7 Tingkat Neraka Dan Penghuninya Menurut Islam

7 tingkat neraka dan penghuninya menurut islam seperti neraka jahanam, hutamah dan jahim serta nama nama neraka dan untuk siapa penghuni neraka tersebut.

Allah SWT menciptakan surga dan neraka bagi umat manusia. Dimana 7 tingkatan surga dan neraka dan penghuninya tersebut diperuntukan bagi semua umat manusia. Setiap tingkatan surga dan neraka beserta penghuninya didasari oleh amal yang dimiliki.

Salah satu tempat yang tidak diinginkan oleh semua umat manusia adalah neraka. Hal ini karena neraka adalah tempat penyiksaan bagi umat manusia yang telah melanggar perintah Allah SWT. Neraka terbagi menjadi 7 tingkatan neraka dan penghuninya. Setiap tujuh tingkatan neraka dan penghuninya tersebut tergantung amal dan perbuatan yang diterimanya. 

Neraka ada 7 tingkat, seperti neraka jahanam, neraka hutamah, neraka jahim, dan neraka sebagainya. Setiap tingkatan neraka akan diisi oleh penghuninya yaitu umat manusia. Lantas, apa saja ketujuh nama nama neraka dan penghuninya tersebut?

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas 7 tingkat neraka dan penghuninya menurut Islam. Maka dari itu, baca terus artikel 7  tingkat neraka dan penghuninya menurut Islam dibawah ini sampai selesai.

Selamat Membaca!!!

Pengertian Neraka Menurut Islam


Neraka adalah tempat dimana di akhirat yang penuh pembalasan, penyiksaan dan kesengsaraan bagi mereka yang tidak beriman kepada Allah SWT. Selain itu, bagi mereka pula yang memiliki banyak dosa atau sering melakukan kemaksiatan sewaktu didunianya. Semoga kita semua terhindar dari siksaan Api neraka ya sob, aamiin….
Gambar Neraka
Gambar Neraka

Dalil Naqli Tentang Neraka


Dibawah ini dalil tentang neraka yang terdapat didalam qs an nisa ayat 145 yang berbunyi sebagai berikut.

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الْأَسْفَلِ مِنَ النَّارِ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا

Artinya:"Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka."

Nah, itulah dalil neraka. Selanjutnya, dibawah ini dijelaskan macam macam neraka dan penghuninya.

7 Tingkat Neraka Dan Penghuninya


Dibawah ini akan disebutkan 7 nama nama neraka beserta penghuninya secara lengkap adalah sebagai berikut .

Neraka Hawiyah Dan Penghuninya


Pertama dari 7 tingkat neraka dan penghuninya adalah Neraka Hawiyah. Lantas, apa yang dimaksud neraka hawiyah?

Pengertian Neraka Hawiyah


Neraka Hawiyah adalah neraka yang penghuninya berisi orang orang yang ringan timbangan amal baiknya dibanding dengan amal buruknya. Mereka adalah orang orang yang mengerjakan kebaikan dan juga kemaksiatan ketika ada didunia. Nah, itulah arti neraka hawiyah. Lantas, bagaimana siksaan neraka hawiyah?

Siksaan Neraka Hawiyah


Neraka hawiyah artinya membinasakan seperti kaki yang masuk ke neraka ini maka panasnya akan mencapai isi kepalanya sehingga mendidih dan panas. Manusia yang masuk neraka ini akan langsung binasa bahkan sebelum di ahzab oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al – Qariah ayat 8 – 11 yang artinya:”Dan barang siapa yang ringan timbangannya, maka dia dilemparkan ke neraka hawiyah. Tahukah engkau apakah Neraka Hawiyah itu? Yaitu api yang sangat panas”.

Gambar Neraka Hawiyah
Gambar Neraka Hawiyah

Nah, diatas adalah nama nama neraka beserta penghuninya yang pertama dan merupakan neraka paling bawah. Selanjutnya mengenai neraka jahim dan penghuninya. Lantas, apa itu neraka jahim?

Neraka Jahim Dan Penghuninya


Kedua, nama-nama neraka beserta penghuninya adalah neraka jahim. Lantas, apa itu neraka jahim?

Pengertian Neraka Jahim


Neraka jahim adalah tempat untuk orang orang yang musyrik dan menyekutukan Allah SWT ketika di dunia. Allah SWT berfirman dalam Al – Quran Surat As – Syuara ayat 91 yang artinya:”dan diperlihatkan dengan jelas neraka jahim kepada orang orang yang sesat”.

Siksaan Neraka Jahiim


Neraka jahim artinya bergejolak. Siksaan neraka jahim berupa panas api neraka yang bergejolak dan sangat mengerikan. Nah, itulah macam-macam neraka dan penghuninya yang kedua.

Neraka Saqar Dan Penghuninya


Ketiga, tujuh tingkatan neraka dan penghuninya adalah neraka saqar.

Pengertian Neraka Saqar


Neraka sqar artinya tidak meninggalkan dan tidak membiarkan. Neraka saqar adalah neraka yang diperuntukan untuk orang orang yang munafik terhadap Allah SWT, orang yang tidak mengerjakan shalat, orang orang yang menyembah selain Allah dan orang yang berbohong tentang keberadaan Allah SWT. Itulah penghuni neraka saqar. 

Dalil Tentang Neraka Saqar


Siksaan neraka saqar adalah panas yang berkali kali lipat panasnya. Allah SWT berfirman dalam QS.  Al – Mutdasir ayat 40 – 46 yang artinya:”Didalam surga mereka saling bertanya dari hal orang berdosa. Apakah sebabnya kamu masuk neraka Saqar? “Karena kami tidak sholat, kami tidak memberi makan orang miskin, kami percaya pada yang bukan-bukan. Kami mendustakan hari kiamat”.


Neraka Ladza


Keempat, 7 tingkat neraka dan penghuninya adalah neraka ladza.

Pengertian Neraka Ladza


Neraka ladza artinya neraka yang apinya bergejolak gejolak. Neraka Laazha atau ladza adalah neraka yang diperuntukan untuk orang orang yang suka sekali mengumpulkan harta atau kekayaan, orang yang serakah, orang yang menghina orang miskin, orang yang tidak mau bersedekah dan orang yang enggan membayar zakat. Itulah penghuni neraka ladza. 

Dalil Neraka Ladza


Allah subhanahu wa ta'ala menyebutkan nama neraka ladza dalam surah Al – Ma’arij ayat 15 yang artinya:”sekali kali tidak dapat, seseungguhnya mereka adalah api yang bergejolak”. Nah, itulah nama neraka ladza dapat ditemukan dalam alquran.

Nah, itulah keempat dari 7 tingkatan neraka dan penghuninya.

Neraka Huthamah


Kelima, 7 tingkat neraka dan penghuninya adalah Neraka Huthamah. Lantas, apa yang dimaksud dengan neraka huthamah?

Pengertian Neraka Huthamah


Neraka Huthamah artinya api yang dinyalakan. Neraka huthamah adalah neraka yang diperuntukan untuk orang orang yang suka mengumpulkan harta seperti emas, perak, perunggu, platinum dan sebagainya lalu orang yang enggan untuk membayar zakat. Selain itu terdapat juga orang orang yahudi. Nah, itulah penghuni neraka huthamah.

Gambaran Neraka Huthamah
Gambaran Neraka Huthamah

Dalil Naqli Neraka Huthamah


Allah SWT berfirman dalam QS. Al – Humazah ayat 1 – 9 yang artinya:” Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya, dia (manusia) mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya, Sekali-kali tidak! pasti dia akan dilemparkan ke dalam (neraka) Hutamah, (Yaitu) api (azab) Allah yang dinyalakan, Yang (membakar) sampai ke hati, Sungguh, api itu ditutup rapat atas (diri) mereka, dan (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang”.

Itulah neraka huthamah dan gambaran siksaan neraka huthamah.

Neraka Sair


Keenam, 7 tingkatan neraka dan penghuninya adalah neraka sair.

Pengertian Neraka Sair


Neraka sair artinya neraka yang diperuntukan untuk orang orang kafir dan orang orang yang memakan harta anak yatim. Makna sair adalah bergejolak jolak dan menyala nyala, panas api nerakanya 7 kali lipat.

Dalil Neraka Sair


Allah SWT berfirman dalam QS. AN – Nisa ayat 10 yang artinya:”Bahwasanya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya, dan nanti mereka akan dimasukkan kedalam neraka Sair”.

Neraka Wail


Ketujuh, tujuh tingkatan neraka dan penghuninya adalah neraka wail. Lantas, dimasukkan neraka wail bagi orang yang bagaimana? Selain itu, apa itu neraka wail?

Pengertian Neraka Wail


Neraka wail adalh neraka yang diperuntukan untuk para pedagang yang curang, licik seperti mengurangi berat timbangan atau mempermainkan timbangan. Yang penting jangan mainin hati saja karena itu bukan mainan sob xD. Siksaan neraka wail yaitu barang dagangan mereka akan dibakar dan dimasukan kedalam perut mereka sebagai ahzab atas dosa dosa yang mereka perbuat.

Nah, itulah materi tentang neraka dan penghuninya secara lengkap.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung