Peninggalan Kerajaan Kutai - Raja,Kejayaan,Keruntuhan

Peninggalan Kerajaan Kutai - Raja,Kejayaan,Keruntuhan. Menyajikan berbagai informasi lengkap mengenai kerajaan kutai mulai dari peninggalan, raja, & lain.

Kerajaan kutai adalah kerajaan hindu pertama di Indonesia yang memiliki peninggalan yang cukup banyak. Kerajaan kutai mengalami masa kejayaan pada raja Mulawarman, jika dilihat dari silsilah berasal dari raja kudungga. Sistem pemerintahan dan kehidupan ekonominya berjalan dengan baik apalagi daerahnya di tepi sungai, namun tetap kerajaan ini akhirnya runtuh karena terjadinya peperangan. Nah sekarang mau tahu ngga peta wilayah kerajaan kutai? Yuk mari dibaca!

Selamat Membaca di Blog Pelajaran Sekolah!!!

Kerajaan Kutai

Kerajaan kutai atau Kerajaan kutai kartanegara adalah kerajaan hindu terbesar dan pertama di Indonesia. Kerajaan ini terletak atau Lokasi kerajaan kutai di tepi sungai Mahakam, Kalimantan timur.

Gambar Raja Kerajaan Kutai
Gambar Raja Kerajaan Kutai

Peta Kerajaan Kutai

Di kerajaan ini ditemukan 7 prasasti peninggalan kerajaan kutai pada abad 4/5 Masehi yang menandakan awal dari sebuah tanda bahwa masyarakat Indonesia sudah mengenal tulisan. Yupa ini ditulis dengan huruf sansekerta dan huruf pallawa.

Baca Juga: Kerajaan Kutai Dilihat Dari Raja, Peninggalan, Kejayaan, Keruntuhan

Peta Kerajaan Kutai
Peta Kerajaan Kutai

Raja Kerajaan Kutai Lengkap

  • Raja Kudungga, merupakan raja pertama yang berkuasa di kerjaan kutai. Menurut para ahli, pada saat raja kudungga memerintah kemungkinan agama hindu baru saja masuk sehingga nama rajanya masih local.
  • Raja aswawarman, merupakan raja yang kuat dan tangguh sehingga pada masa pemerintahannya kerajaan kutai bertambah luas dengan dilaksanakannya upacara aswawedha (upacara pelepasan kuda yang diikuti oleh prajurit kerajaan untuk perluasan kerajaan, dimana kuda tersebut berhenti berarti sampai di situlah batas kerajaannya).
  • Raja Mulawarman, merupakan raja yang menjadikan kerajaan kutai berada pada Masa kejayaan kerajaan kutai. Buktinya dengan pertumbuhan pesat perekonomian yang berada di kerajaan tersebut bahkan sudah menjalin hubungan internasional. Dengan ini bahwa masyarakat kutai bermata pencaharian sebagai pedagang.
  • Maharaja Marawijaya Warman
  • Maharaja Gajayana Warman
  • Maharaja Tungga Warman
  • Maharaja Jayanaga Warman
  • Maharaja Nalasinga Warman
  • Maharaja Nala Parana Tungga Warman
  • Maharaja Gadingga Warman Dewa
  • Maharaja Indra Warman Dewa
  • Maharaja Sangga Warman Dewa
  • Maharaja Candrawarman
  • Maharaja Sri Langka Dewa Warman
  • Maharaja Guna Parana Dewa Warman
  • Maharaja Wijaya Warman
  • Maharaja Sri Aji Dewa Warman
  • Maharaja Mulia Putera Warman
  • Maharaja Nala Pandita Warman
  • Maharaja Indra Paruta Dewa Warman
  • Maharaja Dharma Setia Warman
Tonton Juga video mengenai peninggalan Kerajaan Kutai dibawah ini.

Runtuhnya Kerajaan Kutai

Runtuhnya kerajaan kutai disebabkan kekalahan perang dengan kerajaan kutai kartanegara yaitu kerajaan tetangganya sendiri pada abad ke-13 pada masa pemerintahan Maharaja Dharma setia(kerajaan kutai) dengan aji pangeran sinum panji (kerajaan kutai kartanegara).

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap

Prasasti Yupa

Prasasti Yupa merupakan peninggalan Kerajaan Kutai yang paling tertua dan juga benda ini menjadi suatu bukti sejarah dari Kerajaan kutai.

Peta Kerajaan Kutai
Gambar Prasasti Yupa


Ketopong Sultan

Ketopong Sultan merupakan mahkota dari raja Kerajaan Kutai yang terbuat dari emas dan  sekarang disimpan di Museum Nasional Jakarta.

Baca Juga: Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia Seperti Kerajaan Sriwijaya, Kutai

Gambar Ketopong Sultan
Gambar Ketopong Sultan


Kalung Ciwa

kalung Ciwa merupakan sebuah perhiasan dari kerajaan kutai dan bahkan sampai sekarang masih dipakai oleh raja kerajaan kutai.

Kalung Uncal

Kalung Uncal merupakan kalung emas yang dihiasi oleh liontin dan relief cerita Ramayana.

Kura Kura Emas

Kura Kura Emas merupakan menurut cerita, persembahan dari pangeran kerajaan di Cina yang untuk dipersembahkan untuk putri Raja Kutai yakni Aji Bidah Putih, sebagai bukti akan kesungguhannya untuk menikahi sang putri.

Baca Juga: Kerajaan Islam Di Indonesia Lengkap Beserta Rajanya

Pedang Sultan Kutai

Pedang Sultan Kutai merupakan yang terbuat dari emas dan terdapat ukiran gambar seekor harimau yang sedang siap untuk menerkam dan di ujung sarung pedang dihiasi ukiran seekor buaya.

Gambar Pedang Sultan Kutai
Gambar Pedang Sultan Kutai


Tali Juwita

Tali Juwita, merupakan mewakii simbol 7 muara dan 3 anak sungai yaitu sungai Kelinjau, Belayan dan juga Kedang Pahu di Sungai Mahakam.

Keris Bukit Kang

Keris Bukit Kang merupakan keris ini digunakan oleh Permaisuri Aji Putri Karang Melenu.

Kelambu Kuning Kerajaan Kutai

Kelambu Kuning merupakan benda kerajaan kutai yang dipecaya mempunyai kekuatan sihir oleh adat kutai.

Gambar Kelambu Kuning Kerajaan Kutai
Gambar Kelambu Kuning Kerajaan Kutai

Singgasana Sultan Kutai

Singgasana Sultan merupakan Singgasana Sultan yang dipakai oleh Sultan Aji Muhammad Sulaiman yang dilengkapi dengan umbul-umbul, kelambu dan peraduan pengantin Kutai Keraton.

Singgana Sultan Kutai
Singgana Sultan Kutai 

Arca Bulus Kerajaan Kutai

Arca bulus peninggalan kerajaan kutai

Terimakasih Telah Membaca dan Berkunjung