Faktor Penyebab Kelangkaan Dalam Ekonomi & Contohnya

Pengertian dan faktor faktor penyebab kelangkaan dalam ilmu ekonomi seperti sumber daya alam di Indonesia disertai contohnya secara lengkap.

Kelangkaan (scarcity) menjadi salah satu hal yang tidak disukai oleh banyak orang terutama kelangkaan ekonomi di Indonesia salah satunya. Ketika barang yang dicari tidak ditemukan atau bahkan harganya tiba - tiba tinggi karena langkanya barang tersebut sedangkan banyak yang mencarinya. Hal ini tentunya terdapat faktor penyebab kelangkaan barang dan jasa tersebut. Lantas, apakah kelangkaan scarcity itu?

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai pengertian, faktor penyebab kelangkaan ekonomi, dan contohnya secara lengkap. Maka dari itu, baca artikel ini sampai dengan selesai.

Artikel ini memuat isi sebagai berikut.
  • Pengertian kelangkaan scarcity.
  • Faktor faktor yang menyebabkan kelangkaan.
  • Contoh scarcity atau kelangkaan.
  • Dll.
Selamat Membaca!!!

Pengertian Kelangkaan (Scarcity)


Apakah kelangkaan (scarcity) itu? Dibawah ini akan dijelaskan pengertian kelangkaan (scarcity) secara lengkap agar sobat dapat memahaminya dengan mudah.

Gambar Tentang Kelangkaan
Gambar Tentang Kelangkaan

Dijelaskan pengertian kelangkaan atau scarcity adalah suatu kondisi yang terjadi pada manusia ketika tidak memiliki sumber daya dalam memuaskan kebutuhannya. Kelangkaan tersebut dapat berupa barang, jasa dan sebagainya. 

Hal yang paling mudah dalam menentukan kelangkaan adalah ketika sesuatu yang kita butuhkan tidak tersedia dimana saja, hanya ada dalam waktu-waktu tertentu, dan jumlah barang yang terbatas. Sifat manusia yang serakah bisa mengakibatkan kelangkaan barang dan jasa. kelangkaan terjadi karena jumlahnya tidak mencukupi dibandingkan dengan jumlah barang atau permintaannya.


Nah, diatas telah dijelaskan pengertian kelangkaan scarcity secara lengkap. Selanjutnya, dibawah ini akan dijelaskan penyebab kelangkaan. 

Faktor Faktor Penyebab Terjadinya Kelangkaan


Sebelumnya, diatas sobat telah dijelaskan pengertian kelangkaan(scarcity). Tentunya sobat akan lebih mudah memahaminya jika sudah tau apakah kelangkaan (scarcity) itu. Hal ini akan saling berkaitan karena dimana ada kelangkaan, maka ada faktor faktor yang mempengaruhi kelangkaan seperti faktor penyebab kelangkaan alat pemuas kebutuhan.

Terdapat beberapa faktor faktor yang menyebabkan kelangkaan terjadi di kehidupan masyarakat terhadap barang, jasa, dan sebagainya. Lantas, apa saja faktor penyebab kelangkaan?

Dibawah ini akan disebutkan faktor-faktor penyebab kelangkaan secara lengkap adalah sebagai berikut.
  • Pertambahan jumlah penduduk.
  • Perbedaan letak geografis antar daerah.
  • Terjadinya bencana alam.
  • Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lambat.
  • Keterbatasan kemampuan produksi.
  • Kebijakan pemerintah yang salah.
Selengkapnya dibawah ini akan dijelaskan faktor penyebab kelangkaan yang telah disebutkan diatas.

Contoh Gambar Kelangkaan
Contoh Gambar Kelangkaan

Pertambahan Jumlah Penduduk


Pertama, disebutkan faktor faktor penyebab kelangkaan adalah pertambahan jumlah penduduk.

Pertambahan jumlah penduduk adalah bertambahnya jumlah penduduk individu disuatu daerah dalam kurun waktu tertentu. Faktor penyebab bertambahnya penduduk yaitu kelahiran, kematian, dan migrasi. Dengan bertambahnya jumlah penduduk dari kelahiran, kematian yang lebih kecil dari kelahiran, dan proses migrasi masyarakat, maka akan bertambah barang dan jasa yang dibutuhkan.

Sementara pertambahan jumlah penduduk tidak sebanding dengan pertumbuhan produksi barang dan jasa yang digunakan masyarakat. Hal inilah yang akan menjadi salah satu faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan. 

Perbedaan Letak Geografis Antar Daerah


Selanjutnya, disebutkan faktor penyebab kelangkaan adalah perbedaan letak geografis antar daerah.

Letak geografis setiap daerah maupun negara tentunya berbeda antara satu dengan yang lainnya, sehingga tidak merata antar daerahnya. Ada daerah yang akan mineral, minyak bumi, dan gas alam. Ada juga daerah yang kaya akan tambang batu bara, emas, subur pertanian dan peternakannya serta sebagainya. 

Hal inilah yang menjadi salah satu faktor-faktor penyebab kelangkaan akan barang ataupun jasa pada sektor sumber daya dan yang saling berkaitannya.

Masih ada lagi loh faktor faktor yang menyebabkan kelangkaan barang dan jasa. Dibawah ini dijelaskan faktor faktor penyebab kelangkaan selanjutnya adalah sebagai berikut.

Terjadinya Bencana Alam


Ketiga, disebutkan faktor faktor yang menyebabkan kelangkaan adalah terjadinya bencana alam.

Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang terjadi karena alam, sehingga sulit diprediksinya dan hanya bisa mencegah atau meminimalisir akan bencana alam tersebut. Contoh bencana alam adalah longsor, banjir, gunung berapi meletus, tsunami, gempa bumi, dan sebagainya. Semua itu menjadi salah satu faktor penyebab kelangkaan yang terjadi.

Bencana alam tersebut dapat merusak berbagai bangunan, lahan pertanian, peternakan, longsornya tambang dan hutan serta sebagainya. Sehingga terjadinya bencana alam akan berakibat fatal akan ketersediaan barang dan terjadilah kelangkaan suatu barang.


Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Yang Lambat


Keempat, disebutkan faktor penyebab terjadinya kelangkaan adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang lambat.

Dengan perkembangan IPTEK yang lambat, maka akan mempegaruhi ketersediaan barang atau jasa sehingga dapat menyebabkan kelangkaan. Hal ini karena kemampuan suatu produksi sebuah perusahaan ataupun negara tergantung dari kemajuan IPTEK nya. 

Gambar Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi
Gambar Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Kecenderungan penduduk negara berkembang adalah mengikuti gaya atau megimpor produk dari negara maju. Hal ini dikarenakan teknologi yang sudah maju di negara maju dapat membuat dan memproses suatu barang dengan cepat dan mungkin saja barang tersebut tidak tersedia di negara berkembang karena IPTEK nya lambat tersebut.

Semakin banyaknya permintaan, maka akan mempengaruhi proses produksi dan akhirnya terjadilah kelangkaan suatu barang dan jasa. 

Keterbatasan kemampuan produksi


Selanjutnya, disebutkan faktor yang menyebabkan kelangkaan adaah keterbatasan kemampuan produksi suatu negara atau perusahaan dalam memproduksi barang atau jasa.

Kemampuan produksi suatu perusahaan tergantung dari sumber daya yang tersedia. Sumber daya tersebut adalah sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal atau keuangan serta kewiurausahaan yang dimilikinya.

Faktor faktor tersebutlah yang memengaruhi proses kemampuan produksi suatu perusahaan dalam membuat barang maupun jasa. Apalagi semisal suatu negara perkembangan teknologinya lambat, maka akan membuat kemampuan produksi suatu perusahaan juga akan terhambat pula. 

Jangan lupa bahwasannya perkambangan IPTEK suatu negara akan berpengaruh juga terhadap kemampuan produksi suatu perusahaan dalam membuat barang atau jasa untuk kebutuhan masyarakat.

Dibawah ini akan dijelaskan penyebab terjadinya kelangkaan yang terakhir yaitu sebagai berikut.

Kebijakan Pemerintah Yang Salah


Terakhir, dijelaskan faktor faktor yang menyebabkan kelangkaan adalah kebijakan pemerintah yang salah, maka akan berdampak pada kelangkaan suatu barang atau jasa. 

Ketika pemerintah membuat regulasi, kebijakan dan selainnya yang tidak tepat sasaran atau salah, maka akan berdampak pada kelangkaan barang atau jasa yang tersedia. Proses predaran bahan baku yang diatur oleh kebijakan pemerintah yang tidak tepat maka akan menghambat proses produksi.

Selain itu, apalagi jika suatu negara mendapatkan sanksi embargo ekonomi, maka hal ini akan menyulitkan negara yang di embargo untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dari luar negeri. Maka dari itu, pemerintah haruslah membuat kebijakan yang tepat.

Nah, diatas telah dijelaskan faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan secara lengkap dan detail, sehingga sobat lebih mudah untuk memahaminya. 

Namun, ada beberapa hal lagi yang menjadi faktor-faktor penyebab kelangkaan selain yang telah disebutkan diatas. Faktor-faktor penyebab kelangkaan adalah sebagai berikut.

Faktor Yang Menyebabkan Kelangkaan Barang Pemuas Kebutuhan


Dibawah ini beberapa contoh faktor- faktor yang menyebabkan kelangkaan alat pemenuhan kebutuhan adalah sebagai berikut.
  • Manusia tidak membuat skala prioritas.
  • Manusia tidak berhemat.
  • Manusia tidak peduli akan lingkungan sekitar.
  • Manusia kurang belajar dan memahami akan barang tersebut.
  • Teknologi yang kurang canggih sehingga dalam memproduksi sesuatu itu menjadi terbatas.
  • Tidak memikirkan masyarakat banyak.
  • Tidak memanfaatkan sumber daya dengan baik.

Nah, itulah faktor faktor yang menyebabkan kelangkaan barang pemuas kebutuhan yang telah disebutkan diatas sebagai tambahannya. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai contoh kelangkaan barang dan jasa dibawah ini.

Contoh Gambar Kelangkaan Ekonomi
Contoh Gambar Kelangkaan Ekonomi


Contoh Kelangkaan (Scarcity)


Banyak yang menjadi contoh kebiasaan yang dapat menyebabkan kelangkaan salah satunya adalah sifat egois. Hal ini akan menjadi faktor penyebab kelangkaan dalam ekonomi dan berakibat fatal. Dibawah ini beberapa contoh kelangkaan ekonomi yaitu barang dan jasa yang pernah terjadi adalah sebagai berikut.
  • Pertama, contoh kelangkaan scarcity adalah terjadinya kelangkaan Bahan Bakar Minyak atau BBM di masyarakat. Hal ini disebabkan konsumsi masyarakat yang berlebihan, adanya wacana akan terjadinya kenaikan harga BBM, masyarakat yang menimbun BBM demi keuntungan pribadi dan sbagainya. 
  • Kedua, contoh kelangkaan scarcity adalah kelangkaan garam yang beredar di masyarakat atau di perusahaan. Hal ini karena cuaca yang cukup ekstrim dan mengakibatkan gagal panen garam tersebut. Selain itu, belum didukung oleh teknologi yang maju, sehingga terkadang masih mengandalkan dari alam. 
  • Ketiga, contoh kelangkaan scarcity adalah terjadinya kelangkaan pada pasokan gas elpiji 3kg. Hal ini biasanya disebabkan karena pemakaian masyarakat yang boros, hampir semua masyarakat menggunakan gas elpiji 3kg karena harganya murah dikarenakan sudah disubsidi oleh pemerintah. Selain itu, adanya wacana kenaikan harga gas elpiji 3kg sehingga ada saja orang yang menimbun gas elpiji 3kg demi keuntungan pribadi. 
  • Keempat, contoh kelangkaan jasa adalah terjadinya kelangkaan pada modal transportasi yang sulit didapat. Biasanya hal ini terjadi di wilayah pedalaman atau wilayah desa desa. Biasanya hal ini karena banyaknya masyarakat yang sudah beralih menggunakan transportasi pribadi atau pindah ke kota.
  • Terakhir, contoh kelangkaan sumber daya adalah kelangkaan air bersih. Hal ini biasanya disebabkan karena kemarau yang berkepanjangan, wilayah yang tandus, airnya sudah tercermar. Selain itu, biasanya pemakaian masyarakatnya yang boros terhadap air yang digunakan.
Nah, itulah materi mengenai faktor penyebab kelangkaan dalam ekonomi yang disertai dengan pengertian kelangkaan dan contohnya secara lengkap. Semoga materi mengenai faktor penyebab kelangkaan dalam ekonomi serta telah dijelaskan dengan contoh pengertian kelangkaan juga dapat menambah pemahaman sobat semua.

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah. Blog dengan materi sekolah terlengkap dan terpercaya.

Terimakasih atas kunjungannya dan membaca artikel ini