Kehidupan Kerajaan Samudra Pasai: Sosial Ekonomi Politik

Kehidupan kerajaan samudra pasai meliputi ekonomi, sosial, budaya & politik. Dilengkapi peninggalan/hasil kebudayaan dan peta kerajaan samudra pasai.

Sejarah singkat kerajaan samudra pasai adalah kerajaan Islam pertama di Indonesia. Namun, kerajaan samudra pasai kini telah runtuh. Penyebab keruntuhan kerajaan samudra pasai oleh faktor internal dan eksternal. Walaupun sudah runtuh, tidak perlu khawatir karena peninggalan kerajaan samudra pasai masih ada dan dapat dilihat sampai sekarang. 

Salah satu hasil kebudayaan samudra pasai adalah cakra donya dan koin emas. Dimana kedua peninggalan kerajaan samudera pasai tersebut dapat menjadi sumber sejarah kerajaan samudra pasai. Selain itu, penemuan koin emas peninggalan kerajaan samudra pasai dapat menjadi petunjuk salah satu raja terkenal kerajaan samudra pasai. Raja kerajaan samudra pasai yang terkenal  bernama Sultan Muhammad Malik Az Zahir. 

Penemuan - penemuan peninggalan kesultanan samudera pasai dapat menjadi gambaran kehidupan kerajaan samudera pasai. Baik kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan kebudayaan kerajaan samudra pasai. Penasaran bukan akan seperti apa? yuk baca artikel ini.

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas artikel kehidupan kerajaan samudra pasai. Seperti kehidupan sosial dan budaya kerajaan samudra pasai, kehidupan politik dan pemerintahan kerajaan samudra pasai. Selain itu, kehidupan ekonomi di kerajaan samudra pasai. Penasaran bukan bagaimana kehidupan kerajaan samudra pasai pada saat itu? 

Baca artikel ini sampai selesai karena semuanya akan dibahas secara lengkap di artikel ini. 

Artikel ini memuat mengenai materi yaitu:
  • Sistem pemerintahan sosial ekonomi dan kebudayaan Kerajaan Samudra Pasai.
  • Kehidupan masyarakat kerajaan samudra pasai.
  • Menjelaskan kehidupan sosial kerajaan samudra pasai.
  • Menjelaskan kehidupan bidang politik kerajaan samudra pasai!
  • Menjelaskan kehidupan sosial budaya kerajaan samudra pasai.
  • Dll
Selamat Membaca!!!

Kehidupan Sosial Kerajaan Samudra Pasai

Gambar Kehidupan Sosial Kerajaan Samudra Pasai
Gambar Kehidupan Sosial Kerajaan Samudra Pasai

Bagaimana kehidupan sosial kerajaan samudra pasai pada saat itu? Bahkan, sistem sosial kerajaan samudra pasai. Dibagian bawah ini akan menjelaskan sistem sosial kerajaan samudra pasai dan kehidupan sosial kerajaan samudera pasai secara lengkap.

Kehidupan Sosial Masyarakat Kerajaan Samudera Pasai


Bagaimana kehidupan sosial masyarakat kerajaan samudra pasai?

Kehidupan sosial masyarakat samudra pasai diwarnai oleh ajaran islam. Dimana aturan dan hukum Islam menjadi pedoman kehidupan sosial masyarakat Kerajaan Samudera Pasai pada saat itu. Hal ini karena kerajaan samudra pasai bercorak agama Islam. Corak kerajaan samudra pasai yang Islam, membuat keadaan sosial kerajaan samudra pasai sangat kental dengan agama Islam. Nah, itulah sistem kehidupan sosial yang berlaku di samudra pasai.

Kehidupan sosial masyarakat samudra pasai makin meningkat dan baik, maka akan memengaruhi kehidupan sistem ekonomi samudra pasai. Mengapa demikian? Semakin baik kehidupan sosial kerajaan samudra pasai, para pedagang dari luar daerah atau negara akan berdatangan karena kehidupan masyarakat samudera pasai yang tentram, aman, dan mendukung. Baik untuk berdagang, mencari pekerjaan, ataupun hanya untuk sekedar hidup. Hal ini tentunya sangat berpengaruh besar dalam mendukung kehidupan ekonomi kerajaan samudra pasai.

Kondisi sosial kerajaan samudra pasai yang kental dengan ajaran agama Islam, ternyata memiliki kemiripan dengan kehidupan masyarakat diluar kerajaan samudra pasai. Kondisi sosial samudra pasai memiliki kemiripan dengan kehidupan masyarakat Arab dan Mesir. Maka dari itu, kerajaan samudra pasai disebut serambi mekah. Namun, terdapat alasan yang lain dalam julukan serambi mekah ini. Itulah bagaimana kehidupan sosial masyarakat kerajaan samudera pasai.


Latar Belakang Kerajaan Samudra Pasai Dijuluki Sebagai Serambi Mekah


Alasan kerajaan samudra pasai disebut serambi mekah adalah sebagai pintu masuk pertama ajaran - ajaran agama Islam di Indonesia atau Nusantara. Pada saat itu, kerajaan samudra pasai adalah kerajaan samudra pasai adalah kerajaan islam pertama di Indonesia. Bukti bahwa kerajaan samudra pasai adalah kerajaan islam pertama di indonesia dapat dilihat dari berbagai peninggalan kerajaan samudera pasai. 

Dari berbagai peninggalan kerajaan samudera pasai tersebut dapat dilihat juga penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh para pedagang, selain yang dilakukan oleh pihak kerajaan samudra pasai. Hal inilah yang menjadi latar belakang kerajaan samudra pasai dijuluki sebagai serambi mekah. Dan gelar tersebut ada dan tersematkan di Provinsi Aceh hingga sekarang. 

Kondisi sosial kesultanan samudera pasai sejak awal berdiri ini terus dipertahankan hingga sekarang. Kita sebagai masyarakat Indonesia pun dapat menyaksikan bagaimana kehidupan sosial samudera pasai yang masih terasa hingga sekarang di Provinsi Aceh.

Nah, itulah sistem sosial samudra pasai yang berkembang pada saat itu. Perkembangan sistem sosial samudera pasai dan kehidupan sosial samudra pasai berkembang dengan sangat baik dan pesat. Setelah mempelajari sistem sosial kerajaan samudera pasai dan kehidupan sosialnya. Selanjutnya menjelaskan kehidupan ekonomi kerajaan samudera pasai.

Gambar Masjid Agung Serambi Mekah
Gambar Masjid Agung Serambi Mekah


Kehidupan Ekonomi Kerajaan Samudra Pasai


Bagaimana kehidupan ekonomi kerajaan samudera pasai? Dibawah ini akan dijelaskan kehidupan sosial ekonomi kerajaan samudera pasai pada saat itu.

Kehidupan sosial ekonomi samudra pasai berkembang dengan pesat. Bahkan, kesultanan samudra pasai mampu menjadi bandar dagang yang ramai menyaingi kerajaan sriwijaya karena letaknya yang strategis. Hal inilah yang membuat kesultanan Samudra Pasai dapat berkembang sangat cepat dan pesat. Ditambah penguasaan Selat Malaka membuat Kesultanan Samudra Pasai semakin berjaya pada kehidupan ekonomi kerajaan samudra pasai.

Kondisi Ekonomi Kerajaan Samudra Pasai


Selain itu, bagaimanakah kehidupan ekonomi samudra pasai pun, tentunya didukung juga oleh kehidupan sosial di kerajaan samudra pasai. Lantas, mengapa kehidupan sosial masyarakat kerajaan samudra pasai ikut dalam perkembangan kehidupan ekonomi kerajaan samudra pasai? Baca pada bagian materi kehidupan sosial kerajaan samudra pasai. Hal inilah salah satu alasan mengapa kehidupan perekonomian kerajaan samudra pasai banyak dipengaruhi aktivitas perdagangan.

Selain didukung oleh aspek sosial kerajaan samudra pasai, kondisi sosial politik samudera pasai ikut juga dalam perkembangan kehidupan sistem ekonomi kerajaan samudera pasai. Sehingga, ketika kehidupan sistem politik samudera pasai semakin baik, bagaimana corak kehidupan ekonomi masyarakat di kerajaan samudera pasai pun akan tumbuh dengan sangat pesat. Hal ini karena stabilnya politik memengaruhi perdagangan yang ada.

Selanjutnya, akan dijelaskan bagaimana perkembangan sosial ekonomi kesultanan samudera pasai mengenai faktor pendukungnya. Sehingga, kerajaan atau kehidupan kerajaan samudra pasai bertambah maju. Sebelum mengetahui faktor pendukung kerajaan samudra pasai dalam perekonomian dan maritim. 

Yuk, tonton dulu video dibawah ini aspek - aspek kemajuan kerajaan samudra pasai yang masih berkaitan dengan materi selanjutnya yang akan dibahas.


Faktor Pendukung Kerajaan Samudra Pasai Dalam Perekonomian & Maritim


Selain terdapat faktor pendukung kerajaan samudra pasai di perekonomia. Didukung juga oleh faktor pendukung utama kerajaan samudra pasai di dunia maritim. Kedua hal inilah yang mendukung kemajuan kehidupan ekonomi kerajaan samudra pasai. Namun, pernahkah sobat berfikir mengapa kehidupan perekonomian kerajaan samudra pasai banyak dipengaruhi oleh aktivitas perdagangan?

Kerajaan samudra pasai sebagai kerajaan maritim perekonomiannya sangat maju karena dilakukannya pengawasan disektor laut dan menyiapkan Bandar-bandar dagang. Semua hal tersebut demi mendukung kemajuan kehidupan ekonomi kerajaan samudra pasai. Hal - hal tersebut adalah sebagai berikut ini.
  • Mengisi kembali perbekalan kapal-kapal untuk selanjutnya.
  • Mengumpulkan barang-barang dari kapal-kapal yang datang.
  • Mengirim kembali barang-barang tersebut ke seluruh Nusantara.
  • Samudra pasai mampu menjadi bandar dagang yang ramai dan menyaingi kerajaan sriwijaya karena letaknya di wilayah yang strategis dan armada laut yang kuat.  
  • Memiliki dan selalu meningkatkan hubungan dagang dengan banyak negara, seperti Asia, eropa, afrika, dan lainnya. 
  • Samudra pasai sebagai negara maritim menguasai daerah lain untuk menjaga hubungan baik dengan kerajaan lain. Selain itu, agar tetap menjadi Bandar pelabuhan terbesar yang tidak diusik atau menjadi bawahan negara lain. Serta untuk memperkuat daerah samudra pasai agar ketika dibutuhkan dapat membantu samudra pasai.
Dari ulasan diatas mengenai kehidupan ekonomi kerajaan samudra pasai dapat disimpulkan bahwasannya corak kehidupan ekonomi kerajaan samudra pasai adalah perdagangan dan maritim. Kehidupan samudra pasai seperti itu tetap berlangsung sampai akhir kekuasaan Kesultanan Samudra Pasai.


Nah, itulah bagaimana corak kehidupan ekonomi masyarakat di kerajaan samudra pasai. Tentunya sekarang paham dan tahu setelah dijelaskan kehidupan masyarakat di kerajaan samudra pasai pada segi ekonomi.

Gambar Kehidupan Ekonomi Kerajaan Samudra Pasai
Ilustrasi Gambar Kehidupan Ekonomi Kerajaan Samudra Pasai 

Kehidupan Politik Kerajaan Samudra Pasai


Bagaimana kehidupan politik kerajaan samudra pasai ada saat itu? Tentunya kehidupan politik samudra pasai menjadi salah satu pertanyaan bagi sobat, bukan? Apakah sudah ada kehidupan politik samudera pasai saat itu? Jawabannya tentu saja sudah ada kehidupan politik kerajaan pasai.

Nah, dibawah ini akan dijelaskan kehidupan politik kerajaan samudera pasai atau sistem politik kerajaan samudera pasai yang diterapkan!

Raja Yang Menggunakan Gelar Sultan


Kerajaan samudra pasai kehidupan politiknya mengikuti seperti kerajaan islam pada umumnya. Kehidupan politik di kerajaan samudra pasai menggunakan gelar sultan kepada orang yang memimpin kerajaan atau Kesultanan Samudra Pasai. Selain itu, Kehidupan politik kerajaan samudera pasai dimana Sultan atau Raja dipilih berdasarkan garis keturunan.

Kondisi politik samudera pasai dengan penggunaan gelar sultan terus bertahan hingga runtuhnya kerajaan samudra pasai. Bahkan, sistem politik kerajaan samudra pasai yang menggunakan gelar ini diikuti juga oleh kerajaan Islam lainnya di Indonesia.

Sistem Pemerintahan Kesultanan 


Selain penggunaan gelar pada seseorang yang memimpin kerajaan. Keadaan sosial politik kerajaan samudra pasai menggunakan nama kesultanan pada kerajaannya tersebut. Sehingga jika disebutkan akan menjadi Kesultanan Samudra Pasai. Hal ini untuk menandakan bahwasannya Samudra Pasai bercorak agama Islam.

Kondisi Sosial Politik Di Kerajaan Samudra Pasai


Kondisi sosial politik kerajaan samudra pasai pada masa awal berdiri sangat bagus dan stabil. Hal ini dibuktikan dengan masa kejayaan kerajaan samudera pasai sejak awal berdiri hingga 78 tahun lamanya. Lantas, siapa saja raja masa kejayaan samudra pasai tersebut?


Sultan Malik As - Shaleh


Pada masa pemerintahan Sultan Malik Al Saleh tahun 1267 sampai 1297 membawa kemajuan di kondisi sosial politik kesultanan samudera pasai. Salah satunya adalah berhasil menguasai selat malaka. Dimana pada saat itu selat malaka menjadi jalur internasional perdagangan. 

Selain membawa kemajuan pada kehidupan politik kerajaan samudera pasai, akan tetapi berpengaruh juga pada kehidupan ekonomi samudra pasai. Pengaruh terhadap kondisi sosial ekonomi kerajaan samudera pasai yaitu penguasaan ekspor barang kebutuhan dan pelabuhan di selat malaka berstandar internasional.

Kerajaan samudra pasai juga melakukan perluasan wilayah yaitu Tamiang, Balek Bimba, Samerlangga, Beruana, Simpag, Buloh Telang, Benua, Perlak, Hambu Aer, Rama Candhi, Tukas, dan Pekan dalam rangka islamisasi, Sultan Malik al Saleh juga menikah dengan seorang putri Raja Perlak.

Sultan Muhammad Az Zahir


Pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Az Zahir tahun 1297 sampai 1326 membawa perubahan dan kemajuan di kondisi politik kerajaan samudra pasai. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan mata uang koin di kerajaan samudra pasai. Penggunaan mata uang koin ini sangat memengaruhi perkembangan ekonomi dan politik kerajaan samudra pasai. Pada saat inilah keadaan politik kerajaan samudra pasai berkembang sangat maju.

Koin Emas Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai
Koin Emas Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai

Yuk, tonton juga video dibawah ini mengenai Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai.



Sultan Mahmud Malik Az-Zahir


Terakhir, dijelaskan kehidupan politik kerajaan samudra pasai ada masa pemerintahan Sultan Mahmud Malik Az-Zahir pada 1326 sampai 1345. Perkembangan politik kerajaan samudra pasai tetap stabil, bahkan lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan kehidupan ekonomi kerajaan samudra pasai banyak dipengaruhi oleh aktivitas perdagangan, seperti pedagang Arab, Gujarat, China, dan Persia. 

Bahkan, Kerajaan Samudra Pasai mampu menyaingi Kerajaan Sriwijaya dalam aktivitas perdagangan. Hal ini Kerajaan samudera pasai mampu menjadi bandar dagang yang ramai dan menyaingi kerajaan sriwijaya karena stabilnya politik pada saat itu. Selain itu, tentunya didukung juga oleh faktor lainnya.

Sehingga dapat disimpulkan, bahwasannya aspek politik kerajaan samudra pasai sangat penting bagi perkembangan Kerajaan Samudra Pasai untuk semakin baik ke depannya. 

Bagaimana dengan materi kehidupan politik kerajaan samudra pasai singkat diatas? Semoga bermanfaat. Selanjutnya, kita akan membahas menganai kehidupan budaya kerajaan samudra pasai.

Kehidupan Budaya Kerajaan Samudra Pasai


Bagaimana kehidupan budaya kerajaan samudera pasai pada saat itu? Apakah kita bisa mengetahui kehidupan sosial budaya samudra pasai? Tentu saja jawabannya adalah bisa. Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana kehidupan budaya kerajaan samudra pasai.

Kehidupan sosial budaya kerajaan samudra pasai berkembang dengan baik. Bahkan, perkembangan kehidupan budaya samudra pasai cukup pesat pada saat itu. Perkembangan kehidupan sosial budaya kerajaan samudera pasai dapat dibuktikan dengan berbagai peninggalan yang ditemukan. Bahkan, sistem budaya kerajaan samudra pasai tetap bertahan hingga sekarang. 

Hasil Kebudayaan Kerajaan Samudra Pasai


Dibawah ini contoh beberapa sistem kebudayaan kerajaan samudra pasai yang berkembang pada saat itu, bahkan hingga sekarang.
  • Kaligrafi
  • Syair-syair Islam
  • Bahasa yaitu bahasa melayu, bahasa Arab dan bahasa sanskerta.
Kehidupan kebudayaan kerajaan samudra pasai berasal dari para pedagang yang singgah pada waktu itu. Selain untuk singgah atau menetap sementara dan berdagang, para pedagang Muslim yang berasal dari Pedagang Gujarat, Pedagang Arab, dan Pedagang Persia juga menyebarkan agama Islam. Baik saat berdagang, melalui kebudayaanya dan sebagainya. 


Selain itu, terjadi juga penyebaran kebudayaan lain di masyarakat kerajaan samudra pasai. Misalnya adalah bahasa, tradisi, upacara kelahiran, perkawinan dan juga kematian.

Gambar Kaligrafi Kerajaan Samudra Pasai
Gambar Kaligrafi Kerajaan Samudra Pasai


Kondisi Kehidupan Budaya Kerajaan Samudra Pasai


Kondisi sosial budaya kerajaan samudra pasai terus berkembang dengan baik walaupun Kesultanan Samudra Pasai runtuh. Buktinya adalah penemuan berbagai peninggalan yang ada dan berkembang pada era sekarang. 

Jika dilihat antar aspek baik aspek sosial budaya, aspek sosial, aspek politik, dan aspek ekonomi saling berkaitan, bukan? Nah, diatas telah dijelaskan sistem sosial budaya kerajaan samudra pasai. Semoga materi terakhir ini yang menjelaskan kehidupan budaya kerajaan samudra pasai dapat menambah wawasan sobat semuanya. 

Sekarang tentunya sudah paham bukan bagaimana pola kehidupan dalam kerajaan samudera pasai? Nah, itulah materi mengenai kehidupan politik ekonomi sosial budaya kerajaan samudra pasai. Semoga materi yang dijelaskan kehidupan ekonomi politik sosial dan budaya kerajaan samudera pasai bermanfaat.

Selain itu dapat menambah wawasan sobat semua mengenai kerajaan samudra pasai politik ekonomi sosial budaya.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung