Pendiri Kerajaan Islam Samudera Pasai & Biografinya

Pendiri kerajaan islam samudera pasai adalah Sultan Malik Al Saleh sekaligus raja pertama Kerajaan Samudra Pasai yang membawa masa kejayaan & raja terkenal.

Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah Kerajaan Samudra Pasai. Hal ini dapat dilihat pada sumber sejarah Kerajaan Samudra Pasai. Sumber sejarah Kerajaan Samudra Pasai adalah berupa salah satunya peninggalannya. Selain bukti bahwasannya Kerajaan Samudra Pasai adalah Kerajaan Islam pertama di Indonesia, didalamnya dapat dilihat berbagai isi lainnya.

Isi dari berbagai peninggalan Kerajaan Samudra Pasai adalah sejarah, masa kejayaan, runtuhnya, raja petama, raja-raja, dan sebagainya. Salah satu isi dari peninggalan Kerajaan Samudra Pasai adalah mengenai pendiri Kerajaan Samudera Pasai dan biografinya.

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai pendiri Kerajaan Islam Samudera Pasai dan biografinya. Selain itu, disertai dengan beberapa raja terkenal yang memerintah Kerajaan Samudra Pasai. Penasaran, bukan?

Selamat Membaca!!! 

Pendiri Samudera Pasai


Mungkin dari kita tentunya penasaran siapa pendiri samudera pasai tersebut?

Pendiri Samudera Pasai adalah Sultan Malik Al Saleh. Beliau adalah sekaligus menjadi raja samudera pasai yang pertama. Nama asli dari sultan al-malikus shaleh adalah sebagai pendiri kerajaan samudera pasai sebelumnya bernama Meurah Silu. Dibawah ini gambar Sultan Malik As Saleh.

Gambar Sultan Malik Al Saleh
Gambar Sultan Malik Al Saleh Sang Pendiri Samudra Pasai

Biografi Sultan Malik Al Saleh


Dibawah ini biografi Sultan Malik As Saleh sebagai berikut.

Pendiri Kerajaan Samudra Pasai


Pendiri Kerajaan Samudra Pasai adalah sultan Malik Al Saleh. Kerajaan Samudra Pasai berdiri tahun 1267 atau sekitar abad 13. Kerajaan Samudra Pasai dikenal juga dengan nama Kerajaan Samudera Darussalam. Ketika Kerajaan Samudra Pasai berdiri, pada saat itu Kerajaan Majapahit sedang mencapai puncak kejayaannya. 

Raja Pertama Kerajaan Samudera Pasai


Raja pertama kerajaan samudera pasai yang bergelar sultan malik al-shaleh (1267-1297) adalah Meurah Silau. Sultan Malik Al Saleh juga menjabat menjadi raja pertama Samudera Pasai selaam 30 tahun. Setelah beliau wafat, kepemimpinan Kerajaan Samudera Pasai digantikan oleh anaknya.


Pengganti Sultan Malik As Saleh


Setelah Sultan Malik Al saleh wafat, beliu digantikan oleh anaknya. Pengganti sultan malik al saleh adalah Sultan Muhammad Malik Az Zahir. Tidak kalah dengan ayahnya, pada masa sultan muhammad malik zahir ini banyak sekali kemajuan di Kerajaan Samudra Pasai. Salah satu kemajuan di era kepemimpinannya adalah dibuatnya koin emas. 

Koin Emas Peninggalan Samudera Pasai


Samudra pasai mengeluarkan mata uang yang dinamakan koin emas. Disebut sebagai koin emas karena terbuat dari emas. Koin emas atau koin dirham terbuat dari beberapa campuran antara lain emas, perak dan tembaga. 

Gambar Koin Emas Peninggalan Samudera Pasai
Gambar Koin Emas Peninggalan Samudera Pasai

Disalah satu dari koin tersebut terdapat aksara Arab yang bertuliskan Muhammad Malik Az-Zahir dan disisi yang lainnya bertuliskan Al-Sultan Al-Adil. Tempat pembuatan koin emas atau pencetakannya pada masa sultan Muhammad malik az-zahir yaitu di Desa Kuta Karang, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, di lokasi tersebut ditemukan tempat pembakaran emas yang digunakan untuk mencetak koin emas itu. Samudra pasai menggunakan mata uang tersebut untuk transaksi jual beli.


Jadi, dapat disimpulkan bahwasannya pengganti sultan malik al saleh sebagai raja samudera pasai adalah Sultan Muhammad Malik Az Zahir sebagai raja kedua. Dan itulah mengenai biodata Sultan Malik Al Saleh.

Nah, itulah mengenai materi Pendiri Kerajaan Islam Samudera Pasai & Biografinya. Semoga materi Pendiri Kerajaan Islam Samudera Pasai & Biografinya dapat menambah pengetahuan sobat semuanya.
Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung