Contoh Biografi Diri Sendiri Bahasa Sunda & Artinya

Biografi diri sendiri Bahasa sunda atau autobiografi yang menarik dan mudah sebagai contoh untuk biodata diri secara singkat dilengkapi dengan artinya.

Setiap orang memiliki identitas masing masing. Selain itu, setiap orang juga memiliki sejarah hidup diri sendiri yang tentunya berbeda dengan orang lain. Identitas maupun sejarah hidup setiap orang ternyata cukup penting untuk diketahui. Hal ini sebagai informasi mengenai riwayat hidup seseorang selama hidupnya.

Identitas setiap orang maupun sejarah hidup diri sendiri dapat digunakan sebagai pelengkap informasi pada suatu identitas tertentu, seperti KTP, surat lamaran pekerjaan, SIM, dan sebagainya. Semua surat surat tersebut membutuhkan identitas dan sejarah hidup yang kita lakukan. Namun, baik identitas dan sejarah hidup yang digunakan yang dibutuhkan saja.

Selain itu, identitas hidup maupun sejarah hidup diri sendiri dapat ditulis oleh orang lain maupun ditulis oleh diri sendiri atau biasa disebut autobiografi. Perlu diketahui, bahwasannya diri sendiri juga dapat membuat biografi diri sendiri atau atubiografi tersebut.

Lantas, bagaimana contoh biografi bahasa sunda diri sendiri singkat?

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai contoh biografi diri sendiri Bahasa sunda singkat. Selain itu, dilengkapi juga dengan artinya untuk mempermudah teman teman dalam membuat biografi tersebut. Maka dari itu, baca terus artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

Selamat Membaca!!!

Pengertian Autobiografi Dalam Bahasa Sunda


Apa pengertian autobiografi dalam bahasa sunda? Dibawah ini arti dari autobiografi dalam bahasa sunda adalah sebagai berikut.

Contoh Gambar Autobiografi
Contoh Gambar Autobiografi

Pengertian autobiografi adalah karangan yang berisikan tentang riwayat hidup, perjalanan hidup, maupun pengalam hidup seseorang dari ketika ia lahir sampai ia sekarang menulisnya oleh diri sendiri. Autobiografi berisi mengenai nama, tempat dan tanggal lahir, pengalaman, prestasi, nama kedua orang tua, nama saudara kandung, dan sebagainya yang diceritakan oleh diri sendiri. Itulah pengertian autobiografi bahasa sunda.

Baca Juga materi biografi sunda singkat: Cara Menulis Biografi Yang Benar, Menarik, & Singkat

Struktur Autobiografi Diri Sendiri


Dalam penulisan autobiografi/biodata diri bahasa sunda terdapat struktur penulisan yang harus diperhatikan. Struktur autobiografi bertujuan agar kerangka yang dihasilkan tidak berantakan dan berurutan dari awal sampai akhir. Dibawah ini struktur autobiografi diri sendiri adalah sebagai berikut.
  • Pertama, pengenalan diri sendiri. Pada bagian pengenalan diri sendiri berisi mengenai nama, tempat tanggal lahir, dan sebagainya.
  • Kedua, nama orang tua, saudara, alamat, dan sebagainya.
  • Ketiga, riwayat pendidikan dan prestasi. Riwayat pendidikan dapat ditulis mulai dari yang paling dasar seperti TK, TPQ/TPA, SD, SMP, SMA, kuliah, dan sebagainya.
  • Keempat, Kejadian penting. Pada bagian ini dapat ditulis mengenai peristiwa maupun kejadian penting selama hidupnya.
  • Terakhir, ulasan penutup. Pada bagian ini berisi mengenai kata kata penutup maupun harapan dari penulis itu sendiri.
Itulah struktur autobiografi yang perlu diketahui oleh sobat semuanya.

Baca Juga contoh biodata sunda: Contoh Autobiografi Bahasa Sunda Dan Artinya

Contoh Biografi Diri Sendiri Dalam Bahasa Sunda


Supaya lebih jelas terkait biografi diri sendiri atau autobiografi diri sendiri bahasa sunda, kita akan membahasnya dibawah ini secara lengkap. Maka dari itu, baca secara baik baik mengenai contoh biografi diri sendiri pake bahasa sunda dibawah ini agar sobat mudah dalam membuat biografi diri sendiri dalam bahasa sunda.

Dibawah ini contoh biografi diri sendiri dalam bahasa sunda dan artinya adalah sebagai berikut.

Contoh Autobiografi Diri Sendiri Bahasa Sunda Yang Pertama


Nilam Rosiana Putri

Nami wasta pun abdi nyaéta Nilam Rosiana Putri, dibabarkeun di Surabaya, kaping 13 Agustus 2001, abdi putri kadua ti telu sadérék ti pasangan bapa Usman sareng ibu Laela.

Abdi dilahirkeun ti keluargi anu basajan pisan, padamukan abdi ayeuna di kp. Mawar desa Bunga RT 01/01 Surabaya, kode pos 17611. Ti alit abdi diajaran ku bapa sareng indung abdi sangkan kedah rajin ibadah, jujur, amanah, sareng saé ka sasama.

Sabot yuswa abdi 6 warsih, abdi mitembeyan atikan di SDN 2 Surabaya, salajeungna neraskeun atikan di SMPN 1 Surabaya dina warsih 2014. Lulus ti SMP warsih 2017, abdi neraskeun atikan di SMA 1 Surabaya, Di Kota Surabaya.

Di sakola, abdi pernah ngiring pasanggiri nyerat puisi sakota Surabaya, puisi abdi anu ngiringan lomba nyaeta dina judul “ kabersihan lingkungan” dina jéjér puisi kabersihan lingkungan, puisi kasebat alhamdulilah menang jawara ka 1 dina lomba kasebat.

Tangtos waé ieu midamel abdi janten bungah sarta beuki sumangeut dina nyerat puisi, utamina puisi-puisi dina jéjér lingkungan hirup, sabab lingkungan téh mangrupa salah sahiji peryogi anu penting dina kahirupan urang, margi lingkungan anu bersih sarta asri tiasa midamel jiwa janten sehat.

Ayeuna abdi kacatut salaku janten murid kelas XII di SMA 1 Bogor, Saentos lulus abdi ngarancang kahayang kanggo neraskeun atikan ka jurusan “Teknik lingkungan” di salah sahiji universitas di Surabaya.

Gambar Untuk Autobiografi
Gambar Untuk Autobiografi

Baca Juga: Contoh Biografi Bahasa Sunda Artis Singkat & Lengkap

Artinya mengenai contoh autobiografi diri sendiri bahasa sunda singkat diatas adalah sebagai berikut

Nilam Rosiana Putri

Nama pribadi saya Nilam Rosiana Putri, lahir di Surabaya, 13 Agustus 2001, saya putri kedua dari tiga bersaudara dari ayah Usman dan ibu Laela.

Saya lahir dari keluarga yang sangat sederhana, tempat tinggal saya saat ini di KP. Mawar desa Bunga RT 01/01 Surabaya, kode pos 17611. Sejak kecil saya diajarkan oleh ayah dan ibu saya untuk rajin beribadah, jujur, amanah, dan baik kepada orang lain.

Ketika saya berusia 6 tahun, saya memulai pendidikan saya di SDN 2 Surabaya, kemudian melanjutkan pendidikan saya di SMPN 1 Surabaya pada tahun 2014. Lulus dari sekolah menengah pertama pada tahun 2017, saya melanjutkan pendidikan saya di SMA 1 Surabaya, di Surabaya.

Di sekolah saya pernah mengikuti lomba menulis puisi di surabaya, puisi saya yang mengiringi lomba tersebut berjudul "kebersihan lingkungan" selanjutnya puisi kebersihan lingkungan, puisi alhamdulilah meraih juara 1 dalam kompetisi tersebut.

Tentunya hal ini membuat saya semakin semangat dan semangat dalam menulis puisi, khususnya puisi disamping lingkungan tempat tinggal, karena lingkungan merupakan salah satu kebutuhan yang esensial dalam kehidupan kita, karena lingkungan yang bersih dan asri dapat membuat jiwa menjadi sehat.

Sekarang saya terdaftar sebagai siswa kelas XII di SMA 1 Bogor, Setelah lulus saya berencana untuk melanjutkan pendidikan ke jurusan "Teknik Lingkungan" di salah satu universitas di Surabaya.

Itulah salah satu contoh biografi bahasa sunda diri sendiri. Selain itu, dibawah ini contoh lainnya yang dapat di contoh sebagai contoh biografi tentang diri sendiri bahasa sunda adalah sebagai berikut.

Baca Juga mengenai biodata diri dalam bahasa sunda: Biografi Bahasa Sunda : Contoh Biografi Diri Sendiri, Tokoh, Ibu

Contoh Teks Biografi Diri Sendiri Bahasa Sunda Yang Kedua


Aditya Kurniawan

Nami abdi Aditya Kurniawan, atanapi rerencangan mah sok nyauran abdi ku sebatan name asit, boh disakolaan boh di bumi. Abdi dibabarkeun di Bandar Bunga, Kacamatan Bunga Nasional, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, Ping 4 Maret 1997. Abdi putra ka hiji ti pasangan Bapa Asep sareung ibu Rohayati.

Umuran 14 taun, nuju abdi kelas 1 SMP abdi ngagaduhan kareseup nyaeta utak-atik komputer. Mimiti abdi wanoh kana komputer téh ti warnet, ti dinya abdi mimiti wanoh kana Jaringan Internet nyaeta nuju abdi umuran 9 taun kelas 4 SD.

Di Internet seuer hiburan, mun urang hoyong lagu, kawih atanapi pupuh tinggal ngadownload, hoyong video tinggal download, sareung lian sajabana.

Sareng di internet oge seuer pisan Beja atanapi Informasi nukumaha bae, sapertos sabundereun tina bahan ajar disakola, didinya urang tiasa diajar tinggal milarian dina Situs Internet nganggo perantara Browser.

Sabab saur pa guru ogé, élmu mah kacida pentingna, lamun hirup nyandak élmu bakalan moal berat kawas urang manggul batu, da nungarana élmu mah icingna dina pangarti jelema, nyaeta dina akal anu sehat.

Saréng nangan élmu ogé tiasa dimana waé sapertos kos kiwari ayena tiasa diajar dina internet. Élmu tiasa dimanfaatkeun diantarana Ngawartosan anu teu wanoh, Ngabantosan anu butuh, Sodakoh pikiran ngangge élmu ogé kaasup kana ibadah.

Saking resepna abdi kana élmu komputer, abdi ngarancang kahayang lulus sakola éngkin, abdi hoyong neraskeun atikan ka teknik komputer sareng jaringan di salah sahiji universitas negri di Kota Surabaya.

Baca Juga: Contoh Biografi Tokoh Bahasa Sunda Singkat & Lengkap

Artinya dari contoh biografi diri sendiri Bahasa sunda singkat diatas adalah sebagai berikut.

Contoh Gambar Biografi Diri Sendiri
Contoh Gambar Biografi Diri Sendiri

Aditya Kurniawan

Nama saya Aditya Kurniawan, atau teman-teman saya selalu memanggil saya dengan panggilan Adit, baik di sekolah maupun di bumi. Saya lahir di Bandar Bunga, Kecamatan Bunga Nasional, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, Ping, 4 Maret 1997. Saya adalah anak dari salah satu pasangan Pater Asep dan ibu Rohayati.

Pada usia 14 tahun, di kelas 1 SMP saya, saya memiliki hasrat untuk ilmu komputer. Saat pertama saya di komputer adalah dari warnet, dari sana saat pertama saya di Jaringan Internet adalah menjelang usia saya 9 tahun kelas 4.

Di internet seuer entertainment, kalau kita mau lagu, kawih atau pupuh tinggal download, mau video tinggal download, dan lain sebagainya.

Dan di internet juga banyak sekali Berita atau Informasi entah bagaimana, seperti lingkungan bahan ajar sekolah, disana kita bisa belajar tinggal mencari di Situs Internet menggunakan perantara Browser.

Karena menurut saya guru juga, ilmu saya sangat penting, jika hidup butuh ilmu tidak akan berat seperti kita memikul batu, dan nama ilmu saya icingna dalam pengertian orang, adalah dalam akal sehat.

Dan ilmu penanganan juga bisa dimana saja yang biayanya seperti sekarang bisa dipelajari di internet. Ilmu bisa dimanfaatkan termasuk menginformasikan kepada mereka yang tidak pada saat ini, membantu mereka yang membutuhkan, Sodakoh pikiran menggunakan ilmu juga termasuk dalam ibadah.

Dari ketertarikan saya pada ilmu komputer, saya berencana untuk segera lulus sekolah, saya ingin melanjutkan pendidikan saya di bidang teknik komputer dan jaringan di salah satu universitas negeri di Surabaya.

Itulah contoh biografi sunda diri sendiri yang terakhir. Terkait dengan contoh biografi sunda diri sendiri yang lainnya atau biografi bahasa sunda dapat diakses di Blog Pelajaran Sekolah.

Nah, itulah contoh biografi diri sendiri Bahasa sunda singkat yang perlu diketahui. Semoga contoh biografi atau cerita diri sendiri Bahasa sunda singkat tersebut dapat menambah pengetahuan sobat semuanya dalam belajar contoh teks autobiografi bahasa sunda dan menuntut ilmu tentunya.

Jangan lupa baca juga artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung