5 Tokoh Pendiri ASEAN Beserta Asal Negaranya & Foto

5 tokoh pendiri asean beserta asal negaranya dari Thailand, Singapura, Filipina, Indonesia & Malaysia lengkap yang disertai profil pribadi tokoh pendirinya.

Organisasi ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Organisasi ASEAN didirikan oleh lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Setiap negara pendiri ASEAN diwakilkan oleh menteri luar negeri ataupun perdana menterinya. Lantas, siapa saja tokoh pendiri organisasi ASEAN tersebut? 

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai 5 tokoh pendiri asean dan asal negaranya yang dilengkapi dengan profil pribadinya. Selain itu, dilengkapi juga dengan profil 5 negara pendiri asean tersebut. Penasaran, bukan? Baca artikel ini sampai selesai ya.

Selamat Membaca!!!

5 Negara Dan Tokoh Pendiri ASEAN


Organisasi ASEAN organisasi asean didirikan oleh lima negara di Bangkok, Thailand. Organisasi asean didirikan pada 8 agustus 1967. Setiap pendiri negara asean diwakili oleh menteri luar negeri atau wakil perdana menterinya. Dibawah ini akan disebutkan nama pendiri ASEAN.

Tokoh Tokoh Pendiri ASEAN


5 tokoh perwakilan dari negara pendiri asean adalah sebagai berikut.
  • Nama tokoh pendiri asean yang pertama, tokoh pendiri asean yang berasal dari Indonesia adalah Adam Malik.
  • Salah satu tokoh pendiri asean yang berasal dari singapura adalah S. Rajaratnam.
  • Narsisco ramos adalah pendiri asean yang berasal dari Filipina.
  • Pendiri asean dari thailand bernama Thanan Khoman.
  • Tokoh pendiri asean dari malaysia adalah Tun Abdul Razak. Tun abdul razak adalah salah satu pendiri asean yang berasal dari malaysia pada saat itu beliau menjabat sebagai wakil perdana menteri Malaysia.

Dibawah ini foto pendiri asean beserta namanya yaitu sebagai berikut.

Gambar 5 Tokoh Pendiri ASEAN
Gambar 5 Tokoh Pendiri ASEAN

Nah, itulah pelopor berdirinya asean dan foto-foto pendiri asean. Dimana sekarang ASEAN telah beranggotakan 10 Negara. Selanjutnya, dibawah ini disebutkan 5 negara pendiri asean adalah sebagai berikut. 

Negara Pelopor Pendiri ASEAN


Dibawah ini 5 negara pelopor berdirinya asean adalah sebagai berikut.
  • Anggota pendiri asean pertama adalah Indonesia.
  • 5 pendiri negara asean yang kedua adalah Malaysia.
  • 5 negara pelopor asean yang ketiga adalah Singapura.
  • Disebutkan 5 negara pelopor berdirinya asean yang ketiga adalah Thailand.
  • Terakhir, negara negara pelopor berdirinya asean adalah Filipina.
Nah, itulah lima negara pendiri asean secara lengkap. Selanjutnya, dibahas mengenai profil tokoh pendiri asean adalah sebagai berikut ini secara lengkap.

Profil 5 Tokoh Pendiri ASEAN


Dibawah ini akan dibahas siapa pendiri asean secara lengkap mengenai 5 profil tokoh pendiri asean dan fotonya adalah sebagai berikut.

Adam Malik


Nama pendiri ASEAN yang pertama adalah Adam Malik. Beliau merupakan salah satu dari tokoh deklarasi bangkok atau tokoh pelopor ASEAN. Adam Malik adalah tokoh pendiri asean yang berasal dari negara Indonesia. Beliau adalah salah satu dari 5 menteri luar negeri pendiri ASEAN yang mewakili Indonesia.

Dibawah ini salah satu gambar pendiri ASEAN yaitu gambar Adam Malik pendiri ASEAN.

Gambar Tokoh Pendiri ASEAN Dari Indonesia
Gambar Tokoh Pendiri ASEAN Dari Indonesia yaitu Foto Adam Malik Pendiri ASEAN

Profil Lengkap Adam Malik


Adam malik lahir di pematangsiantar, sumatera utara pada 22 juli 1917 dan meninggal dunia di bandung, jawa barat pada 5 september 1984 karena kanker liver dan dimakamkan di tanah taman makam pahlawan kalibata.

Adam malik merupakan menteri luar negeri Republik Indonesia ke 11 periode masa jabatan 28 Maret 1966 – 23 Maret 1978. Beliau sudah menjadi menteri luar negeri sejak masa pemerintahan  presiden soekarno hingga presiden soeharto.


Selain menjabat menjadi menteri luar negeri Republik Indonesia, adama malik pernah menjabat menjadi wakil presiden Indonesia ke 3 pada 23 Maret 1978 – 11 Maret 1983, ketua dewan perwakilan rakyat ke 7 pada tahun 1977 – 1978, menteri perdagangan Indonesia ke 15 pada 13 November 1963 – 27 Agustus 1964, dan wakil ketua III Komite Nasional Indonesia Pusat pada 29 Agustus 1945 – Februari 1950.

Atas jasa jasanya yang begitu banyak, adam malik dianugerahi berbagai macam penghargaan, diantaranya yaitu diangkat sebagai pahlawan nasional pada tahun 1998, Bintang Mahaputera kl. IV pada tahun 1971 dan Bintang Adhi Perdana kl.II pada tahun 1973.

Tuan Abdul Razak


Kedua, tokoh pendiri ASEAN yang berasal dari malaysia adalah Abdul razak Hussein atau lebih dikenal dengan Tuan Abdul Razak. 

Tun abdul razak adalah salah satu pendiri asean yang berasal dari malaysia. pada saat itu, beliau menjabat sebagai menteri luar negeri malaysia ke 2.  Masa jabatan beliau adalah 22 September 1970 – 14 Januari 1976 menggantikan tunku abdul Rahman. Beliau merupakan salah satu tokoh pendiri asean di Bangkok, Thailand pada 8 agustus 1967.

Tuan abdul razak lahir di pekan, Pahang, malaya britania pada 11 maret 1922 dan meninggal di London, Inggris, britania raya pada 14 januari 1976. Beliau juga pernah menjabat menjadi wakil perdana menteri Malaysia periode masa jabatan 31 Agustus 1957 – 22 September 1970.

Dibawah ini salah satu gambar foto tokoh pendiri asean yaitu foto Tun Abdul Razak pendiri ASEAN.

Foto Tun Abdul Razak Pendiri ASEAN
Gambar Tun Abdul Razak Adalah Tokoh Pendiri Asean Yang Berasal Dari Negara Malaysia

Thanat Khoman


Tokoh pendiri ASEAN dari thailand adalah Thanat Khoman. Beliau merupakan menteri luar negeri thailand masa jabatan 1959 hingga 1971 yang merupakan salah satu tokoh pendiri asean dalam deklarasi Bangkok di thailand sebagai tuan rumah pertemuan tersebut.

Thanat khoman lahir di Bangkok pada 9 februari 1914 dan meninggal di Bangkok, Thailand pada 3 maret 2016 dengan usia 101 tahun.

Dibawah ini salah satu gambar tokoh asean yaitu tokoh pendiri asean dari negara thailand adalah Thanat Khoman.

Gambar Thanat Khoman
Gambar Thanat Khoman

Narciso Ramos


Pelopor berdirinya ASEAN dari negara Filipina bernama Narciso Ramos. Beliau adalah menteri luar negeri yang berasal dari Filipina dan merupakan salah satu pendiri asean di Bangkok, thailand.

Narciso ramos lahir di asingan, Filipina pada 11 november 1990 dan meninggal dunia di manila, Filipina pada 3 februari 1986.


Dibawah ini gambar salah satu dari 5 pendiri ASEAN yaitu pendiri ASEAN dari filipina yang bernama Narciso Ramos.

Gambar Narciso Ramos
Gambar Narciso Ramos

S. Rajaratnam


S Rajaratnam adalah pendiri asean dari negara Singapura. Sinnathamby rajaratnam atau S. Rajaratnam merupakan menteri luar negeri singapura dengan masa jabatan 1965 sampai 1980 dan merupakan salah satu tokoh pendiri ASEAN di Bangkok Thailand.

Sinnathamby rajaratnam lahir di Jaffna, sri lanka pada 25 februari 1915 dan meninggal dunia di bukit timah, singapura pada 22 februari 2006.

Dibawah ini salah satu gambar dari lima tokoh pendiri ASEAN yaitu S. Rajaratnam.

S. Rajaratnam

Nah, itulah materi mengenai 5 tokoh pendiri asean beserta asal negaranya. Semoga artikel mengenai 5 tokoh pendiri asean beserta asal negaranya ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan sobat semuanya.

Terimakasih Telah Berkunjung Dan Membaca