Peta Konsep Kedatangan Jepang Ke Indonesia & Rangkuman

Peta kedatangan Jepang ke Indonesia yang disertai dengan rangkuman pendudukan Jepang di Indonesia singkat dengan janji dan tujuannya.

Kedatangan Jepang ke Indonesia ditandai dengan masuknya serdadu pada tahun 1942 di Tarakan Kalimantan Timur. Awal kedatangan jepang ke indonesia disambut baik karena dianggap sebagai penyelamat dari penjajahan Belanda. Namun, kebijakan Jepang ternyata lain dan berakhir dengan masa pendudukan kurang lebih 3,5 tahun.

Makalah singkat ini berisi tentang kedatangan jepang ke Indonesia dan masa pendudukannya. Kedatangan Jepang ke Indonesia diterima oleh rakyat Indonesia karena dipandang sebagai pembebas dari penjajahan Belanda. Hai, sobat… mau tahu kelanjutannya, bukan? Langsung saja baca artikel ini yang memuat tentang peta konsep, peta, janji, tujuan dan kedatangan Jepang ke Indonesia pastinya.

Selamat Membaca!!!

Artikel ini memuat mengenai dibawah ini.
1. Peta Konsep Kedatangan Jepang Ke Indonesia
2. Kedatangan Jepang Ke Indonesia Secara Singkat
3. Peta Kedatangan Jepang Ke Indonesia Dan Penjelasannya
4. Kedatangan Jepang Ke Indonesia Dan Janji Jepang
5. Kedatangan Jepang Ke Indonesia Bertujuan Untuk

Peta Konsep Kedatangan Jepang Ke Indonesia


Lalu, bagaimana peta konsep masa pendudukan jepang di indonesia? Dibawah ini adalah peta konsep masuknya jepang ke indonesia.

Gambar peta konsep kedatangan Jepang ke Indonesia
Gambar peta konsep kedatangan Jepang ke Indonesia

Nah, itulah peta konsep kedatangan bangsa jepang ke indonesia. Selanjutnya adalah rangkuman singkat masuknya jepang ke indonesia dibawah ini.


Kedatangan Jepang Ke Indonesia Secara Singkat


Kedatangan Jepang ke Indonesia pada waktu tanggal 11 januari tahun 1942. Sejarah atau cerita kedatangan Jepang ke Indonesia untuk pertama kalinya di wilayah Tarakan, Kalimantan Timur. Kedatangan Jepang ke Indonesia diterima oleh rakyat Indonesia karena Jepang sebelumnya telah mengirim mata mata ke Indonesia sehingga tahu selak beluk kehidupan masyarakat Indonesia. 

Selain itu, Jepang juga membawa semboyan bahwa Jepang adalah “saudara tua” dari Indonesia dan G3A (Jepang Pelindung Asia, Jepang Pemimpin Asia, dan Jepang Cahaya Asia), serta melepaskan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Propaganda itulah yang menyebabkan perasaan optimisme kedatangan Jepang ke Indonesia.

Gambar Kedatangan Jepang Ke Indonesia
Foto atau Gambar Kedatangan Jepang Ke Indonesia

Kedatangan Jepang ke Indonesia dikaitkan atau berhubungan dengan peristiwa terjadinya perang asia timur raya dikarenakan Indonesia juga merupakan negara yang dijajah oleh Jepang untuk mengisi sumber daya alam yang dibutuhkan Jepang dan membantunya dalam perang asia timur raya atau asia pasifik.

Awal mula kedatangan Jepang ke Indonesia semula disambut gembira dan baik serta tidak ditentang oleh rakyat, berjalan begitu cepat, berlangsung dengan mudah dan merata yang dipimpin oleh Jenderal Imamura oleh bangsa Indonesia sebagai saudara tua karena dipandang dapat membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. 

Sikap simpatik bangsa Indonesia terhadap Jepang dipengaruhi juga dengan ramalan Jayabaya, karena alasan itulah masyarakat Indonesia menerima kedatangan Jepang ke Indonesia.

Peta Kedatangan Jepang Ke Indonesia Dan Penjelasannya


Dibawah ini adalah mind map kedatangan jepang ke indonesia atau gambar masuknya jepang ke indonesia.

Peta Kedatangan Jepang Ke Indonesia
Gambar Alur atau Peta Kedatangan Jepang Ke Indonesia

Nah, itulah gambar peta jalur masuknya jepang ke indonesia. 


Janji Jepang Kepada Indonesia Pada Saat Kedatangannya


Kedatangan Jepang ke Indonesia diawali dengan perjanjian kapitulasi kalijati karena dilaksanakan di daerah Kalijati, Subang. Janji – janji Jepang kepada Indonesia sehingga memudahkan Jepang masuk ke Indonesia adalah sebagai berikut:
  • Jepang menjanjikan kemudahan bagi bangsa Indonesia, misalnya janji menunaikan ibadah haji dan menjual barang dengan harga murah.
  • Jepang adalah saudara tua bagi bangsa-bangsa di Asia dan berjanji membebaskan Asia dari penindasan bangsa Barat seperti Belanda dan Inggris.
  • Jepang memperkenalkan semboyan "Gerakan Tiga A: Jepang pemimpin Asia, Jepang pelindung Asia, dan Jepang Cahaya Asia.
  • Jepang memperbolehkan pengibaran bendera merah putih disamping bendera Jepang.
  • Rakyat Indonesia diperkenankan menyanyikan lagu "Indonesia Raya" bersama lagu kebangsaan Jepang "Kimigayo"

Tujuan Kedatangan Jepang Ke Indonesia


Tujuan awal kedatangan jepang ke indonesia adalah sebagai berikut:
  • Menjadikan Indonesia sebagai daerah penghasil dan penyuplai bahan mentah dan bahan bakar bagi kepentingan industri Jepang.
  • Menjadikan Indonesia sebagai tempat pemasaran dan hasil industri Jepang karena jumlah penduduk Indonesia sangat banyak.
  • Menjadikan Indonesia sebagai tempat untuk mendapatkan tenaga buruh yang banyak dengan upah yang relatif murah.
  • Tujuan utama kedatangan Jepang yaitu adanya kaitan dokrin hakko ichiu ke Indonesia yaitu untuk mengusai seluruh dunia dan hanya ada satu kekaisaran yaitu Jepang.
  • Tujuan awal atau motif mula kedatangan Jepang ke Indonesia untuk kepentingan perang asia timur raya karena pasokan minyak buminya sekamin sedikit.
Nah, itulah materi mengenai peta konsep pendudukan jepang di indonesia, janji jepang kepada Indonesia, tujuan kedatangan jepang ke Indonesia, dan rangkuman kedatangan jepang ke indonesia.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung