Penyebab VOC Dibubarkan Pada Tahun 1799 Lengkap

Penyebab Voc Dibubarkan Pada 31 Desember 1799 oleh pemerintah Belanda yang utama adalah karena mengalami kemunduran, bangkrut dan banyak kasus korupsi.

VOC dibentuk pada tanggal 20 Maret 1602 dengan gubernur jenderal VOC yang pertama bernama Pieter Both. Namun, setelah berdiri cukup lama, pada akhirnya voc dibubarkan oleh pemerintah belanda karena mengalami kemunduran. VOC dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799. 

Penyebab VOC bangkrut atau mengalami kemunduran disebabkan oleh adanya perdagangan gelap VOC. Selain itu, penyebab utama dibubarkannya VOC adalah banyaknya kasus korupsi yang terjadi. Sehingga, VOC dibubarkan karena hal itu. Lantas, bagaimana penjelasan dan penyebab VOC dibubarkan yang lainnya?

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai penyebab VOC dibubarkan pada tahun 1799 oleh pemerintah Belanda secara lengkap. Yuk, baca artikel penyebab VOC dibubarkan pada tahun 1799 dibawah ini sampai selesai.

Selamat Membaca!!!

VOC Dibubarkan Pada Tanggal 31 Desember 1799


VOC adalah kongsi dagang milik pemerintah Belanda. Tujuan dibentuknya VOC adalah untuk memonopoli perdagangan di wilayah Asia dan sekitarnya ( Tanjung harapan sampai selat magelhaens). Selain itu, untuk mengambil sebanyak banyaknya rempah rempah dan mengeksploitasi sumber daya manusia. 

VOC bubar

Di Indonesia, VOC disebut juga dengan istilah Kumpeni atau kompeni. Sedangkan, VOC singkatan dari De Veregnide Oost Indische Compagniedikenal. Lantas, Kapan voc dibubarkan?

VOC resmi dibubarkan oleh pemerintah Belanda pada tanggal 31 Desember 1799. Sebab dibubarkannya VOC karena banyaknya alasan yang mendasari sehingga VOC harus dibubarkan.

Faktor Penyebab VOC Dibubarkan Pada Tanggal 31 Desember 1799


Mengapa VOC dibubarkan?

Setelah berdiri selama 197 tahun, voc pada tahun 1799 dibubarkan. faktor penyebab dibubarkannya voc adalah sebagai berikut.


VOC Mengalami Kebangkrutan Pada Akhir Abad 18


Pertama, penyebab voc bubar adalah mengalami kebangkrutan.

Pada tanggal 31 desember 1799 voc dibubarkan karena bangkrut faktor utama yang menyebabkannya adalah VOC mengalami kebangkrutan karena banyaknya pegawai yang melakukan korupsi dan juga hutang. 

Sebelumnya telah diusahakan dengan berbagai cara dalam memberantas korupsi agar tidak dibubarkan. Namun, karena gagal mengembalikan keadaannya maka voc dibubarkan tanggal 31 desember 1799 tersebut. Itulah sebab mengapa VOC mengalami kebangkrutan.

Banyaknya Tuan Tanah Partikelir


Kedua, penyebab bubarnya voc adalah banyaknya tuan tanah partikelir.

Pada tanggal 31 desember 1799 kongsi dagang voc dibubarkan, salah satu penyebabnya yaitu banyaknya tuan tanah partikelir. Pemerintah kolonial Belanda yang sedang kekurangan dana di pemerintahannya karena peperangan. Akhirnya menjual tanah tanah yang luas kepada tuan tanah partikelir dengan hak pertuanan.

Gambar Peperangan Indonesia Dengan Belanda
Gambar Peperangan Indonesia Dengan Belanda

Selanjutnya, penyebab VOC dibubarkan pada tahun 1799 adalah sebagai berikut.

Banyaknya Peperangan Melawan VOC


Ketiga, VOC bubar karena banyaknya peperangan melawan VOC di tiap daerahnya. 

Pada tanggal 31 desember 1799 kongsi dagang voc dibubarkan salah satu penyebabnya yaitu banyaknya perlawanan kepada VOC dari setiap daerah yang menyebabkan biaya untuk peperangan pun bertambah. 

Contohnya adalah peperangan dengan raja gowa, peperangan dengan kerajaan ternate, perang dengan portugis, banyaknya pemberontakan kepada voc sehingga memakan dana yang cukup banyak dan masih banyak lagi lainnya.

Jual Beli Jabatan Di VOC


Keempat, alasan voc dibubarkan selanjutnya adalah karena jual beli jabatan di VOC.

Salah satu penyebab dibubarkannya voc pada tahun 1799 adalah terjadinya jual beli jabatan di VOC. Banyak anggota VOC yang sudah kaya ingin pulang ke negerinya, lalu ia menjual jabatannya tersebut dengan harga tinggi. Hal ini menjadi merajalela di VOC.

VOC Mengalami Kebangkrutan Karena Hutang


Kelima, kenapa voc bubar? Salah satu faktor bubarnya VOC adalah VOC mengalami kebangkuran karena hutang yang menumpuk.

Pada tanggal 31 desember 1799, voc dibubarkan karena bangkrut, faktor yang menyebabkannya adalah Hutang yang semakin besar. Walau sudah banyak tanah yang dijual, namun sayang belum dapat menutupi dana yang semakin menipis di pemerintahan Kolonial Belanda sehingga harus meminjam dan menambah jumlah hutang.

Perdagangan Gelap VOC


Keenam, alasan dibubarkannya VOC adalah perdagangan gelap VOC.

Pada tanggal 31 desember 1799 VOC dibubarkan dengan sebab utama lainnya adalah adanya perdangan gelap di VOC. Perdagangan gelap ini meliputi hasil dari rempah - rempah seperti cengkeh.

Gambar Kapal VOC
Gambar Kapal VOC

Masih ada loh penyebab VOC dibubarkan pada tahun 1799 adalah sebagai berikut.

Banyak Pegawai Yang Melupakan Tugasnya Di VOC


Ketujuh, faktor penyebab bubarnya voc adalah banyaknya pegawai yang melupakan tugasnya di VOC.

Salah satu faktor utama yang menjadi penyebab dibubarkannya voc pada tanggal 31 desember 1799 adalah semakin kayanya VOC sehingga para pegawainya melupakan tugas dan kewajibannya mereka terhadap pemerintah dan masyarakat.

Kasus Korupsi Di VOC


Kedelapan, alasan voc bubar adalah banyaknya kasus korupsi di VOC.

Salah satu faktor-faktor penyebab voc dibubarkan pada tanggal 31 desember 1799 adalah banyaknya kasus korupsi yang merajalela di VOC. Bahkan sampai disindir dengan VOC kepanjangan dari Vergaan Onder Corruptie yang artinya tenggelam karena korupsi.

VOC Tidak Dapat Bersaing Dengan Pedagang lain


Terakhir, voc mengalami kebangkrutan dan akhirnya dibubarkan pada 31 Desember 1799 karena VOC sudah tidak dapat bersaing dengan pedagang dari bangsa yang lain.

Pada akhir abad ke 18, VOC semakin terporosok dan tidak dapat bersaing dengan para pedagang yang berasal dari eropa atau daerah lainnya seperti inggris, perancis dan portugis.

Selanjutnya, penyebab VOC dibubarkan adalah sebagai berikut.

Hutang semakin banyak dan tidak dapat dipertahankan, maka diputuskan bahwa VOC resmi dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799. Sehingga, digantikan oleh pemerintah belanda secara langsung. VOC hanya bisa bertahan kurang lebih selama 197 tahun sejak didirikannya pada 20 maret 1602 oleh Pieter both dan dibantu dewan 17 di Amsterdam, Belanda.

Nah, itulah mengenai penyebab VOC dibubarkan tahun 1799. Semoga materi penyebab VOC dibubarkan pada tahun 1799 dapat menambah pengetahuan sobat semuanya.

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung