Qanaah Dan Tasamuh: Pengertian, Dalil, Hikmah, Contoh

Pengertian qanaah dan tasamuh adalah dua akhlak contoh terpuji. Selain itu, banyak hadits dan dalil yang telah menyebutkannya serta mengenai hikmahnya.

Tasamuh dan qanaah adalah dua akhlakul mahmuda. Keduanya memiliki pengertian tersendiri. Qanaah bermaksud untuk selalu merasa cukup atas pemberian Allah SWT. Salah satu nilai qanaah adalah menerima rizki dengan ikhlas dan bersyukur. 

Sedangkan, Maksud tasamuh adalah sikap toleransi. Contoh nilai tasamuh adalah menghormati agama lain yang sedang beribadah. Mau tahu penjelasan lebih lengkap mengenai materi qanaah dan tasammuh?

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai qanaah dan tassamuh. Materi yang akan dibahas seperti pengertian, dalil dan hadits, manfaat, hikmah, dan contoh perilakunya secara lengkap. Maka dari itu, baca artikel qanaah dan tasamuh ini sampai selesai. 

Selamat Membaca!!!

Pengertian Qanaah dan Tasamuh


Pertama, kita akan menjelaskan pengertian qanaah dan tasamuh secara lengkap agar sobat tahu mengenai qanaah dan tasamuh. 

Contoh Gambar Tasamuh
Contoh Gambar Tasamuh 

Apa arti qanaah dan tasamuh?

Qanaah dan tasamuh adalah dua perilaku atau sifat yang baik agar seseorang dalam menjalani hidup penuh dengan rasa syukur kepada Allah SWT. Qanaah dan tasamuh dalam ajaran islam termasuk sifat terpuji yang wajib dimiliki oleh setiap manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Nah, itulah apa itu qanaah dan tasamuh. Sekarang kita cari tahu satu per satu dari qanaah dan tasamuh artinya serta perbedaan qanaah dan tasamuh ya sob.

Pertama, akan dijelaskan pengertian qanaah beserta contohnya terlebih dahulu.

Pengertian Qanaah Dan Contohnya


Pengertian qanaah adalah suatu sikap merasa cukup atau rela menerima dengan sesuatu yang didapatkan dari Allah SWT. Perilaku Qanaah menjauhkan diri dari sifat yang tidak puas dan merasa kekurangan akan apa yang Allah SWT berikan kepada kita. 

Perilaku Qanaah sangat dekat dan erat kaitannya dengan rasa bersyukur kepada Allah SWT. Dimana perilaku qanaah selalu menerima apa yang Allah SWT berikan, sedangkan bersyukur berarti menyuskuri atau berterimakasih kasih atas apa yang Allah SWT berikan. Salah satu contoh perilaku qanaah adalah merasa cukup dengan apa yang diberikan Allah SWT.

Oh iya sob, perilaku qanaah bukan berarti dilakukan tanpa usaha. Akan tetapi, sudah berusaha semaksimal mungkin akan sesuatu yang ingin kita raih. Sesuatu yang kita ingin kita capai maka harus dengan usaha yang maksimal dan perencanaan yang matang. Namun, apabila tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, maka tetap terimalah. Hal itu mungkin menurut kita baik, belum tentu oleh Allah SWT baik dan sebaliknya.


Selanjutnya, akan dijelaskan pengertian tasamuh dan contohnya dibawah ini.

Contoh Gambar Qanaah
Contoh Gambar Qanaah

Pengertian Tasamuh Dan Contohnya


Dibawah ini adalah arti tasamuh yaitu sebagai berikut.

Pengertian tasamuh adalah perilaku terpuji yang artinya suatu sikap menghargai dan menghormati hak-hak atau perdaaan yang dimiliki oleh orang lain. Dengan kata lain, perilaku tasamuh merupakan suatu sikap toleransi atau lapang dada dalam segala hal, baik agama, kebudayaan, dan sebagainya. 

Perilaku tasamuh akan membuat kehidupan berjalan dengan rukun dan damai dengan banyaknya perbedaan. perilaku ini juga akan membuat dunia semakin indah tanpa ada rasa takut, cemas, dan sebagainya. Salah satu contoh perilaku tasamuh adalah menjaga kerukunan antar umat beragama.

Itulah arti qanaah dan tasamuh yang merupakan dua akhlak terpuji dari berbagai akhlak terpuji yang harus dimiliki oleh manusia dalam menjalani hidup. 

Perbedaan Qanaah Dan Tasamuh


Secara tidak langsung, pada bagian pengertian qanaah dan tasamuh telah dijelaskan perbedaan qanaah dan tasamuh. Secara sederhananya, qana'ah yaitu suatu sikap menerima apa adanya. Sedangkan, tasamuh adalah suatu sikap toleransi untuk saling menghormati dan menghargai.


Lawan Kata Qonaah Dan Tasamuh


Nah, untuk lawan kata qanaah dan tasamuh memiliki lawan kata loh sob. Sebelumnya, lawan kata adalah sesuatu kata yan bertolak belakang dari kata tersebut. Nah, yuk bahas lawan kata qanaah dan tasamuh.
  • Merasa cukup atas apa yang telah dikaruniakan oleh allah merupakan arti dari sifat qanaah. lawan dari sifat qanaah adalah tamak. Tamak artinya rakus atau serakah.
  • Lawan dari sikap tasamuh adalah ta'asub. Ta'asub artinya tidak toleransi.


Dalil Naqli Tentang Qanaah Dan Tasamuh


Dalil qanaah dan tasamuh terdapat dalam Al-quran yang Allah SWT turunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Berikut adalah dalil tentang qanaah dan tasamuh yaitu sebagai berikut.

Dalil Naqli Tentang Qanaah Dan Tasamuh
Gambar Dalil Alquran Tentang Qanaah Dan Tasamuh

Dalil Naqli Tentang Qanaah


Dalil qanaah terdapat dalam Surat Al-Baqarah ayat 155 yang berbunyi sebagai berikut ini.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Artinya:"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar".

Selain itu, terdapat juga didalam Surat Hud ayat 6 yang berbunyi sebagai berikut ini.

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Artinya:"Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)".

Setelah mengenai dalil qanaah. Selanjutnya, akan dijelaskan dalil naqli tasamuh adalah sebagai berikut.

Dalil Naqli Tentang Tasamuh


Dalil tasamuh terdapat dalam Surat Al-Kafirun ayat 1-6 yang berbunyi sebagai berikut ini.

      (1)  قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ

Artinya:"Katakanlah: "Hai orang-orang kafir"

(2) لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ

Artinya:"Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah"

(3) وَلَا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ

Artinya:"Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah"

(4) وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَا عَبَدْتُمْ

Artinya:"Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah"

(5) وَلَا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ

Artinya:"dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah"

(6) لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ

Artinya:"Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku"



Dalil Naqli Sifat Tasamuh


Selain itu, dalil naqli sifat tasamuh terdapat juga didalam Surat Al-Kahfi ayat 29 yang berbunyi sebagai berikut.

وَقُلِ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكُمْ ۖ فَمَنْ شَاءَ فَلْيُؤْمِنْ وَمَنْ شَاءَ فَلْيَكْفُرْ ۚ إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا ۚ وَإِنْ يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاءٍ كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ ۚ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءَتْ مُرْتَفَقًا

Artinya:"Dan katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir". Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek".

Surat Yunus ayat 41 juga membahas tentang tasamuh, berikut adalah bunyinya:

وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ ۖ أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا أَعْمَلُ وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ

Artinya:"Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan akupun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan".

Nah, diatas telah dituliskan dalil naqli yang mendorong perilaku qanaah dan tasamuh.

Hadits Tentang Qanaah Dan Tasamuh


Selain dalil mengenai Qanaah dan tasamuh terdapat di Al-Quran, didalam Hadist juga terdapat dalil mengenai kedua perilaku tersebut. Berikut adalah hadist qanaah dan tasamuh yaitu sebagai berikut.


Hadits Tentang Qanaah


Hadits qanaah adalah sebagai berikut ini. 

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ هُدِىَ إِلَى الإِسْلاَمِ وَرُزِقَ الْكَفَافَ وَقَنِعَ بِهِ

Artinya:”Sungguh beruntung orang yang diberi petunjuk dalam Islam, diberi rizki yang cukup, dan qana’ah (merasa cukup) dengan rizki tersebut.” (HR. Ibnu Majah no. 4138, Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Hadits Tentang Tasamuh 

Hadits tasamuh adalah sebagai berikut ini.

Artinya:"Telah menceritakan kepada kami Abdillah, telah menceritakan kepada saya Abi telah menceritakan kepada saya Yazid berkata:"telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Ishaq dari Dawud bin Al Hushain dari Ikrimah dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata:"Ditanyakan kepada Rasulullah saw, “Agama manakah yang paling dicintai oleh Allah?”, maka beliau bersabda:“Al-Hanifiyyah As-Samhah (yang lurus lagi toleran).” (H.R. al-Bukhori)


Ceramah Tentang Qanaah Dan Tasamuh


Berikut adalah ceramah tentang qanaah dan tasamuh.


Contoh Perilaku Qanaah Dan Tasamuh


Nah, biar sobat tidak bingung dan tahu perbedaan antara contoh perilaku qanaah dan tasamuh dalam kehidupan sehari hari. Yuk, lihat contoh qanaah dan tasamuh dalam kehidupan sehari hari yaitu sebagai berikut ini.

Perilaku Qanaah Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Berikut ini adalah beberapa contoh sifat qanaah dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin sobat alami ataupun sobat temui. Kita juga akan tahu cara menerapkan perilaku qanaah dan tasamuh dalam kehidupan sehari hari. Yuk, simak qanaah dan contohnya dibawah ini.
  • Pertama, arti qanaah adalah menerima apa adanya. Maka ketika ujian kita wajib menerima dengan ikhlas hasil ujian yang telah dikerjakan dengan sungguh - sungguh tersebut.
  • Kedua, contoh qanaah di sekolah adalah tetap belajar dengan giat meskipun mendapat nilai yang kurang memuaskan.
  • Ketiga, contoh akhlak terpuji tasamuh adalah menerima dengan ikhlas hasil rizki yang diberikan oleh Allah SWT.
  • Merasa cukup dengan apa yang diberikan Allah SWT.
  • Rajin dalam bekerja untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
  • Menyakini atas apa yang Allah SWT berikan kepada kita merupakan sesuatu yang terbaik.
  • Hidup secara sederhana dan selalu bersyukur kepada Allah SWT.
  • Berfikir positif atas apa yang Allah SWT berikan kepada kita.

Perilaku Tasamuh Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Setelah mengetahui perilaku Qonaah dalam kehidupan sehari-hari, sekarang kita akan mencari tahu mengenai contoh perilaku tasamuh dalam kehidupan sehari hari. Beberapa contoh perilaku tasamuh dibawah ini adalah sebagai berikut.
  • Pertama, contoh sikap tasamuh adalah tidak mengganggu teman berlainan agama saat mereka sedang beribadah.
  • Kedua, contoh sifat tasamuh adalah menghargai pendapat orang lain saat berdiskusi maupun ketika dimasyarakat.
  • Ketiga, arti tasamuh adalah bersikap toleransi. Maka, kita diwajibkan saling menjaga kerukunan antar umat beragama.
  • Keempat, sikap tasamuh dalam kehidupan sehari-hari adalah saling tolong menolong antar sesama.
  • Saling menghormati dan menghargai antar manusia.
  • Jangan memaksa seseorang dalam suatu hal jika berbeda.
  • Mengembangkan sikap toleransi.
  • Tidak berlaku semena-mena terhadap siapapun.
Nah, itulah contoh sikap qanaah dan tasamuh dalam kehidupan sehari hari. Semoga kita dapat menerapkannya ya agar kehidupan berjalan dengan damai dan tentram.

Contoh Gambar Tasamuh
Contoh Gambar Tasamuh


Fungsi Qanaah Dan Tasamuh 


Perilaku atau sifat qanaah dan tasamuh memiliki fungsi dalam kehidupan sehari-hari yang kita jalani ini, lalu apa saja fungsi dari Qanaah dan tasamut tersebut? yuk, simak ulasannya berikut ini.

Fungsi Qanaah Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Fungsi Qanaah dalan kehidupan sehari-hari terbagi menjadi dua yaitu sebagai berikut ini.

  • Stabilisator, yaitu seseorang akan selalu merasa cukup, hatinya tentram, dan jauh dari sifat keserakahan.
  • Dinamisator, yaitu suatu rasa batin yang mendorong seseorang untuk meraih kecukupan hidup dengan selalu berusaha dan mandiri dengan tetap bergantung kepada Allah SWT. 
  • Suatu kontrol bagi seseorang agar terhindar dari sifat serakah apabila mendapatka rezeki yang melimpah atas Allah SWT berikan kepadanya.  
  • Sebagai kontrol juga agar tidak berputus ada apabila nikmat yang diterimanya tidak sesuai harapannya. 
  • Menghindari sifat tidak terpuji seperti tamak, dengki, kekurangan dan lain sebagainya. 
  • Belajar untuk selalu belajar bersabar dan tawakal bahkan terus ditingkatkan. 
  • Membiasakan juga untuk selalu hidup dalam kesederhanaan. 


Fungsi Tasamuh Dalam Kehidupan Sehari Hari


Setelah mengetahui fungsi qanaah, sekarang kita akan mengetahui fungsi tasamuh dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai berikut ini.
  • Sebagai pegingat bahwasannya kehidupan ini tidaklah selalu sama dalam berbagai hal, pasti ada yang berbeda.
  • Belajar untuk menghargai dan menghormati orang lain, jika kita sendiri ingin dihargai dan dihormati.
  • Memiliki banyak saudara agar hidup semakin mudah dan tentram
  • Hal yag sulit semakin mudah untuk dilakukan jika bersama-sama.

Manfaat Qanaah Dan Tasamuh

Kita sudah banyak belajar mulai dari pengertian, dalil, hadits, contoh perilaku maupun fungsinya. Kini kita akan membahas mengenai manfaat qanaah dan tasamuh sebagai berikut ini.

Gambar Yang Menunjukkan Sikap Tasamuh
Gambar Yang Menunjukkan Sikap Tasamuh


Manfaat Qanaah Dalam Kehidupan Sehari Hari


Sebelum membahas manfaat tasamuh, Dijelaskan manfaat qanaah dalam kehidupan sehari hari yaitu sebagai berikut ini.
  • Pertama, manfaat sifat tasamuh adalah selalu bersyukur kepada Allah SWT. Sehingga, dampak positif qanaah dari hal tersebut adalah bahwasannya kita tidak akan merasa kurang atas apa yang Allah SWT berikan kepada kita.
  • Meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.
  • Selalu merasa optimis dan tidak mudah putus asa.
  • Menjauhkan diri dari berbagai sifat tercela seperti iri, dengki, rakus, dan sebagainya.
  • Menjadi orang yang beruntung.
  • Menghindari dari sifat utang piutang.

Manfaat Tasamuh Dalam Kehidupan Sehari Hari


Apa manfaat sikap tasamuh?

Nah, yuk sekarang kita membahas tentang manfaat tasamuh dalam kehidupan sehari hari, yaitu sebagai berikut.
  • Saling menghormati antar manusia.
  • Saling menghargai antar manusia.
  • Hidup rukun dan damai antar manusia.
  • Memperkuat iman kepada Allah SWT.
  • Meningkatkan rasa toleransi.
  • Mempererat hubungan antar manusia.

Hikmah Qanaah Dan Tasamuh


Nah, bagian akhir sebelum mengakhiri artikel ini, yuk kita bahas terlebih dahulu hikmah perilaku terpuji qanaah dan tasamuh, yaitu sebagai berikut ini.


Pertama, dibawah ini akan disebutkan hikmah berperilaku qana'ah dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

Hikmah Qanaah Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Apa hikmah berperilaku qana'ah?

Kita akan mengetahui hikmah yang akan didapatkan seseorang dari perilaku qanaah antara lain sebagai berikut ini. 
  • Pertama, contoh sifat qana'ah dan manfaatnya adalah menentramkan hati. Sehingga, hati akan tenang dan hidup kita akan selalu bahagia.
  • Kedua, hikmah perilaku qanaah adalah selalu bersyukur atas apa yang Allah berikan walau semisalnya tidak sesuai harapannya.
  • Selanjutnya berikut ini yang termasuk hikmah qanaah adalah terhindar dari sifat cemas.
  • Keempat, hikmah bersifat qanaah adalah selalu berfikir positif.
  • Melindungi diri dari sifat yang tidak baik atau tercela.
Itulah 5 hikmah qanaah. Dibawah ini salah satu contoh gambar qanaah.

Hikmah Qanaah Dan Tasamuh
Gambar Hikmah Qanaah Dan Tasamuh

Nah, itulah telah disebutkan beberapa hikmah perilaku qana'ah. Selanjutnya, dibawah ini dituliskan hikmah tasamuh adalah sebagai berikut.

Hikmah Tasamuh Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Apa hikmah dari perilaku tasamuh? Penasaran, bukan mengenai apa sajakah hikmah atau fungsi tasamuh dalam kehidupan? Dibawah ini dijelaskan hikmah tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.

Hikmah atau manfaat berperilaku qanaah ialah sebagai berikut ini.
  • Pertama, hikmah bersikap tasamuh adalah derajat manusia menjadi lebih tinggi dihadapan Allah SWT maupun manusia.
  • Kedua, hikmah perilaku tasamuh adalah segala hal berjalan lancar tanpa ada persinggungan antar setiap orang.
  • Ketiga, hikmah dari tasamuh adalah kehidupan berjalan lancar, rukun, dan damai.
  • Keempat, hikmah tasamuh adalah tumbuhnya sikap saling menghormati dan menghargai setiap orang.
  • Terakhir, hikmah sikap tasamuh adalah meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.
Telah disebutkan contoh sikap sikap-sikap tasamuh terhadap sesama yahg dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dijelaskan hikmah perilaku tasamuh dalam kehidupan sehari-hari merupakan materi terakhir yang dibahas.

Nah, itulah materi qanaah dan tasamuh yang telah kita bahas pada kesempatan kali ini. Semoga kalian semua paham atas apa materi yang telah disampaikan. 

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung