Pengertian Dan Fungsi Iman Kepada Rasul Allah SWT

Pengertian dan fungsi iman kepada rasul memiliki arti menyakini. Hal ini karena telah disebutkan didalam dalil naqli Iman kepada rasul yaitu Al Quran.

Iman kepada rasul rukun iman ke 4. Pengertian iman kepada rasul dan dalilnya terdapat didalam Al Quran. Maka dari itu, seseorang yang mengimani kepada rasul akan mendapatkan hikmah beriman kepada Rasul. Hikmah iman kepada Rasul Allah SWT sangat banyak. Salah satu buah iman kepada Rasul adalah sebagai suri tauladan dalam menjalani kehidupan.

Selain itu, banyak juga mengenai fungsi iman kepada rasul bagi orang yang mengimaninya. Hal ini telah disebutkan didalam dalil iman kepada rasul yaitu di Al Quran. 

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai pengertian dan fungsi iman kepada rasul Allah SWT. Selain itu, dilengkapi juga dengan dalil dan hikmah iman kepada rasul. Artikel ini dapat menjadi referensi dalam belajar materi iman kepada rasul kelas 11. 

Artikel ini memuat materi mengenai sebagai berikut.
  • Pengertian iman kepada rasul Allah memiliki arti.
  • Dalil naqli dan aqli tentang iman kepada rasul.
  • Fungsi beriman kepada rasul Allah SWT.
  • Cara beriman kepada rasul Allah SWT.
  • Dll.
Selamat Membaca!!!

Pengertian Iman Kepada Rasul Allah SWT


Apa maksud beriman kepada rasul?

Iman kepada rasul adalah rukun iman yang ke 4. Iman kepada rasul memiliki arti menyakini dan membenarkan bahwasannya rasul adalah utusan Allah SWT sebagai petunjuk dan pedoman manusia untuk ke jalan yang benar agar bahagia dunia dan akhirat.

Gambar Iman Kepada Rasul Allah SWT
Gambar Iman Kepada Rasul Allah SWT

Kita harus percaya bahwasannya rasul merupakan utusan Allah SWT. Utusan yang diutus untuk meluruskan ataupun membimbing manusia. Hal ini agar manusia tidak salah jalan dan kembali menuju jalan kebenaran, sehingga manusia selamat dan bahagia, baik di dunia dan akhirat.

Setelah mengetahui iman kepada rasul memiliki arti apa. Selanjutnya, sobat harus tahu pengertian iman kepada rasul secara etimologi dan terminologi. Hal ini karena iman kepada rasul mempunyai arti lagi loh selain yang disebutkan diatas. 

Nah, dibawah ini iman kepada rosul memiliki arti menurut bahasa/etimologi dan istilah/terminologi dibawah ini. 

Pengertian Iman Kepada Rasul Menurut Bahasa


Menurut bahasa atau etimologi, pengertian iman kepada rasul adalah percaya dan menyakini bahwasannya rasul adalah utusan Allah SWT. Lalu, apa pengertian iman kepada rasul menurut istilah?

Pengertian Iman Kepada Rasul Menurut Istilah


Menurut istilah atau terminologi, pengertian iman kepada rasul adalah percaya dan menyakini dengan sepenuh hati baik ucapan, hati, maupun perilaku bahwasannya rasul adalah utusan Allah SWT untuk membimbing manusia ke jalan yang benar agar hidup bahagia dunia dan akhirat.

Diatas telah dijelaskan pengertian iman kepada rasul menurut bahasa dan istilah. Setelah membahas mengenai arti iman kepada rasul, kita harus mengetahui mengenai dalil iman kepada rasul Allah SWT.

Dalil Aqli Dan Naqli Tentang Iman Kepada Allah SWT


Dalil naqli tentang iman kepada rasul Allah SWT terdapat didalam Al Quran dan Hadits. Dibawah ini dalil naqli tentang iman kepada rasul beserta artinya adalah sebagai berikut.

Gambar Iman Kepada Rasul
Gambar Iman Kepada Rasul 

Dalil Naqli Tentang Beriman Kepada Rasul Allah SWT


Dibawah ini dalil naqli iman kepada rasul Allah SWT didalam Al Quran adalah sebagai berikut.

Surat Al An'am Ayat 48 Beserta Artinya


Dalil naqli tentang iman kepada rasul terdapat dalam qur'an surat Al – An’am ayat 48 yang artinya sebagai berikut ini. 

وَمَا نُرْسِلُ الْمُرْسَلِينَ إِلَّا مُبَشِّرِينَ وَمُنْذِرِينَ ۖ فَمَنْ آمَنَ وَأَصْلَحَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Artinya:” Dan kami mengutus para rasul itu melainkan untuk memberikan kabar gembira dan memberi peringatan.Barangsiapa yang beriman dan mengadakan perbaikan, maka tidak ada kekawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati”.

Surat Al Baqarah Ayat 285 Beserta Artinya


Selain itu, dalil naqli tentang beriman kepada rasul allah swt terdapat pada surat Al – Baqarah ayat 285 yang berbunyi sebagai berikut. 

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Artinya:”Rasul telah beriman kepada Al Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Rabb-nya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya dan rasul-rasulNya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasulNya,” dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami, ya Rabb kami. Dan kepada Engkaulah tempat kembali”.

Surat An Nisa Ayat 136 Beserta Artinya


Dalil naqli tentang iman kepada rasul terdapat dalam surah An – Nisa ayat 136 yang berbunyi dibawah ini. 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Artinya:”Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (al-Qur’an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab- Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh”.

Nah, itulah dalil tentang iman kepada rasul Allah SWT. Selanjutnya, dibawah ini dalil aqli tentang iman kepada rasul Allah swt sebagai berikut.


Hadist Beriman Kepada Rasul Allah SWT


Dibawah ini hadits iman kepada rasul Allah adalah sebagai berikut.

Hadist tentang iman kepada rasul dari sabda Rasulullah dalam hadist Jibril ketika ditanya mengenai iman yaitu sebagai berikut.

Malaikat Jibril bertanya kepada Rasulullah:”kabarkanlah kepada ku, mengenai apa itu iman?”

Lalu Nabi Muhammad SAW menjawab:” Engkau beriman kepada Allah SWT, malaikat-Nya, kitab-kitabNya, para Rasul-Nya, hari akhir, dan beriman kepada takdir, baik takdir yang baik maupun takdir yang buruk”.

Nah, itulah dalil naqli dan aqli tentang iman kepada rasul Allah SWT.

Gambar Iman Kepada Rasul Allah SWT
Gambar Iman Kepada Rasul Allah SWT

Fungsi Beriman Kepada Rasul Allah SWT


Fungsi – fungsi iman kepada rasul adalah sebagai berikut.
  • Pertama, fungsi iman kepada rasul adalah bertambahnya iman dan ketakwaaan terhadap Allah SWT.
  • Kedua, mempercayai tugas tugas yang diemban oleh Rasul untuk disampaikan kepada umatnya.
  • Ketiga, lebih menghormati perjuangan para rasul dalam dakwah sehingga kita dapat ikut menyebarkan dakwah juga.
  • Keempat, mendapat keberkahan dan rahmat Allah SWT.
  • Kelima, dapat membedakan antara yang baik dan tidak.
  • Keenam, mengamalkan ajaran yang telah disampaikan oleh rasul.
  • Terakhir, memperoleh teladan yang baik dalam menjalani kehidupan sehingga kita dapat mencontohnya.
Nah, itulah fungsi beriman kepada nabi dan rasul. Setelah kita mengetahui pengertian dan fungsi iman kepada rasul Allah SWT. Lantas, bagaimana cara beriman kepada rasul Allah SWT?

Cara Beriman Kepada Rasul Allah SWT


Banyak cara iman kepada rasul yaitu sebagai berikut.
  • Percaya bahwa rasul adalah utusan Allah SWT.
  • Percaya akan ajaran atau wahyu yang disampaikan oleh Rasul.
  • Berdoa seperti doa para nabi.
  • Percaya terhadap seluruh rasul.
  • Meneladani akhlak rasul
  • Bershalawat kepada rasul
  • Memperbanyak amalan baik dan jauhi amalan yang tidak baik.
  • Banyak membaca al – quran serta dipahami, dipelajari dan diamalkan.
Nah, itulah mengenai cara iman kepada rasul. Selain itu, berakhir juga materi pengertian dan fungsi iman kepada rasul Allah SWT. Semoga materi pengertian dan fungsi iman kepada rasul Allah SWT dapat menambah pengetahuan sobat semuanya.

Jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung