Contoh Autobiografi Bahasa Sunda Dan Artinya

Pengertian autobiografi bahasa sunda dan struktur autobiografi Lengkap. Dilengkapi dengan contoh autobiografi bahasa sunda dan artinya agar mudah dipahami.

Sebelumnya, kita telah membahas mengenai biografi sunda secara lengkap. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai contoh autobiografi bahasa sunda beserta artinya. Contoh autobiografi sunda saya disini bahasa sunda dapat sobat gunakan sebagai referensi tugas dan sebagainya. 

Langsung saja kita bahas mengenai contoh autobiografi bahasa sunda dan artinya daripada penasaran, ya. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Artikel ini berisi tentang:
  • Contoh autobiografi bahasa sunda tentang diri sendiri
  • Contoh autobiografi bahasa sunda lengkap
  • Contoh membuat autobiografi dalam bahasa sunda
  • Contoh autobiografi basa sunda singkat
  • Contoh teks autobiografi bahasa sunda singkat
Dibawah ini disajikan secara lengkap mengenai contoh teks biografi diri sendiri bahasa sunda adalah sebagai berikut.

Pengertian Autobiografi bahasa sunda


Autobiografi bahasa sunda nyaeta tulisan atau riwayat hidup seseorang atau tokoh mengenai perjalanan hidup yang dialaminya dan ditulis oleh tokoh sendiri tersebut. Autobiografi biasanya berisi mengenai riwayat hidup tokoh tersebut dari lahir sampai meninggal. Biasanya membahas mengenai tanggal lahir, tempat lahir, nama orang tua, prestasi, dan sebagainya.

Autobiografi bahasa sunda
Autobiografi bahasa sunda

Baca Juga: Biografi Bahasa Sunda : Contoh Biografi Diri Sendiri, Tokoh, Ibu untuk mengetahui lebih lengkap mengenai contoh biografi sunda.

Struktur Autobiografi 


Susunan atau struktur autobiografi terdiri dari lima struktur. Hal ini perlu diketahui dalam pembuatan contoh otobiografi bahasa sunda. Kelima struktur autobiografi adalah sebagai berikut ini.
  • Latar belakang keluarga, berisi mengenai nama, tempat dan tanggal lahir, anak ke berapa, jumlah anak dalam keluarga, nama kedua orang tua, dan sebagainya.
  • Latar belakang pendidikan, berisi pencapaian pendidikan tokoh tersebut selama hidupnya. Selain itu, berisi juga nama sekolah atau institusi pendidikan yang ia emban baik dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi dan sebagainya.
  • Latar belakang prestasi, secara umum biasanya pencapaian prestasi seorang tokoh selama bersekolah. Namun, biasanya prestasi diluar sekolah ikut juga disertakan. Contoh memenangkan lomba makan kerupuk pada saat 17 Agustus-an. 
  • Latar belakang pekerjaan, berisi mengenai pekerjaan yang diambil oleh tokoh tersebut setelah menyelesaikan sekolah atau pendidikannya. 
  • Latar belakang hasil karya, berisi mengenai karya-karya yang ia hasilkan selama hidup atau pencapaiannya dalam membuat sesuatu. 

Autobiografi dan biografi tentunya memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut hanya terletak pada bagian penulis. Autobiografi adalah cerita yang ditulis oleh tokoh itu sendiri sedangkan biografi adalah cerita yang ditulis oleh orang lain megenai riwayat hidup seseorang.




Baca Juga biografi sunda singkat lainnya: Contoh Biografi Bahasa Sunda artis, ibu, teman dan sebagainya

Agar sobat semakin paham mengenai autobiografi, saya telah menyajikan contoh autobiografi bahasa sunda singkat. Contoh bahasa sunda tentang autobiografi adalah sebagai berikut ini. 

Contoh Autobiografi Bahasa Sunda

Autobiografi atau Otobiografi adalah riwiayat hidup seorang tokoh, dimana tokoh tersebut menulisnya sendiri. Dibawah ini terdapat beberapa contoh autobiografi dalam bahasa sunda dan artinya yang dapat sobat baca dan pahami. Agar sobat lebih mudah dalam membedakan antara biografi dan autobiografi. 

Dibawah ini contoh autobiografi bahasa sunda diri sendiri yang dapat sobat contoh dalam membuat contoh membuat autobiografi bahasa sunda agar tidak bingung.

Contoh autobiografi biodata bahasa sunda adalah sebagai berikut.

Autobiografi Andi Wijaya

Tepangkeun nami abdi Andi Wijaya, biasa dipanggil Jaya. Abdi dibabarkeun di Kabupaten Bogor, kaping 11 Juni taun 2002, yuswa abdi ayeuna 18 taun. Abdi mangrupikeun putra ka dua ti tilu sadérék ti pasangan bapa Andi sareng ibu Putri, raka abdi istri namina Lisa, anjeuna keneh sakola SMA kelas 10 jeung rai abdi pameget namina Jino, anjeuna masih keneh sakola SD kelas 5.

Abdi dilahirkeun ti kulawargi anu sederhana, bumi abdi di Jl. Cisarua no. 2, RT 02, RW 02, Desa Sekar Jaya Kecamatan Suka Suka Kabupaten Bogor. Kapungkur abdi sakola di SD 02 Bogor taun 2008 salami 6  taun, teras neraskeun ka SMP 02 Bogor taun 2014 salami 3 taun, SMA 02 Bogor salami 3 taun sareng ayeuna abdi sakola di Perguruan Tinggi Negeri.

Karesep abdi nulis, abdi sok ngiringan kana organisasi kepenulisan di sakola, sahingga nuju waktu SMA abdi pernah ngiring lomba nulis puisi jeung pantun, alhamdulillah abdi meunangkeun juara ka hiji. Salian ti nulis, abdi ge resep kana olahraga, abdi sok ngiringan kagiatan-kagiatan olahraga anu diayakeun di kelas jeung sakola.

Cita-cita abdi hoyong janten penulis, ku kituna saatos lulus tidieu abdi hoyong neraskeun kuliah kana jurusan kepenulisan, atawa jurusan nu sanes tapi tetep ngembangkeun kamahiran nulis, sangkan janten penulis professional.

Sakitu, saklias ngeunaan autobiografi pondok ti sim abdi, mudah-mudahan aya mangfaatna kangge sadayana.


Autobiografi
Autobiografi


Dibawah contoh otobiografi sunda dan artinya dari sebelumnya adalah sebagai berikut.

Autobiografi Andi Wijaya

Perkenalkan nama saya Andi Wijaya, biasa dipanggil Jaya, saya dilahirkan di Kabupaten Bogor, tanggal 11 Juni tahun 2002, umur saya sekarang 18 taun. Saya adalah anak ke dua dari tiga bersaudara dari pasangan bapak Andi dan ibu Putri, kakak saya perempuan namanya Lisa masih sekolah SMA kelas 10 dan adik saya laki-lakai namanya Jino, ia masih sekolah SD kelas 5.

Saya dilahirkan dari keluarga yang sederhana, rumah saya di Jl. Cisarua no. 2, RT 02, RW 02, Desa Sekar Jaya Kecamatan Suka Suka Kabupaten Bogor. Dulu saya sekolah di SD 02 Bogor tahun 2008 selama 6  tahun, lalu melanjutkan ke SMP 02 Bogor taun 2014 selama 3 taun, sekolah di SMA 02 Bogor dan sekarang saya sekolah di Perguruan Tinggi Negeri.

Hobi saya menulis, saya sering mengikuti organisasi kepenulisan di sekolah, sehingga ketika SMA saya pernah mengikuti lomba nulis puisi dan pantun, alhamdulillah saya memenangkan juara pertama. Selain menulis, saya juga suka olahraga, saya sering mengikuti kegiatan-kegiatan olahraga yang diadakan di kelas dan sekolah.

Cita-cita saya ingin menjadi penulis, oleh sebab itu sesudah lulus dari sini saya ingin melanjutkan kuliah di jurusan kepenulisan, atau jurusan yang lain tapi tetap mengembangkan kemahiran menulis, supaya jadi penulis professional.

Demikian, seklias mengenai autobiografi pendek dari saya, mudah-mudahan ada manfaatnya untuk semuanya.

Diatas adalah salah satu contoh otobiografi sunda yang dapat digunakan sebagai referensi. Itulah salah satu dari contoh biografi diri sendiri dalam bahasa sunda. Selain itu, dibawah ini salah satu contoh autobiografi bahasa sunda pendek. Selanjutnya, mengenai contoh autobiografi menggunakan bahasa sunda sebagai berikut ini.

Autobiografi Andini Safitri

Nami wasta pun abdi nyaéta Andini Safitri, dibabarkeun di kabupaten bogor, kaping 1 Juni 2002, abdi putri ka dua ti tiga sadérék ti pasangan bapa Andi sareng ibu Fitri. Nami kakak abdi nyaeta Dini sakolah ti Perguruan Tinggi Negeri jeung adik abdi nyaeta Sasa sakolah ti SD kelas 3.

Abdi dilahirkeun ti keluargi anu basajan pisan, padamukan abdi ayeuna di kp. Banjar desa Bedug RT 02/02 bogor, kode pos 16711. Ti alit abdi diajaran ku bapa sareng indung abdi sangkan kedah rajin ibadah, jujur, sareng saé ka sasama.

Sabot yuswa abdi 6 warsih, abdi mitembeyan atikan di SDN 1 Bogor, salajeungna neraskeun atikan di SMPN 2 Bogor dina taun 2014. Lulus ti SMP 2 Bogor taun 2017, abdi neraskeun atikan di SMA 2 Bogor jeung saniki abdi ti sakola Perguruan Tinggi Negeri.

Di sakola, abdi pernah ngiring pasanggiri nyerat puisi sakabupaten Bogor, puisi abdi anu ngiringan lomba nyaeta dina judul “ kabersihan lingkungan wahangan” dina jéjér puisi kabersihan lingkungan, puisi kasebat alhamdulilah menang jawara ka 1 dina lomba kasebat.

Tangtos waé ieu midamel abdi janten bungah sarta beuki sumangeut dina nyerat puisi, utamina puisi-puisi dina jéjér lingkungan hirup, sabab lingkungan téh mangrupa salah sahiji peryogi anu penting dina kahirupan urang, margi lingkungan anu bersih sarta asri tiasa midamel jiwa janten sehat.

Sakitu, saklias ngeunaan autobiografi pondok ti sim abdi, mudah-mudahan aya mangfaatna kangge sadayana.

Itulah contoh autobiografi diri sendiri bahasa sunda singkat yang kedua. Berikut adalah contoh autobiografi bahasa sunda panjang dan yang terakhir adalah sebagai berikut ini.


Gambar Autobiografi
Gambar Autobiografi


Autobiografi Dino Sorian

Nami wasta abdi Dino Sorian, dibabarkeun di Bandung, 28 Februari 1997, Kiwari abdi mumbara di kota Bogor sareng kacatut janten salah sahiji siswa kelas X, di sakola SMAN 2  Bogor, Jurusan IPA.

Abdi mibogaan kahayang anu aya kaitana sareng lingkungan sarta kasehatan, terutamina sapertos olah raga sareng jogging. Pikeun abdi lingkungan sareng kasehatan téh mangrupakeun dua perkawis anu kalintang penting, nu aya patalina hiji sareng nu liana. Pamugi kapungkur mah ti alit padamukan abdi caket sareng wahangan ciliwung, unggal usum panghujan bumi abdi tangtos kabanjiran ku mudalna eta wahangan kasebat.

Lumrahna abdi sareng keluargi sok ngungsi ka pelataran anu palih luhur di bumi sadérék abdi, dugi ka banjir réngsé. Perkawis ieu téh ka ulang noron unggal tauna, sapertos teu tiasa di tungkulan tina masalahna.

Dugi abdi lebet ka sakola SMA, abdi nyadar yén masalah banjir téh sabenerna lain saukur tanggung jawab pamarentah hungkul, nanging masyarakat ogé kedah ngiring tanggung jawab pikeun nyumponan éta masalah banjir. Salah sahiji carana nyaeta ulah miceun sampah papaduan ka wahangan, sareng ulah sadaekna nuaran tatangkalan anu aya dipipir wahangan kasebat.

Wanci yuswa abdi 19 taun, salajeungna abdi teras ngiringan hiji organisasi atanapi komunitas dina ngaran “peduli lingkungan” di komunitas kota bogor. Komunitas ieu unggal mingguna ngalakukeun rupa-rupi kagiatan sosialisasi pikeun nangulangan masalah banjir sarta tarekah polah ngeunaan hirup sehat, khususna anu nyicingan dipadamukan dipipir wahangan.

Salian éta, abdi sareng réréncangan ogé ngayakeun bakti sosial di unggal sasihna. Sarta kiwari abdi janten ngarasa boga mangpaat pikeun jalmi anu sanesna, sareng tiasa babagi supados terang sarta abde oge nuju teurang yén kabersihan lingkungan téh ageung pisan patalina saréng kasehatan urang.


Nah, itulah contoh otobiografi sunda diri sendiri yang terakhir. Semoga contoh autobiografi sunda tersebut dapat menambah wawasan anda semuanya, sehingga anda dapat membuat contoh biografi bahasa sunda diri sendiri singkat. Diatas merupakan beberapa contoh autobiografi bahasa sunda diri sendiri yang dapat sobat contoh. 

Semoga bermanfaat contoh teks autobiografi bahasa sunda diatas yang telah dijelaskan.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung