Macam Macam Jujur Beserta Contohnya & Hikmahnya

Macam macam jujur beserta contohnya pada niat, perkataan, perbuatan dalam kehidupan sehari hari pada pandangan Islam disertai hikmah berperilaku jujur.

Macam macam kejujuran dalam Islam terbagi menjadi beberapa macam. Macam macam jujur dalam Agama Islam mengajarkan untuk selalu berbuat jujur dalam berbagai kondisi. Macam macam sifat jujur dalam Agama Islam meliputi jujur dalam niat, jujur dalam tekad, dan sebagainya. Lantas, apa macam jujur dalam Islam yang lainnya?

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah membahas macam-macam jujur dalam Islam dan contoh sikap jujur. Selain itu, dibahas juga mengenai hikmah berperilaku jujur. Maka dari itu, bacaterus artikel macam macam jujur beserta contohnya ini sampai selesai. Hal ini agar sobat tahu jenis jenis jujur dalam islam dan apa saja kategori jujur dalam islam tersebut.

Selamat Membaca!!!

Pengertian Jujur Dalam Islam


Apa arti jujur dalam islam?

Gambar Jujur
Gambar Jujur

Arti jujur dalam islam adalah berkata benar antara mulut, hati dan perbuatan yang kita lakukan. Dalam Islam jujur terbagi menjadi tiga. 3 macam jujur dalam islam adalah jujur dalam niat perkataan dan perbuatan. Sehingga, antara niat, ucapan, dan perbuatan haruslah selaras. Sifat jujur termasuk akhlakul karimah atau sifat terpuji yang harus dimiliki oleh manusia. 

Pengertian Jujur Dalam Islam Menurut Bahasa Dan Istilah


Arti jujur dalam ajaran Islam menurut bahasa dan istilah adalah dibawah ini.

Pengertian jujur di dalam islam menurut bahasa adalah benar, kebenaran, atau sesuai. Sedangkan, pengertian jujur dalam agama islam menurut istilah adalah niat dan perkataan dengan perbuatan yang dilakukan sesuai dengan kebenaran.

Dalil Naqli Tentang Jujur


Dalil jujur dalam Islam terdapat didalam Al Quran. Salah satu dalil naqli tentang jujur terdapat di QS At Taubah 119, bunyi QS At Taubah 119 adalah sebagai berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

Artinya:"Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar".

Hadis Tentang Perilaku Jujur


Hadits tentang jujur salah satunya diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Dibawah ini bunyi hadits tentang jujur adalah sebagai berikut.

Artinya:”kamu wajib berlaku benar, karena sesungguhnya kebenaran itu membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga. Seseorang yang selalu berperilaku benar dan mengusahakan sungguh-sungguh akan kebenaran akan dicatatdia di sisi Allah SWT sebaai seorang siddiq (ahli benar)”. (H.R. Bukhari dan Muslim).

Nah, itulah mengenai dalil naqli dan hadist tentang jujur. Selain itu, jujur dalam islam terbagi menjadi beberapa macam. Dibawah ini macam macam sifat jujur dan contohnya yang perlu kamu ketahui.

Macam Macam Perilaku Jujur Beserta Contohnya


Macam-macam jujur beserta contohnya terbagi menjadi 5. Dibawah ini disebutkan macam macam jujur dan contohnya yaitu sebagai berikut.
  • Jujur dalam niat.
  • Jujur dalam tekad.
  • Jujur dalam ucapan.
  • Jujur dalam perbuatan.
  • Jujur dalam ilmu agama.
Itulah macam macam jujur dan contohnya. Nah, dibawah ini dijelaskan macam-macam perilaku jujur beserta contohnya! adalah sebagai berikut.

Jujur Dalam Niat


Pertama, disebutkan macam-macam jujur beserta contohnya adalah jujur dalam niat. Dibawah ini dijelaskan pembagian sifat jujur beserta contohnya yang pertama.

Jujur dalam niat adalah jujur yang berkaiatan dengan hati. Detailnya, jujur dalam niat yaitu seseorang yang telah benar niatnya dan jujur kondisi batin atau hatinya, sehingga antara perbuatan dan hatinya selaras. 

Dengan jujur dalam niat adalah seseorang ikhlas dan hanya mengharapkan ridha Allah SWT serta bukan untuk pamer. Jujur dalam niat dapat dikatakan bahwasannya bukan orang yang munafik. Se;ain itu, jujur dalam niat akan mendorong seseorang beribadah dengan sungguh - sungguh dan hanya mengharapkan ridha Allah SWT.

Dalil Jujur Dalam Niat


Dibawah ini dalil tentang jujur dalam niat terdapat didalam QS At Taubah 119 yang berbunyi sebagai berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

Artinya:"Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar".

Hadits Tentang Jujur Dalam Niat


Sedangkan, hadits jujur dalam niat adalah sebagai berikut.

Artinya:“orang yang sungguh-sunngguh meniatkan, maka dia akan mendapatkannya. Jika dia tidak mendapatkannya, karena dia tidak sungguh-sungguh meniatkan”.

Contoh Perilaku Jujur Dalam Niat


Dibawah akan disebutkan jujur dalam niat contohnya adalah sebagai berikut.
  • kita niat berIslam dan melakukan segala perintah Allah serta menjauhi larangannya.
  • kita berniat untuk serius mempelajari Islam. Maka kita akan benar benar dalam mempelajari dan mendalami serta melakukan tindakan sesuai ketentuan Islam.
  • Ketika disuruh Ibu untuk menjaga warung. Maka niatkanlah untuk menjaga warung sampai ibu kembali.
  • Ketika ingin bangun malam untuk shalat malam dan berniat sungguh sungguh, maka nanti malam akan terbangun untuk shalat malam. 
  • Ketika besok ulangan dan kita niat malam ini untuk belajar, maka kita akan belajar pada malam harinya.
Nah, itulah beberapa contoh sikap jujur dalam niat dimana bagian dari macam macam kejujuran dan contohnya. Iman adalah dasar dan niat adalah dasar . kalau niatnya tidak jujur, maka perbuatan dan perkataannya tidak jujur. Nah, itulah mengenai perilaku jujur dalam niat dan merupakan macam macam jujur yang pertama.

Gambar Jujur Itu Hebat
Gambar Jujur Itu Hebat

Jujur Dalam Tekad


Kedua, macam-macam jujur dan contohnya adalah jujur dalam tekad. Apa yang dimaksud jujur dalam tekad?

Jujur dalam tekad adalah jujur yang sesuai dengan perkataan, tekad, atau kemamauannya dalam melaksanakan sesuatu. Untuk lebih mudahnya kita lihat contoh jujur dalam tekad saja ya.

Contoh Jujur Dalam Tekad


Dibawah ini beberapa contoh jujur dalam tekad adalah sebagai berikut.
  • Pertama, contoh jujur dalam tekad adalah jika Allah memberikan kepadaku harta, aku akan membelanjakan semuanya dijalan Allah SWT.
  • Kedua, bekerja keras.
  • Ketiga, pantang menyerah dalam mencapai sesuatu.
  • Keempat, memiliki keinginan yang kuat akan sesuatu.
Nah, itulah beberapa contoh jujur dalam bertekad. Nah, jujur dalam tekad terdapat didalam Al Quran.

Dalil Tentang Jujur Dalam Tekad


Pertama, jujur dalam tekad terdapat dalam Q.S Al Ahzab ayat 23 yang berbunyi sebagai berikut.

مِنَ الْمُؤْمِنِينَ رِجَالٌ صَدَقُوا مَا عَاهَدُوا اللَّهَ عَلَيْهِ ۖ فَمِنْهُمْ مَنْ قَضَىٰ نَحْبَهُ وَمِنْهُمْ مَنْ يَنْتَظِرُ ۖ وَمَا بَدَّلُوا تَبْدِيلًا

Artinya:"Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka tidak merubah (janjinya)."

Kedua, jujur dalam tekad terdapat didalam QS. At-Taubah 75-76 yang berbunyi sebagai berikut.

(75) وَمِنْهُمْ مَنْ عَاهَدَ اللَّهَ لَئِنْ آتَانَا مِنْ فَضْلِهِ لَنَصَّدَّقَنَّ وَلَنَكُونَنَّ مِنَ الصَّالِحِينَ

Artinya:"Dan diantara mereka ada orang yang telah berikrar kepada Allah: "Sesungguhnya jika Allah memberikan sebahagian karunia-Nya kepada kami, pastilah kami akan bersedekah dan pastilah kami termasuk orang-orang yang saleh."

(76) فَلَمَّا آتَاهُمْ مِنْ فَضْلِهِ بَخِلُوا بِهِ وَتَوَلَّوْا وَهُمْ مُعْرِضُونَ

Artinya:"Maka setelah Allah memberikan kepada mereka sebahagian dari karunia-Nya, mereka kikir dengan karunia itu, dan berpaling, dan mereka memanglah orang-orang yang selalu membelakangi (kebenaran)."

Nah, itulah jujur dalam tekad yang merupakan macam macam jujur beserta contohnya yang kedua.

Jujur Dalam Ucapan


Ketiga, macam macam jujur beserta contohnya adalah jujur dalam ucapan.

Pengertian jujur dalam ucapan adalah seseorang yang berucap atau berkata sesuai dengan kenyataan, kebenaran, dan tidak berbohong. Setiap hamba berkewajiban menjaga lisannya yaitu berbicara jujur dan dianjurkan menghindari kata-kata sindiran karena hal itu sepadan dengan kebohongan.

Namun, kecuali jika sangat dibutuhkan dan demi kemaslahatan pada saat-saat tertentu. Jujur dalam ucapan merupakan jenis kejujuran yang paling tampak dan terang diantara macam-macam kejujuran.

Dalil Jujur Dalam Ucapan


Dibawah ini dituliskan dalil yang menjelaskan tentang jujur dalam ucapan beserta artinya yang terdapat didalam QS Al An'am 152 adalah sebagai berikut.

وَلَا تَقْرَبُوا مَالَ الْيَتِيمِ إِلَّا بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ حَتَّىٰ يَبْلُغَ أَشُدَّهُ ۖ وَأَوْفُوا الْكَيْلَ وَالْمِيزَانَ بِالْقِسْطِ ۖ لَا نُكَلِّفُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۖ وَإِذَا قُلْتُمْ فَاعْدِلُوا وَلَوْ كَانَ ذَا قُرْبَىٰ ۖ وَبِعَهْدِ اللَّهِ أَوْفُوا ۚ ذَٰلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya:"Dan janganlah kamu dekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat, hingga sampai ia dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil. Kami tidak memikulkan beban kepada sesorang melainkan sekedar kesanggupannya. Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil, kendatipun ia adalah kerabat(mu), dan penuhilah janji Allah. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu ingat."

Lantas, apa contoh jujur dalam ucapan dalam kehidupan sehari hari?

Contoh Perilaku Jujur Dalam Ucapan


Dibawah ini diberikan contoh jujur dalam ucapan adalah sebagai berikut.
  • Pertama, contoh jujur dalam ucapan adalah berkata sesuai dengan kenyataan yang ada. Semisal, ngambil bakwan 3, maka bayarnya 3 juga jangan bilang cuma 1 atau 2 bakwan.
  • Kedua, contoh sikap jujur dalam ucapan adalah ketika berjanji, maka harus ditepati. semisal, janji pukul 10.00 WIB bertemu di lokasi A, maka pukul 10. WIB bertemu di lokasi A. Bukan malah pukul 14.00 WIB baru bertemu di lokasi A.
  • Ketiga, disebutkan contoh jujur dalam ucapan lainnya seperti berkata jujur kepada seseorang dan tidak berbohong.
  • Keempat, contoh jujur dalam ucapan seperti mengatakan sesuatu sesuai dengan kejadiannya.
  • Kelima, berbicara yang bisa ditepati dan dilaksanakan saja agar bisa menepatinya, sehingga tidak berbohong.
Nah, itulah diatas telah dituliskan 5 contoh jujur dalam ucapan yang merupakan salah satu macam macam perilaku jujur beserta contohnya.

Jujur Dalam Perbuatan


Keempat, macam macam perilaku jujur beserta contohnya adalah jujur dalam perbuatan.

Pengertian jujur dalam perbuatan adalah melakukan tindakan sesuai apa yang harus dikerjakan, sesuai dengan standar dalam perbuatan tersebut. Jujur dalam perbuatan disebut juga siidiq al amal. Niat yang jujur akan mendorong lisan yang jujur dan perbuatan yang jujur dan hasilnya akan luar biasa.


Dalil Tentang Jujur Dalam Perbuatan


Dibawah ini dalil jujur dalam perbuatan terdapat didalam salah satu hadits tentang jujur dalam perbuatan didalam adalah sebagai berikut.

Artinya:"Sesungguhnya, para pedagang akan dibangkitkan pada hari kiamat nanti sebagai orang-orang fajir (jahat), kecuali pedagang yang bertakwa pada Allah, berbuat baik, dan berlaku jujur".

Contoh Perilaku Jujur Dalam Perbuatan


Contoh jujur dalam perbuatan adalah sebagai berikut.
  • Pertama, membayar makanan dan minuman sesuai dengan yang diambil ketika jajan.
  • Kedua, uang yang dibayarkan untuk SPP, maka dibayarkan untuk SPP.
  • Ketiga, ketika ujian dilarang menyontek, maka jangan menyontek.
  • Keempat, ketika izin ke toilet ketika kelas berlangsung, maka harus ke toilet, bukan malah ke kantin.
Nah, itulah beberapa dituliskan contoh jujur dalam perbuatan. Selanjutnya, kita akan membahas macam macam jujur beserta contohnya yang terakhir adalah sebagai berikut.

Jujur Dalam Ilmu Agama


Terakhir, macam-macam jujur dan contohnya adalah jujur dalam ilmu agama.

Jujur dalam agama adalah kedudukan yang paling tinggi, sebagimana jujur dalam rasa takut dan pengharapan, dalam rasa cinta dan tawakal. Sesorang menjadi sempurna dengan kejujuran maka akan dikatakan orang ini adalah benar dan jujur.

Dalil Jujur Dalam Ilmu Agama


Dalil jujur dalam ilmu agama terdapat didalam QS Al Hujurat ayat 15 adalah sebagai berikut.

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا وَجَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الصَّادِقُونَ

Artinya:"Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar."

Nah, itulah mengenai macam macam jujur beserta contohnya. Diatas telah dijelaskan pembagian jujur dan masing-masing contohnya. Semoga setelah dijelaskan macam-macam perilaku jujur beserta contohnya dapat menambah pengetahuan sobat semuanya. Selanjutnya, sebelum penutup kita akan membahas mengenai hikmah berperilaku jujur.

Gambar Jujur Pada Diri Sendiri
Gambar Jujur Pada Diri Sendiri

Hikmah Berperilaku Jujur


Seseorang yang melakukan perilaku jujur akan mendapatkan banyak hikmah berlaku jujur. Beberapa hikmah perbuatan jujur terdapat dibawah ini. 

Lantas, apa saja hikmah berperilaku jujur dalam kehidupan sehari hari?

Hikmah berperilaku jujur adalah sebagai berikut.
  • Pertama, hikmah dari sifat jujur adalah perasaan nyaman dan hati tenang, jujur akan membuat kita menjadi tenang, nyaman. Tidak takut akan diketahui kebohongannya karena memang tidak berbohong.
  • Kedua, salah satu hikmah berperilaku jujur bagi diri sendiri adalah memperoleh kemudahan dalam hidupnya.
  • Ketiga, hikmah berperilaku jujur antara lain adalah selamat dari azab dan bahaya.
  • Keempat, dijamin masuk surga
  • Kelima, dicintai oleh Allah dan rasul-Nya
  • Keenam, mendapat kepercayaan dari teman
  • Ketujuh, memiliki banyak teman
  • Kedelapan, mudah dalam mendapatkan petolongan dan pekerjaan
  • Kesembilan, mendatangkan kebahagiaan
  • Kesepuluh, mendatangkan simpati
  • Kesebelas, mendatangkan pahala
  • Keduabelas, mendatangkan rasa percaya diri
  • Ketigabelas, mendatangkan kedamaian
  • Keempat belas, mendapatkan keberkahan dalam usahanya
Selain hikmah dari perilaku jujur yang telah disebutkan diatas, hikmah perilaku kejujuran masih banyak lagi lainnya.

Nah, itulah materi mengenai macam macam jujur beserta contohnya. Diatas telah disebutkan macam-macam kejujuran secara lengkap. Selain itu, dilengkapi juga dengan hikmah dari perbuatan jujur.

Jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung