Dalil Zakat Fitrah Dalam Al Quran Dan Hadits Lengkap

Dalil zakat fitrah dalam Alquran dan hadits serta artinya yang berisi keutamaan, ketentuan, dll. Ayat tentang zakat fitrah salah satunya di Al Baqarah:110.

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas secara lengkap mengenai dalil zakat fitrah dalam Al Qur'an dan hadits tetang zakat fitrah dan artinya secara lengkap. Maka, dari itu baca sampai habis agar menambah ilmu dan wawasan anda, sob!

Namun, sebelumnya kita akan membahas sedikit mengenai zakat fitrah agar sobat tahu apa itu zakat fitrah. Ayo, baca materi dalil zakat fitrah adalah sebagai berikut ini sob! 

Selamat Membaca!

Zakat Fitrah

Pengertian zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh seorang Muslim, baik laki-laki maupun perempuan. Mereka yang mengeluarkan merupakan orang yang mampu dan kelebihan harta dalam mencukupi kebutuhannya. Selain itu, dalam menunaikan ibadah zakat fitrah terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku.

Zakat Fitrah
Gambar Zakat Fitrah


Zakat fitrah termasuk rukun islam yang ke tiga. Orang yang wajib membayar zakat fitrah disebut Muzaki. Hukum zakat fitrah fardhu ain atau wajib bagi seseorang yang telah mampu. Sedangkan bagi orang yang tidak mampu, maka tidak wajib untuk membayar zakat.

Nah, itulah sedikit materi mengenai zakat fitrah. Mau tau lebih lengkap?

Baca Juga: Pengertian, Hukum, Waktu, Dan Niat Zakat Fitrah

Sekarang, mari kita bahas secara lengkap mengenai ayat tentang zakat fitrah dalam Al-Quran dan Hadits tentang zakat fitrah dan artinya.

Berikut adalah video mengenai dalil alquran tentang zakat fitrah


Dalil Zakat Fitrah

Menunaikan ibadah zakat fitrah telah diatur dan diterangkan didalam Al-Quran oleh Allah SWT. Berikut ini beberapa dalil zakat fitrah dan artinya yaitu:

Dalil Zakat Fitrah Dalam Al Qur'an

Allah SWT memerintahkan kepada manusia untuk menunaikan zakat atas harta atau sesuatu yang mereka miliki. Nah, salah satu dalil zakat fitrah beserta artinya terdapat di Q.S. Al- Baqarah ayat 110 yang berbunyi sebagai berikut ini.

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا۟ لِأَنفُسِكُم مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِندَ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya:"Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan".

Dalil yang mewajibkan zakat fitrah terdapat juga di QS. Al Baqarah ayat 43, ayat tersebut berbunyi sebagai berikut ini.

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرْكَعُوا۟ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ

Artinya:"Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'.

Selain itu, dalil naqli tentang zakat fitrah terdapat juga didalam Q.S. Muzzammil ayat 20 yang berbunyi sebagai berikut ini.

إِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُومُ أَدْنَىٰ مِن ثُلُثَىِ ٱلَّيْلِ وَنِصْفَهُۥ وَثُلُثَهُۥ وَطَآئِفَةٌ مِّنَ ٱلَّذِينَ مَعَكَ ۚ وَٱللَّهُ يُقَدِّرُ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ ۚ عَلِمَ أَن لَّن تُحْصُوهُ فَتَابَ عَلَيْكُمْ ۖ فَٱقْرَءُوا۟ مَا تَيَسَّرَ مِنَ ٱلْقُرْءَانِ ۚ عَلِمَ أَن سَيَكُونُ مِنكُم مَّرْضَىٰ ۙ وَءَاخَرُونَ يَضْرِبُونَ فِى ٱلْأَرْضِ يَبْتَغُونَ مِن فَضْلِ ٱللَّهِ ۙ وَءَاخَرُونَ يُقَٰتِلُونَ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ ۖ فَٱقْرَءُوا۟ مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ ۚ وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَأَقْرِضُوا۟ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا۟ لِأَنفُسِكُم مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِندَ ٱللَّهِ هُوَ خَيْرًا وَأَعْظَمَ أَجْرًا ۚ وَٱسْتَغْفِرُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌۢ

Artinya:"Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".

Baca Juga: Ketentuan Zakat Fitrah: Rukun, Syarat, Waktu, Dan Besaran

Dalil Zakat Fitrah Dalam Al Qur'an
Dalil Zakat Fitrah Dalam Al Qur'an


Didalam Al-Quran surat An-Nahl ayat 71 dijelaskan juga, dalil quran zakat fitrah tersebut berbunyi sebagai berikut ini.

وَاللَّهُ فَضَّلَ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ فِي الرِّزْقِ ۚ فَمَا الَّذِينَ فُضِّلُوا بِرَادِّي رِزْقِهِمْ عَلَىٰ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَهُمْ فِيهِ سَوَاءٌ ۚ أَفَبِنِعْمَةِ اللَّهِ يَجْحَدُونَ

Artinya:"Dan Allah melebihkan sebahagian kamu dari sebagian yang lain dalam hal rezeki, tetapi orang-orang yang dilebihkan (rezekinya itu) tidak mau memberikan rezeki mereka kepada budak-budak yang mereka miliki, agar mereka sama (merasakan) rezeki itu. Maka mengapa mereka mengingkari nikmat Allah?".

QS. Az Zariyat ayat 19 juga menjelaskan mengenai dalil zakat fitrah untuk fakir miskin, ayat tentang zakat fitrah dan artinya tersebut berbunyi sebagai berikut ini. 

وَفِىٓ أَمْوَٰلِهِمْ حَقٌّ لِّلسَّآئِلِ وَٱلْمَحْرُومِ

Artinya:"Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian.

Nah, itulah dalil dalil zakat fitrah bahasa arab mengenai perintah zakat fitrah.

Baca Juga: Perilaku Qanaah Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalil Manfaat Zakat Fitrah Dalam Al Quran

Didalam Q.S. Attaubah ayat 103 dijelaskan juga bahwasannya dengan membayar zakat fitrah untuk membersihkan dan menentramkan jiwa. Selain itu, dalil zakat fitrah dengan uang terdapat di Q.S. Attaubah 103. Berikut adalah bunyi Q.S. At-Taubah ayat 103 yaitu:

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya:"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".

Dalil Penerima Zakat Fitrah

Allah SWT telah menjelaskan didalam Al-Quran Surat At-Taubah ayat 60 mengenai golongan penerima zakat fitrah, dimana salah satunya adalah untuk orang-orang fakir miskin. Dalil naqli zakat fitrah yang berbunyi sebagai berikut ini.

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Artinya:"Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana".

Baca Juga: Orang Yang Berhak Menerima dan Tata Cara Zakat Fitrah

Dalil Penerima Zakat Fitrah
Dalil Penerima Zakat Fitrah


Ayat Tentang Zakat Fitrah Bagi Yang Tidak Mau Menunaikan Zakat

Bagi orang-orang yang tidak mau menunaikan zakat fitrah, maka azab Allah SWT telah menunggunya. Allah SWT berfirman didalam QS. At-Taubah ayat 34 - 35 yang berbunyi sebagai berikut ini.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِنَّ كَثِيرًا مِّنَ ٱلْأَحْبَارِ وَٱلرُّهْبَانِ لَيَأْكُلُونَ أَمْوَٰلَ ٱلنَّاسِ بِٱلْبَٰطِلِ وَيَصُدُّونَ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ ۗ وَٱلَّذِينَ يَكْنِزُونَ ٱلذَّهَبَ وَٱلْفِضَّةَ وَلَا يُنفِقُونَهَا فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ فَبَشِّرْهُم بِعَذَابٍ أَلِيم

Artinya:"Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih". (QS. At-Taubah ayat 34).

يَوْمَ يُحْمَىٰ عَلَيْهَا فِى نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَىٰ بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ ۖ هَٰذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنفُسِكُمْ فَذُوقُوا۟ مَا كُنتُمْ تَكْنِزُونَ

"Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu". (QS. At-Taubah ayat 35).

Itulah Surat Attaubah tentang zakat yang lengkap.

Baca Juga: Niat Zakat Fitrah Lengkap Disertai Pengertian, Hukum, Dan waktunya 

Hadits Tentang Zakat Fitrah

Setelah membahas secara lengkap mengenai dalil zakat fitrah dalam Al Qur'an, sekarang kita akan membahas secara lengkap mengenai hadits tentang zakat fitrah dan artinya. Berikut adalah beberapa hadits tentang zakat fitrah lengkap seperti hadits tentang orang yang berhak menerima zakat fitrah yaitu:

Dalil Hadits Mengenai Zakat Fitrah

Beberapa dalil hadits tentang zakat fitrah adalah sebagai berikut ini.

“Dari Ibnu Umar radhiallahuanhuma sesungguhnya Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwa tidak ada Ilah selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan shalat, menunaikan zakat. Jika mereka melakukan hal itu maka darah dan harta  mereka akan dilindungi kecuali dengan hak Islam dan perhitungan mereka ada pada Allah Subhanahu wata’ala.” (HR. Bukhari no. 25; Muslim no. 22)

Hadits Tentang Zakat Fitrah
Hadits Tentang Zakat Fitrah


Zakat fitrah merupakan rukun islam yang ke empat, hal ini sesuai dengan hadits nabi Muhammad SAW, Rasulullah SAW bersabda yang artinya sebagai berikut ini.

“Islam dibangun di atas 5 tiang pokok, yaitu kesaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad Rasulullah, mendirikan shalat, berpuasa pada bulan Ramadan, menunaikan zakat, dan naik haji bagi yang mampu.”

Selain itu, dalil hadits zakat fitrah yaitu sebagai berikut ini.

“Dari Ibnu Umar, sesungguhnya Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah pada bulan Ramadhan atas orang-orang sebesar 1 sha’ kurma, atau 1 sha’ gandum, wajib atas orang merdeka, hamba sahaya, laki-laki dan perempuan, dari kaum muslimin.” (HR. Muslim)

Baca Juga: Qanaah Dan Tasamuh: Pengertian, Manfaat, Hikmah, Contoh

Hadits Tentang Zakat Fitrah Yang Harus Segera Ditunaikan

Dibawah ini adalah hadits tentang zakat fitrah yang harus segera di tunaikan dan dalil hikmah zakat fitrah serta manfaat dari mengeluarkan zakat fitrah, hadits tentang zakat fitrah dan artinya yaitu berbunyi sebagai berikut ini.

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ، وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ، فَمَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ، وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلَاةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ

Artinya:"Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata, Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah untuk membersihkan orang yang berpuasa dari perkataan sia-sia dan perkataan kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin. Barang siapa yang menunaikannya sebelum shalat (Idul Fitri), berarti ini merupakan zakat yang diterima, dan barang siapa yang menunaikannya setelah shalat (idul fitri) berati hal itu merupakan sedekah biasa”. (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Daru Quthni).

Itu merupaan hadits dalil waktu pembayaran zakat fitrah serta pembagian dan pengeluaran untuk zaka. Hadits berikut juga menyinggung mengenai menunaikan zakat yaitu berbunyi sebagai berikut ini.

"Dan Ibnu ‘Umar radhiyallahu 'anhuma memberikan zakat fitri kepada orang-orang yang berhak menerimanya dan dia mengeluarkan zakatnya itu sehari atau dua hari sebelum hari Raya Idul Fitri." (HR. Bukhari)


Dalil Hadits Mengenai Zakat Fitrah
Dalil Hadits Mengenai Zakat Fitrah


Selain, dua hadits diatas, hadits berikut ini mengenai manfaat zakat fitrah yaitu yang artinya sebagai berikut ini.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنهما قَالَ: “فَرَضَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وآله وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنْ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ” أخرجه أبو داود في “سننه”

Artinya:"Dari Ibnu Abbas r.a., ia berkata, “Rasulullah saw. telah mewajibkan zakat fitri sebagai pembersih (penyucian diri) untuk orang yang berpuasa dari perbuatan sia-sia dan keji, dan sebagai makanan untuk orang-orang miskin.” (HR. Abu Daud)

Nah, itulah beberapa dalil kewajiban zakat fitrah. Sekarang kita baca mengenai hadits bagi orang yang tidak menunaikan zakat.

Hadits Tentang Hukuman Bagi Yang Tidak Menunaikan Zakat


Bagi seseorang yang mampu dan telah sesuai dengan syarat dan ketentuan zakat fitrah, maka wajib baginya membayar zakat. Namun, bagi mereka yang enggan, maka akan mendapatkan hukuman kelak ketika di Akhirat. Hal ini sesuai dengan arti hadits berikut ini.


"Barangsiapa diberi harta oleh Allah, lalu tidak membayarkan zakatnya, maka hartanya itu akan diwujudkan dengan ular botak yang mempunyai dua titik hitam. Ular itu akan melilitnya pada hari kiamat, mengambil dengan kedua lehernya, kemudian berkata 'Aku hartamu, aku simpananmu', lalu membaca 'Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka bahwa kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya pada hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan yang ada di langit dan di bumi dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (HR. Bukhari)

Nah, itulah materi dalil tentang kewajiban zakat fitrah dalam Al Quran dan hadits secara lengkap.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung