Struktur Organisasi Asean Dan Tugasnya Terlengkap

Struktur organisasi ASEAN dan tugasnya demi mencapai tujuan organisasi ASEAN yang diimpikan oleh pendiri ASEAN dari sejarah berdirinya ASEAN.

Organisasi ASEAN adalah organisasi regional politik dan ekonomi negara - negara kawasan Asia Tenggara. Tujuan organisasi ASEAN adalah untuk menciptakan kawasan yang damai, kaya dan makmur. Pendiri ASEAN terdiri dari 5 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. 

Sejarah ASEAN sangatlah panjang, hingga kini akan beranggotakan 11 negara anggota ASEAN yang sebelumnya hanya 5 negara anggota. Selain itu, sudah banyak organisasi - organisasi yang dibentuk oleh ASEAN yaitu organisasi dibawah ASEAN demi mendukung lancarnya tujuan ASEAN.

Semua pencapaian hingga kini yang dicapai oleh organisasi ASEAN tersebut tentunya karena kerjasam antar anggota dan telah adanya struktur organisasi ASEAN dan tugasnya yang jelas dan lengkap. Hal ini membuatnya menjadi lancar tanpa adanya gangguan.

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai struktur organisasi ASEAN dan tugasnya secara lengkap. Yuk, simak ulasannya mengenai struktur ASEAN dan tugasnya dibawah ini.

Artikel ini memuat materi yang berisi sebagai berikut.
  • Penjelasan tentang organisasi ASEAN secara singkat.
  • 10 negara anggota ASEAN.
  • Struktur organisasi ASEAN secara lengkap.
  • Dll.
Selamat Membaca!!!

Penjelasan Tentang Organisasi ASEAN Secara Singkat


Sebelumnya, apakah sobat sudah tahu apa kepanjangan dari ASEAN? ASEAN singkatan dari Association of Southeast Asian Nations. Hingga kini anggota organisasi ASEAN berjumlah 10 negara ASEAN. Dengan anggota terakhir yang masuk adalah Negara Kamboja. Lantas, kapan kamboja masuk menjadi anggota ASEAN? Kamboja masuk menjadi anggota ASEAN pada tanggal 30 April 1999.

Dibawah ini gambar negara asean dalam bentuk bendera adalah sebagai berikut.
Gambar Bendera 10 Negara ASEAN
Gambar Bendera 10 Negara ASEAN

Sesuai dengan asean adalah kepanjangan dari Association of Southeast Asian Nations atau perhimpunan bangsa - bangsa Asia Tenggara, keanggotaan ASEAN terdiri dari yang berasal di kawasan Asia Tenggara. 


10 Negara Anggota ASEAN


Dibawah ini negara keanggotaan organisasi ASEAN adalah sebagai berikut. 
  • Negara Indonesia.
  • Negara Malaysia.
  • Negara Singapura.
  • Negara Thailand.
  • Negara Filipina.
  • Negara Brunei Darussalam.
  • Negara Vietnam.
  • Negara Laos.
  • Negara Myanmar.
  • Negara Kamboja.
Nah, didalam organisasi ASEAN terdapat yang namanya struktur atau bagan organisasi ASEAN. Dimana ASEAN memiliki struktur yang terdiri dari beberapa bagian. Selain itu, tentunya organisasi ASEAN memiliki tujuan ASEAN yang harus dicapai bersama oleh seluruh anggota negara ASEAN. Selain itu, ASEAN diharapkan selalu menjaga tujuan dan prinsip ASEAN agar yang diharapkan pendiri ASEAN tercapai.

Lantas, bagaimana struktur organisasi ASEAN? Dibawah ini akan diuraikan struktur organisasi ASEAN dan fungsinya secara lengkap.

Struktur Organisasi ASEAN Dan Tugasnya


Sebelumnya, organisasi asean dipimpin oleh seorang apa?

Organisasi asean dipimpin oleh seorang sekretaris jenderal. Struktur organisasi ASEAN terdiri dari beberapa bagian. Struktur organisasi ASEAN didasarkan pada Deklarasi Bangkok di Thailand. 

Susunan organisasi ASEAN mulai dari Konferensi Tingkat Tinggi sampai dewan koordinasi ASEAN. Dalam struktur ASEAN setiap keanggotaan ASEAN tentunya masuk dalam struktur organisasi ASEAN atau struktur kepengurusan ASEAN.


Dibawah ini digambarlah struktur organisasi ASEAN agar sobat semakin paham mengenai organisasi struktur negara ASEAN.

Gambar Struktur Organisasi ASEAN
Gambar Struktur Organisasi ASEAN

Nah, diatas telah digambarkan struktur organisasi ASEAN lengkap. Dengan Struktur bergambar organisasi ASEAN tersebut sobat semakin paham. Selain itu, sobat dapat melihat penjelasan lebih lengkap mengenai struktur organisasi asean  tersebut dibawah ini ya.

Selangkapnya mengenai struktur organisasi asean adalah sebagai berikut.

Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN


Pertama, struktur asean adalah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT). Dalam struktur organisasi ASEAN yang menempati tingkat tertinggi adalah Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN. Dimana KTT 1 ASEAN di Bali 23-24 Februari 1976 keterangan di Indonesia. 

Pengertian Konferensi Tingkat Tinggi adalah pertemuan tingkat tinggi para kepala negara atau pemerintahan negara anggota. Kini negara anggota ASEAN berjumlah 10 negara Anggota yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. 

KTT ASEAN sudah dilaksanakan berapa kali?

KTT ASEAN Tahunan telah terjadi sebanyak 27 kali. Dimana KTT 1 ASEAN di Bali 23-24 Februari 1976 keterangan di Indonesia. Dengan hasil deklarasi kerukunan ASEAN, Perjanjian kerjasama dan persahabatan antar anggota negara asean, dan setuju atas pembentukan sekretaris jenderal ASEAN.

Selain pertemuan tahunan KTT ASEAN. Adapula KTT Tak Resmi ASEAN yang telah terjadi sebanyak 4 kali dan pelaksanaan KTT Tak Resmi ASEAN pertama kali di  Jakarta, Indonesia sebagai tuan rumahnya pada 30 november 1966. Dengan hasil kesepakatan untuk menerima kamboja, laos dan Myanmar sebagai anggota baru ASEAN secara penu dan bersamaan.

Dan juga KTT Luar Biasa ASEAN yaitu pada 25 Januari 2005 di Jakarta, Indonesia. Dengan hasil membahas tentang bagaimana menangani bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami.

Dewan Koordinasi ASEAN


Pertemuan para menteri luar negeri asean yang bertindak sebagai koordinator dewan masyarakat asean dikenal dengan Dewan Koordinasi ASEAN atau ASEAN Coordinating Council. Dewan koordinasi ASEAN anggotanya adalah seluruh anggota negara ASEAN. Dimana dewan koordinasi ASEAN terdiri dari menteri perdagangan.

Tugas Dewan Koordinasi ASEAN


Dewan koordinasi ASEAN (ACC) bertugas sebagai berikut ini.
  • Menyiapkan KTT ASEAN yang akan di selenggarakan.
  • Dewan koordinasi ASEAN melakukan koordinasi atas pelaksanaan perjanjian dan keputusan KTT ASEAN.
  • Melakukan koordinasi laporan Dewan Masyarakat ASEAN kepada KTT ASEAN.
  • Melakukan kooridnasi dengan Dewan Masyarakat ASEAN dalam meningkatkan keterpaduan, kerjasama, efisiensi, dan kebijakan antara dewan.
  • Dewan koordinasi ASEAN melakukan pertimbangan terhadap laporan tahunan sekretaris jenderal mengenai hasil kerja ASEAN.
  • Dewan koordinasi ASEAN melakukan pertimbangan terhadap fungsi dan kegiatan Sekretariat ASEAN dengan badan yang relevan lainnya.
  • Menyetuji akan pengangkatan dan pengakhiran masa jabatan para Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN yang didasarkan atas rekomendasi Sekretaris Jenderal.
  • Menjalan fungsi atau tugas yang telah diatur di Piagam ASEAN dan KTT ASEAN.
Nah, itulah mengenai dewan koordinasi ASEAN.


Sekretariat ASEAN


Sekretariat ASEAN adalah sebuah badan didalam organisasi ASEAN yang memiliki fungsi penting. Fungsi sekretariat ASEAN adalah struktur organisasi asean yang berfungsi untuk meningkatkan koordinasi antar badan ASEAN dan implementasi berbagai kegiatan dan proyek dalam kerangka kerjasama ASEAN. 

Sekretariat ASEAN dipimpin oleh seorang Sekretaris Jenderal. Pembentukan sekretariat jenderal asean berfungsi untuk membantu dalam mengoordinasi dan mengelola berbagai kegiatan ASEAN dan melakukan kajian yang dibutuhkan oleh ASEAN. Sekretariat ASEAN berada di Kota Jakarta Selatan yang terletak di Negara Indonesia. 

Sekretariat Nasional ASEAN 


Sekretariat Nasional adalah pimpinan kegiatan tingkat nasional setiap negara ASEAN. Sekretariat nasional ASEAN berada di setiap negara anggota ASEAN. Sekretariat Nasional ASEAN Indonesia berkedudukan di Jalan Sisingamangaraja Nomor 70A, Jakarta Selatan.

Gambar Gedung Sekretariat ASEAN Di Jakarta
Gambar Gedung Sekretariat ASEAN Di Jakarta


Tugas Sekretariat Nasional ASEAN


Disebutkan tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN adalah bertugas untuk menyimpan informasi mengenai urusan ASEAN, mengoordinasikan pelaksanaan keputusan ASEAN dan memajukan identitas serta kesadaran ASEAN.


Dewan Masyarakat ASEAN


Dewan Masyarakat ASEAN adalah pertemuan para Menteri yang membidangi tiga pilar Masyarakat ASEAN adalah sebagai berikut.
  • Pilar dewan masyarakat politik keamanan ASEAN.
  • Pilar dewan masyarakat ekonomi ASEAN.
  • Pilar dewan masyarakat sosial-budaya ASEAN.

Badan-Badan Sektoral Tingkat Menteri


Badan-Badan Sektoral Tingkat Menteri dikenal juga dengan ASEAN Sectoral Ministerial Bodies. Badan-Badan Sektoral Tingkat Menteri biasanya melakukan pertemuan - petermuan untuk membahas mengenai ASEAN. Pertemuan Badan-Badan Sektoral Tingkat Menteri adalah pertemuan para menteri yang membidangi setiap sektor kerja sama ASEAN.

Tingkat Pejabat Tinggi ASEAN


Tingkat Pejabat Tinggi ASEAN biasa dikenal juga dengan sebutan ASEAN Senior Officials' Meeting. Pertemuan tingkat Pejabat Tinggi ASEAN adalah pertemuan para pejabat tinggi di bawah tingkat menteri negara anggota ASEAN yang membidangi setiap sektor atau bidang kerjasama ASEAN.

Komite Wakil Tetap ASEAN


Komite Wakil Tetap ASEAN adalah forum para Duta Besar anggota ASEAN yang diakreditasikan ke ASEAN dan berkedudukan di Jakarta, Indonesia.

Komisi HAM Antar-Pemerintah ASEAN 


Komisi HAM Antar-Pemerintah ASEAN atau ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights yang biasa disingkat AICHR. Komisi HAM Antar-Pemerintah ASEAN adalah Badan HAM (hak asasi Manusia) ASEAN yang bertugas memajukan dan melindungi HAM seluruh masyarakat di kawasan ASEAN.

Nah, itulah materi mengenai struktur organisasi asean dan tugasnya secara lengkap. Semoga materi struktur organisasi asean dan tugasnya ini dapat menambah ilmu pengetahuan sobat semuanya.

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya mengenai pelajaran sekolah di Blog Pelajaran Sekolah. Hal ini karena hanya di Blog inilah materi yang terlekap dan mudah dipahami.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung