Nisab Hewan Ternak & Dalilnya - Panduan Zakat Mal

Nisab hewan ternak kambing, sapi, unta, dan kerbau lengkap untuk zakat mal. Selain itu, nisab emas, pertanian, penghasilan dapat dilihat di artikel ini.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai panduan zakat mal. Dimana kita akan membahas mengenai nishab zakat hewan ternak dan dalilnya tersebut. Hal ini agar sobat yang memiliki peternakan atau keluarganya memiliki mengetahui hal ini.

Dalil zakat hewan ternak dan nisabnya ini perlu diketahui karena sangatlah penting agar rezeki yang kita miliki semakin berkah dan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Daripada penasaran, langsung saja baca artikel dibawah ini ya, sob.

Materi artikel ini mencakup sebagai berikut ini.
  • Nisab dan zakat hewan ternak
  • Nisab peternakan
  • Nisab zakat mal hewan ternak
  • Nisab zakat unta sapi kambing
  • Nisab binatang ternak kambing adalah
  • Nisab binatang ternak berupa kambing berjumlah
  • Nisab binatang ternak sapi
  • Nisab binatang ternak unta

Zakat Hewan Ternak


Pengertian zakat binatang ternak adalah zakat yang wajib dibayarkan oleh seseorang yang memiliki hewan ternak yang telah mencapai nishab yang telah ditentukan. Hewan ternak yang wajib dizakati adalah unta, sapi, dan kambing. Zakat hewan ternak sering disebut juga zakat an'am.

Zakat Hewan Ternak
Zakat Hewan Ternak


Ketiga hewan ternak seperti unta, sapi, dan kambing memiliki berbagai manfaat yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Selain ketiga hewan tersebut, zakat hewan ternak diwajibkan seperti unggas dan ikan. 


Namun, apabila unggas dan ikan diperjualbelikan. Maka, terdapat zakat yang wajib dikeluarkan yaitu zakat perdagangan. Jadi, bukan zakat hewan ternak.

Dalil Zakat Hewan Ternak 


Dalil zakat hewan ternak dapat disimpulkan pada sebuah hadits riwayat Imam Bukhari. Hadits hewan ternak tersebut berbunyi sebagai berikut ini.

مامن رجل تكون له ابل أوبقرأوغنم لا يؤ دّى حقّهاإلاّأوتي بهايوم القيامة اعظم ماتكون وأسمنه تطؤه بأخفافهاتنطحه بقرونها كلمّاجازت أخراهاردّت عليه اولاهاحتّى يقض بين النّاس

Yang artinya:"Dari hadis tersebut di atas, jumhur ulama sepakat bahwa binatang yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah unta, sapi, kerbau dan kambing (dan sejenisnya)". (H.R. Bukhari)

Selain hadits hewan ternah dari riwayat Imam Bukhari, terdapat juga hadits hewan ternak dari Imam Muslim. Hadits hewan ternak tersebut berbunyi sebagai berikut ini.

“Bagi seorang muslim tidak menanggung beban zakat dari budak dan kudanya.” (HR. Muslim)

Namun, dari hadits diatas perlu dipahami secara kontekstual. Misalnya hewan unta dapat disubstitusikan dengan kerbau. Hal ini karena di Indonesia tidak ada hewan unta.


Sebelumnya tonton juga yuk video nishab binatang ternak dibawah ini.


Syarat Dan Ketentuan Zakat Hewan Ternak


Ketika akan membayar zakat hewan ternak harus memperhatikan yang namanya syarat dan ketentuannya. Hal ini sangat penting agar zakat yang kita bayarkan menjadi sah. Syarat dan ketentuan zakat hewan ternak adalah sebagai berikut ini.

Mencapai Nisab


Hewan ternak yang dimiliki harus telah mencapai nisab. Nisab adalah batas minimal bahwasannya wajib zakat atau tidak wajib zakat. Nisab ketiga hewan ternak yaitu unta, sapi, dan kambing berbeda. 

Mencapai Haul


Haul adalah batasan satu tahun. Apabila hewan ternak yang kita miliki telah mencapai atau melewati haul, maka wajib dizakati hewan tersebut. 


Hewan Ternak Digembala
Hewan Ternak Digembala


Hewan Ternak Digembala


Hewan ternak yang dimiliki seseorang termasuk hewan yang digembalakan. Dimana rumput tersebut bukan dicari, tapi hewan tersebut yang mencari ruput dipadang rumput.

Hewan Ternak Tidak Dipekerjakan


Hewan ternak yang dimiliki tidak untuk dikerjakan. Dikerjakan tersebut semisal untuk membajak sawah, menarik gerobak, mengangkut barang atau sebagainya. Sehingga hewan yang di zakati adalah hewan yang tidak di pekerjakan.


Nisab Hewan Ternak


Berapa nisab hewan ternak? lalu cara menghitung nisab hewan ternak? 

Untuk nishab hewan ternak seperti unta, sapi, dan kambing berbeda. Setiap hewan memiliki batas nisab sendiri dan cara menghitungnya sendiri. Mari simak nisab binatang ternak adalah sebagai berikut ini.

Nisab Zakat Kambing Dan Domba


Berapa nisab hewan ternak kambing? Nisab zakat kambing atau domba adalah mencapai 40 ekor kambing. Setiap kali hewan ternak kambing bertambah 100 ekor, maka besar zakatnya bertambah 1 ekor kambing. Nisab hewan ternak kambing adalah sebagai berikut ini.

No.

Jumlah Kambing

Jumlah Kambing

1

40 - 120 ekor

1 ekor kambing (1th) atau domba (2th)

2

121 - 200 ekor

2 ekor kambing atau domba

3

201 - 300 ekor

3 ekor kambing atau domba

4

301 - 400 ekor

4 ekor kambing atau domba

5

401 - 500 ekor

5 ekor kambing atau domba


Jadi, nisab zakat binatang ternak kambing dihitung jika sudah mencapai 40 ekor. Nah, itulah nisabnya zakat kambing dan domba yang perlu sobat tau.

Nisab Zakat Sapi Dan Kerbau


Zakat hewan ternak sapi dikeluarkan apabila telah sampai nisabnya sebanyak 30 ekor sapi atau kerbau. Nishab zakat hewan ternak sapi dan kerbau adalah sebagai berikut ini.

No.

Jumlah Sapi

Jumlah Sapi

1

30 - 39   

1 ekor sapi jantan/betina (1 thn)

2

40 - 59

1 ekor sapi jantan/betina (2 thn)

3

60 - 69

2 ekor sapi jantan/betina (1 thn)

4

70 - 79

1 ekor sapi (1 thn) tahun dan 1 ekor (2 thn)

5

80 - 89

2 ekor sapi (2 thn)

6

90 - 99

3 ekor (1 thn atau 2 thn)

7

100 - 109

2 ekor (1 thn) dan 1 ekor (2 thn)

8

110 - 119

2 ekor (2 thn) dan 1 ekor (1 thn)

9

120 - 129

3 ekor (2 thn) atau 4 ekor (1 thn)

10

130 - 160

setiap 30 ekor: 1 sapi (1 thn) dan setiap 40 ekor: 1 sapi (2 thn)


Itulah, nisab hewan ternak sapi atau kerbau yang perlu sobat tahu. 

Nisab Hewan Ternak Unta


Nisab hewan ternak unta adalah ketika mencapai 5 unta. Sehingga apabila nisab hewan ternak 5 ekor unta zakatnya yaitu 1 ekor kambing. Selengkapnya mengenai nisab zakat unta adalah sebagai berikut ini.

No.

Jumlah Unta

Jumlah Unta

1

5 - 9

1 ekor kambing

2

10 – 14

2 ekor kambing

3

15 – 19

3 ekor kambing

4

20 – 24

4 ekor kambing

5

25 – 35

1 ekor unta betina (1 - 2 thn)


Nah, itulah nisab hewan ternak unta yang perlu kamu tahu serta mengenai berapa nisab zakat hewan ternak.

Syarat Orang Yang Wajib Mengeluarkan Zakat
Syarat Orang Yang Wajib Mengeluarkan Zakat


Syarat Orang Yang Wajib Mengeluarkan Zakat


Sebelumnya, seseorang yang akan membayar zakat harus mengetahui terlebih dahulu syarat orang yang berzakat. Hal ini bertujuan agar orang tersebut wajib atau tidak untuk mengeluarkan zakat hewan ternaknya tersebut.

  • Beragama Islam, Seseorang yang selain beragama islam tidak diwajibkan untuk membayar zakat.
  • Baligh, seseorang yang belum baligh seperti anak kecil tidak diwajibkan untuk membayar zakat.
  • Merdeka, seorang yang menjadi budak tidak wajib baginya untuk membayar zakat walaupun memiliki harta yang telah mencapai nisab.
  • Tidak Memiliki Hutang, seseorang yang memiliki hutang dianjurkan terlebih dahulu untuk membayar hutangnya sampai lunas.
  • Harta yang mencukupi, memiliki harta yang sudah cukup atau bahkan berlebihan.
  • Milik sepenuhnya, harta yang dimilikinya merupakan hak sepenuhnya miliknya.
  • Mencapai nisab, nisab yaitu batas minimal wajib zakat atau tidak wajib zakat.
  • Harta simpanan, harta yang dizakati merupakan harta yang disimpan. Contoh emas, perak, dan sebagainya.
Nah, itulah sedikit mengenai materi nisab zakat ternak dan dalilnya yang perlu sobat tahu. Semoga materi nishab ternak bermanfaat dan menambah ilmu sobat.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung