Faktor Penyebab Masa Keruntuhan Kerajaan Samudra Pasai

Sejarah singkat masa keruntuhan kerajaan samudra pasai meninggalkan peninggalan dan sumber sejarah yang berharga bagi para peneliti sejarah untuk diteliti.

Kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas penyebab runtuhnya kerajaan samudra pasai secara lengkap. Daripada penasaran yuk langsung saja kita bahas materi faktor penyebab keruntuhan kerajaan samudra pasai kali ini. Pastinya sangat penasaran, bukan?

Selamat Membaca!!!

Kerajaan Samudra Pasai


Kerajaan Samudra Pasai adalah kerajaan islam pertama di Indonesia. Letak geografis Kerajaan Samudera Pasai di Pantai sebelahTimur bagian utara Pulau Sumatra, berbatasan dengan jalur pelayaran internasional yaitu Selat Malaka.

Kerajaan Samudra Pasai
Gambar Kerajaan Samudra Pasai

Pendiri sekaligus raja pertama dari Kerajaan Samudra Pasai bernama Meurah Silu yang bergelar Sultan Malik Al Saleh. Beliau merupakan raja terkenal Kerajaan Samudra Pasai. Selain itu, Sultan Malik Al Saleh adalah raja terbesar Kerajaan Samudra Pasai. Hal tersebut karena beliaulah yang mendirikan Kerajaan Samudra Pasai dan berhasil merebut selat malaka. 


Pada masa pemerintahannya, Selat Malaka adalah jalur perdagangan yang sangat ramai. Setelah dikuasainya Selat Malaka oleh Kerajaan Samudra Pasai, membuat kerajaan ini mulai maju. Hal itu karena banyak para pedagang yang berdagang maupun hanya sekedar singgah. Berhasil dikuasainya Selat Malaka adalah faktor kemajuan Kerajaan Samudra Pasai. 

Pada tahun 1521, Selat Malaka dan pelabuhannya berhasil dikuasai oleh Portugis. Hal ini membuat kekuasaan Kerajaan Samudra Pasai melemah. Penyerangan yang dilakukan oleh Portugis adalah salah satu dari penyebab masa runtuhnya Kerajaan Samudra Pasai.

Yuk, tonton video dibawah ini juga mengenai Kerajaan Samudra Pasai


Lalu, apa saja faktor runtuhnya kerajaan samudra pasai? yuk, kita bahas apakah yang menyebabkan keruntuhan kerajaan samudra pasai dibawah ini.

Masa Keruntuhan Kerajaan Samudra Pasai


Bagaimana runtuhnya kerajaan samudra pasai dan apa penyebabnya? Simak jawabannya dibawah ini.

Salah satu faktor-faktor penyebab keruntuhan samudra pasai adalah serangan dari bangsa Portugis. Maka dari itu, masa runtuh Kerajaan Samudra Pasai dimulai ketika portugis menyerang Kerajaan Samudra Pasai pada tahun 1521. Pada saat itu, Kerajaan Samudra Pasai dipimpin oleh Sultan Zain Al-Abidin. Portugis yang iri melihat kemajuan yang dimiliki oleh Kerajaan Samudra Pasai pada bidang perdagangan dan pelayaran, membuat Portugis ingin menguasai Kerajaan Samudra Pasai. 

Akhirnya Portugis yang memiliki bala tentara yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan Kerajaan Samudra Pasai berhasil menang. Portugis pun berhasil menguasai Kerajaan Samudra Pasai dan perdagangan serta jalur pelayaran di daerah tersebut. 

Agar sobat semakin paham dengan apa penyebab keruntuhan kerajaan samudra pasai, lihat gambar dibawah ini.

Masa Keruntuhan Kerajaan Samudra Pasai
Gambar Masa Keruntuhan Kerajaan Samudra Pasai

Keadaan ini tidak serta merta menghacurkan Kerajaan Samudra Pasai secara keseluruhan. Namun, keadaan Kerajaan Samudra Pasai semakin melemah setelah direbutnya jalur Selat Malaka dan diserangnya kerajaan tersebut oleh Portugis. Bukan hanya karena diserang oleh portugis yang membuat keadaan Kerajaan Samudra Pasai semakin melemah.

Faktor lain yang membuat Kerajaan Samudra Pasai semakin melemah karena faktor internal kerajaan Samudra Pasai sendiri. Contohnya adalah perebutan dan pemberontakan yang terjadi di lingkungan kerajaan Samudra Pasai. 

Selain itu, faktor yang menyebabkan keruntuhan kerajaan samudra pasai adalah serangan Kerajaan Aceh. Selengkapnya mengenai serangan Kerajaan Aceh terhadap Kerajan Samudra Pasai dibawah ini.


Serangan Kerajaan Aceh Terhadap Kerajaan Samudra Pasai 


Keadaan Kerajaan Samudera Pasai yang semakin melemah ini, dimanfaatkan oleh Kerajaan Aceh Darussalam. Pada saat itu, Kerajaan Aceh Darussalam yang dipimpin oleh Sultan Ali Mughayat Syah mengambil alih Kerajaan Samudra Pasai. 

gambar kerajaan aceh darussalam
Gambar Kerajaan Aceh Darussalam

Penyebab utama runtuhnya kerajaan samudra pasai pada tahun 1524 adalah Kerajaan Samudra Pasai dimasukkan kedalam Kerajaan Aceh Darussalam. Hal ini ditandai dengan dipindahkannya Lonceng Cakra Donya milik Kerajaan Samudra Pasai ke Kerajaan Aceh Darussalam. 
gambar peninggalan kerajaan samudra pasai
Gambar Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai

Selain itu, faktor apa saja yang menjadi penyebab kemunduran kerajaan samudra pasai adalah sebagai berikut ini.

Bahwasannya terdapat dua faktor yang menjadi sebab runtuhnya kerajaan samudra pasai. Dua faktor itu yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Yuk, kita bahas dua faktor-faktor penyebab keruntuhan samudera pasai adalah sebagai berikut ini.

Faktor Kemunduran Kerajaan Samudera Pasai


Faktor kemunduran Kerajaan Samudera Pasai terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dimana faktor internal adalah faktor yang disebabkan dari dalam kerajaan Samudra Pasai. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang disebabkan dari luar kerajaan samudra pasai. 


Berikut ini adalah faktor internal dan faktor eksternal sebab masa kemunduran Kerajaan Samudra Pasai dibawah ini.

Faktor Internal Kemunduran Kerajaan Samudra Pasai


Pertama yang akan kita bahas mengenai faktor dari dalam yang menyebabkan kemunduran kerajaan samudera pasai adalah dibawah ini selengkapnya.

Berikut yang merupakan faktor internal penyebab kemunduran kesultanan samudra pasai adalah sebagai berikut.
  • Pertama, salah satu sebab keruntuhan samudera pasai adalah pemimpin yang kurang cakap.
  • Kedua, faktor penyebab kemunduran samudra pasai adalah terjadinya perebutan kekuasaan didalam keluarga Kerajaan Samudra Pasai.
Seperti yang sebelumnya disebutkan, bahwasannya faktor internal adalah faktor yang terjadi disebabkan dari dalam Kerajaan Samudra Pasai. Lalu, apa saja faktor internal kemunduran kerajaan Samudra Pasai? 

Yuk, kita bahas ulasan mengenai faktor pendorong kemunduran kerajaan samudra pasai dibawah ini.

Pemimpin Yang Kurang Cakap Setelah Sultan Malik Al Thahir


Faktor penyebab runtuhnya kerajaan samudra pasai adalah pemimpin yang kurang cakap.

Sultan Malik Al Thahir adalah salah satu sultan yang membawa kejayaan pada Kerajaan Samudra Pasai. Namun, setelah meninggalnya Sultan Malik Al Thahir, para penerus kerajaan Samudra Pasai tidak begitu cakap dalam memimpin. Hal ini menyebabkan semakin mundurnya Kerajan Samudra Pasai sedikit demi sedikit. Salah satu sebab masa kehancuran kerajaan samudra pasai.

Jadi, faktor dari dalam yang menyebabkan kemunduran kerajaan samudra pasai adalah pemimpin yang kurang cakap saat dia berbicara dan melakukan kegiatan kerajaan.

Terjadi Perebutan Kekuasan di Kerajaan Samudra Pasai

Terjadi Perebutan Kekuasan di Kerajaan Samudra Pasai


Salah satu penyebab runtuhnya kerajaan samudra pasai adalah perebutan kekuasaan di Kerajaan Samudra Pasai.

Pada masa pemerintahan Sultan Zainal Abidin sebagai raja Kerajaan Samudra Pasai, terjadi perebuatan kekuasaan dan pemberontakan di Kerajaan Samudra Pasai. Hal itu membuat kehidupan politik kerajaan samudra pasai mulai kacau. 

Hal ini membuat kekuatan kerajaan semakin melemah da membuat masa keruntuhan samudera pasai semakin jelas. Bahkan, perebuatan kekuasaan dan pemberontakan ini sempat ditulis di dalam berita-berita China. Berita China ini merupakan salah satu sumber sejarah Kerajaan Samudra Pasai.

Jadi, faktor keruntuhan kerajaan samudra pasai yang kedua dari faktor internal adalah terjadinya perebutan kekuasaan di dalam Kerajaan Samudra Pasai.

Diatas telah dijelaskan faktor penyebab runtuhnya kerajaan samudra pasai dari internal Kerajaan Samudra Pasai. Selanjutnya, faktor keruntuhan samudera pasai dilihat dari faktor eksternal Kerajaan Samudra Pasai adalah sebagai berikut ini.

Faktor Eksternal Kemunduran Kerajaan Samudra Pasai


Apa sebab runtuhnya kerajaan samudra pasai dilihat dari faktor eksternalnya?

Faktor eksternal adalah faktor yang disebabkan oleh dari luar Kerajaan Samudera Pasai. Berikut ini penyebab runtuhnya kerajaan samudra pasai adalah dibawah ini.
  • Pertama, sebab runtuhnya samudra pasai adalah serangan Kerajaan Majapahit ke Samudra Pasai.
  • Kedua, faktor faktor penyebab keruntuhan samudra pasai adalah berdirinya Kerajaan Malaka.
  • Terakhir, faktor kemunduran samudra pasai adalah penyerangan Portugis di Malaka.
Lalu, penjelasan selengkapnya mengenai apa saja faktor eksternal kemunduran kerajaan samudra pasai? yuk kita bahas faktor-faktor penyebab keruntuhan kerajaan samudra pasai adalah sebagai berikut ini.

Serangan Kerajaan Majapahit Ke Samudra Pasai


Salah satu faktor kemunduran kerajaan samudra pasai adalah berawal dari serangan kerajaan Majapahit.

Pada tahun 1350, Kerajaan Majapahit menyerang Kerajaan Samudra Pasai karena ulah dari ulah Sultan Ahmad Malik Az-Zahir. Namun, penyerangan Kerajaan Majaphit dapat dikalahkan oleh Kerajaan Samudra Pasai. 

Namun, serangan Kerajaan Majapahit merupakan sinyal awal runtuhnya Kerajaan Samudra Pasai. Walaupun akhirnya Kerajaan Samudra Pasai dapat bertahan selama bertahun-tahun. Bahkan, pada masa pemerintahan Sultanah Nahrasiyah kembali ke mencapi puncak masa kejayaan Kerajaan Samudra Pasai. Namun, akhirnya Kerajaan Samudra Pasai jatuh juga.


Jadi, salah satu faktor faktor penyebab keruntuhan samudera pasai adalah diserangkan Kerajaan Samudra Pasai oleh Kerajaan Majapahit, walaupun tidak langsung runtuh tetapi hal tersebut berdampak untuk keberlangsungan Kerajaan Samudra Pasai kedepannya.

Selanjutnya, berikut ini yang merupakan penyebab runtuhnya kerajaan samudra pasai adalah berdirinya Kerajaan Malaka.

Berdirinya Kerajaan Malaka


Salah satu penyebab kemunduran kerajaan samudra pasai adalah berdirinya Kerajaan Malaka.

Pada tahun 1400, Kerajaan Malaka berdiri. Parameswara adalah pendiri Kerajaan Malaka. Kerajaan Malaka membuat perekonomian Kerajaan Samudra Pasai semakin melemah dan terkikis. Ditambah, Kerajaan Samudra Pasai kalah bersaing berdagang dengan Kerajaan Malaka yang letaknya lebih strategis. 

gambar kerajaan malaka
Gambar Kerajaan Malaka


Hal ini membuat pelabuhan Kerajaan Samudra Pasai semakin sepi dan rugi yang disebabkan oleh dibatalkannya pengiriman lada. Dimana lada merupakan komuditas utama ekspor Kerajaan Samudra Pasai. Selain itu, lada merupakan sistem perekonomian samudra pasai yang utama.

Jadi, selain diserang oleh Kerajaan Majapahit, keruntuhan kerajaan samudra pasai disebabkan oleh berdirinya Kerajaan Malaka yang memiliki letak lebih strategis dibandingkan Kerajaan Samudra Pasai.

Terakhir dibawah ini mengenai faktor penyebab runtuhnya samudra pasai adalah sebagai berikut.

Penyerangan Portugis Di Malaka


Salah satu sebab keruntuhan kerajaan samudra pasai adalah serangan bangsa Portugis.

Sebelumnya, pada tahun 1511, Selat Malaka diserang oleh Portugis. Hal ini disebabkan Portugis ingin menguasai Selat Malaka, dimana Selat Malaka adalah jalur perdagangan dan pelayaran internasional yang sangat ramai. Portugis yang memiliki bala tentara yang kuat akhirnya berhasil menguasai jalur Selat Malaka dan pelabuhannya. 

Namun, walaupun jalur Selat Malaka telah berhasil dikuasai, Kerajaan Samudra Pasai masih tetap bertahan dan kuat. Hal ini membuat Portugis iri dengan Kerajaan Samudra Pasai dan menunda waktu dan sebab keruntuhan samudera pasai. Pada tahun 1521, akhirnya Portugis menyerang Kerajaan Samudra Pasai dan berhasil mengalahkan Kerajaan Samudra Pasai.

Itulah 3 penyebab runtuhnya kerajaan samudra pasai. Runtuhnya kerajaan samudra pasai pada masa pemerintahan raja Sultan Zain Al Abidin.

Berakhir sudah pembahasan mengenai penyebab masa keruntuhan kesultanan samudera pasai. Namun, yuk baca sampai akhir karena ada fakta unik dan menarik dari Kerajaan Samudra Pasai. 

Fakta Unik Kerajaan Samudra Pasai


Fakta unik kerajaan samudra pasai dan tentunya menarik adalah ketika Kerajaan Samudra Pasai telah runtuh dan digabungkan dengan Kerajaan Aceh Darussalam, tradisi mencetak uang dirham tetap berlaku. Kita pasti tahu bahwasannya koin emas atau dirham adalah peninggalan Kerajaan Samudra Pasai. 

Koin Emas Kerajaan Samudra Pasai
Gambar Koin Emas Kerajaan Samudra Pasai

Tradisi mencetak uang dirham atau koin emas ini menyebar ke seluruh pulau Sumatera, bahkan sampai ke Semenanjung Malaka. Koin emas atau dirham ini tetap berlaku sampai tahun 1942, dimana tentara jepang datang ke Seulilmeum, Aceh Besar.

Keren sekali kan sob, walau Kerajaan Samudra Pasai telah runtuh berabad-abad sebelumnya, koin emas atau dirham tersebut masih tetap belaku dan tetap dicetak sampai datangnya tentara jepang tahun 1942.

Nah, itulah sejarah singkat kerajaan samudra pasai bagian faktor penyebab masa keruntuhan Kerajaan Samudera Pasai. Semoga materi mengenai faktor penyebab kemunduran kerajaan samudra pasai dapat menjadi wawasan tambahan bagi sobat.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung