. Lamela tengah terdiri atas zat kitin. Selain itu, terjadi juga lignifikasi yang akan membuat batang tumbuhan semakin kuat dan kokoh apabila terjadi penambahan pada lignin. 

Fungsi Lamela Tengah Pada Sel Tumbuhan

Fungsi lamela tengah adalah sebagai em atau perekat dalam membentuk jaringan tumbuhan.

Tonton juga video diatas mengenai struktur dan fungsi sel tumbuhan. 

Vakuola Tengah Pada Sel Tumbuhan 

Vakuola tengah adalah suatu organel yang terdapat pada tummbuhan yang memiliki suatu rongga bermembran yang berisi macam macam senyawa makanan, air, sisa metabolism dan sebagainya. Vakuola tengah terbagi menjadi tiga yaitu vakuola tumbuhan pusat, vakuola makanan dan vakuola kontraktil yang ditemukan di sel Protista. Selain itu, vakuola tengah memiliki ukuran yang besar terhadap sel parenkim dan kolenkim dewasa. 

Fungsi Vakuola Tengah Pada Sel Tumbuhan 

Fungsi vakuola tengah adalah sebagai tempat penyimpanan zat cadangan makanan seperti amilum dan glukosa dan tempat menyimpan pigmen seperti daun, bunga dan buah.

Badan Golgi Sel Tumbuhan

Badan golgi adalah suatu organel sel yang terdiri atas kumpulan vesikel pipih yang mana bentuknya seperti kantong pipih. 

Gambar Badan Golgi Pada Sel Tumbuhan
Gambar Badan Golgi Pada Sel Tumbuhan


Fungsi Badan Golgi Pada Sel Tumbuhan

Badan golgi berfungsi sebagai tempat penyimpanan sekunder protein dan zat lain yang berasal dari retikulum endoplasma. Selain itu, berfungsi juga sebagai alat sekresi pada sel, dimana didalamnya terjadi perubahan dari enzim yang tidak aktif menjadi enzim yang aktif.

Ribosom Sel Tumbuhan

Ribosom adalah suatu organel sel yang memiliki bentuk seperti butiran nukleoprotein. Ribosom mengandung asam ribonukleat dan protein dengan presentasi 60% berbanding 40%. Ribosom terbagi menjadi dua yaitu ribosom terikat dimana selalu bergabung dengan retikulum endoplasma dan ribosom bebas. 

Fungsi Ribosom Pada Sel Tumbuhan

Ribosom berfungsi untuk memproduksi dan mensintesis zat protein didalam sel. Selain itu, ribosom berfungsi juga untuk menyusun urutan asam amino menjadi peptida sesuai dengan cetakan RNA Messenger.

Vakuola Pada Sel Tumbuhan

Vakuola adalah suatu organel terbesar pada tumbuhan yang memiliki bentuk seperti kantung yang didalamnya terkandung cairan senyawa organik dan an organik. Vakuola adalah salah satu organel sel yang hanya dimiliki tumbuhan.

Gambar Vakuola Sel Tumbuhan
Gambar Vakuola Sel Tumbuhan


Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan

Vakuola berfungsi untuk sebagai tempat menyimpan makanan seperti protein dan zat gula yang didalamnya tersimpan pigmen daun, daun, dan buah. Selanjutnya berfungsi juga sebagai menstabilkan nilai tingkat PH, mengatur tekanan didalam sel, dan mengisolasikan zat sisa – sisa metabolisme sel.

Nah, itulah materi mengenai struktur sel tumbuhan dan fungsinya yang dibahas secara lengkap, akan tetapi singkat. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat semuanya .

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung