20 Sifat Mustahil Bagi Allah Dan Artinya Lengkap

20 sifat mustahil bagi allah dan artinya disertai dengan penjelasan / maksudnya secara lengkap. Sifat ini wajib diketahui selain sifat wajib bagi Allah.

Sebagai seorang Muslim, kita wajib belajar ilmu tauhid salah satunya adalah sifat wajib dan sifat mustahil bagi Allah SWT. apa si sifat wajib itu? sifat wajib adalah sifat yang ada dan dimiliki oleh Allah SWT, sedang sifat mustahil bagi Allah adalah sifat yang bukan ada pada Allah SWT. Hal ini sudah terlihat dari sifat mustahil artinya tentu tidak ada atau tidak dimiliki.

Nah, pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai 20 sifat mustahil bagi Allah. Dimana sebelumnya telah belajar mengenai 20 sifat wajib bagi Allah SWT. Materi mengenai sifat sifat mustahil bagi Allah meliputi pengertian, dalil, nama dan artinya dan sebagainya secara lengkap beserta dengan penjelasannya.

Selamat Membaca!!!

Artikel 20 sifat mustahil bagi Allah dan artinya memuat mengenai materi dibawah ini.

Sifat Mustahil Allah Artinya
20 Sifat Mustahil Allah
Sifat Mustahil Allah 20 Dan Penjelasan
Adam
Hudust
Arti sifat Fana adalah
Mumatsalatu lil hawaditsi
Qiyamuhu Bighayrihi
Ta’adud
Ajzun
Arti dari karihan atau Karahah
Jahlun
Mautun
Shamamun
Ama
Bakamun
Kaunuhu ‘Ajizan
Kaunuhu Karihan
Kaunuhu Jahilan
Kaunuhu Mayyitan
Kaunuhu Asshama
Kaunuhu ‘Ama
Kaunuhu Abkama

Pengertian Sifat Mustahil Bagi Allah


Apa arti sifat mustahil bagi allah? Dibawah ini akan dijelaskan pengertian sifat mustahil bagi allah.

Gambar Sifat Mustahil Bagi Allah
Gambar Sifat Mustahil Bagi Allah

Sifat mustahil adalah sifat yang tentunya tidak dimiliki. Jadi, sifat mustahil bagi allah artinya sifat yang mustahil dimiliki atau ada pada Allah SWT, dengan kata lain tidak ada yg mustahil bagi allah swt. Dimana sifat ini kebalikan sifat wajib bagi allah SWT. Jumlah sifat mustahil allah yaitu 20 sifat. Jumlah sifat mustahil allah sama dengan jumlah sifat wajib bagi Allah SWT. 

Mungkin sebagian dari kita akan bertanya mengapa sifat mustahil bagi allah itu tidak akan ada? Jawabannya adalah karena Allah SWT adalah tuhan kita semua dan dia memiliki 20 sifat wajib bagi Allah SWT yang dapat dilihat di artikel dibawah ini.


Nah itulah yang dimaksud sifat mustahil bagi allah. Selengkapnya mengenai sifat sifat mustahil allah adalah dibawah ini.

20 Sifat Mustahil Allah Beserta Artinya


20 sifat mustahil dan artinya secara lengkap dibawah ini. Dibawah ini sifat mustahil allah dan artinya yang berjumlah 20 adalah sebagai berikut.
  1. Sifat mustahil Adam artinya tidak ada
  2. Hudust artinya baru
  3. Sifat mustahil Allah Fana artinya binasa
  4. Mumatsalatu lil hawaditsi yang artinya menyerupai makhluknya
  5. Qiyamuhu Bighayrihi artinya berdiri dengan dibantu yang lain
  6. Sifat mustahil allah ta'addud artinya banyak (lebih dari satu).
  7. Allah mustahil bersifat ajzun artinya lemah.
  8. Sifat mustahil allah swt karahah artinya terpaksa
  9. Jahlun artinya allah mustahil bersifat bodoh
  10. Sifat mustahil allah mautun artinya mati.
  11. Sifat shamamun artinya adalah tuli
  12. Ama artinya buta
  13. Bakamun artinya bisu
  14. Kaunuhu ‘Ajizan artinya Yang Maha lemah
  15. Kaunuhu Karihan artinya yang maha terpaksa
  16. Kaunuhu Jahilan
  17. Kaunuhu Mayyitan artinya yang maha mati
  18. Kaunuhu Asshama artinya yang maha tuli
  19. Sifat mustahil pada allah Kaunuhu ‘Ama artinya yang maha buta
  20. Arti sifat mustahil allah Kaunuhu Abkama berarti yang maha bisu
Nah, itulah sifat mustahil bagi allah dan maksudnya. Selengkapnya mengenai penjelasan sifat mustahil bagi allah adalah sebagai berikut ini.

Sifat Mustahil Bagi Allah Dan Penjelasannya


Sifat mustahil bagi Allah SWT terdiri dari 20 sifat mustahil. Kita sebagai umat Islam wajib mengetahui 20 sfat mustahil bagi Allah ini. Dibawah ini telah dijabarkan 20 sifat mustahil bagi allah beserta artinya secara lengkap. 

Berikut adalah 20 sifat mustahil Allah beserta artinya. Selain itu, contoh sifat mustahil bagi allah beserta dalilnya secara lengkap.

Sifat Mustahil Bagi Allah Adam


Sifat mustahil bagi allah salah satunya ialah "adam" yang artinya tidak ada. Sifat mustahil bagi allah salah satunya adam berarti tidak ada. Sifat kebalikan dari wujud yang artinya ada. 

Salah satu dalil sifat mustahil allah yaitu adam sebagai berikut ini. 

Allah SWT berfirman dalam Al – Quran Surat Al – A’raf ayat 54 yang artinya:” Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam”.

Jadi, allah mustahil bersifat adam artinya tidak ada.

Gambar Sifat Mustahil Allah
Gambar Sifat Mustahil Allah

Sifat Mustahil Bagi Allah Hudust


Sifat mustahil allah yang artinya baru adalah hudust. Kebalikan dari qidam yang artinya dahulu. Tidak mungkin ada yang mendahului Allah SWT karena Dial ah yang menciptakan seluruh alam semesta ini.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al – Hadid ayat 3 yang artinya:” Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu”.

Sifat Mustahil Bagi Allah Fana


Arti dari sifat mustahil allah yang berbunyi fana adalah binasa. Tidak mungkin jika Allah akan binasa karena Allah maha kekal dan abadi. Jadi, Sifat wajib bagi allah bersifat kekal maka mustahilnya adalah fana atau rusak.

Allah SWT berfirman dalam Al – Quran surat Ar –Rahman ayat 26 – 27 yang artinya:”Semua yang ada di bumi itu akan binasa, Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.

Jadi, fana adalah sifat mustahil bagi allah yang artinya ialah binasa atau rusak atau tidak kekal.


Sifat Mustahil Bagi Allah Mumatsalatu lil hawaditsi


Apa arti mumatsalatu lil hawaditsi?

Allah mustahil bersifat Mumatsalatu lil hawaditsi artinya menyerupai makhluknya. Allah SWT lah yang menciptakan seluruh alam semesta ini dan dia juga yang maha sempurna dan maha agung. Tidak mungkin jika Allah SWT menyerupai makhluk. Sehingga, mumatsalatu lil hawaditsi untuk sifat wajibnya adalah mukhalafatul lilkhawadisi.

Allah SWT berfirman dalam QS. As-syuara ayat 11 yang artinya:”Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat”.

Jadi, arti dari mumatsalatu lil hawaditsi adalah mustahil Allah menyerupai makhluknya. Nah itulah apa yang dimaksud mumatsalatu lil hawaditsi.

Sifat Mustahil Bagi Allah Qiyamuhu Bighairihi


Selanjutnya, sifat sifat mustahil bagi allah beserta artinya adalah qiyamuhu bighayrihi.

Qiyamuhu Bighayrihi artinya berdiri dengan dibantu yang lain. Allah SWT mampu membuat dan mengatur segala sesuatu dengan sangat sempurna sehingga Allah tidak bergantung kepada siapapun itu.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al – Ankabut ayat 6 yang artinya:”Dan barangsiapa yang berjihad, maka sesungguhnya jihadnya itu adalah untuk dirinya sendiri. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari alam semesta”.

Sifat Mustahil Bagi Allah Ta’adud


Sifat mustahil ta'addud artinya banyak (lebih dari satu). Allah SWT itu maha esa, tidak pula beranak atau tidak diperanakan bahkan tidaklah memiliki sekutu. Sehingga, Allah itu esa dan tiada sekutu bagi-nya , maka mustahil allah memiliki sifat ta'adud.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al – Ikhlas ayat 1 – 4 yang artinya:”Katakanlah ‘Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia”.

Allah SWT juga berfirman dalam QS. Al – Baarah ayat 163 yang artinya:”Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang Maha Pemuurah lagi Maha Penyayang”.

Sifat Mustahil Bagi Allah
Sifat Mustahil Bagi Allah

Sifat Mustahil Bagi Allah Ajzun


Ajzun adalah salah satu sifat mustahil bagi allah artinya lemah. Allah SWT tidak mungkin lemah justru Allah SWT adalah yang kuasa yaitu Qudrat. Tidak akan ada yang melampui kekuasaan Allah SWT. Berbeda dengan mahluk allah memiliki segala sifat lemah, namun bagi allah mustahil, ini merupakan sifat mustahil ajzun.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al – Baqarah ayat 20 yang artinya:”Hampir-hampir kilat itu menyambar penglihatan mereka. Setiap kali kilat itu menyinari mereka, mereka berjalan di bawah sinar itu, dan bila gelap menimpa mereka, mereka berhenti. Jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia melenyapkan pendengaran dan penglihatan mereka. Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu”.

Jadi, sifat mustahil ajzun artinya lemah.

Sifat Mustahil Bagi Allah Karahah


Apa arti karihan / karahah?

Mustahil allah bersifat karahah artinya terpaksa. Karahah dikenal juga dengan karihan. Dimana sifat karihan artinya terpaksa, sama halnya dengan karahah. Allah SWT maha berkendak atas segala sesuatu bukan terpaksa. Ketika Allah berkehendak maka sesuatu itu akan jadi. karena itu mustahil bagi allah memiliki sifat karihan yang artinya terpaksa tidak mungkin Allah miliki. 

Salah satu sifat mustahil allah swt karahah (terpaksa) sebagaimana tercantum dalam al-qur’an surat Hud ayat 107 yang artinya:”Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki”.

Jadi, Allah swt tidak memiliki sifat karihan yang artinya terpaksa.


Sifat Mustahil Bagi Allah Jahlun


Selanjutnya sifat mustahil yaitu Jahlun artinya bodoh. 

Sifat mustahil allah yang artinya bodoh adalah jahlun. Allah SWT menciptakan seluruh alam semesta beserta isinya dengan sangat sempurna. Dialah yang maha kaya lagi maha besar.

Sifat Mustahil Bagi Allah Mautun


Apakah arti sifat mustahil allah mautun?

Allah tidak mungkin bersifat mautun artinya dalam islam adalah mati. Allah SWT Maha Hidup dan Dia juga bersifat kekal dan abadi. Allah SWT selalu mengurus makhluk makhluk-Nya tanpa lelah dan letih.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al – Baqarah ayat 255 yang artinya:”Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar”.

Sifat Mustahil Bagi Allah Shamamun


Apa arti shamamun/shomamun?

Shamamun artinya tuli. Sedangkan, sifat mustahil allah samamun secara bahasa berarti tidak mendengar atau tuli. Allah SWT tidak lah tuli justru Allah SWT mendengar segala sesuatu baik yang disembunyi atau secara terang terangan. Sehingga tentunya Allah SWT tidak memiliki sifat shamamun. Dimana shamamun adalah tuli.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al – Ankabut ayat 52 yang artinya:”Katakanlah cukuplah Allah menjadi saksi antaraku dan antaramu. Dia mengetahui apa yang di langit dan di bumi”.

Jadi, shamamun memiliki arti tuli dan itu adalah sifat mustahil bagi Allah SWT. Nah, itulah apakah arti dari samamun, selanjutnya akan membahas mengenai Ama.

Sifat Mustahil Bagi Allah Ama


Ama artinya buta. Allah SWT tidak lah buta. Allah melihat segala sesuatu yang dikerjakan oleh makhluk – makhluknya bahkan mereka yang sembunyi sembunyi juga Allah SWT tahu.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al – Hujurat ayat 18 yang artinya:”Dan Allah Maha Melihat atas apa yang kamu kerjakan”.

Sifat Mustahil Bagi Allah Bakamun


Apa arti bakamun/bukmun?

Bakamun artinya bisu. Jadi, bakamun berarti Allah SWT sangat sempurna dan tidak ada lagi yang lebih sempurna dari Allah SWT. tidak akan ada yang dapat mengalahka firman – firman Allah SWT yang sangat indah dan sempurna tersebut. Pada sifat wajib allah swt itu maha berfirman mustahil allah swt itu bakamun.

Sifat mustahil allah swt bukmun artinya bisu, Allah swt berbicara melalui firmannya yaitu surat An – Nisa ayat 164 yang artinya:”Dan ada beberapa rasul yang telah Kami kisahkan mereka kepadamu sebelumnya, dan ada beberapa rasul (lain) yang tidak Kami kisahkan mereka kepadamu. Dan kepada Musa Allah ‘telah berfirman secara langsun”.

Sifat Mustahil Bagi Allah Kaunuhu Ajizan


Sifat mustahil allah yang artinya maha lemah adalah kaunuhu 'Ajizan.

Kaunuhu ‘Ajizan artinya Yang Maha lemah. Allah SWT pencipta alam semesta ini beserta dengan isinya tanpa bantuan siapapun. Jadi, tidak mungkin jika Allah Bersifat maha lemah.

Allah SWT berifriman dalam QS. Al – Baqarah ayat 109 yang artinya:”Sebahagian besar ahli kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka ma’afkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Sifat Mustahil Bagi Allah SWT
Sifat Mustahil Bagi Allah SWT

Sifat Mustahil Bagi Allah Kaunuhu Karihan


Kaunuhu Karihan artinya yang maha terpaksa. Allah SWT maha berkehendak atas segala sesuatu tanpa ada yang bisa menghalangi Allah SWT dalam melakukannya.

Allah SWT berfirman dalam QS. Hud ayat 107 yang artinya:”Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki”.

Sifat Mustahil Bagi Allah Kaunuhu Jahilan


Kaunuhu Jahilan artinya yang maha bodoh. Allah SWT maha mengetahui atas segala sesuatu di seluruh alam semesta ini bahkan yang tidak tampak atau disembunyikan.

Sifat Mustahil Bagi Allah Kaunuhu Mayyitan


Kaunuhu Mayyitan artinya yang maha mati. Allah SWT tidak akan pernah mati ataupun binasa. Allah SWT akan selalu dan kekal (hidup).

Sifat Mustahil Bagi Allah Kaunuhu Asshama


Selanjutnya, sifat mustahil allah swt “maha tuli” adalah Kaunuhu Asshama.

Kaunuhu Asshama artinya yang maha tuli. Allah SWT maha mendengar, pendengaran Allah SWT tidaklah terbatas, Allah SWT juga dapat mendengar suara hati kita karena Allah Maha Mendengar.

Sifat Mustahil Bagi Allah Kaunuhu ‘Ama


Kaunuhu ‘Ama artinya yang maha buta. Allah SWT maha melihat semua yang dilakukan oleh makluknya diseluruh alam semesta. Allah SWT sangat sempurna dan maha agung.

Sifat Mustahil Bagi Allah Kaunuhu Abkama


Selanjutnya, arti sifat mustahil bagi allah abkama adalah yang maha bisu.

Kaunuhu abkama artinya mustahil allah mempunyai sifat yang maha bisu. Mustahil allah bersifat afgan atau yang maha bisu karena allah bersifat muttakaliman (maha berfirman). Allah SWT maha berfirman, buktinya dengan adanya kitab kitab suci yaitu kitab taurat, kitab zabur, kitab injil, dan kitab Al – Quran. Tidak ada yang dapat mengalahkan firman firman Allah SWT yang maha agung dan sempurna.

Sehingga, arti abkama adalah yang maha bisu.

Nah, itulah sifat sifat mustahil bagi allah dan artinya yang berjumlah 20. Semoga materi 20 sifat mustahil bagi Allah dan artinya ini bermanfaat bagi sobat semua dalam menambah ilmu dan pengetahuan mengenai 20 sifat mustahil bagi Allah dan artinya.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung