Sejarah Berdirinya Kerajaan Samudra Pasai Lengkap

Sejarah singkat kerajaan samudra pasai dilengkapi dengan letak, pendiri, raja, sumber sejarah, penyebab kemunduran & peninggalan kerajaan samudra pasai.

Kerajaan Samudra Pasai adalah Kerajaan yang bercorak agama Islam. Letak Kerajaan Samudra Pasai adalah di Pulau Sumatra. Pendiri Kerajaan Samudra Pasai adalah Nazimuddin Al Kamil. Sedangkan, raja Kerajaan Samudra Pasai yang pertama adalah Sultan Malik Al Saleh. Hal ini dapat dilihat di salah satu sumber sejarah Kerajaan Samudra Pasai berupa peninggalan Kerajaan Samudra Pasai. 

Pada tahun 1521, Kerajaan Samudra Pasai mengalami keruntuhan. Penyebab kemunduran Kerajaan Samudra Pasai terjadi karena dua faktor yaitu internal dan eksternal. Lantas, bagaimana sejarah berdirinya Kerajaan Samudra Pasai dan runtuhnya tersebut?

Pada kesempatan Kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai sejarah berdirinya Kerajaan Samudra Pasai. Penasaran, bukan? Bagaimana sejarah berdirinya Kerajaan Samudra Pasai yang merupakan Kerajaan Islam pertama di Indonesia tersebut. Yuk, baca artikel tentang Kerajaan Samudra Pasai ini selengkapnya.

Artikel ini memuat materi mengenai sebagai berikut.
  • Ringkasan Kerajaan Samudra Pasai.
  • Sejarah berdirinya Kerajaan Samudra Pasai.
  • Letak Kerajaan Samudra Pasai.
  • Pendiri Kerajaan Samudra Pasai.
  • Raja Pertama Kerajan Samudra Pasai.
  • Dll.

Selamat Membaca!!!

Ringkasan Kerajaan Samudra Pasai


Dibawah ini disajikan mengenai ringkasan Kerajaan Samudera Pasai adalah sebagai berikut.

Gambar Lambang Kerajaan Samudera Pasai
Gambar Lambang Kerajaan Samudera Pasai


Sejarah Berdirinya Samudra Pasai


Pengertian Samudra Pasai adalah berasal dari dua kata yakni Samudra yang berarti laut dan Pasai yang berarti parsi, parsee, atau pase. Kerajaan Samudra Pasai adalah Kerajaan Islam pertama di Indonesia. Dimana hal itu menjadi salah satu ciri-ciri kerajaan samudra pasai, selain penyebutan sultan untuk seorang raja. Kerajaan Samudra Pasai didirikan pada tahun 1267 atau pada abad ke 12. 

Berdirinya Kerajaan Samudra Pasai dirintis oleh seorang laksamana laut dari Mesir yakni Nazimuddin Al kamil. Tujuan Nazimudin mendirikan Samudra Pasai untuk menguasai perdagangan rempah - rempah dan lada. Namun, raja pertama Kerajaan Samudra Pasai adalah Sultan Malik Al Saleh. Hal ini dapat dilihat pada silsilah Kerajaan Samudra Pasai. 

Lebih lengkap mengenai silsilah Samudra Pasai dapat dilihat dibawah ini.

Baca untuk mengetahui silsilah kerajaan samudera pasai: Sejarah Kerajaan Samudra Pasai Dan Silsilah Raja Samudra Pasai

Keruntuhan Kerajaan Samudra Pasai


Berdirinya kerajaan samudra pasai dirintis oleh seorang laksamana laut dari Mesir yaitu Nazimuddin Al Kamil. Dengan raja pertama Kerajaan Samudra Pasai adalah Sultan Malik As Saleh. Kerajaan Samudra Pasai berhasil mencapai masa kejayaan berturut turut dan berhasil mencapai tujuan pendirinya.

Namun, seperti kebanyakan kerajaan - kerajaan lainnya, Kerajaan Samudra Pasai runtuh. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu internal dan eksternal. Penyebab runtuhnya kerajaan Samudra Pasai adalah sebagai berikut.
  • Setelah mendapat serangan dari Kerajaan Majapahit yang berambisi menyatukan Nusantara dibawah sumpah palapa patih gajah mada maka hancurnya samudra pasai secara perlahan karena masih dapat bertahan beberapa tahun kedepannya.
  • Berdirinya Bandar Malaka yang letaknya lebih strategis.
  • Setelah Sultan Malik ath-Thahir meninggal tidak ada penggantinya yang cakap dan terkenal sehingga peran penyebaran agama Islam diambil alih oleh Kerajaan Aceh.
  • Terjadi Perebutan kekuasaan yakni pemberontakan yang dilakukan oleh sekelompok orang pada masa Sultan Zainal Abidin Bahian Syah Malik al-Tahir yang sebagian diperoleh dari berita-berita Cina.
  • Serangan bangsa portugis pada tahun 1521 berhasil menguasai (diduduki) samudra pasai yang memanfaatkan konflik internal di kerajaan yang terjadi saat itu juga merupakan sebab jatuhnya samudra pasai.
Nah, itulah ringkasan Kerajaan Samudra Pasai. Selanjutnya, Yuk bahas secara lengkap mengenai sejarah berdirinya Kerajaan Samudra Pasai sampai runtuhnya dibawah ini.

Sebelumnya, tonton juga video dibawah ini mengenai sejarah berdirinya kerajaan samudra pasai.


Sejarah Berdirinya Kerajaan Samudra Pasai


Pengertian Kerajaan Samudra Pasai yaitu Samudra pasai berasal dari dua kata yakni Samudra yang berarti laut dan Pasai yang berarti parsi, parsee, atau pase. Kerajaan Samudra Pasai adalah kerajaan yang menganut mazhab Imam Syafi'i. Kerajaan Samudra Pasai berdiri pada abad ke 12 atau tepatnya pada tahun 1267 Masehi.

Kerajaan Samudra Pasai adalah kerajaan islam pertama berdasarkan bukti bukti arkeologisnya. Salah satu buktinya adalah penemuan makam - makam raja Kerajaan Samudra Pasai. Salah satu makam adalah makam seorang raja terkenal samudra pasai yaitu Sultan Malik Al Saleh.

Letak Kerajaan Samudra Pasai


Letak Samudra Pasai di Pulau Sumatera. Lebih tepatnya letak geografis Samudra Pasai di Pesisir Pantai Utara Sumatera, Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, Provinsi Aceh. Letak Kerajaan Samudra Pasai yang begitu strategis tak menyurutkan untuk membangun hubungan dan kerjasama dengan kerajaan lainnya seperti Kerajaan Malaka dan Kerajaan Demak.

Gambar Letak Kerajaan Samudra Pasai
Gambar Letak atau Peta Kerajaan Samudra Pasai

Hubungan Kerjasama Kerajaan Samudra Pasai Dengan kerajaan Malaka & Demak


Hubungan kerjasama Samudera Pasai dan Malaka adalah pada perdagangan dan pelabuhan kapal. Selain itu, Kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Malaka untuk lebih mengikat lagi dengan hubungan perkawinan. 

Sedangkan, hubungan persamaan kerajaan samudra pasai dan demak adalah sama sama menjadi kerajaan maritim, menguasai perdagangan, dan sebagai kerajaan pertama di pulau sumatera dan pulau jawa. 


Pendiri Kerajaan Samudra Pasai


Pendiri kerajaan samudra pasai adalah nazimudin al kamil seorang laksamana laut yang berasal dari Mesir. Namun, raja pertama kerajaan samudra pasai bernama Sultan Malik Al Saleh atau Meurah Silau. 

Sebelum mendirikan kerajaan samudra pasai, Nazimuddin Al Kamil mendapatkan tugas terlebih dahulu. Pada tahun 1238 Masehi, Nazimuddin Al Kamil diperintahkan untuk merebut pelabuhan kambayat di Gujarat. Perebutan Pelabuhan Kambayat bertujuan untuk dijadikan tempat pemasaran barang - barang yang berasal dari wilayah timur. 

Namun, setelah selesai merebut Pelabuhan Kambayat, Nazimuddin Al Kamil mendirikan Kerajaan di Wilayah Sumatera. Kerajaan tersebut bernama Kerajaan Samudra Pasai. Sehingga, pendiri kerajaan samudra pasai adalah maharaja nazimuddin al kamil.

Gambar Kerajaan Samudra Pasai
Gambar Kerajaan Samudra Pasai

Raja Pertama Kerajaan Samudera Pasai


Walaupun berdirinya Kerajaan Samudra Pasai dirintis oleh seorang laksamana laut dari Mesir ialah Nazimuddin Al Kamil. Namun, raja pertama Kerajaan Samudera Pasai adalah Sultan Malik Al Saleh atau Meurah Silau. 

Selama pemerintahan Sultan Malik Al Saleh, Kerajaan Samudera Pasai mencapai masa kejayaanya. Kerajaan Samudra Pasai semakin luas dan semakin kuat dalam sistem perdagangan dan pelabuhannya. Makanya, salah satu raja terkenal Kerajaan Samudra Pasai adalah Sultan Malik Al Saleh. 


Nah, itulah materi mengenai sejarah berdirinya Kerajaan Samudra Pasai secara lengkap. Dimana berdirinya kerajaan samudera pasai, dirintis oleh seorang laksamana laut dari mesir yaitu Nazimudin Al Kamil.

Semoga materi sejarah berdirinya Kerajaan Samudra Pasai menambah pengetahuan sobat semuanya. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Terimakasih Telah Membaca Dan Atas Kunjungannya.