Karakteristik Sel Tumbuhan Disertai Fungsi & Gambar

Karakteristik sel tumbuhan yang disertai fungsi seperti dinding sel. Selain itu, tumbuhan memiliki organel, ciri ciri, dan perbedaan pada sel tumbuhannya. 

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas secara lengkap mengenai karakteristik sel tumbuhan atau ciri ciri sel tumbuhan. Selain membahas karakteristik sel tumbuhan, akan membahas juga mengenai fungsinya. Ditambah terdapat gambar yang akan memperjelas sobat dalam mengetahui dan membedakan tiap karakteristik sel tumbuhan tersebut. 

Selamat Membaca!!!

Pengertian Sel Tumbuhan 


Sel tumbuhan adalah suatu penyusun terkecil pada bagian organel tumbuhan. Sel tumbuhan pada tumbuhan berperan dalam penggerak dari suatu tumbuhan tersebut. Sifat sel tumbuhan adalah dapat beregenerasi menjadi tanaman yang lengkap adalah sifat meristem. Nah, itulah sifat sel jaringan tumbuhan. Pada sel tumbuhan terdapat jenis jenis sel tumbuhan. Dimana setiap jenis sel tumbuhan memiliki fungsi tersendiri pada tumbuhan tersebut. 

Gambar Struktur Sel Tumbuhan
Gambar Struktur Sel Tumbuhan

Diatas telah ditampilkan mengenai gambar sel tumbuhan dan fungsinya. Dimana fungsi sel tumbuhan akan dijelaskan dibawah ini agar jauh lebih jelas lagi. 

Sel tumbuhan memiliki perbedaan dengan sel makhluk hidup lainnya. Sel tumbuhan dan sel hewan memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Apalagi perbedaan sel tumbuhan dengan sel manusia, tentu berbeda pula. Sehingga terdapat perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan. Bahkan, terdapat pula perbedaan karakteristik sel hewan dan tumbuhan. 


Lantas apa saja perbedaan karakteristik sel hewan dan sel tumbuhan? kita akan membahasnya pada artikel selanjutnya. Karena pada kesempatan kali ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai karakteristik sel tumbuhan dan bukan karakteristik sel tumbuhan dan hewan. Selain itu, membahas juga mengenai karakteristik khusus sel dari tumbuhan atau ciri khas sel tumbuhan.

Tonton juga mengenai sel tumbuhan dan fungsinya.




Karakteristik Sel Tumbuhan


Apa saja yang menentukan karakteristik sel tumbuhan dan jelaskan karakteristik sel tumbuhan? Dua pertanyaan itu akan terjawab dibawah ini.

Didalam sel tumbuhan terdapat beberapa karakteristik atau ciri ciri sel pada tumbuhan. Hal ini akan menjadi penanda tersendiri bagi tumbuhan tersebut. Beberapa karakteristik sel tumbuhan tampak pada beberapa poin dibawah ini. Ciri-ciri sel tumbuhan adalah sebagai berikut ini.

Vakuola Pada Sel Tumbuhan


Memiliki vakuola yang besar. Vakuola tersebut memiliki ukuran yang besar dan volumenya dipenuhi air serta vakuola ini dilapisi oleh membran yang disebut dengan tonoplas. Tonoplas sendiri memiliki fungsi yang cukup penting. Fungsi tonoplas adalah menyimpan zatzat berguna, mempertahankan sel turgor, mengontrol pergerakan molekul antara sitosol dan getah tumbuhan, serta mencerna limbah protein dan organel.

Gambar Vakuola Sel Tumbuhan
Gambar Vakuola Sel Tumbuhan

Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan


Fungsi utama vakuola adalah memasukkan air melalui tonoplas untuk membangun turgor sel.

Lalu, apa itu turgor sel? 

Tugor sel adalah tekanan turgor pada sel tumbuhan yang mendorong membran sel terhadap dinding sel pada tumbuhan. Tekanan ini disebabkan oleh timbulnya aliran osmosis air dari bagian dengan konsentrasi terlarut rendah di luar sel ke dalam vakuola sel yang memiliki konsentrasi terlarut lebih tinggi. Hal ini dimanfaatkan oleh sel tumbuhan untuk mempertahankan bentuknya.

Selain itu, terdapat beberapa fungsi vakuola yang lainnya. Beberapa fungsi vakuola adalah sebagai berikut ini.
  • Untuk menyimpan zat makanan. Contohnya, sukrosa dan garam mineral. Selain itu, sebagai tempat penyimpanan hasil sintesa. Contohnya, glikogen, fenol, amilum, dan glukosa
  • Tempat penimbunan sisa metabolisme pada tumbuhan, contohnya getah pada batang tumbuhan karet.
  • Sebagai tempat untuk mendekatkan sitoplasma ke dinding. Hal ini agar keluar-masuk zat lancar dan cepat.
  • Vakuola juga berfungsi untuk membuat sel muda menjadi kuat.
  • Sebagai tempat sirkulasi zat dalam sel.
  • Tempat penyimpanan pigmen dari daun, bunga, dan buah.
  • Sebagai tempat penyimpanan atsiri.
  • Membantu pertumbuhan sel agar memanjang dan besar.
  • Sebagai tempat perlindungan.

Dinding Sel Tumbuhan


Lantas bagimana karakteristik dinding sel tumbuhan?

Gambar Dinding Sel Tumbuhan
Gambar Dinding Sel Tumbuhan

Karakteristik dari sel tumbuhan adalah memiliki sebuah dinding sel. Dinding sel tersebut terdiri dari selulosa, hemiselulosa, pektin, dan mengandung lignin yang dihasilkan dari protoplas di luar membran sel. Sedangkan untuk tumbuhan jamur, dinding sel jamur terbuat dari kitin dan bakteri yang terbuat dari peptidoglikan. Salah satu karakteristik khusus sel dari tumbuhan ialah dinding sel tumbuhan. Hal ini karena manusia maupun hewan tidak memilikinya. 

Fungsi Dinding Sel Tumbuhan


Beberapa fungsi dinding sel tumbuhan adalah sebagai berikut ini.
  • Dinding sel tumbuhan dapat melindungi sel lainnya yang berada didalam tumbuhan.
  • Sebagai tempat sirkulasi sel.
  • Sebagai tempat distribusi sel dikarenakan dinding sel tidaklah padat, sehingga dapat mendistribusikan air, mineral, maupun nutrisi lain yang dibutuhkan oleh sel.
  • Menjadi penopang sel.
  • Mencegah terjadinya kerusakan pada tanaman.
  • Sebagai tempat penyimpanan molekul.

Plasmodesmata Pada Sel Tumbuhan


Plasmodesmata adalah suatu jalur komunikasi khusus antar sel yang berupa pori-pori di dinding sel. Pori – pori tersebut menghubungkan plasmalemadi sel satu dengan retikulum endoplasma di sel lainnya.

Gambar Plasmodesmata Pada Sel Tumbuhan
Gambar Plasmodesmata Pada Sel Tumbuhan


Fungsi Plasmodesmata Pada Sel Tumbuhan


Plasmodesmata berfungsi menghubungkan sel yang satu dengan sel lainnya. Plasmodesmata menghubungkan antar sel tersebut melalui retikulum endoplasma dengan celah yang disebut desmotubul. Plasmodesmata memberikan suatu rute yang mudah untuk pergerakan ion dan molekul kecil. Contohnya seperti gula, asam amino, dan makromolekul seperti RNA antar sel. 

Tidak Memiliki Flageal Dan Sentriol


Tidak memiliki flagela dan sentriol. Hal ini terdapat pada tumbuhan yang kompleks seperti gymnospermae dan tanaman berbunga. Biasanya flagela dan sentriol ini biasanya terdapat didalam sel hewan. Sedangkan untuk sel kelamin jantan pada lumut dan ptedophyta, sikas, dan ginkgo memiliki flagela yang serupa dengan sel hewan.

Plastida Sel Tumbuhan


Ciri ciri sel tumbuhan dan fungsinya selanjutnya adalah mempunyai plastida. Plastida tersebut terdiri dari kloroplas, kromoplas, dan leukoplas. Kloroplas merupakan salah satu yang terpenting karena memiliki pigmen warna hijau yang memungkinkan untuk menyerap sinar matahari lalu terjadi proses fotosintesis bagi tumbuhan. 

Gambar Plastida Pada Tumbuhan
Gambar Plastida Pada Tumbuhan

Sedangkan kromoplas berfungsi untuk menyimpan pigmen dan melakukan sintesis. Terakhir, leukoplas adalah bagian dari plastida yang tidak memiliki warna dan leukoplas ini berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Selain memiliki dinding sel, karakteristik khusus sel tumbuhan ialah memiliki plastida karena didalamnya mengandung klorofil yang dapat membuat proses fotosintesis. 


Fungsi plastida sel tumbuhan


Beberapa fungsi plastida sel tumbuhan adalah sebagai berikut ini.

  • Ciri-ciri sel tumbuhan yang berfungsi untuk fotosintesis adalah memiliki klorofil. Klorofil ini terdapat di plastida, Maka, fungsi plastida adalah sebagai tempat proses fotosintesis. 
  • Salah salah organel yang sangat berperan dalam kelangsungan hidup tumbuhan karena menyediakan makanan dari proses fotosintesis.
  • Tempat terjadinya proses sintesis dan penyimpanan makanan.

Pembelahan Sel Tumbuhan


Terjadinya pembelan sel. Pembelahan sel ini dilakukan dengan pembentukan phragmoplas sebagai dasarnya. 

Nah, itulah materi mengenai karakteristik sel tumbuhan. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu sobat semua.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung