Sifat Wajib Dan Mustahil Rasul Serta Sifat Jaiznya

Sifat wajib dan mustahil bagi rasul beserta artinya dan dalilnya. Selain itu, dilegkapi dengan contoh dan dalil sifat jaiz rasul lengkap.

Rasul memiliki 2 sifat yang harus kita ketahui yaitu sifat wajib dan sifat mustahil. Pengertian sifat wajib rasul adalah sifat yang tentunya dimiliki oleh rasul. Sedangkan, sifat mustahil rasul dan artinya kebalikan dari sifat wajib rasul. Selain kedua sifat tersebut, Rasul memiliki sifat jaiz. Pengertian sifat jaiz bagi rasul adalah rasul juga memiliki sifat kemanusiaan.

Mau tahu lebih banyak mengenai sifat wajib mustahil dan jaiz rasul?

Pada kesempatan ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas sifat wajib dan sifat mustahil rasul serta sifat jaiznya. Maka dari itu, baca artikel ini mengenai sifat wajib rasul dan sifat mustahil rasul serta sifat jaiznya dibawah ini.

Artikel ini memuat materi mengenai sebagai berikut.
  • Sifat wajib rasul dan penjelasannya.
  • Sifat mustahil bagi rasul dan penjelasannya.
  • Sifat jaiz rasul beserta artinya.
  • Dll.

Selamat Membaca!!!

Sifat Wajib Rasul Allah SWT


Sifat wajib rasul adalah sifat yang dimiliki atau ada pada para rasul atau nabi. Sifat ini pasti dimiliki oleh para rasul atau nabi. Itu semua sudah menjadi kehendak Allah SWT, agar para rasul atau nabi dapat menjadi contoh atau suri tauladan yang baik bagi umat nya atau seluruh masyarakat.

Gambar Sifat Wajib Bagi Rasul
Gambar Sifat Wajib Bagi Rasul

Jumlah Sifat Wajib Bagi Rasul


Sifat wajib rasul berjumlah 4. Kita sebagai umat Islam wajib mengetahui sifat wajib bagi rasul berjumlah 4 tersebut. Selain itu, kita juga wajib mengetahui sifat wajib rasul dan lawannya. 
  • Sifat Sidiq artinya jujur atau benar.
  • Sifat Amanah artinya dapat dipercaya.
  • Sifat Tabligh artinya menyampaikan amanah.
  • Sifat Fatonah artinya cerdas.
Nah, itulah sifat wajib rasul berjumlah 5. Dibawah ini dijelaskan sifat wajib bagi rasul adalah sebagai berikut.

Sifat Wajib Rasul Dan Artinya


Dibawah ini sifat wajib para rasul adalah sebagai berikut.

Sifat Siddiq Bagi Rasul


Pertama, sifat wajib rasul adalah sifat sidiq aau siddiq. 

Sifat sidiqartinya bahwasannya seorang rasul memiliki sifat jujur atau benar. Kejujuran dan kebenaran dari para nabi atau rasul dijaga oleh Allah SWT. Jadi, mereka tidak akan pernah ingkar atau bohong. Kebalikan sifat sidiq adalah kizib.

Salah satu dalil sifat wajib bagi rasul yaitu sidiq terdapat didalam Al Quran surat Maryam ayat 41. 

Dalil Sifat Sidiq


Dibawah ini Salah satu dalil sifat wajib rasul mengenai dalil naqli sifat sidiq adalah sebagai berikut.

Allah SWT berfirman dalam Al – Quran surat Maryam ayat 41 yang artinya:”Dan ceritakanlah (Muhammad) kisah Ibrahim di dalam kitab (al-Qur’an), sesungguhnya dia adalah seorang yang sangat membenarkan seorang nabi”.

Nah, itulah mengenai dalil tentang sifat wajib allah mengenai sifat sidiq. Selanjutnya, sifat wajib bagi rasul artinya menyampaikan adalah amanah sebagai berikut.

Sifat Amanah Bagi Rasul


Kedua adalah sifat amanah.

Amanah yang artinya bahwasannya sifat rasul atau nabi itu dapat dipercaya. Sehingga para nabi atau rasul tidak mungkin mereka jika mereka tidak dapat dipercaya, para rasul atau nabi terhindar dari sifat tidak dapat dipercaya atau khianat.

Dalil Sifat Amanah Rasul


Dalil sifat wajib allah tentang sifat amanah terdapat didalam QS. Asy-yu’ara ayat 106 – 107. Dibawah ini arti dari dalil aqli sifat wajib rasul tentang amanah adalah sebagai berikut.

Allah SWT berfirman dalam QS. Asy-yu’ara ayat 106 – 107 yang artinya:”Ketika saudara mereka (Nuh) berkata kepada mereka, “Mengapa kamu tidak bertakwa? Sesungguhnya aku ini seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu”.

Nah, itu telah disebutkan dalil naqli tentang amanah.

Sifat Tabligh Bagi Rasul


Ketiga adalah sifat tabligh. 

Sifat tabligh artinya bahwasannya rasul atau nabi itu menyampaikan amanah. Termasuk salah satunya adalah tugas mereka untuk menyampaikan pesan atau firman Allah SWT kepada kaumnya agar mereka kembali menyembah Allah SWT.

Dalil Tentang Sifat Tabligh


Dibawah ini dalil naqli sifat wajib bagi rasul tentang tabligh.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al – Maidah ayat 67 yang artinya:”Wahai rasul! Sampaikanlah apa yang diturunkan Tuhanmu kepadamu. Jika tidak engkau lakukan (apa yang diperintahkan itu) berarti engkau tidak menyampaikan amanat-Nya. Dan Allah memelihara engkau dari (gangguan) manusia. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir”

Sifat Fathonah Bagi Rasul


Terakhir, sifat wajib bagi rasul dan artinya adalah fatonah. 

Fathonah yang artinya cerdas. Allah SWT telah memberikan para rasul atau nabi kecerdasan agar kaumnya yang tersesat tersebut dapat diberikan pencerahan atau penerangan agar mereka dapat kembali lagi ke jalan yang benar dan di ridhoi oleh Allah SWT.

Gambar Sifat Wajib Bagi Rasul Allah SWT
Gambar Sifat Wajib Bagi Rasul Allah SWT

Dalil Naqli Tentang Sifat Fathonah


Allah SWT berfirman dalam QS. Al – Jumuah ayat 62 yang artinya dibawah ini.

”Dialah yang mengutus seseorang rasul kepada kaum yang buta huruf dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan jiwa mereka, dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan hikmah (Sunnah) meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata”.

Nah, itulah sifat wajibnya rasul berjumlah 4. 

Pengertian Sifat Mustahil Bagi Rasul


Sifat mustahil rosul adalah sifat yang tidak dimiliki atau tidak ada pada para rasul atau nabi. Allah SWT telah menjaga rasul dari sifat ini karena Rasul atau nabi tidak akan memiliki sifat mustahil ini.

Jumlah Sifat Mustahil Bagi Rasul


Sifat mustahil rasul ada 4. Sifat kidzib khianat kitman dan baladah merupakan sifat mustahil rasul. Dibawah ini adalah sifat mustahil rasul adalah sebagai berikut.
  • Sifat kidzib artinya bohong.
  • Sifat khianat artinya tidak dapat dipercaya.
  • Sifat al kitman artinya tidak menyampaikan.
  • Sifat baladah artinya bodoh.
Nah, itulah sifat mustahil nabi dan rasul yang harus kita ketahui.

Penjelasan Sifat Mustahil Bagi Rasul


Dibawah ini penjelasan sifat mustahil nabi dan rasul beserta dalilnya adalah sebagai berikut.

Sifat Kizib Bagi Rasul


Arti sifat kidzib adalah sebagai berikut.

Salah satu sifat mustahil rasul adalah kizib yang artinya bohong. Seorang rasul mustahil memiliki sifat kidzib atau bohong. Karena para nabi atau rasul telah dijaga kejujuran dan kebenarannya oleh Allah SWT sebagai laki laki pilihan Allah SWT.

Dalil Tentang Sifat Kidzib


Salah satu dalil tentang sifat mustahil rasul tentang kidzib terdapat didalam QS. An – Najm ayat 2 – 4.

Allah SWT berfirman dalam QS. An – Najm ayat 2 – 4 yang artinya:”Kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak (pula) keliru, dan tidaklah yang diucapkan itu (al-Qur’an) menurut keinginannya tidak lain (al-Qur’an) adalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)”.

Jadi, para rasul allah mustahil memiliki sifat kizib karena para rasul memiliki sifat sidiq. Nah, itulah al-kidzib merupakan sifat mustahil bagi rasul.

Sifat Rasul Khianat


Selanjutnya adalah sifat khianat yang artinya tidak dapat dipercaya. Seorang rasul mustahil memiliki sifat khianat karena mereka adalah laki laki pilihan Allah SWT yang bertugas untuk menyampaikan firman Allah sehinga tidak mungkin jika para nabi dan rasul memiliki sifat khianat atau tidak dapat dipercaya.

Dalil Sifat Khianat


Allah SWT berfirman dalam QS. Al – An;am ayat 106 yang artinya:”Ikutilah apa yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad), tidak ada Tuhan selain Dia, dan berpalinglah dari orang-orang musyrik”.

Selanjutnya, dibahas sifat mustahil bagi rasul kitman artinya tidak menyampaikan dibawah ini.

Sifat Mustahil Rasul
Gambar Sifat Mustahil Bagi Allah SWT

Sifat Kitman Bagi Rasul


Apakah arti sifat kitman?

Sifat mustahil bagi rasul yaitu kitman artinya tidak menyampaikan. Lawan dari sifat kitman bagi rasul adalah amanah. Seorang rasul mustahil memiliki sifat kitman ini. Karena mereka pastinya akan menyampaikan firman firman Allah SWT atau pesan Allah SWT kepada kaumnya agar kaum kaumnya yang tersesat dapat kembali ke jalan yang benar dan diridhai oleh Allah SWT.


Dalil Tentang Sifat Kitman


Dalil sifat mustahil kitman terdapat pada QS. Al – An’am ayat 50.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al – An’am ayat 50 yang artinya:”Katakanlah (Muhammad), Aku tidak mengatakan kepadamu bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan aku tidak mengetahui yang gaib dan aku tidak (pula) mengatakan kepadamu bahwa aku malaikat. Aku hanya mengikuti apa yang di wahyukan kepadaku. Katakanlah, Apakah sama orang yang buta dengan orang yang melihat? Apakah kamu tidak memikirkan(nya)”.

Itulah apa arti dari sifat kitman. Terakhir, kita akan membahas mengenai pengertian baladah dan penjelasannya.

Sifat Baladah Bagi Rasul


Terakhir adalah sifat baladah.

Baladah adalah sifat mustahil bagi rasul baladah artinya bodoh. Sifat mustahil baladah merupakan kebalikan dari sifat fatonah. Seorang rasul mustahil memiliki sifat baladah atau bodoh karena mereka adalah manusia pilihan Allah SWT yang akan menyampaikan pesan atau firman Allah SWT kepada kaumnya yang tersesat agar kembali ke jalan yang benar.

Dalil Sifat Baladah


Allah SWT berfirman dalam QS. Al – A’raf ayat 199 yang artinya:”Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta janganlah pedulikan orang-orang yang bodoh”.

Nah, itulah apa arti dari sifat baladah. Selanjutnya, dibahas mengenai sifat jaiz bagi rasul artinya sebagai berikut ini.

Gambar Sifat Jaiz Bagi Allah SWT
Gambar Sifat Jaiz Bagi Allah SWT

Sifat Wajib Jaiz Rasul


Selain, sifat wajib dan mustahil rasul terdapat juga sifat jaiz rasul. Dibawah ini akan dijelaskan sifat jaiz bagi rasul adalah sebagai berikut.

Sifat jaiz bagi rasul adalah sifat kemanusiaan ,yaitu al -ardul basyariyah artinya rasul atau nabi juga memiliki sifat seperti manusia pada umumnya yaitu lapar, haus, tidur, sedih, senang, sakit, berkeluarga dan sebagainya bahkan para nabi atau rasul juga meninggal dunia.

Nah, selanjutnya akan dijelaskan dalil aqli sifat jaiz bagi rasul.

Dalil Sifat Jaiz Rasul


Dalil tentang sifat jaiz rasul terdapat didalam Al Quran. Dibawah ini dalil sifat jaiz bagi rasul.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al – Mukminun ayat 33 yang artinya:” …(orang) ini tidak lain hanyalah manusia seperti kamu, dia makan seperti apa yang kamu makan dan dia minum seperti apa yang kamu minum”

Itulah penjelasan mengenai sifat jaiz para rasul. Semoga materi diatas mengenai sifat jaiz nabi dan rasul dapat menambah pengetahuan sobat. Selain memahami mengenai sifat jaiz bagi rosul, sifat wajib dan mustahil nabi dan rasul yang telah dibahas juga dapat menmabah pemahaman juga.

Nah, itulah akhir dari materi sifat wajib mustahil jaiz bagi rasul. Bagaimana dengan penjelasan sifat wajib mustahil dan jaiz allah? Sesuai dengan yang kalian cari dan lengkap tentunya.

Jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung