Raja Kerajaan Kalingga Dengan Silsilah & Peninggalan

Raja Kerajaan Kalingga disertai dengan sejarah, agama, sumber sejarah, peninggalan/prasasti & silsilah Kerajaan Kalingga secara lengkap disertai gambarnya.

Pendiri Kerajaan Kalingga bernama Dapunta Syailendra. Dengan corak agama Kerajaan Kalingga adalah Buddha. Sama halnya dengan kerajaan lainnya di Indonesia. Kerajaan Kalingga memiliki salah satu orang raja yang terkenal. Raja terkenal Kerajaan Kalingga adalah seorang ratu yang bernama Ratu Shima. Semua ini tertulis pada prasasti Kerajaan Kalingga yang dapat dijadikan sebagai sumber sejarah Kerajaan Kalingga.

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai peninggalan, raja, dan silsilah raja Kalingga secara lengkap. Selain itu, artikel ini juga dilengkapi dengan sejarah Kerajaan Kalingga.

Selamat Membaca!!!

Artikel ini memuat materi berisi yaitu sebagai berikut.
  • Sejarah Kerajaan Kalingga Lengkap.
  • Daftar Raja Kerajaan Kalingga.
  • Silsilah Kerajaan Kalingga.
  • Peninggalan Kerajaan Kalingga.

Sejarah Kerajaan Kalingga Lengkap


Sejarah singkat Kerajaan Kalingga atau Kerajaan Holing - Kerajaan kalingga terletak di sebelah utara gunung muria , kecamatan keeling, jawa tengah. Nama kerajaan kalingga sendiri diambil dari nama sebuah kerajaan yang berada di India yaitu Kalingga. Tahun berdiri kerajaan kalingga diperkiraan pada tahun 594 Masehi.

Gambar kerajaan Kalingga
Gambar kerajaan Kalingga

Raja Kerajaan Kalingga atau Holing yang terkenal adalah seorang perempuan yaitu ratu sima. Ratu Shima memerintah pada tahun 674 Masehi yang merupakan ratu yang jujur, tegas dan adil.  Mata pencaharian penduduknya berupa petani dan pedagang. Agama yang dianut oleh penduduk kerajaan kalingga adalah budha.


Runtuhnya Kerajaan Kalingga


Kerajaan kalingga mengalami kemunduran akibat serangan dari kerajaan sriwijaya. Akibatnya pemerintahan kerajaan kalingga mundur ke wilayah jawa timur pada masa pemerintahan kijen pada tahun 742 – 755 Masehi.

Nah, itulah penyebab runtuhnya kerajaan kalingga dan sejarahnya. Dibawah ini adalah gambar peta Kerajaan Kalingga atau Holing.

Peta Wilayah Kerajaan Kalingga
Peta Wilayah Kerajaan Kalingga

Raja Raja Kerajaan Kalingga


Siapa raja Kerajaan Kalingga? Dibawah ini akan disebutkan nama nama raja kalingga.

Setiap Kerajaan tentunya memiliki seorang raja, begitu pula dengan Kerajaan Kalingga yang memiliki raja raja kalingga. Daftar nama raja kerajaan kalingga adalah sebagai berikut ini.
  • Raja pertama Kerajaan Kalingga bernama Prabu Washumurti. Prabu Washumurti seorang raja yang memerintah Kerajaan Kalingga pada tahun 594 - 605 Masehi. 
  • Kedua, nama raja dari kerajaan kalingga adalah Prabu Washugeni. Prabu Washugeni adalah seorang raja yang memimpin Kerajaan Kalingga pada tahun 605 - 632 Masehi.
  • ketiga, raja di kerajaan kalingga bernama Prabu Kirathasingha. Prabu Kirathasingha adalah seorang raja Kerajaan Kalingga atau Holing yang memerintah pada tahun 632 - 648 Masehi.
  • Keempat, penguasa kerajaan kalingga adalah Prabu Kartikeyasingha. Prabu Kartikeyasingha adalah seorang raja yg memerintah Kerajaan Kalingga pada tahun 648 - 674 Masehi.
gambar ratu sima kerajaan kalingga
Gambar Ratu Sima Kerajaan Kalingga

  • Kelima, raja kerajaan kalingga yang terkenal bernama Ratu Shima. Ratu Shima adalah nama ratu pada kerajaan kalingga yang terkenal memerintah Kerajaan Kalingga pada tahun 674 - 695 Masehi.
  • Keenam, raja raja kerajaan holing atau Kerajaan Kalingga selanjutnya bernama Dewi Parwati. Dewi Parwati adalah seorang ratu yang memerintah Kerajaan Kalingga pada tahun 695 - 717 Masehi.
  • Ketujuh, ratu Kerajaan Kalingga adalah Dewi Sannaha. Dewi Sannaha adalah seorang ratu yang memerintah Kerajaan Kalingga pada tahun 717 - 732 Masehi.
  • Kedelapan, raja terakhir Kerajaan kalingga adalah Narayana. Narayana adalah seorang raja yg memerintah Kerajaan Kalingga pada tahun 695 - 732 Masehi.
Nah, itulah nama raja-raja Kerajaan Kalingga lengkap. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai silsilah raja kerajaan kalingga dibawah ini.

Silsilah Raja Kerajaan Kalingga


Ratu Shima sebagai ratu pertama menikah dengan Mandiminyak yang merupakan putra mahkota Kerajaan Galuh, setelah menikah Mandiminyak menjadi raja Kedua. Kemudian Sanaha(cucu dari ratu shima) menikah dengan raja ketiga Kerajaan Galuh yang bernama Bratasenawa.

Setelah itu keduanya dikaruniai seorang anak bernama Sanjaya. Sanjaya akhirnya menjadi Raja Kerajaan Kalingga ke tiga yang selanjutnya nama Kerajaan Kalingga tersebut diganti dengan Bumi Mataram.


Dibawah ini Silsilah Kerajaan Kalingga dari Silsilah Ratu Sima.

Silsilah raja kerajaan kalingga

Nah, itulah Silsilah Kalingga dari Ratu Shima.

Prasasti Peninggalan Kerajaan Kalingga


Setiap kerajaan tentunya memiliki peninggalan yang dapat menjadi sumber sejarah Kerajaan tersebut. Sama halnya dengan Kerajaan Kalingga. Peninggalan sejarah Kerajaan Kalingga yang dapat menjadi sumber sejarah Kerajaan Holing atau Kalingga. 

Dibawah ini adalah peninggalan Kerajaan Holing atau Kalingga sebagai berikut. 

Prasasti Tukmas Kerajaan Kalingga


Prasasti Tuk Mas peninggalah Kerajaan Kalingga. Prasasti Tukmas ditemukan di desa dakwu daerah Grobogan, Purwodadi, Jawa Tengah. Prasasti Tuk Mas berisi yaitu menjelaskan tentang mata air yang bersih dan jernih. Sungai air yang mengalir diwilayah tersebut disamakan dengan sungai gangga yang ada di India. Prasasti ini bertuliskan huruf pallawa dan berbahasa sanskerta.

Dibawah ini gambar prasasti tukmas Kerajaan Kalingga.

Gambar Peninggalan Kerajaan Kalingga Yaitu Prasasti Tukmas
Gambar Peninggalan Kerajaan Kalingga Yaitu Prasasti Tukmas

Prasasti Sojomerto Peninggalan Kerajaan kalingga


Prasasti sojomerto ditemukan di desa sojomerto, kecamatan reban, kabupaten batang, jawa tengah. Prasasti Sojomerto berisi tentang keluarga kerajaan kalingga. Prasasti ini bersifat keagamaan siwaisme. Dan berasal dari abad ke 7 Masehi. Prasasti ini terbuat dari batu andesit dengan panjang 43cm, tebal 7cm, dan tinggi 78cm.

Dibawah ini gambar Prasasti Sojomerto Kerajaan Kalingga.

Gambar Prasasti Sojomerto Kerajaan Kalingga
Gambar Prasasti Sojomerto Kerajaan Kalingga
Nah, itulah materi mengenai raja kerajaan Kalingga dengan peninggalan dan silsilah Kerajaan Kalingga. Semoga materi Raja Kerajaan Kalingga dengan silsilah dan peninggalan Kerajaan Kalingga sebagai sumber sejarah Kerajaan kalingga bermanfaat bagi sobat semuanya.

Jangan lupa baca juga artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung