Pengertian Sel Jaringan Organ Dan Sistem Organ

Pengertian sel jaringan organ dan sistem organisme beserta contohnya. Pengertian tersebut merupakan bagian dari tingkatan organisasi kehidupan.

Tingkatan organisasi kehidupan terdiri dari sel jaringan organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem biosfer dan bioma. Namun, pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas 4 tingkatan organisasi kehidupan saja. Keempat tingkatan organisasi kehidupan tersebut ialah sel jaringan organ dan sistem Organ.

Selain membahas mengenai pengertiannya, akan diberikan juga contoh sel jaringan organ dan sistem organ. Seperti contoh jaringan, contoh sel, contoh sistem organ, dan contoh organ. Daripada lama, ayo langsung saja kita bahas mengenai  pengertian dari sel jaringan organ dan sistem organ.

Selamat Belajar di Blog Pelajaran Sekolah!!!

Pengertian Sel Jaringan Organ Dan Organisme Beserta Contohnya


Apa pengertian dan contoh sel jaringan organ sistem organisme? Sudah tahu atau belum?

Gambar Sel Jaringan Organ Dan Sistem Organ
Gambar Sel Jaringan Organ Dan Sistem Organ

Apa pengertian dari sel jaringan organ dan sistem organ tentunya berbeda antara satu dan yang lainnya. Keempatnya memiliki pengertian tersendiri. Jika dilihat dari contoh sel jaringan organ sistem organ, tentunya akan berbeda pula. Sehingga, sobat harus tahu apa yang menjadi perbedaannya. Perbedaan yang perlu diketahui yaitu pengertian sel jaringan organ sistem organ dan contohnya.


Dibawah ini akan dijelaskan pengertian sel jaringan organ dan sistem organ sebagai berikut.

Pengertian Sel Biologi

Pengertian sel adalah suatu unit penyusun makhluk hidup terkecil secara struktural dan fungsional serta tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Sel tersusun dari komponen – komponen yang disebut dengan organel. Sel memiliki tiga struktur utama, yaitu membran sel, sitoplasma, dan organel sel. 

Gambar Sel
Gambar Sel


Pengertian Sel Menurut Para Ahli

Dibawah ini akan dipaparkan pengertian pengertian sel menurut para ahli sebagai berikut.

  • Pengertian sel menurut Kamus Bahasa Indonesia/Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bagian atau bentuk terkecil dari organisme, terdiri atas satu atau lebih inti, protoplasma, dan zat-zat mati yang dikelilingi oleh selaput sel.
  • Pengertian sel menurut Robert Hooke adalah tempat - tempat kecil yang dibatasi oleh dinding. Hal ini setelah ia melakukan penelitian sederhana terhadap gabus dengan menggunakan mikroskop sederhana.
  • Pengertian sel menurut Max Schultze adalah sel sebagai bagian yang mengandung protoplasma yang merupakan tempat terjadinya proses hidup.
  • Pengertian sel menurut Rudolf Virchow adalah mata rantai terakhir dalam rantai besar yang membentuk jaringan organ, sistem, dan individu.
  • Pengertian sel menurut Robert Brown adalah diketahui bahwa inti sel selalu terdapat dalam sel hidup dan kehadiran inti sel itu sangat penting, yaitu untuk mengatur segala proses terjadi didalam sel.
  • Pengertian sel menurut Felix Durjadin adalah bagian terpenting dari sebuah sel hidup yaitu cairan yang selalu terdapat di dalam sel hidup yang disebut protoplasma.
  • Pengertian sel menurut Johannes Purkinje adalah menemukan istilah protoplasma atau bahan pertama. Johannes Purkinje meyakini bahwa kunci untuk mempelajari sel terletak di dalam protoplasma.
  • Pengertian sel menurut Campbell adalah Sel berasal dari kata “cella ” yang berarti ruangan berukuran kecil.
  • Pengertian sel menurut Theodor Schwann adalah sebagai bagian-bagian yang menyusun semua makhluk hidup yang ada.
Tonton juga video dibawah ini mengenai sel jaringan organ dan sistem organ di tumbuhan.


Contoh sel

Berikut adalah beberapa dari contoh sel adalah dibawah ini. 

  • Sel darah merah
  • Sel darah putih 
  • Sel otak 
  • Sel saraf 
  • Sel otot dan sebagainya.

Pengertian Jaringan Biologi

Jaringan adalah suatu kumpulan sel yang berkumpul menjadi satu yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Komponen utama yang menyusun jaringan adalah sel, substansi selular, dan cairan. 

Jaringan terdapat di setiap makhluk hidup seperti Manusia, hewan, dan tumbuhan. Jaringan - jaringan yang berkumpul tersebut akan menyusun organ. Setelah ini kita akan bahas pengertian organ tersebut.

Baca Juga: Struktur Sel Tumbuhan Dan Fungsinya Terlengkap 

Contoh Jaringan Biologi 

Dibawah ini terdapat beberapa contoh jaringan adalah sebagai berikut ini.

  • Jaringan otot 
  • Jaringan epitel 
  • Jaringan epidermis 
  • Jaringan pengakut 
  • Jaringan saraf dan sebagainya.
Gambar Organ Tubuh Manusia
Gambar Organ Tubuh Manusia

Pengertian Organ Menurut Biologi

Organ adalah suatu kumpulan jaringan yang berkumpul menjadi satu yang melakukan beberapa fungsi. Organ pada umumnya disusun oleh stroma dan parenkim. Organ sangat berperan penting dalam kelancaran dijalankannya beberapa fungsi yang berfungsi. Organ juga akan membentuk yang namanya sistem organ. Apabila terdapat organ yang tidak berfungsi maka sistem organ akan terganggu. Maka, dari itu organ sangatlah penting.

Pengertian Organ Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini beberapa pengertian organ menurut para ahli yaitu:

  • Pengertian organ menurut KBBI adalah alat yang mempunyai tugas tertentu di dalam tubuh manusia, binatang, tumbuhan, dan sebagainya.
  • Pengertian organ menurut Biology Dictionary adalah suatu bagian tubuh yang tersusun dari kumpulan jaringan untuk melaksanakan fungsi tertentu.

Contoh Organ Pada Biologi

Contoh organ adalah jantung, paru – paru, ginjal, lambung, hati, mata, limfa, usus, tulang yang merupakan contoh organ pada manusia dan beberapa di hewan. Sedangkan contoh organ pada tumbuhan adalah akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.

Selanjutnya akan dijelaskan defenisi dari sel jaringan organ dan sistem organ terutama sistem organ dibawah ini.

Pengertian Sistem Organ Dalam Biologi

Sistem organ adalah suatu kumpulan organ yang berkumpul menjadi satu untuk melaksanakan fungsi secara lebih kompleks lagi. Pada system organ, setiap organ tidak bekerja secara mandiri, akan tetapi saling membantu satu sama lain. 

Gambar Sistem Organ Manusia
Gambar Sistem Organ Manusia

Baca Juga: Perbedaan Antara Sel Hewan Dan Tumbuhan Lengkap

Contoh Sistem Organ Dalam Biologi

Contoh system organ adalah sebagai berikut ini.

  • Sistem pernapasan: hidung, mulut, sinus, faring, laring, trakea, bronkus, paru – paru, dan diafragma.
  • Sistem peredaran darah: darah, jantung, arteri, vena, kapiler.
  • Sistem perkelaminan: ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.
  • Sistem rangka: tulang, kartilago, ligament, dan tendon.
Nah, itulah telah dijelaskan pengertian sel jaringan organ dan sistem organ yang disertai dengan contohnya. Semoga bermanfaat materi yang telah dijelaskan pengertian tentang sel jaringan organ dan sistem organ tersebut.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung