8 Tingkatan Surga Dan Penghuninya Secara Lengkap

8 tingkatan surga dan penghuninya mengikuti urutan berdasarkan dalil Al Quran, seperti surga firdaus, surga adn, dan sebagainya dijelaskan secara lengkap.

Macam macam surga dan penghuninya secar tingkatan terbagi menjadi 8. Urutan surga dimulai dari surga firdaus, surga adn, seterusnya sampai yang terakhir adalah surga khuldi. Dengan tingkatan surga yang paling tinggi adalah surga firdaus. Sedangkan, nama tingkatan surga terendah adalah surga khuldi. Tentunya masih banyak lagi nama nama surga dan artinya.

Setiap surga memiliki nama-nama surga dan penghuninya. Tingkatan tingkatan surga mengikuti urutan yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Biasanya tingkatan nama-nama surga mengikut urutan ditentukan oleh amalan dari penghuninya. Dengan tingkatan surga yang tertinggi adalah surga fidaus yang semua orang inginkan. Lalu, apa saja 8 nama surga dan penghuninya tersebut?

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas 8 tingkatan surga dan penghuninya. Maka dari itu, baca terus artikel 8 tingkatan surga dan penghuninya ini sampai selesai.

Selamat Membaca!!!


Pengertian Surga Menurut Islam


Surga atau yang biasa disebut dengan Jannah adalah suatu tempat yang abadi didalam akhirat yang penuh dengan kenikmatan, kenyamanan, kesenangan, kedamaian, kebaikan dan sebagainya. Surga dijaga oleh malaikat yang bernama malaikat ridwan.

Dibawah ini contoh gambar syurga adalah sebagai berikut.


Contoh Gambar Surga Firdaus
Contoh Gambar Surga Firdaus

Dalil Tentang Taman Surga


Dibawah ini beberapa dalil tenang taman surga adalah sebagai berikut.


Ayat Alquran Tentang Taman Surga


Dibawah ini beberapa ayat alquran tentang taman surga adalah sebagai berikut.

Al Quran Surat Al Isra Ayat 19 - 21


Dibawah ini Al Quran surat Al Isra ayat 19 - 21 adalah sebagai berikut.

Allah SWT berfirman dalam Al – Quran surat Al – Isra ayat 19 – 21 yang artinya:

”Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalas dengan baik. Kepada masing-masing golongan- baik golongan ini maupun golongan itu – Kami berikan bantuan dari kemurahan Tuhanmu. Dan kemurahan Tuhanmu tidak dapat dihalangi. Perhatikanlah bagaimana Kami lebihkan sebagian dari mereka atas sebagian (yang lain). Dan pasti kehidupan akhirat lebih tinggi tingkatnya dan lebih besar keutamaannya”.

Surah Az Zumar Ayat 73-74


Dibawah ini bunyi surah az zumar ayat 73-74 adalah sebagai berikut.

Az – Zumar ayat 73 - 74 yang artinya:”Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya, Dan mereka mengucapkan: "Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah (memberi) kepada kami tempat ini sedang kami (diperkenankan) menempati tempat dalam surga di mana saja yang kami kehendaki; maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal”.


Surah An-Nisa Ayat 95-96


Dibawah ini surah an-nisa ayat 95-96 adalah sebagai berikut.

Surat Annisa ayat 95 – 96 yang artinya:”Tidaklah sama antara mukmin yang duduk (yang tidak turut berperang) yang tidak mempunyai uzur dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah dengan harta mereka dan jiwanya. Allah melebihkan orang-orang yang brjihad dengan harta dan jiwanya atas orang-orang yang duduk satu derajat. Kepada masing-masing mereka Allah menjanjikan pahala yang baik (surga) dan Allah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahala yang besar, (yaitu) beberapa derajat dari pada-Nya, ampunan serta rahmat. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Hadits Tentang Amalan Masuk Surga


Tak hanya terdapat didalam Al Quran, tetapi tentang surga terdapat juga didalam hadits. Nah, dibawah ini hadits tentang amalan masuk surga adalah sebagai berikut.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya di dalam surga ada seratus (100) tingkatan yang disediakan Allah bagi orang-orang yang berjihad di jalan Allah, jarak antara dua tingkatan seperti antara langit dan bumi. Maka apabila kamu mohon kepada Allah, mohonlah (surga) Firdaus kepada-Nya, karena ia terletak ditengah surga dan surga yang tertinggi.” (HR. Bukhari).

Foto Surga
Foto Surga

8 Tingkatan Surga Dan Penghuninya


macam macam tingkatan surga dalam islam dan al – quran terbagi menjadi 8 bagian yaitu sebagai berikut beserta dengan penjelasannya.

Surga Firdaus


Pertama, nama nama surga dan penghuninya adalah surga firdaus.

Pengertian surga firdaus adalah surga yang letaknya paling tinggi diantara surga surga yang lainnya, sehingga tingkatan surga tertinggi dipegang oleh surga firdaus. Surga yang terbuat dari emas merah adalah surga firdaus. 

Surga ini juga dikelilingi oleh banyak pohon terutama pohon anggur. Surga firdaus adalah nama surga tertinggi yang diciptakan oleh Allah SWT. Surga firdaus dijaga oleh malaikat Ridwan.

Dari Anas bin Malik Ra, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:”firdaus adalah surga yang paling tinggi, yang paling bagus dan yang paling afdhal”(HR. Turmudzi).

Ciri Ciri Penghuni Surga Firdaus


Kriteria penghuni surga firdaus terbuat dari emas kemerah merahan disebutkan dalam Al – Quran surat Al – Mukminun ayat 1 sampai 11 yaitu sebagai berikut.
  • Orang orang yang khusuk dalam shalatnya.
  • Orang orang yang menjauhkan diri dari hal hal yang tidak berguna.
  • Orang orang yang menunaikan zakat.
  • Orang orang yang menjaga kemaluannya keculia dengan istri istrinya
  • Orang orang yang memiliki amanat dan janjinya
  • Orang orang yang memilihara shalatnya.
Allah SWT berfirman dalam Al – Quran surah Al – Kahfi ayat 107 yang artinya:”sesungguhnya orang orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga firdaus tempat tinggalnya”. 

Surga ‘Adn


Kedua, nama-nama surga dan artinya adalah surga Adn.

Pengertian surga adn adalah surga yang berada ditingkatan kedua setelah surga firdaus. Surga ‘adn terbuat dari pertama atau intan putih. Surga ini juga terdapat banyak pohon teritaa pohon anggur dan pohon delima.
Allah SWT berfirman dalam QS. Fathir ayat 33 yang artinya:”(Bagi mereka) surga ‘Adn, mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera”.

Ciri-Ciri Penghuni Surga 'Adn


Kriteria para penghuni surga ‘Adn adalah sebagai berikut.
  • Pertama, surga adn diperuntukkan bagi orang yang orang yang beriman dan beramal Sholeh.
  • Orang yang bertawakal kepada Allah SWT
  • Orang yang berbuat baik.
  • Orang yang sabar.
Dikatakan bahwasannya orang orang yang akan menempati surga ini adalah para nabi, orang orang shidiq, pemimpin yang adil dan para syuhada. Nah, itulah nama nama syurga yang kedua yaitu surga adn.


Surga Naim


Ketiga, disebutkan nama-nama surga adalah surga naim.

Surga Na’im adalah surga yang berada diantara surga firdaus dan surga ‘adn. Surga Na’im diciptakan dari perak. Allah SWT berfirman dalam QS. Lukman ayat 8 yang artinya:”Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengejakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan”.

Calon Penghuni Surga Naim


Kriteria calon penghuni surga na’im adalah sebagai berikut.
  • Orang yang bertakwa.
  • Orang yang beramal shaleh
  • Orang orang yang melakukan maksiat namun ketika mereka ingat mereka seperti diawasi oleh-Ku.
  • Orang orang yang berpuasa.
Gambaran Surga Naim
Gambaran Surga Naim

Surga Ma’wa


Keempat, surga ma wa adalah tingkatan surga keempat. Surga ma’wa adalah surga Allah SWT yang keempat. Surga ma'wa terbuat dari zamrut hijau. Ma’wa memiliki arti yaitu tempat berlindung dkarenakan sebagai tempat berlindungnya ruh syuhada dan orang mukmin.

Penghuni Surga Ma'wa


Kriteria orang penghuni surga ma’wa adalah sebagai berikut.
  1. Orang yang bertakwa kepada Allah SWT
  2. Orang yang takut akan kebesaran Allah SWT
  3. Orang yang beriman dan beramal shaleh
  4. Orang yang menafkahkan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.
  5. Orang orang yang percaya akan ayat ayat Allah SWT dan menganggungkannya serta tidaklah sombong.
Nah, itulah mengenai surga al ma'wa.

Surga Darussalam


Kelima, nama-nama syurga adalah surga darussalam. Lalu, apa arti surga darussalam?

Surga darussalam artinya surga yang diciptakan dari yaqut merah. Allah SWT berfirman dalam Al – Quran surat Yunus ayat 25 sampai 26 yang artinya:”Allah menyeru manusia ke Darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus. Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Dan muka mereka tidak ditutupi debu dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya”/

Calon Penghuni Surga Darussalam


Kriteria penghuni surga Darussalam yaitu sebagai berikut.
  1. Orang yang kuat iman dan islamnya
  2. Orang yang mengamalkan ayat ayat Al – Quran dan memperhatikan ayat ayat nya juga.
Selanjutnya, tingkatan syurga yang keenam yaitu surga darul muqamah.

Surga Darul Muqamah


Surga darul muqamah menempati urutan yang keenam. 

Surga Darul Muqamah adalah surga yang terbuat dari permata putih. Allah SWT berfirman dalam QS. Fathir ayat 34 – 35 yang artinya:”Dan mereka berkata, ‘Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan segala duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula lesu”.

Calon Penghuni Surga Darul Muqamah


Kriteria penghuninya adalah orang yang lebih berat timbangan amalan baiknya daripada amalan buruknya(sedikit amal jeleknya atau jarang melakukan kesalahan). Nah, itulah nama nama surga beserta artinya yang keenam yaitu surga darul muqamah.

Selanjutnya, akan dijelaskan keadaan di dalam surga al maqamul amin adalah sebagai berikut.


Surga Al Maqamul Amin


Ketujuh, nama-nama surga beserta artinya adalah surga al maqamul amin.

Surga Al – Maqamul Amin adalah surga yang terbuat dari emas. Dibawah ini ditulislah ayat yang menjelaskan tentang surga maqamin amin adalah sebagai berikut. 

Allah SWT berfirman dalam QS. AD-Dukhan ayat 51 – 52 yang artinya:” Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman (surga), (yaitu) di dalam taman-taman dan mata air-mata air”. Nah, itulah sedikit gambaran mengenai keadaan surga al maqamul amin yang tentunya jauh lebih bagus lagi.

Nah, itulah urutan nama surga yang ketujuh yaitu surga Al Maqamul Amin.

Calon Penghuni Surga Al – Muqamul Amin


Kriteria penghuni surga Al – Muqamul Amin adalah orang yang telah mencapai keimanannya yaitu muttaqien atau orang orang yang benar benar bertakwa. Nah, itulah mengenai surga maqamul amin.


Surga Khuldi


Terakhir, nama nama surga beserta penghuninya adalah surga khuldi.

Surga khuldi adalah surga yang terbuat dari marjan kuning dan marjan merah. Allah SWT berfirman dalam Al – Quran Surat Al – Furqan ayat 15 yang artinya:”Surga ini bagi mereka yang taat menjalankan perintah Allah ta’ala dan menjauhi larangan-Nya, “Katakanlah:”Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka”.

Ciri Ciri Penghuni Surga Khuldi


Kriteria calon nama penghuni surga khuldi adalah orang orang yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Nah, itulah yang terakhir nama surga dalam al quran yaitu surga khuldi.

Nah, itulah materi mengenai 8 tingkatan surga dan penghuninya, sehingga sekarang sobat tahu ada berapa nama surga Allah SWT. Semoga materi yang telah sebutkan dan jelaskan 8 tingkatan surga dan calon penghuninya dapat menambah pengetahuan sobat semuanya.

Jangan lupa membaca juga artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung