Latar Belakang Dan Tujuan Kedatangan Jepang Ke Indonesia

Latar belakang dan tujuan kedatangan jepang ke Indonesia untuk menguasai hasil bumi dan menjajah bangsa Indonesia untuk membantu dalam peperangan.

Proses kedatangan Jepang ke Indonesia dimulai sejak tanggal 11 Januari 1942. Mungkin ada yang bertanya bagaimana jepang masuk ke indonesia? Jepang masuk ke Indonesia melalui wilayah Tarakan, Kalimatan Timur dengan jumlah pasukan 20.000. Selain itu, proses kedatangan Jepang ke Indonesia disambut gembira oleh rakyat Indonesia karena dipandang sebagai penyelamat dari penjajan Belanda.

Namun, ternyata dibalik itu semua, Jepang ingin menjajah dan menguasai Indonesia. Hal ini karena latar belakang dan tujuan kedatangan Jepang ke Indonesia tersebut. Latar belakang Jepang menjajah Indonesia adalah karena pasokan minyaknya. Adapun tujuan kedatangan Jepang ke Indonesia adalah sumber perekonomiannya.

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai latar belakang dan tujuan masuknya Jepang ke Indonesia. Sebelumnya telah dijelaskan sedikit mengenai latar belakang dan tujuan Jepang ke Indonesia.

Lantas, lebih lanjut mengenai apa latar belakang dan tujuan kedatangan jepang ke indonesia? Selengkapnya mengenai materi latar belakang dan tujuan pendudukan Jepang di Indonesia dibawah ini.

Selamat Membaca!!!

Latar Belakang Kedatangan Jepang Ke Indonesia 


Apa latar belakang kedatangan jepang ke indonesia? Dibawah ini akan dijelaskan latar belakang kedatangan jepang ke indonesia secara singkat dan lengkap.

Gambar Kedatangan Jepang Ke Indonesia
Gambar Kedatangan Jepang Ke Indonesia

Latar belakang kedatangan jepang ke indonesia salah satunya karena indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. Sumber daya alam di Indonesia tersebut adalah berupa minyak bumi. Hal ini karena menipisnya persediaan minyak bumi yang dimiliki oleh Jepang untuk keperluan perang dunia 2. 

Selain itu,  Jepang mendapatkan tekanan dari Amerika Serikat dengan mengeluarkan kebijakan melarang ekspor minyak bumi ke Jepang. Kedua hal itulah yang menjadi bagaimana latar belakang kedatangan jepang ke indonesia yang selanjutnya menjadi menjajah Indonesia selama 3,5 tahun.


Latar Belakang Kedatangan Jepang Ke Indonesia Singkat


Indonesia menjadi pilihan Jepang karena  kekayaan akan kandungan bahan - bahan mentah, seperti minyak bumi dan batubara, hasil pertanian, dan sumber daya manusia yang sangat diperlukan untuk membantu jepang dalam peperangan. 

Untuk memaksimalkan tujuan atau ber maksud tersebut, Pemerintah Jepang merancang Jawa sebagai pusat penyediaan bagi seluruh operasi militer mereka di Asia Tenggara, dan Sumatera sebagai sumber minyak utama.

Nah, itulah telah dijelaskan latar belakang masuknya jepang ke indonesia secara singkat. Selanjutnya mengenai tujuan kedatangan militer jepang ke indonesia adalah sebagai berikut. 

Tujuan Kedatangan Jepang Ke Indonesia


Lantas, apa tujuan kedatangan jepang ke indonesia? Dibawah ini akan dijelaskan mengenai tujuan kedatangan bangsa jepang ke indonesia.

Tujuan utama kedatangan Jepang ke Indonesia adalah untuk mencari cadangan logistrik dan sumber daya industri, seperti minyak bumi dan aluminium. Tujuan kedatangan jepang ke indonesia pada awalnya untuk memenuhi kebutuhan ekonominya tersebut. Namun, lambat laun justru ingin menjajah dan menguasai Indonesia.

Gambar Peta Kedatangan Jepang Ke Indonesia
Gambar Peta Kedatangan Jepang Ke Indonesia

Dibawah ini dituliskan 3 tujuan kedatangan jepang ke indonesia adalah sebagai berikut.
  • Tujuan awal kedatangan jepang ke indonesia adalah Jepang ingin mengelola, memanfaatkan dan menguasai kekayaan alam di Indonesia seperti minyak bumi, rempah rempah dan lain lain. Hal ini diperuntukkan untuk kepentingan industri dan perekonomian negara Jepang serta membantu dalam perang asia pasifik.
  • Selanjutnya, dijelaskan tujuan kedatangan jepang ke indonesia adalah Jepang ingin menjadikan Indonesia sebagai jalur pemasaran barang dan jasanya. Selain itu, Indonesia dijadikan sebagai wilayah perdagangan aktif hasil industri negara Jepang.
  • Terakhir, tujuan kedatangan jepang ke indonesia tahun 1942 secara ekonomis adalah Jepang ingin menguasai rempah rempah dan memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah di Indonesia. Sumber daya alam tersebut seperti adanya gas Alam , minyak bumi, hasil perak dan emas, batu bara, nikel dan lain lain sebagainya.

Lantas, bagaimana respon bangsa indonesia setelah mengetahui tujuan kedatangan jepang ke indonesia? Tentunya bangsa Indonesia tidak terima. Akhirnya bangsa Indonesia melakukan perlawanan terhadap bangsa Jepang tersebut. Diatas telah disebutkan tujuan kedatangan jepang ke indonesia secara lengkap.

Nah, itulah latar belakang dan tujuan jepang datang ke indonesia. Semoga kawan semua semakin paham mengenai apa yang telah dijelaskan latar belakang dan tujuan kedatangan jepang ke indonesia. 

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung