Persiapan PKI Sebelum Gerakan September 1965 Lengkap

PKI menuntut pemerintah Indonesia untuk membentuk angkatan kelima dengan tujuan petani & buruh dipersenjatai. Selain itu, menghembuskan isu dewan jenderal.

Sebelum melakukan sesuatu tentunya kita akan melakukan suatu rencana, bukan? Baik itu suatu rencana kecil maupun besar. Semuanya perlu direncakan dengan sangat baik agar tidak terjadi hal diluar dugaan atau rencana. Rencana yang baik dapat membawa sesuatu yang kita rencanakan dapat berhasil. Walaupun tidak semua rencana terkadang berjalan dengan lancar.

PKI sebelum melakukan pemberontakan, mereka juga tentunya melakukan persiapan. Persiapan pki sebelum melakukan pemberontakan tidaklah sebentar. Mereka merencanakan pemberontakan ini dengan sangat matang. Walau kita semua pastinya sudah tahu, hasil akhir dari pemberontakan tersebut bagaimana, bukan? Karena TNI kita kuat dan memiliki rencana – rencana yang matang dengan keadaan darurat.

Nah, mungkin sobat semua penasaran, apa saja yang disiapkan oleh PKI sebelum melancarkan pengkhianatan melalui gerakan september 1965. Penasaran, bukan? Apa dan bagaimana saja persiapan yang dilakukan oleh PKI atau Partai Komunis Indonesia tersebut? Baca artikel dibawah ini sampai selesai.

Selamat Membaca di Blog Pelajaran Sekolah!!!


Persiapan PKI Sebelum Gerakan September 1965

Partai Komunis Indonesia adalah salah satu partai politik yang pernah berdiri di Indonesia. Namun saat ini, partai komunis Indonesia telah dibubarkan dan partai terlarang berdiri di Indonesia. Peristiwa tersebut dimulai sejak terjadinya G30S-PKI yang menyebabkan 7 Jenderal Indonesia meninggal dunia. Partai Komunis Indonesia disebut juga dengan PKI.

Gambar Partai Komunis Indonesia
Gambar Partai Komunis Indonesia

Sebelum melakukan pemberontakan, tentunya PKI telah menyiapkan berbagai persiapan. Hal ini untuk mendukung aksinya dalam melancarkan serangan. Lantas apa saja persiapan PKI tersebut? Berbagai persiapan PKI sebelum melancarkan pengkhianatan melalui gerakan September 1965 adalah sebagai berikut ini.

PKI Melakukan Berbagai Penggalangan Massa

Pertama dalam upaya persiapan g30s pki adalah menggalang massa dari berbagai elemen terutama buruh, petani dan pemuda. PKI melakukan penggalangan dengan membentuk berbagai organisasi massa. Organisasi massa bentukan PKI tersebut adalah sebagai berikut ini. 

  • Barisan Tani Indonesia atau BTI. 
  • Pemuda Rakyat atau PR. 
  • Central Gabungan Mahasiswa Indonesia atau CGMI. 
  • Gerakan Mahasiswa Indonesia atau Gerwani.

Membentuk Angkatan Perang Sendiri

Mengusulkan membentuk Angkatan kelima dalam tubuh angkatan bersenjata Indonesia. Bahkan, mereka sampai menuntut hal ini agar dikabulkan. PKI menuntut pemerintah indonesia untuk membentuk angkatan kelima dengan tujuan agar para buruh dan petani dipersenjatai. Dimana persenjataan ini  akan dibantu oleh China dengan memberikan 100.000 pucuk senjata ringan dengan gratis atau Cuma Cuma.

Tonton juga video dibawah ini tentang sejarah partai komunis Indonesia.

PKI Membentuk Biro Khusus

PKI membuat Biro Khusus dibawah kepemimpinan Syam Kamaruzzaman. Dibalik pembuatan biro khusus tersebut terdapat niat terselubung. Tujuan pembentukan biro khusus pki adalah merancang dan mempersiapkan perebutan kekuasaan dan melakukan infiltrasi ke dalam tubuh ABRI. 

Selain melakukan infiltrasi ke dalam abri, PKI juga masuk kedalam organisasi politik Indonesia dan organisasi masa. Hal lain pembuatan biro khusus tersebut adalah untuk mempersiapkan dan merancang perebutan kekuasaan serta menyebarluaskan ideologi komunis ke dalam TNI dan organisasi politik lain di Indonesia.

Sabotase PKI

Persiapan PKI sebelum melancarkan gerakan September 1965 adalah dengan melakukan sabotase transportasi kereta api. Sabotase transportasi kereta api dapat menyebabkan serangkaian kecelakaan kereta api misalnya di Tanah Abang Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Kroya, Purwokerto, dan sebagainya.

Gambar Organisasi Masa PKI
Gambar Organisasi Masa PKI

Berbagai Peristiwa Oleh PKI

Persiapan PKI lainnya adalah dengan melakukan aksi sepihak seperti dalam berbagai peristiwa – peristiwa yang terjadi di Indonesia. Seperti Peristiwa Indramayu, Peristiwa Bandar Betsy dan Peristiwa Jengkol.

Aksi Teror Oleh PKI

Selain melakukan berbagai peristiwa di Indonesia, PKI juga melakukan berbagai teror. Beberapa aksi teror tersebut adalah seperti terjadinya peristiwa Kanigoro, Kediri.

Isu Dewan Jenderal

Isu yang ditiupkan PKI dalam tubuh angkatan darat adalah dengan melancarkan isu Dewan Jenderal terhadap TNI. Isu ini ditiupkan oleh PKI terutama khususnya didalam Angkatan Darat untuk menghilangkan kepercayaan terhadap TNI-AD. Selain itu, hal ini juga untuk mengadu domba dengan Presiden Sukarno yang pada saat itu menjabat.

Latihan Militer Di Lubang Buaya Oleh PKI

Persiapan PKI yang terakhir sebelum melakukan pemberontakan adalah dengan melakukan latihan militer di Lubang Buaya, Jakarta. Persiapan PKI dengan latihan militer ini dengan alasan untuk membantu Operasi Trikora yang memang saat itu sedang memanas juga.

Nah, itulah beberapa telah disebutkan persiapan PKI sebelum melancarkan pengkhianatan melalui gerakan september 1965. Dibawah ini beberapa contoh soal mengenai persiapan PKI sebelum gerakan September 1965.

Gambar Partai Komunis Indonesia 2
Gambar Partai Komunis Indonesia 2

Soal Tentang PKI Dan Jawabannya

Berikut ini adalah berbagai persiapan PKI sebelum melancarkan pengkhianatan melalui Gerakan September 1965, kecuali.....

A. Menggalang kekuatan massa dengan mendirikan berbagai organisasi.
B. Melakukan infiltrasi ke dalam tubuh ABRI
C. Menyebarkan isu Dewan Jenderal
D. Membentuk biro khusus
E. Menculik para perwira tinggi yang tidak mau tunduk pada PKI

Jawaban: A. Menggalang kekuatan massa dengan mendirikan berbagai organisasi.

 Pembahasan selengkapnya di Persiapan PKI Sebelum Melancarkan G30S PKI


Perwira militer yang ditunjuk oleh pemerintah untuk memimpin operasi penumpasan pemberontakan PKI Madiun tahun 1948, yakni....

A. Kol. Sungkono dan Kol. A. H. Nasution
B. Kol. Sungkono dan Kol. Gatot Subroto
C. Kol. A. H. Nasution dengan Kol. Alex Kawilarang
D. Kol. Bambang Supeno dan Kol. Worang
E. Kol. Gatot Subroto dengan Kol. Alex Kawilarang

Jawab: B. Kol. Sungkono dan Kol. Gatot Subroto

Pembahasan selengkapnya di Pemimpin Operasi Penumpasan PKI Di Madiun


Dalam peristiwa pemberontakan PKI Madiun, keadaan dapat direbut kembali pada tanggal.....

A. 18 September 1948
B. 30 September 1948
C. 31 Oktober 1948
D. 30 November 1948
E. 30 Oktober 1948

Jawaban: B. 30 September 1948

 Pembahasan selengkapnya di Perebutan Kembali Madiun Dari Pemberontakan PKI Madiun


Pada tanggal 18 September 1948, gerakan PKI dapat merebut tempat-tempat penting di.....

A. Madiun
B. Delanggu
C. Surakarta
D. Jawa Tengah
E. Semarang

Jawaban: A. Madiun

Pembahasan Selangkapnya di Pemberontakan PKI Madiun Yang Merebut Tempat Penting


Nah, itulah beberapa contoh Soal Tentang PKI Dan Jawabannya semoga bermanfaat. Semoga dapat menambah ilmu sobat semuanya.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung