kiamat sugra dan kiamat kubra: Pengertian, Dalil, Tanda

Kiamat sugra dan kiamat kubro adalah kiamat yang pasti terjadi. Artikel ini akan membahas tanda tanda/ciri ciri, contoh, perbedaan kiamat sugra & kubro.

Kiamat? Apa si kiamat itu? kiamat adalah hari dimana hancurnya dan binasanya seluruh alam semesta lalu digantikan dengan alam akhirat. Kiamat terbagi menjadi dua yaitu kiamat sugra dan kiamat kubro. Dalil tentang kiamat sugra dan kubra terdapat didalam Al Quran dan Hadits. Selain itu, kedua kiamat ini tentunya memiliki perbedaan, sob. Dari tanda tanda kemunculan nya saja sudah berbeda bahkan pengertian kedua kiamat tersebut juga beda sob.

Okelah dari pada pusing pusing langsung saja ke intinya. Kali ini Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai kiamat sugra dan kiamat kubra yang didalamnya berisi pengertian kiamat sugra dan kubra beserta dalilnya, tanda tanda, contoh, perbedaan, dan disertai gambar juga lho sob. Menarik bukan?

Yuk langsung saja baca artikel kiamat sugra dan kiamat kubra ini sampai selesai agar kalian semakin paham dan semakin tahu lho sob dan kita dapat mempersiapkan diri agar menjadi makhluk yang lebih baik lagi untuk kedepannya.

Selamat Membaca!!!

Artikel ini berisi mengenai sebagai berikut.
  • Pengertian kiamat kubra dan sugra.
  • Dalil kiamat sugro dan kubro beserta artinya.
  • Tanda tanda kiamat sugra dan kubra.
  • Ciri ciri kiamat sugra dan kubra.
  • Contoh kiamat sugra dan kubra.
  • Perbedaan kiamat sugra dan kubra.
  • dll.

Pengertian Kiamat Sugra Dan Dalilnya


Apa yang dimaksud dengan kiamat sugra?

Pengertian kiamat kecil atau kiamat sugra adalah hancurnya atau matinya sebagian orang atau setengah kelompok orang dan rusaknya lingkungan. Semua makhluk hidup yang bernyawa di muka bumi ini akan mati atau binasa. Tak ada ya kekal dan abadi di dunia ini, yang kekal dan abadi hanya ada di akhirat kelak. Kiamat sugra disebut juga dengan kiamat kecil.  

Sehingga, didapat pula bahwasannya kiamat sugra artinya walau meninggal dunianya setengah, seperempat dari penduduk bumi dan setengah hancurnya bumi, jika masih terdapat kehidupan makhluk hidup seperti manusia masih dapat dikategorikan bahwasannya hal tersebut adalah kiamat sugra.

Apa arti kiamat sugra lebih lanjut dapat dilihat dibawah ini mengenai yang telah dituliskan dalil naqli tentang kiamat sugro. Berikut adalah beberapa dalil naqli yang menjelaskan tentang kiamat sugra adalah dibawah ini.

Contoh Gambar Kiamat Sugra
Contoh Gambar Kiamat Sugra


Dalil Naqli Kiamat Sugra


Dibawah ini akan dibahas lengkap mengenai dalil tentang kiamat sugra beserta artinya.

Dalil tentang kiamat sugra salah satunya terdapat didalam Al - Quran. Salah satu dalil kiamat sugra beserta artinya terdapat didalam Al - Quran Surah Al – A’raf ayat 50 – 51.  Selain itu, tentunya dalil naqli tentang kiamat sugro terdapat didalam surah Al - Quran lainnya. Berikut beberapa dalil naqli tentang kiamat sugra yang akan dibahas secara lengkap.

Beberapa dalil naqli yang menjelaskan tentang kiamat sugro adalah dibawah ini.

Surat Al A'raf Ayat 50-51


Dalil tentang kiamat sugro yang pertama adalah Al - Quran Surah Al – A’raf ayat 50 – 51. Dalil naqli kiamat sugro dalam QS. Al A'raf ayat 50 - 51 berbunyi sebagai berikut ini. 


وَنَادَىٰ أَصْحَابُ النَّارِ أَصْحَابَ الْجَنَّةِ أَنْ أَفِيضُوا عَلَيْنَا مِنَ الْمَاءِ أَوْ مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ ۚ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ حَرَّمَهُمَا عَلَى الْكَافِرِينَ

الَّذِينَ اتَّخَذُوا دِينَهُمْ لَهْوًا وَلَعِبًا وَغَرَّتْهُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا ۚ فَالْيَوْمَ نَنْسَاهُمْ كَمَا نَسُوا لِقَاءَ يَوْمِهِمْ هَٰذَا وَمَا كَانُوا بِآيَاتِنَا يَجْحَدُونَ

Artinya: 

Dan penghuni neraka menyeru penghuni surga: "Limpahkanlah kepada kami sedikit air atau makanan yang telah direzekikan Allah kepadamu". Mereka (penghuni surga) menjawab: "Sesungguhnya Allah telah mengharamkan keduanya itu atas orang-orang kafir.

(Yaitu) orang-orang yang menjadikan agama mereka sebagai main-main dan senda gurau, dan kehidupan dunia telah menipu mereka". Maka pada hari (kiamat) ini, Kami melupakan mereka sebagaimana mereka melupakan pertemuan mereka dengan hari ini, dan (sebagaimana) mereka selalu mengingkari ayat-ayat Kami.

Surat At Taubah Ayat 101


Selanjutnya, dalil naqli yang menjelaskan tentang kiamat sugra atau kiamat kecil adalah  al-qur'an surat At Taubah ayat 101. Bunyi dari ayat tentang kiamat sugra QS. At Taubah ayat 101 adalah sebagai berikut ini. 


وَمِمَّنْ حَوْلَكُمْ مِنَ الْأَعْرَابِ مُنَافِقُونَ ۖ وَمِنْ أَهْلِ الْمَدِينَةِ ۖ مَرَدُوا عَلَى النِّفَاقِ لَا تَعْلَمُهُمْ ۖ نَحْنُ نَعْلَمُهُمْ ۚ سَنُعَذِّبُهُمْ مَرَّتَيْنِ ثُمَّ يُرَدُّونَ إِلَىٰ عَذَابٍ عَظِيمٍ


Arti surat at taubah ayat 101:

Di antara orang-orang Arab Badwi yang di sekelilingmu itu, ada orang-orang munafik; dan (juga) di antara penduduk Madinah. Mereka keterlaluan dalam kemunafikannya. Kamu (Muhammad) tidak mengetahui mereka, (tetapi) Kamilah yang mengetahui mereka. Nanti mereka akan Kami siksa dua kali kemudian mereka akan dikembalikan kepada azab yang besar.

Selain didalam surat at taubah ayat 101, kiamat sugra dijelaskan dalam surah al An'am ayat 94. Berikut dalil kiamat sugra adalah dibawah ini.

Surah Al An'am Ayat 94 


Dalil aqli tentang hari kiamat sugra selanjutnya terdapat didalam QS. Al - An'am ayat 94. Bunyi dari dalil naqli hari kiamat Q.S. Al - An - An'am ayat 94 adalah sebagai berikut ini.


وَلَقَدْ جِئْتُمُونَا فُرَادَىٰ كَمَا خَلَقْنَاكُمْ أَوَّلَ مَرَّةٍ وَتَرَكْتُمْ مَا خَوَّلْنَاكُمْ وَرَاءَ ظُهُورِكُمْ ۖ وَمَا نَرَىٰ مَعَكُمْ شُفَعَاءَكُمُ الَّذِينَ زَعَمْتُمْ أَنَّهُمْ فِيكُمْ شُرَكَاءُ ۚ لَقَدْ تَقَطَّعَ بَيْنَكُمْ وَضَلَّ عَنْكُمْ مَا كُنْتُمْ تَزْعُمُونَ


Artinya:

"Dan sesungguhnya kamu datang kepada Kami sendiri-sendiri sebagaimana kamu Kami ciptakan pada mulanya, dan kamu tinggalkan di belakangmu (di dunia) apa yang telah Kami karuniakan kepadamu; dan Kami tiada melihat besertamu pemberi syafa'at yang kamu anggap bahwa mereka itu sekutu-sekutu Tuhan di antara kamu. Sungguh telah terputuslah (pertalian) antara kamu dan telah lenyap daripada kamu apa yang dahulu kamu anggap (sebagai sekutu Allah)".

Selain ketiga dalil naqli tentang hari kiamat sugro diatas, terdapat beberapa dalil naqli yang menjelaskan tentang kiamat sugra atau kiamat kecil adalah al-qur'an surat ibrahim ayat 27. Dibawah ini bunyi dalil naqli yang menerangkan tentang kiamat sugro adalah sebagai berikut yang terakhir.

Surah Ibrahim Ayat 27 Dan Artinya


Terakhir, kiamat sugra beserta dalilnya terdapat didalam QS. Ibrahim ayat 27. Bunyi dari ayat alquran tentang kiamat sugra dalam QS. Ibrahim ayat 27 adalah sebagai berikut ini.


يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ ۖ وَيُضِلُّ اللَّهُ الظَّالِمِينَ ۚ وَيَفْعَلُ اللَّهُ مَا يَشَاءُ

Arti surah ibrahim ayat 27 yaitu:

"Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki".

Nah, itulah ayat yang menjelaskan tentang kiamat sugra secara lengkap yang berhasil saya himpun. Semoga bermanfaat.

Dalil Kiamat Sugro Dan Kiamat Kubro
Dalil Kiamat Sugro Dan Kiamat Kubro

Selain dalil mengenai kiamat sugra yang terdapat didalam Al Quran, terdapat juga dalil kiamat sughra yang terdapat didalam hadits.


Hadits Tentang Kiamat Sugra


Salah satu hadits kiamat sugra terdapat didalam Hadits Riwayat Bukhari. Hadist kiamat sugra tersebut berbunyi sebagai berikut ini.
“Jika salah seorang dari kalian meninggal dunia, maka kursinya diperlihatkan kepadanya pada saat pagi-sore hari. Jika ia termasuk ahli surga, maka ia akan melihat jelas gambaran dirinya sebagai ahli neraka. Dikatakan kepadanya, “Ini kursimu hingga Allah membangkitkanmu pada hari Kiamat”. (HR. Bukhari).
Nah, itulah dalil yang menjelaskan tentang kiamat sugra dari Al - Quran dan Hadits nya. Semoga dapat menambah pengetahuan sobat mengenai dalil tentang kiamat kecil. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai tanda tanda atau ciri ciri kiamat sugro. 

Dibawah ini tanda tanda kiamat sugra adalah sebagai berikut ini.

Tanda Tanda Kiamat Sugra


Kiamat sugra adalah kiamat kecil yang sering terjadi pada kehidupan manusia. Ketika akan terjadi kiamat sugra, tentunya akan muncul tanda tanda kiamat sughro terlebih dahulu. Tanda atau ciri ciri kiamat sugra dapat terlihat dengan jelas. Tanda-tanda kiamat sugra adalah sebagai berikut ini.
  • Banyaknya perzinaan.
  • Meninggalnya seseorang karena yang bernyawa pasti meninggal dunia.
  • Terjadinya bencana alam.
  • Tercabutnya ilmu pengetahuan.
  • Banyak masyarakat yang mengkonsumsi alkohol.
  • Semakin tersebarnya kebodohan di kehidupan masyarakat.
  • Semakin banyak pembunuhan terjadi.
  • Terjadinya kekacauan dimana mana.
  • Semakin banyaknya anak anak yang lahir dari hubungan diluar nikah.
  • Banyaknya orang yang menuntut ilmu hanya untuk mencari pangkat, harta dan kedudukan.
  • Banyaknya tindakan korupsi.
  • Maraknya perceraian.
  • Ajaran agama islam ditinggalkan bahkan diabaikan.
  • Berlomba – lomba meninggikan bangunan.
  • Munculnya gaya hidup mewah dan maja di kaum muslim.
Nah, itulah beberapa ciri atau tanda tanda kiamat sugro. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai tanda tanda hari kiamat sugra. Dimana pembahasan tanda-tanda kiamat sughro secara lengkap. Dibawah ini adalah tanda atau ciri-ciri kiamat sugra sebagai berikut ini.

Contoh Kiamat Sugra


Sebenernya tanpa sadar, setiap hari kita dapat mengetahui mengenai contoh contoh kiamat sugra yang terjadi di muka bumi ini. Contoh dari kiamat sugra tersebut dapat kita lihat melalui televisi, radio, media sosial dan sebagainya. Dibawah ini lebih dari 5 contoh kiamat sugra dan contohnya adalah sebagai berikut ini.
  • Meninggalnya seseorang atau sekelompok orang.
  • Bencana banjir.
  • Bencana tanah longsor.
  • Terjadinya kebakaran hutan.
  • Bencana gempa bumi.
  • Terjadinya bencana tsunami.
  • Meletusnya gunung berapi.
  • Terjadinya badai.
  • Terjadinya kebarakan hutan. 
  • Terjadinya tornado.
Nah, itulah 10 contoh kiamat sugra yang sering kita lihat dan terjadi, apalagi meninggalnya seseorang. Selain contoh diatas mengenai macam macam kiamat sugra, ketika seseorang, sekelompok orang, atau bahkan setengah, seperempat dari populasi penduduk bumi meninggal dunia. Hal itu termasuk contoh kiamat sugra.

Pengertian Kiamat Kubra Beserta Dalilnya


Apa itu kiamat kubra?

Kiamat kubra adalah kiamat yang menghancurkan dan membinasakan seluruh alam semesta dan isinya dan akan digantikan dengan alam akhirat yang lebih kekal. Jadi, lebih jauh lagi mengenai arti kiamat kubra adalah kiamat yang benar - benar membinasakan seluruhnya dan digantikan dengan alam akhirat. Kiamat kubra disebut juga dengan kiamat besar.

Nah, itulah dengan apa arti kiamat kubra. Dibawah ini adalah salah satu dari gambaran kiamat kubro.

Gambar Kiamat Kubra
Contoh Gambar Kiamat Kubra

Kedatangan hari kiamat kubro tidak ada yang tahu bahkan Nabi Muhammad SAW sekali pun, karena datangnya hari akhir atau akhir zaman hanya Allah SWT Yang Maha Tahu. Hal ini sesuai dengan dalil naqli tentang hari akhir yang terdapat di dalam Al Quran dan Hadits. Kita sebagai umat manusia hanya diberikan tanda tanda akan kedatangan hari kiamat.


Contoh Kiamat Kubra


Sudah sangat jelas, bukan? Bahwasannya contoh kiamat kubro adalah berakhirnya dunia ini dan digantikan dengan alam akhirat yang lebih kekal lagi. Dimana dapat dilihat pada arti kiamat kubro itu sendiri.

Nah, itulah penjelasan kiamat kubra. Selanjutnya mengenai terjadinya kiamat kubro telah tertulis didalam Al Quran dan Hadits. Beberapa dalil aqli tentang kiamat kubra dan haditsnya terdapat dibawah ini lengkap. 

Berikut beberapa dalil aqli kiamat kubro adalah sebagai berikut ini.

Dalil Kiamat Kubra Beserta Artinya


Dibawah ini akan dijelaskan lebih jauh mengenai contoh dalil aqli tentang hari akhir secara lengkap.

Dalil naqli kiamat kubra terdapat didalam Al Quran dan Hadits. Salah satu dalil naqli tentang kiamat kubra terdapat didalam Al Quran Surat Al Zazalah ayat 1 - 5. Selain didalam QS. Al Zazalah, dalil tentang kiamat kubra terdapat juga didalam Al Quran dan Hadits lainnya. Berikut ini beberapa dalil tentang kiamat kubro berbunyi sebagai berikut ini.

Al Zalzalah Ayat 1-5 Dan Artinya 


Dibawah ini adalah bunyi salah satu dalil naqli kiamat kubro yang terdapat didalam Al Quran tepatnya adalah QS. Al Zalzalah ayat 1 - 5 sebagai berikut ini.


    إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا

وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا

وَقَالَ الْإِنْسَانُ مَا لَهَا

يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا

بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَىٰ لَهَا

Arti surah al zalzalah ayat 1-5 yaitu:

”Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (menjadi begini)?”, pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya”.

Selain itu, terdapat ayat lain selain Surat Al Zalzalah : 1 - 5, ayat yang menjelaskan tentang kiamat kubra adalah ayat 1 - 3 pada surat Al Infitar.

Surat Al Infitar Ayat 1-3 Dan Artinya


Selanjutnya mengenai dalil kiamat kubro adalah QS. AL - Infitar ayat 1 - 3. Dibawah ini bunyi dari dalil naqli tentang kiamat kubro surat Al Infitar ayat 1 - 3 adalah sebagai berikut ini.

إِذَا السَّمَاءُ انْفَطَرَتْ

وَإِذَا الْكَوَاكِبُ انْتَثَرَتْ

وَإِذَا الْبِحَارُ فُجِّرَتْ

Arti surat al-infitar ayat 1-3 yaitu:

”Apabila langit terbelah, dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan, dan apabila lautan menjadikan meluap”.

Selanjutnya mengenai dalil naqli yang menjelaskan tentang datangnya hari kiamat adalah terdapat didalam Al Quran Surah Luqman ayat 33 yang selengkapnya dapat dibaca dibawah ini.

Surah Luqman Ayat 33 Dan Artinya


Dalil aqli dan naqli kiamat kubra yang selanjutnya terdapat didalam Al Quran surat Al Luqman ayat 33. Dalil aqli kiamat kubra surat Al Luqman ayat 33 berbunyi sebagai berikut ini.


يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمْ وَاخْشَوْا يَوْمًا لَا يَجْزِي وَالِدٌ عَنْ وَلَدِهِ وَلَا مَوْلُودٌ هُوَ جَازٍ عَنْ وَالِدِهِ شَيْئًا ۚ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ ۖ فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا وَلَا يَغُرَّنَّكُمْ بِاللَّهِ الْغَرُورُ

Arti surah al luqman ayat 33 yaitu:

”Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu dan takutilah suatu hari yang (pada hari itu) seorang bapak tidak dapat menolong anaknya dan seorang anak tidak dapat (pula) menolong bapaknya sedikitpun. Sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan (pula) penipu (syaitan) memperdayakan kamu dalam (mentaati) Allah”.

Dalil Aqli Dan Naqli Tentang Kiamat Kubro
Dalil Aqli Dan Naqli Tentang Kiamat Kubro

Terakhir, dalil yang menjelaskan tentang kiamat kubro adalah terdapat didalam surat An-Naml ayat 87. Selengkapnya mengenai dalil naqli hari akhir tersebut dibawah ini.


Quran Surat An-Naml Ayat 87 


Terakhir, dalil aqli tentang kiamat kubro adalah terdapat didalam Al Quran surat An Naml ayat 87. Dimana didalam surat ini merupakan gambaran kiamat kubra. Selain itu, gambaran kiamat kubra terdapat pada surat lainnya seperti yang disebutkan sebelumnya. 

Dalil kiamat kubra dan artinya pada surat An Naml ayat 87 berbunyi sebagai berikut ini.


وَيَوْمَ يُنْفَخُ فِي الصُّورِ فَفَزِعَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۚ وَكُلٌّ أَتَوْهُ دَاخِرِينَ

Artinya: 

”Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri”.

Nah, itulah dalil alquran tentang kiamat kubra. Selain terdapat didalam Al Quran, didalam hadits juga ada. Sehingga, tidak hanya ada didalam ayat alquran tentang kiamat kubra tersebut. Dibawah ini salah satu hadits tentang kiamat kubra.


Hadits Tentang Kiamat Kubra


Salah satu hadits tentang kiamat kubro terdapat didalam hadits riwayat Muslim (no. 2901 (40)), Abu Dawud (no. 4311), at-Tirmidzi (no. 2183), Ibnu Majah (no. 4055), dan Imam Ahmad (IV/6). Hadits kiamat kubra tersebut berbunyi sebagai berikut ini.

Rasulullah saw bersabda :”Hari Kiamat tidak akan terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda: penenggelaman permukaan bumi di timur, penenggelaman permukaan bumi di barat, penenggelaman permukaan bumi di Jazirah Arab, keluarnya asap, keluarnya Dajjal, keluarnya binatang besar, keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, terbitnya matahari dari barat, api yang keluar dari dasar bumi ‘Adn yang meng-giring manusia, serta turunnya ‘Isa bin Maryam Alaihissallam.” (HR. Muslim (no. 2901 (40)), Abu Dawud (no. 4311), at-Tirmidzi (no. 2183), Ibnu Majah (no. 4055), Imam Ahmad (IV/6), dari Sahabat Hudzaifah bin Asiid Radhiyallahu anhu dan ini lafazh Muslim. At-Tirmidzi berkata: “Hadits ini hasan shahih.” Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Ahmad Syakir dalam Tahqiiq Musnadil Imaam Ahmad (no. 16087)

Nah, itulah mengenai dalil aqli dan naqli tentang kiamat kubra diatas yang telah dibahas secara lengkap. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai tanda-tanda hari kiamat kubro. Bagi kalian yang penasaran dengan apa tanda tanda hari kiamat kubra dapat membaca dibawah ini. Tanda-tanda kiamat kubra adalah sebagai berikut ini.

Tanda Tanda Kiamat Kubra


Kiamat kubra artinya berakhirnya kehiduapn didunia dan beralih ke kehidupan akhirat. Sebelum terjadinya kiamat kubra, Allah SWT memberikan mengenai tanda atau ciri ciri kiamat kubro. Dibawah ini beberapa ciri ciri kiamat kubra adalah sebagai berikut ini.
  • Pertama, tanda kiamat kubra adalah diutusnya Rasulullah SAW sebagai Nabi dan rasul terakhir.
  • Kedua, tanda tanda datangnya kiamat kubra adalah matahari terbit dari arah barat.
  • Adanya tiupan sangkakala yang ditiup oleh malaikat israfil.
  • Munculnya dajjal.
  • Datangnya imam Mahdi sebagai penegak khilafah di muka bumi.
  • Datangnya ya’juj dan ma’juj.
  • Munculnya nabi Isa A.S.
  • Jumlah perempuan lebih banyak daripada jumlah laki laki.
  • Amanat disia siakan.
  • Perzinahan terjadi dimana mana bahkan secara terang terangan.
  • Banyaknya terjadi pembunuhan.
  • Terjadinya peperangan antar kaum muslimin dan kaum yahudi.
  • Munculnya Ad-Dukhon
Nah, itulah beberapa ciri-ciri atau tanda tanda hari kiamat kubro. Semoga tanda-tanda kiamat kubra diatas dapat menambah pengetahuan sobat mengenai tanda tanda hari kiamat kubra.

Gambar Kiamat Kubro
Gambar Kiamat Kubro

Perbedaan Kiamat Sugra Dan Kiamat Kubra


Apa perbedaan kiamat sugra dan kiamat kubra?

Perbedaan antara kiamat sugra dan kiamat kubra terletak pada meninggalnya manusia dan hancurnya dunia. Jika kiamat sugra yang meninggal hanyalah satu orang, 1 kelompok atau bahkan setengah penduduk bumi. 

Sedangkan jika kiamat kubro yaitu meninggalnya seluruh manusia dan hancur atau binasanya seluruh alam semesta dan dunia lalu digantikan dengan alam akhirat yaitu surga dan neraka yang kekal. Nah, itulah apa perbedaan kiamat sugra dan kubra tersebut.

Nah, itulah mengenai materi kiamat sugra dan kiamat kubra. Yang didalamnya terdiri dari materi pengertian, dalil kiamat sugra dan kubra beserta artinya, tanda tanda kiamat sugra dan kiamat kubra, dan sebagainya secara lengkap. Semoga materi kiamat sugra dan kiamat kubra ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat semuanya dalam ilmu mengenai kiamat sugra dan kiamat kubra.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung