Persiapan PKI Sebelum Melancarkan G30S PKI

Berikut ini adalah berbagai persiapan PKI sebelum melancarkan pengkhianatan melalui Gerakan September 1965, kecuali ....

A. Menggalang kekuatan massa dengan mendirikan berbagai organisasi.
B. Melakukan infiltrasi ke dalam tubuh ABRI
C. Menyebarkan isu Dewan Jenderal
D. Membentuk biro khusus
E. Menculik para perwira tinggi yang tidak mau tunduk pada PKI

Jawab: 

Persiapan PKI Sebelum Melancarkan Pengkhianatan G30S PKI


Terdapat beberapa persiapan PKI sebelum melancarkan pengkhianatan melalui gerakan 30 september 1965. Hal ini dilakukan agar semakin matang pada saat pelaksanaan pelancaran pengkhianatan tersebut. Berikut adalah persiapan pki sebelum melancarkan pengkhianatan g30s pki adalah sebagai berikut ini.


persiapan pki sebelum melancarkan g30s pki
Persiapan PKI Sebelum Melancarkan G30S PKI
  • Upaya persiapan pki sebelum g30s pki adalah dengan mengusulkan membentuk Angkatan ke-5 dengan jalan mempersenjatai kaum buruh dan tani, yang akan dibantu oleh Cina dengan memberikan 100.000 pucuk senjata ringan dengan gratis.
  • Selanjutnya persiapan yang dilakukan pki sebelum melancarkan pengkhianatan melalui g30s pki adalah dengan menggalang massa dari buruh tani da pemuda dengan membentuk berbagai organisasi massa seperti BTI (Barisan Tani Indonesia), PR (Pemuda Rakyat), CGMI (Central Gabungan Mahasiswa Indonesia) dan Gerwani (Gerakan Mahasiswa Indonesia).
  • Persiapan PKI sebelum melakukan pemberontakan  adalah dengan melancarkan isu Dewan Jenderal terhadap TNI, khususnya Angkatan Darat untuk menghilangkan kepercayaan terhadap TNI-AD dan mengadu domba dengan Presiden Sukarno.
Baca Selengkapnya mengenai upaya persiapan g30s pki artikel bawah ini.
  • Selanjutnya persiapan pki sebelum g30s pki adalah dengan melakukan sabotase transportasi kereta sehingga menyebabkan serangkaian kecelakaan kereta api misalnya di Tasikmalaya, Kroya, Purwokerto, Bandung dan Tanah Abang.
  • Persiapan pki sebelum g30s pki adalah dengan membuat Biro Khusus di bawah pimpinan Syam Kamaruzzaman yang bertugas mempersiapkan dan merancang perebutan kekuasaan serta menyebarluaskan ideologi komunis ke dalam TNI dan organisasi politik lain.
  • Persiapan pki sebelum g30s pki adalah dengan melakukan aksi sepihak seperti Peristiwa Indramayu,Bandar Betsy dan Peristiwa Jengkol.
  • Persiapan pki sebelum g30s pki adalah dengan melakukan aksi teror seperti terjadinya peristiwa Kanigoro, Kediri.
  • Persiapan pki sebelum g30s pki adalah dengan melakukan latihan militer di Lubang Buaya, Jakarta dengan alasan untuk membantu Operasi Trikora.

Jadi, jawaban dari berikut ini adalah berbagai persiapan pki sebelum melancarkan pengkhianatan melalui gerakan september 1965 kecuali

E. Menculik para perwira tinggi yang tidak mau tunduk pada PKI

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung