Dalil Zakat Mal Didalam Al Quran Dan Hadits Lengkap

Dalil zakat mal telah disebutkan didalam Al Quran dan hadits. Mulai dari kewajiban, hukum, penerima, niat, ketentuan, keutamaan, hikmah mengenai zakat mal.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas secara detail mengenai materi dalil tentang zakat mal. Dalil dalil zakat mall terdapat didalam Al Quran dan Hadits. Keduanya telah menjelaskan mulai dari perintah sampai hikmahnya. Namun, perlu diketahui bahwasannya dalil zakat mal dan zakat fitrah hampir sama, bahkan bisa dikatakan sama. Jika belum tahu, ayo baca artikel ini sampai selesai karena akan mengupas tuntas mengenai dalil tentang zakat mal.

Materi ini mencakup sebagai berikut ini.
  • Dalil wajib zakat mal
  • Dalil quran tentang zakat mal
  • Dalil naqli tentang zakat mal pertanian
  • Dalil naqli tentang zakat mal pertambangan
  • Dalil naqli tentang zakat mal peternakan pertanian pertambangan barang temuan
  • Lebih dari 3 dalil tentang zakat
  • Dll
Selamat Membaca di Blog Pelajaran Sekolah!!!


Pengertian Zakat Mal

Pengertian zakat mal adalah suatu zakat yang harus dibayarkan oleh seseorang atau lembaga sesuai dengan syarat dan ketentuan. Zakat tersebut dikeluarkan dari nisab penghasilan atau harta yang ia miliki apabila telah mencapai. Zakat mal disebut juga zakat harta.

Zakat Mal
Gambar Zakat Mal


Dalam membayar zakat mal, seseorang harus memperhatikan syarat dan ketentuan zakat mal. Hal ini agar zakat yang kita bayarkan tepat dan sah. Mulai dari doa niat zakat mal, orang yang berhak penerima zakat mal, perintah mengeluarkan zakat mal, dan sebagainya. Semua hal itu telah diatur didalam Al Quran dan Hadits. 


Maka dari itu, yuk lanjutkan baca artikel ini sampai dengan selesai agar sobat tahu mengenai dalil zakat harta tersebut.

Sebelumnya yuk lihat dulu video dibawah ini mengenai adakah zakat profesi?.


Dalil Alquran Tentang Zakat Mal

Dalil tentang zakat mal salah satunya terdapat didalam Al Quran, Allah SWT telah berfirman mengenai perintah mengeluarkan zakat mal. Bahkan sampai manfaat, hikmah, penerima, niat, dan azab bagi mereka yang tidak melaksanakan perintah tersebut. Semua itu sudah tertuang dengan jelas didalam Alquran. Lantas, apa saja dalil dari zakat mal tersebut?

Dalil zakat mal adalah sebagai berikut ini.

Dalil Perintah Zakat Mal

Allah SWT mewajibkan seseorang yang memiliki harta dan mencapai nisab untuk membayar zakat mal. Dalil hukum zakat mal dan perintahnya terdapat dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 43 yang berbunyi sebagai berikut ini.

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Artinya:"Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku".

Dari ayat diatas, bahwasannya Allah SWT memerintahkan kepada umatnya untuk melaksanakan salah satunya adalah menunaikan zakat, baik zakat fitrah maupun zakat mal. 

Selain itu, Allah SWT berfirman juga dalam Al Quran Surat Al Bayyinah ayat 5 yang berbunyi sebagai berikut ini.

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

Artinya:"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus".

Ketika seseorang mengeluarkan zakat fitrah ataupun zakat mal, maka akan mendapatkan manfaat atau fungsi zakat mal. 

Dalil Manfaat Zakat Mal

Dalil Zakat Mal
Gambar Dalil Zakat Mal


Manfaat zakat mal tercantum dalam Al Quran Surat At Taubah ayat 103 yang berbunyi sebagai berikut ini.

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya:"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".

Manfaat zakat mal yang lain, bahwasannya orang yang membayar zakat akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Al Quran Surat Ar-Rum ayat 39 menjelaskan hal tersebut dan berbunyi sebagai berikut ini.

وَمَا آتَيْتُمْ مِنْ رِبًا لِيَرْبُوَ فِي أَمْوَالِ النَّاسِ فَلَا يَرْبُو عِنْدَ اللَّهِ ۖ وَمَا آتَيْتُمْ مِنْ زَكَاةٍ تُرِيدُونَ وَجْهَ اللَّهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُضْعِفُونَ

artinya:"Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia bertambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya).

Selain itu, dalam penyerahan zakat haruslah diserahkan kepada orang yang berhak merimanya dan harus tepat sasaran. Didalam Al Quran telah dijelaskan bahwasannya terdapat 8 orang yang berhak menerima zakat.

Dalil Orang Yang Berhak Menerima Zakat

Didalam zakat mal terdapat hak-hak orang lain seperti 8 golongan orang yang berhak menerima zakat. Hal ini terdapat didalam Al Quran Surat Az Zariyat ayat 19 yang berbunyi sebagai berikut ini.

وَفِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ

Artinya:"Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian".

Sedangkan untuk 8 orang yang berhak menerima zakat terdapat dalam Al Quran Surat At - Taubah ayat 60 yang berbunyi sebagai berikut ini.

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Artinya:"Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana".

Allah SWT juga berfirman yang menyatakan orang-orang yang tidak mau membayar zakat sedangkan dia termasuk orang yang wajib membayar zakat, maka ia akan mendapatkan siksaan yang pedih.

Ancaman Bagi Orang Yang Tidak Membayar Zakat
Gambaran Ancaman Bagi Orang Yang Tidak Membayar Zakat

Dalil Ancaman Bagi Orang Yang Tidak Membayar Zakat

Orang-orang yang tidak mau membayar zakat sedangkan ia mampu, maka ia akan mendapatkan balasannya. Dalil naqli zakat mal mengenai hal tersebut terdapat didalam Al Quran Surat At Taubah ayat 34 - 35 yang berbunyi sebagai berikut ini.

وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ  يَوْمَ يُحْمَى عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَى بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ هَذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ فَذُوقُوا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُونَ

Artinya:"Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu

Sedangkan bagi mereka yang bertaubat dan mau membayar zakat, Allah berfirman dalam Al Quran Surat At Taubah ayat 11 yang berbunyi sebagai berikut ini.

فَإِنْ تَابُوا وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ فَإِخْوَانُكُمْ فِي الدِّينِ ۗ وَنُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

Artinya:"Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui.

Dalil Tentang Zakat Pertanian

Bagi mereka yang memiliki lahan pertanian dan mencapai nisab. Maka, ia wajib mengeluarkan zakat mal. Dalil zakat mal pertanian tersebut sebagaimana bunyi Al Quran Surat Al An'am ayat 141 yang berbunyi sebagai berikut ini.

وَهُوَ الَّذِي أَنْشَأَ جَنَّاتٍ مَعْرُوشَاتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَاتٍ وَالنَّخْلَ وَالزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ ۚ كُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَآتُوا حَقَّهُ يَوْمَ حَصَادِهِ ۖ وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Artinya:"Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.

Pertanian
Gambar Pertanian


Itulah dalil yang menjelaskan tentang zakat mal bagian pertanian. Sehingga sobat yang memiliki lahan pertanian dan apabila telah mencapai nisab, jangan lupa untuk membayar zakat.

Nah, itulah sedikit dalil mengenai zakat mal dalam Al Quran, selanjutnya mari kita bahas mengenai dalil zakat didalam hadits.

Hadits Zakat Mal

Selain terdapat didalam Al Quran, dalil tentang zakat mal terdapat juga didalam hadits. Lantas, bagaimana saja bunyi dari hadits tentang zakat mal tersebut? mari kita bahas.

Hadits zakat mal adalah sebagai berikut ini.

Perintah Mengeluarkan Zakat Mal

Hadits yang mengenai perintah mengeluarkan zakat mal berbunyi sebagai berikut ini. 

Yang artinya : Rasulullah SAW bersabda, "Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya; mendirikan salat; melaksanakan puasa (di bulan Ramadan); menunaikan zakat; dan berhaji ke Baitullah (bagi yang mampu)" (HR. Muslim).

Selain itu, didalam hadits dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah mengutus Mu’adz radhiyallahu ‘anhu ke Yaman. Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi sebagai berikut ini.

ادْعُهُمْ إِلَى شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَأَنِّى رَسُولُ اللَّهِ ، فَإِنْ هُمْ أَطَاعُوا لِذَلِكَ فَأَعْلِمْهُمْ أَنَّ اللَّهَ قَدِ افْتَرَضَ عَلَيْهِمْ خَمْسَ صَلَوَاتٍ فِى كُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ ، فَإِنْ هُمْ أَطَاعُوا لِذَلِكَ فَأَعْلِمْهُمْ أَنَّ اللَّهَ افْتَرَضَ عَلَيْهِمْ صَدَقَةً فِى أَمْوَالِهِمْ ، تُؤْخَذُ مِنْ أَغْنِيَائِهِمْ وَتُرَدُّ عَلَى فُقَرَائِهِمْ

Artinya:“Ajaklah mereka untuk bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan aku adalah utusan Allah. Jika mereka menaati itu, beritahukanlah pada mereka bahwa Allah telah mewajibkan kepada mereka shalat lima waktu sehari semalam. Jika mereka menaati itu, beritahukanlah pada mereka bahwa Allah telah mewajibkan kepada mereka zakat yang wajib dari harta mereka diambil dari orang kaya di antara mereka dan disalurkan pada orang miskin di tengah-tengah mereka.” (HR. Bukhari, no. 1395 dan Muslim, no. 19).

Hadits Zakat Mal
Hadits Zakat Mal

Dalil Zakat Mal 2.5%

dalil zakat mal 2,5% terdapat dalam hadits riwayat Imam Abu Daud. hadis zakat mall tersbeut berbunyi sebagai berikut ini.

Rasulullah SAW bersabda yaitu:

إِذَا كَانَتْ لَكَ مِائَتَا دِرْهَمٍ وَحَالَ عَلَيْهَا الْحَوْلُ فَفِيهَا خَمْسَةُ دَرَاهِمَ ، وَلَيْسَ عَلَيْكَ شَيْءٌ يَعْنِي فِي الذَّهَبِ حَتَّى يَكُونَ لَكَ عِشْرُونَ دِينَارًا ، فَإِذَا كَانَ لَكَ عِشْرُونَ دِينَارًا وَحَالَ عَلَيْهَا الْحَوْلُ فَفِيهَا نِصْفُ دِينَارٍ ، فَمَا زَادَ فَبِحِسَابِ ذَلِكَ

Artinya:"Jika kamu punya 200 dirham dan sudah mengendap selama setahun maka ada kewajiban zakat 5 dirham. Dan kamu tidak memiliki kewajiban zakat untuk emas, kecuali jika kamu memiliki 20 dinar. Jika kamu memiliki 20 dinar, dan sudah genap selama setahun, maka zakatnya ½ dinar. Lebih dari itu, mengikuti hitungan sebelumnya". (HR. Abu Daud 1575 dan dishahihkan al-Albani).

Dalil Naqli Tentang Zakat Mal Peternakan

Dalil naqli zakat mal peternakan terdapat dalam hadits riwayat Imam Bukhari, Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut ini.

مامن رجل تكون له ابل أوبقرأوغنم لا يؤ دّى حقّهاإلاّأوتي بهايوم القيامة اعظم ماتكون وأسمنه تطؤه بأخفافهاتنطحه بقرونها كلمّاجازت أخراهاردّت عليه اولاهاحتّى يقض بين النّاس

Yang artinya:"Dari hadis tersebut di atas, jumhur ulama sepakat bahwa binatang yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah unta, sapi, kerbau dan kambing (dan sejenisnya)". (H.R. Bukhari)

Dalil Naqli Zakat Mal Barang Temuan

Dalil naqli tentang zakat mal barang temuan terdapat didalam Hadits. Hadits yang membahas mengenai barang temuan diriwayatkan oleh Iman Bukhari dan Imam Muslim dari Rasulullah SAW yang berbunyi sebagai berikut ini.

وَفِي الرِّكَازِ الْْخُمُسُ

Artinya:“Dalam harta karun terdapat (zakat) seperlima (dari nilainya).” (HR. al-Bukhari: 1428 dan Muslim: 1710)

Barang Temuan
Gambar Barang Temuan


Untuk dalil naqli zakat mal pertambangan dan berapa zakat yang harus dikeluarkan, hal itu sama saja dengan zakat harta harun yaitu sebesar 20%.

Manfaat Zakat Mal

Ketika seseorang membayar zakat, maka ia akan terlindung dari bencana. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi sebagai berikut ini.

Yang artinya:"Bentengilah harta kalian dengan zakat, obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah, siapkanlah doa untuk bala bencana." (HR. Abu Dawud).

Nah, itulah materi dalil nisab zakat mal. Semoga menambah pengetahuan dan belajar sobat ya.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung