Sejarah Masa Kejayaan Kerajaan Samudera Pasai Lengkap

Sejarah singkat kejayaan kerajaan samudra pasai dapat dilihat dari sumber sejarah dan peninggalan di Aceh. Kejayaannya membawa nama raja-rajanya terkenal.

Masa kejayaan pasti pernah dirasakan oleh semua kerajaan atau kesultanan. Salah satunya adalah Kerajaan Samudra Pasai. Kesempatan kali ini, kita akan membahas secara tuntas mengenai Masa kejayaan Samudera Pasai secara lengkap. Daripada penasaran, yuk langsung saja kita bahas materinya.

Materi ini akan membahas tentang:
  • Kerajaan Samudra Pasai
  • Masa kejayaan kerajaan samudera pasai adalah pada saat diperintah oleh
  • Masa kejayaan kerajaan samudera pasai singkat
  • Puncak kejayaan kerajaan samudera pasai
Selamat Membaca Di Blog Pelajaran Sekolah!!!

Kerajaan Samudra Pasai


Kerajaan Samudra Pasai adalah kesultanan pertama di Indonesia. Corak kerajaan Samudra Pasai adalah Islam. Kesultanan Samudra Pasai didirikan oleh Sultan Malik As-Saleh yang sekaligus menjabat menjadi raja pertamanya. Letak geografis kerajaan samudera pasai di Pantai sebelahTimur bagian utara Pulau Sumatra, berbatasan dengan jalur pelayaran internasional (Selat Malaka). 

Kerajaan Samudra Pasai
Gambar Kerajaan Samudra Pasai

Salah satu penyebab majunya Kerajaan Samudera Pasai karena letaknya yang strategis di jalur pelayaran dan perdagangan. Selain itu, tentunya raja-raja kerajaan samudra pasai jugalah yang membawa kemajuan kesultanan ini. Lalu, bagaimana sejarah singkat mengenai masa kejayaan Kerajaan Samudra Pasai? yuk, simak ulasannya berikut ini.


Yuk, tonton juga video masa kejayaan Samudra Pasai dibawah ini.


Masa Kejayaan Kerajaan Samudera Pasai


Masa kejayaan kerajaan samudra pasai tidak lepas dari kepemimpinan raja-raja kerajaan samudra pasai. Kita juga pasti sudah tahu bahwasannya siapa saja nama raja tersebut, dimana raja terkenal kerajaan samudra pasai akan kerja dan pengabdiannya yang luar biasa. Hal itu pun akhirnya membawa masa kejayaan Kerajaan Pasai. 

Lalu, masa kejayaan kerajaan samudera pasai dipimpin oleh sultan yang bernama siapa dan apa yang telah dilakukannya? yuk, simak ulasan raja pada masa kejayaan kerajaan samudera pasai dibawah ini.

Sultan Malik As-Saleh


Pertama, masa kejayaan kerajaan samudera pasai saat diperintah oleh Sultan Malik Al Saleh. Kesultanan Samudra Pasai didirikan pada tahun 1267. Sultan Malik Al Saleh adalah pendiri kerajaan samudra pasai sekaligus raja pertamanya. Selain itu, Meurah Silu yang bergelar Sultan Malik As-Saleh adalah salah satu raja terkenal Kerajaan Samudra Pasai. Sultan Malik As-Saleh menjabat menjadi raja dari tahun 1267 sampai tahun 1297. 

Sultan Malik As-Saleh
Gambar Sultan Malik As-Saleh


Kehidupan politik kerajaan samudra pasai dibawah kekusaannya, Sultan Malik As-Saleh berhasil menaklukan selat malaka. Pada saat itu, Selat Malaka adalah pusat perdagangan Internasional. Komoditas ekspor utama dari Kerajaan Samudra Pasai adalah lada, sutra dan kapur barus.

Sultan Muhammad Malik Az-Zahir


Selanjutnya, masa kejayaan kerajaan samudera pasai dipimpin oleh Sultan Muhammad Malik Az-Zahir. Sultan Muhammad Malik Az-Zahir adalah raja kedua menggantikan ayahya yaitu Sultan Malik As-Saleh yang meninggal dunia. Sultan Muhammad Malik Az-Zahir menjabat menjadi raja dari tahun 1297 sampai tahun 1326. Pada masa pemerintahannya, untuk pertamakalinya Sultan Muhammad Malik Az-Zahir memperkenalkan koin emas. 


Koin Emas Kerajaan Samudra Pasai


Koin emas disebut juga dengan dirham. Koin emas digunakan sebagai alat pembayaran pada saat itu. Koin emas merupakan salah satu peninggalan kerajaan samudra pasai yang berharga. 

Koin emas terbagi menjadi dua yaitu satu dirham dan setengah dirham. Koin emas terbuat dari 70% emas murni dan 18 karat tanpa campuran kimia. Koin emas memiliki ukuran diameter 10 mm dengan 0,6 gram pada setiap koinnya.

Koin Emas Kerajaan Samudra Pasai
Gambar Koin Emas Kerajaan Samudra Pasai

Pada salah satu sisi koin emas terdapat tulisan Sultan Malik Az-Zahir dan bagian sisi koin emas lainnya terdapat tulisan Sultan Al-Adil yang artinya Sultan yang adil.

Dikatakan bahwasannya kerajaan samudera pasai mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Muhamad Malik Az-Zahir karena ditemukan banyak kemajuan pada Kerajaan Samudra Pasai ketika ia memimpin.

Sultan Mahmud Malik Az-Zahir


Selanjutnya kerajaan samudera pasai mengalami masa kejayaan ketika dipimpin oleh Sultan Mahmud Malik Az-Zahir.

Tahta selanjutnya diserahkan kepada Sultan Mahmud Malik Az-Zahir. Sultan Mahmud Malik Az-Zahir menjabat dari tahun 1326 sampai tahun 1345. Pada masa pemerintahannya, pelabuhan dan perdagangan maju dengan sangat pesat. Hal ini ditandai dengan banyaknya pedagang dari India dan China yang berdagang di Kerajaan Samudra Pasai atau hanya sekedar singgah. 

Kebanyakan dari para pedagang, mereka banyak membeli rempah-rempah terutama lada. Selain itu, ketika penduduk kerajaan samudra pasai ingin membeli barang dari china, mereka tinggal beli saja tidak perlu pergi ke china. 

Sumber sejarah kerajaan samudra pasai yang begitu maju dalam dunia perdagangan dan pelayaran, dapat dilihat pada sumber sejarah sebagai berikut ini.

Ibnu Batutah
Gambar  Ibnu Batutah


Catatan Ibnu Batutah Tentang Kerajaan Samudra Pasai


Ibnu Batutah adalah seorang cendekiawan Muslim yang berlayar ke berbagai negeri. Bahkan, sampai ke pelosok dunia. Dalam jangka waktu 30 tahun, ia telah menjelajah hampir seluruh negeri di bumi. Kemudian ia menulis kan pengalaman perjalanannya dalam sebuah buku.

Menurut Catatan Ibnu Batutah yang berkunjung sekitar tahun 1345 sampai tahun 1346, Bahwa Kerajaan Samudra pasai menjadi pusat studi Islam yang besar. Selain itu, ia menyebut Kerajaan Samudra Pasai dengan sebutan "Sumutrah", ejaan yang digunakan untuk nama Samudera. Selanjutnya ejaan tersebut menjadi Sumatera. 

Berdasarkan catatannya, bahwasannya Islam telah ada dan berkembang di Kerajaan Samudera Pasai sejak abad ke 12 Masehi. Paham Iman Syafi'i adalah paham yang dianut oleh Kerajaan Samudera Pasai dan Rakyatnya.

Sultanah Nahrasiyah


Raja masa kejayaan samudera pasai selanjutnya dibawah kekuasaan Sultanah Nahrasiyah.

Masa jaya Kerajaan Samudra Pasai dikatakan berlangsung sampai masa pemerintahan Sultanah Nahrasiyah yang didukung oleh sumber sejarah kerajaan samudra pasai yaitu catatan Laksamana Cheng Ho.  

Perjalanan Laksamana Cheng Ho Tentang Kerajaan Samudera Pasai


Perjalanan laksamana Cheng ho yang memimpin armada kapalnya yang berjumlah 208 pernah mengunjungi Kerajaan samudra pasai secara berturut - turut. Ia berkunjung pada tahun 1405, 1408, dan 1412.

Laksamana Cheng Ho
Gambar Laksamana Cheng Ho

Laksamana Cheng Ho mencatat semua kisah perjalanannya melalui para pembantunya. Para pembantunya seperti Ma Huan dan Fei Xin, salah satunya adalah mencatat mengenai letak geografis dari kerajaan samudera pasai. Letak geografis Kerajaan Samudra Pasai adalah sebagai berikut ini.
  • Sebelah timur dan selatan berbatasan dengan pegunungan yang tinggi. Apabila diteruskan ke arah timur maka akan berbatasan dengan Kerajaan Aru. 
  • Sebelah utara berbatasan dengan laut. 
  • Sebelah barat berbatasan dengan kerajaan nakur dan kerajaan lide. Apabila terus kebarat akan menjumpai kerajaan Lamuri.

Mungkin diantara kalian banyak yang bertanya, bagaimana masa kejayaan kerajaan samudera pasai? yuk simak ulasannya lengkapnya dibawah ini.

Kemajuan Kerajaan Samudra Pasai


Beberapa faktor kejayaan kerajaan samudera pasai adalah sebagai berikut ini.

Aspek Perdagangan 


Letak strategis yang dimiliki oleh Kerajaan Samudra Pasai membuat kerajaan ini menjadi jalur perdagangan yang sangat maju. Kerajaan Samudra Pasai juga menguasai jalur-jalur penting lainnya seperti selat malaka dan pelabuhannya. 

Selain itu, Kerajaan Samudra Pasai juga menjalin hubungan kerjasama yang sangat erat dengan pedagang dari luar negeri. Seperti pedagang dari Gujarat, Persia, dan Arab. 

Aspek Perekonomian


Kehidupan ekonomi Kerajaan Samudra Pasai adalah ekspor komoditas berupa lada, kapur barus, dan surat. Namun, komoditas ekspor utamanya adalah berupa lada. Hal ini karena sangat diminati oleh bangsa eropa. 


Selain dibidang pertanian, penduduk kerajaan Samudra Pasai bekerja juga dibidang peternakan. Penduduknya berternak sapi perah untuk diambil susunya yang setelah itu akan dijadikan keju yang di ekspor ke negara eropa. 

faktor kejayaan kerajaan samudera pasai
Gambar Faktor Kejayaan Kerajaan Samudera Pasai

Aspek Pelayaran


Selain itu, Letak kerajaan samudra pasai yang dekat dengan pesisir pantai membuatnya menjadi kerajaan maritim yang sangat kuat. Jalur ini sering dilewati oleh para pedagang. Pertahanan kerajaan samudra pasai dibidang maritim pun kuat. Hal ini untuk melindungi para pedagang yang melintas dan sebagai pertahanan kerajaan. 

Aspek Hubungan Internasional


Kerajaan Samudera Pasai memiliki hubungan baik dengan beberapa kerajaan-kerajaan disekitarnya. Contohnya adalah sering terjadi pernikahan antar kedua sultan dari Kerajaan Samudra Pasai dengan Kerajaan Malaka. 

Selain itu, Kerajaan Samudra Pasai juga menjalin hubungan baik dengan kerajaan yang berada di China. Salah satunya adalah dengan dikirimnya adik salah satu sultan ke China untuk menuntut Ilmu. Kerajaan China juga pernah mengirimkan hadiah berupa lonceng yaitu cakra donya kepada Kerajaan Samudra Pasai. 

Nah, itulah materi sejarah singkat kerajaan samudra pasai ketika masa kejayaannya. Semoga dapat menambah wawasan anda semua.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung