Perbedaan Pasar Tradisional Dan Modern Serta Contohnya

Perbedaan pasar tradisional dan pasar modern dalam bentuk tabel yang dilengkapi juga dengan pengertian, contoh, gambar pasar tradisional dan pasar modern.

Pasar tradional dan pasar modern adalah jenis pasar berdasarkan komoditas dagangnya. Keduanya memiliki perbedaan dan persamaan pasar tradisional dan pasar modern. Persamaan pasar tradisional dan modern adalah bertemunya penjual dan pembeli dalam transaksi kebutuhan bahan pokok yang dibutuhkan. Nah, itulah persamaan pasar modern dan pasar tradisional.

Selain persamaan pasar tradisional dan pasar modern, terdapat juga perbedaannya loh antara kedua pasar tersebut. Lantas, apa perbedaan pasar modern dan pasar tradisional? 

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai perbedaan pasar tradisional dan modern secara lengkap. Selain itu, dilengkapi juga dengan beberapa materi lainnya yang dapat dilihat dibawah ini.

Artikel ini berisikan materi mengenai sebagai berikut.
  • Pengertian pasar modern dan tradisional.
  • Perbedaan pasar tradisional dan modern.
  • Contoh pasar tradisional dan modern.
  • Gambar pasar tradisional dan modern.
  • Dll.
Selamat Membaca!!!

Pengertian Pasar Tradisional Dan Pasar Modern


Pertama yang akan kita bahas adalah mengenai pengertian pasar tradisional dan pasar modern. Salah satu hal dasar yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Dibawah ini saya sajikan contoh gambar pasar modern dan pasar tradisional adalah sebagai berikut.

Contoh Gambar Pasar Tradisional Dan Modern
Contoh Gambar Pasar Tradisional Dan Modern

Nah, itulah salah satu contoh gambar pasar modern dan tradisional. Terlihat bukan perbedaan diantaranya keduanya. Walaupun berbeda keduanya menurut saya saling melengkapi kebutuhan yang kita butuhkan.


Pengertian Pasar Tradisional


Pasar tradisional adalah jenis pasar berdasarkan komoditas dan waktunya. Selain itu, pasar tradisional adalah pasar yang sifatnya antara penjual dan pembeli bertemu secara langsung. Pasar tradisional seringkali menjadi salah satu pasar yang didatangi oleh banyak orang. Hal ini karena dapat dilakukannya tawar menawar antara pembeli dan penjual. 

Namun, terkadang pasar tradisional tidak beroperasi penuh. Biasanya hanya hari hari tertentu, dari pukul berapa sampai berapa, dan sebagainya, sehingga waktunya biasanya terbatas. Namun, tidak jarang juga ada pasar tradisional yang buka hampir 24 jam. Namun, pasar tradisional seperti itu jarang ditemui. 

Pengertian Pasar Modern


Pasar modern adalah jenis pasar berdasarkan komoditas dagangnya. Dimana harga yang diperjualbelikan oleh pasar modern sudah ditentukan dan pas. Sehingga, harga barang tersebut tidak dapat ditawar lagi seperti di pasar tradisional yang dapat ditawar. 

Beberapa pasar modern dapat beroperasi 24 jam penuh. Namun, ada juga yang tidak beroperasi selama 24 jam, semua tergantung pada pasar modern tersebut. Biasanya pasar modern juga menyediakan barang - barang yang lebih beraneka ragam dibandingkan pasar tradisional, seperti perangkat elektronik, peralatan sekolah, peralatan rumah tangga, dan semuanya.

Nah, itulah definisi pasar tradisional dan pasar modern yang dilengkapi juga dengan foto pasar tradisional dan modern sebagai contohnya. Sekarang kita akan membahas mengenai perbedaan pasar modern dan tradisional secara lengkap agar sobat paham dan mengetahuinya.

Perbedaan Pasar Tradisional Dengan Modern


Pasar tradisional dan modern tentunya berbeda. Maka dari itu, kita akan menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar modern tersebut dalam bentuk uraian maupun tabel. Langsung saja kita bahas yuk mengenai perbedaan pasar modern dengan pasar tradisional ini.

Perbedaan pasar modern dan pasar tradisional adalah sebagai berikut ini.

Perbedaan Tata Ruang Pasar Tradisional Dan Modern


Pertama, perbedaan antara pasar modern dan pasar tradisional adalah terletak pada perbedaan tata ruangan yang dimilikinya. 

Tata ruang pasar tradisional cenderung tidak rapih dan tidak teratur. Letak penjual ikan, daging, sayuran, dan sebagainya bercampur menjadi satu, sehingga akan menyulitkan pembeli. Biasanya juga tempat penjualnya juga tidak beraturan.

Sedangkan, tata ruang pasar modern cenderung sangat rapih dan teratur. Biasanya setiap barang disusun secara kelompok sesuai dengan barangnya. Hal ini akan memudahkan pembeli mencari barang yang diinginkan. 

Gambar Kegiatan Di Pasar Tradisional
Gambar Kegiatan Di Pasar Tradisional


Perbedaan Kebersihan Pasar Tradisional Dan Modern


Kedua, beda pasar tradisional dan modern terletak pada kebersihannya. 

Pada pasar tradisional, kebersihannya cenderung tidak bersih, kotor, becek, dan biasanya menjadi tanggung jawab penjual sendiri - sendiri. Sedangkan, pada pasar modern, kebersihannya terjaga, wangi, dan rapih. Hal ini biasanya terdapat petugas atau piket dari pelayan di pasar modern tersebut. Sehingga, kebersihannya dapat dijaga dengan baik dari luar hingga bagian dalamnya.

Perbedaan Harga Jual Barang Pasar Tradisional Dan Modern


Selanjutnya, dijelaskan perbedaan pasar tradisional dan modern adalah terletak pada perbedaan harga jual barangnya. 

Harga jual barang di pasar tradisional dapat dilakukan tawar menawar antara pembeli dan penjual hingga mencapai kesepatan bersama antara keduanya. Hal ini adalah salah satu kelebihan pasar tradisional yang tidak dimiliki oleh pasar modern. 

Sedangkan, harga jual barang di pasar modern sudah ditetapkan dan tidak dapat berubah kecuali ketika ada promo, maka biasanya terdapat potongan. Dengan kata lain, harga jual barang tersebut tidak dapat ditawar seperti di pasar tradisional.


Perbedaan Strategi Pemasaran Pasar Tradisional Dan Modern


Keempat, perbedaan pasar tradisional dengan pasar modern adalah terletak pada strategi pemasaran barang atau produk yang dijualnya.

Strategi pemasaan pasar tradisional biasanya dilakukan langsung antara penjual dan pembeli. Dimana penjual menawarkan produknya tersebut kepada pembeli secara langsung ketika bertemu. Setelah itu, biasanya penjual akan berusaha menyakinkan calon pembelinya untuk membeli barang atau produk yang ia jual tersebut.

Sedangkan strategi pemasaran pasar modern biasanya dilakukan dengan promosi produk atau barang yang dijualnya, dilakukannya diskon atau pemotongan harga, dan iklan melalui berbagai media seperti sosial media, televisi, dan sebagainya. 

Perbedaan Kondisi Barang Pasar Tradisional Dan Modern


Kelima, perbedaan pasar tradisional dan modern adalah kondisi barang yang dijual oleh kedua pasar tersebut.

Pada pasar tradisional biasanya barang yang dijual masih segar dan fresh yang diambil langsung dari produsennya. Sedangkan, pada pasar modern biasanya produknya tersebut telah tersimpan cukup lama, tidak langsung dari produsennya lalu dijual. barang yang dimaksud tersebut antara lain seperti sayur dan buah yang dijual. 

Perbedaan Kualitas Produk Pasar Tradisional Dan Modern


Keenam, perbedaan pasar tradisional dan modern adalah terletak pada kualitas produk atau barang yang dijual. Walaupun sebenarnya sama saja, keduanya memberikan kualitas yang terbaik. Tapi tentunya dengan harga yang baik pula seperti kualitasnya tersebut.

Pada pasar tradisional kualitas produk yang dijual tentunya sangat bagus dan fresh apalagi produk yang dijual seperti sayuran dan buahnya. Tetapi di pasar tradisional juga dapat ditemukan kualitas porduk yang kurang baik dengan harga jual yang murah juga. Sehingga, kita bisa memilihnya.

Sedangkan, pasar modern kualitas produk yang dijual tentunya bagus dan telah sesuai dengan ketentuan dari pasar modern tersebut agar menjaga kualitas barang tetap bagus. Namun, mengenai kualitas pada buah dan sayur biasanya sudah melalui proses pembekuan atau telah tersimpan beberapa waktu.

Gambar Pasar Moderen
Gambar Pasar Moderen

Perbedaan Keamanan Pasar Tradisional Dan Modern


Selanjutnya, perbedaan pasar tradisional dan modern adalah terlatak pada keamanannya. 

Pasar tradisional cenderung keamananya hanya dijaga oleh pihak keamanan atau security saja. Sedangkan, pasar modern keamananya cenderung dijaga oleh petugas security dan CCTV. Sehingga keamanannya bisa terbilang cukup terjamin. Namun, yang namanya bahaya selalu ada, maka dari itu tetaplah waspada dimana dan kapanpun juga.

Nah, itulah beberapa perbedaan pasar tradisional dan modern yang dapat disebutkan. Namun, jangan khawatir dibawah ini akan disebutkan 10 perbedaan pasar tradisional dan pasar modern dalam bentuk tabel. 

Tabel Perbedaan Pasar Tradisional Dengan Pasar Modern


Dibawah ini tabel perbedaan pasar tradisional dan pasar modern adalah sebagai berikut.

No.

Perbedaan

Pasar Tradisional

Pasar Modern

1.

Tata ruang

Tidak beraturan.

Tertata dengan rapih.

2.

Kebersihan

Kotor dan becek.

Bersih dan wangi.

3.

Harga jual

Tawar menawar

Telah ditentukan.

4.

Metode pembayaran

Biasanya hanya menerima cash atau tunai.

Menerima tunai, pembayaran menggunakan kartu, dan sebagainya.

5.

Strategi pemasaran

Langsung ditawarkan kepada pembeli.

Iklan, promosi, dan diskon.

6.

Kondisi barang

Bagus, Fresh dan biasanya langsung dari produsennya hari itu juga.

Bagus, Fresh tetapi biasanya sudah disimpan dalam beberapa hari.

7.

Kualitas produk

Kualiatas produk baik dan biasanya terdapat kualitas produk yang kurang baik, tentunya dengan harga yang sesuai yang dibeli dengan kualitas.

Kualitas produk terjamin baik dan hanya menjual produk yang baik dan telah sesuai dengan standar perusahaannya.

8.

Keamanan

Petugas security dan biasanya juga tidak ada.

Petugas security dan atau menggunakan CCTV.

9.

Letak pasar

Biasanya dekat dengan pemukiman warga.

Biasanya agak jauh dengan pemukiman warga dan terletak di perkotaan.

10.

Perbandingan harga

Konsumen agak sulit untuk membandingkan harga antara satu barang dengan barang lainnya.

Konsumen dapat leluasa membadingkan harga antar produk yang sama.


Nah, itulah tabel perbedaan pasar tradisional dengan pasar modern. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai contoh pasar tradisional dan pasar modern adalah sebagai berikut.


Contoh Pasar Modern Dan Pasar Tradisional


Berikut beberapa contoh pasar tradisional dan pasar modern adalah dibawah ini.

Contoh Pasar Tradisional


Beberapa contoh pasar tradisional adalah sebagai berikut ini.
  • Pasar Minggu di Cirebon.
  • Pasar Gede di Solo.
  • Pasar Apung di Banjarmasin.
  • Pasar Jambalng di Cirebon.
  • Pasar Arjawinangun di Cirebon.
  • Pasar Klewer di Solo.
  • Pasar Tanah Abang di Jakarta.
  • Pasar Baru di Bandung.
Nah, itulah beberapa contoh pasar tradisional yang dapat disebutkan. Selanjutnya, contoh pasar modern.

Contoh Pasar Modern


Beberapa contoh pasar modern adalah sebagai berikut ini.
  • Indomaret.
  • Alfamart.
  • Surya Toserba.
  • Yogya Grup.
  • Griya Toserba.
  • Hypermart.
  • Grage Mall.
  • Mall Pakuwon Jati.
  • Gyant.
Nah, itulah beberapa contoh pasar modern dan pasar tradisional.

Akhir kata, itulah materi mengenai perbedaan pasar tradisional dan modern yang dapat dijadikan sebagai makalah perbedaan pasar tradisional dan pasar modern. Semoga materi perbedaan pasar tradisional dan modern serta contohnya ini dapat menambah pengetahuan sobat semuanya.

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Terimakasih atas kunjungannya dan Membaca artikel ini