Contoh Musikalisasi Puisi Beserta Lagunya: Ibu-Iwan Fals

Contoh musikalisasi puisi beserta lagunya seperti puisi ibu iwan fals termasuk daftar lagu musikalisasi puisi singkat & terbaik yang dapat diiringi lagu.

Puisi yang bisa dinyanyikan sangatlah banyak contohnya. Salah satu contoh puisi yang bisa dinyanyikan dengan lagu adalah puisi iwan fals ibu yang ada di artikel ini yang diambil dari lagu ibu iwan fals. Musikalisasi puisi ibu selalu menyayat hati dan membuat kita tersentuh. 

Selain lagu ibu - iwan fals, musikalisasi puisi tentang ibu dapat diambil dari lagu lainnya dan diubah menjadi puisi yang indah. Namun, disini kami akan menyajikan musikalisasi puisi contohnya adalah puisi musikalisasi ibu iwan fals.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai contoh musikalisasi puisi beserta lagunya. Kami ambil contoh musikalisasi puisi ibu yaitu judul lagu ibu ku sayang ialah berjudul Ibu -Iwan Fals.

Artikel ini memuat isi materi mengenai sebagai berikut.
  • Contoh Musikalisasi Puisi Beserta Lagunya.
  • Perbedaan musikalisasi puisi dengan puisi yang diiringi dengan lagu.
  • Dll.

Selamat Membaca!!!

Contoh Musikalisasi Puisi Beserta Lagunya


Dibawah ini saya menyajikan salah satu daftar lagu musikalisasi puisi yang dapat kalian contoh puisi musikalisasi ini sebagai contoh puisi untuk musikalisasi yang merupakan puisi yang bisa dijadikan lagu.

Gambar Musikalisasi Puisi
Gambar Musikalisasi Puisi

Sebelum membahas musikalisasi puisi yang akan dibawakan, kita harus tahu terlebih dahulu contoh puisi lagu yang akan dibawakan. Hal ini agar musikalisasi puisi beserta lagunya lancar. Dibawah ini lagu ibu - Iwan Fals yang diambil untuk dijadikan musikalisasi.

Lagu Ibu - Iwan Fals


Ribuan kilo jalan yang kau tempuh
Lewati  rintang u tuk aku anakmu
Ibuku sayang masih terus berjalan
Walau tapak kaki, penuh darah…penuh nanah

Seperti udara, kasih yang engkau berikan
Tak mampu ku membalas …. Ibu…. Ibu….

Ingin kudekatkan dan menangis dipangkuanmu
Sampai aku tertidur, bagai masa kecil dulu
Lalu do’a-do’a baluri sekujur tubuhku
Dengan apa membalas…. Ibu…. Ibu

Nah, setelah mengetahui lagu yang dibawakan. Dibawah ini lagu puisi ibu berikut dapat dijadikan contoh lagu musikalisasi puisi.


Musikalisasi Puisi Ibu Iwan Fals


Ibu ma’afkan aku telah  menestekan air matamu
Kesembonganku menutupi hatiku
Ibuku sayang janganlah kau menangis
Walau karna anakmu penuh dosa…. Penuh salah

Ibuku sayang ma’afkan diriku ini
Yang tak mampu membalas jasamu

Ibu aku ingin kau tersenyum bahagia
Sampai aku tidur, seperti waktu aku kecil
Dan kau do’akan seluruh tubuhku
Ku tak bisa membalas jasamu ibu…..

Nah, itulah contoh puisi yang dijadikan lagu atau musikalisasi puisi. Sebelum mengakhiri artikel contoh puisi musikalisasi puisi beserta lagunya. Dibawah ini akan dibahas sedikit mengenai perbedaan musikalisasi puisi dengan puisi yang diiringi dengan lagu.

Perbedaan Musikalisasi Puisi Dengan Puisi Yang Diiringi Dengan Lagu


Dibawah ini perbedaan musikalisasi puisi dengan puisi yang diiringi dengan lagu adalah sebagai berikut.

Pengertian musikalisasi puisi adalah hasil kolaborasi antara puisi dan lagu menjadi satu. Dimana musikalisasi puisi mengandung tentang sastra dan lagu yang dibawakan secara bersamaan. Sehingga, puisi dibawakan dengan cara dilagukan seperti diberi irama dan musik tetapi sesuai dengan puisi tersebut.

Sedangkan, puisi yang diiringi lagu adalah pembacaan puisi yang digabungkan dengan diiringi lagu, sehingga dipadukan menjadi satu tapi tetap sendiri sendiri, tidak seperti musikalisasi puisi. Nah, itulah perbedaan musikalisasi puisi dengan puisi yang diiringi dengan lagu.

Nah, itulah mengenai contoh musikalisasi puisi beserta lagunya. Semoga materi mengenai contoh musikalisasi puisi beserta lagunya dapat menambah pengetahuan dan wawasan sobat semuanya.

Jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Terimakasih atas kunjungannya dan telah membaca artikel ini