4 Faktor Latar Belakang Berdirinya ASEAN Lengkap

4 faktor latar belakang berdirinya ASEAN menjadi dasar terbentuknya ASEAN sampai kini, seperti persamaan geografi, senasib, kebudayaan, kepentingan, dll.

Sejarah ASEAN dilatar belakang berdirinya ASEAN adalah dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti persamaan geografis. Selain itu, latar belakang terbentuknya ASEAN juga masih banyak. Dengan begitu tujuan didirikannya ASEAN dapat tercapai. Maka, dibentuklah organisasi ASEAN.

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas 4 faktor latar belakang berdirinya ASEAN secara singkat tapi lengkap. Maka dari itu, baca terus artikel 4 faktor latar belakang berdirinya ASEAN ini sampai selesai.

Artikel ini memuat isi materi mengenai sebagai berikut.
  • Organisasi ASEAN.
  • Latar belakang pembentukan ASEAN.
  • Persamaan letak geografis negara ASEAN.
  • Persamaan nasib negara ASEAN.
  • Persamaan kebudayaan negara ASEAN.
  • Persamaan kepentingan di berbagai bidang negara ASEAN.
  • Dll.
Selamat Membaca!!!

Organisasi ASEAN


Organisasi ASEAN adalah sebuah organisasi kersama antar anggota ASEAN baik geo-politik ataupun ekonomi dan yang lainnya yang berada dikawasan Asia Tenggara yang bersifat regional atau kawasan.Oorganisasi ASEAN disebut juga perhimpunan bangsa bangsa Asia Tenggara. ASEAN kependekan dari Association OF Southeast Asian Nations.

Gambar Organisasi ASEAN
Gambar Organisasi ASEAN

Latar Belakang Pembentukan ASEAN


Apa yang melatarbelakangi berdirinya ASEAN?

Faktor yang melatarbelakangi berdirinya ASEAN terbagi menjadi beberapa hal. Latar belakangnya ASEAN itulah yang menjadi dasar dibentuknya ASEAN. 

Dibawah ini disebutkan 4 faktor atau latar belakang berdirinya ASEAN adalah sebagai berikut.

Persamaan Letak Geografis Negara ASEAN


Pertama, salah satu latar belakang berdirinya ASEAN adalah persamaan letak geografis negara ASEAN.

Persamaan letak geografis dapat dilihat dari nama organisasinya adalah Perhimpunan bangsa bangsa Asia Tenggara. Maka dari itu, seluruh anggota ASEAN adalah negara yang terletak di geografis yang sama. 

Secara letak geografis, negara negara di Asia Tenggara berada di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia. Selain itu, diapit oleh dua samudera yaitu samudera pasifik dan samudera hindia. Apalagi negara negara ASEAN tersebut terletak saling berdekatan. 

Agar lebih jelas lagi mengenai salah satu faktor yang melatarbelakangi terbentuknya ASEAN yaitu persamaan letak geografis negara ASEAN, maka lihat penjelasannya dibawah ini.

Letak Geografis Asia Tenggara


Dibawah ini keadaan letak geografis ASEAN adalah sebagai berikut.
  • Indonesia adalah negara tropis. Selain di lewati oleh garis katulistiwa, Indonesia juga terletak di cincin pasifik dan mediteranian sehingga banyaknya gunung berapi dan diapit juga oleh dua lempeng besar yaitu lempeng Eurasia, lempeng indo-australia dan lempeng pasifik yang menyebabkan banyaknya gempa bumi.
  • Malaysia adalah  negara tropis yang terbagi menjad dua kawasan yaitu kawasan Malaysia barat yang banyak terdapat pegunungan dan kawasan Malaysia timur yang langsung berbatasan dengan Indonesia dan Brunei Darussalam yang banyak terdapat sungai berkelok kelok dan juga rawa rawa.
  • Singapura adalah negara tropis yang dikelilingi oleh negara Malaysia dan Indonesia. Wilayah singapura relative datar semua dan hanya menyisakan beberapa bagian seperti bukit.
  • Filipina adalah negara dengan keadaan iklim tropis basah. Negara ini seperti Indonesia yaitu kepulauan. Filipina juga dilewati oleh jalur deretan sirkum pasifik sehingga banyak dijumpainya gunug berapi yang masih aktif.
  • Thailand adalah negara tropis. Thailand memiliki daerah tofografi yang bermacam macam yaitu sebelah selatan berupa bukit bukit, sebelah utara berupa pegunungan dan perbukitan, sebelah timur berupa dataran tinggi, dan bagian tengah wilayah tahiland ini dilewati oleh aliran sungai. Nah, salah satu anggota asean yang geografisnya berbentuk protruded yaitu Thalaind. Selain itu, myanmar juga negara asean berbentuk protruded.
  • Brunei Darussalam adalah negara tropis yang terbagi menjadi dua wilayah dan dikelilingi oleh Malaysia. Wilayah baratnya merupakan dataran rendah yang berawa rawa dan pantainya merupakan dataran yang relative luas dan juga memiliki teluk Brunei.
  • Vietnam adalah negara yang memiliki dua iklim yaitu iklim tropis di selatan dan iklim sedang diutara. Wilayah Vietnam dari utara ke selatan terdapat pegunungan, adanya delta sungai Mekong disebelah selatan dan garis pesisir pantai yang sempit.
  • Laos adalah negara beriklim tropis. Apakah sobat tau? Laos merupakan satu satunya negara di ASEAN yang tidak memiliki laut lho. Wilayahnya terjepit oleh negara negara asean lainnya. Sebagain besar wilayah ini justru pegunungan dan dataran tinggi lho sobat.
  • Myanmar adalah negara beriklim tropis. Daerahnya terbentuk dari dua lipatan pegunungan dan patahan blok di timur yang berjajar dari uatara ke selatan. Selain pegunungan jajaran tersebut juga terdapat perbukitan dan gunung yang memiliki hutan hutan yang lebat.
  • Kamboja adalah negara beriklim tropis basah dan kering serta negaranya berbentuk seperti piring. Negara ini terdapat pegunungan, sungai Mekong merupakan sungai terpenting di kamboja dan dataran besar tonle sap.
Maka dari itu, kerjasama antar negara sangat erat dan dibutuhkan demi saling menunjang dan mendukung antar sesama negara anggota. Nah, itulah apa yang melatarbelakangi terbentuknya ASEAN yang pertama.

Selanjutnya, latar belakang terbentuknya ASEAN adalah persamaan nasib negara ASEAN.

Gambar Peta Negara ASEAN
Gambar Peta Negara ASEAN

Persamaan Nasib Negara ASEAN


Kedua, latar belakang faktor berdirinya ASEAN adalah persamaan nasib negara ASEAN.

Latar belakang ini dilandasi oleh sama sama senasib karena pernah dijajah oleh negara lain atau asing, kecuali negara Thailand. 

Nah, untuk lebih jelas mengenai salah satu latar belakang berdirinya negara ASEAN dalam persamaan nasib negara ASEAN adalah sebagai berikut.

Negara ASEAN Yang Pernah Dijajah


Berikut negara Asean yang pernah dijajah oleh negara lain beserta dengan negara yang menjajahnya yaitu:
  • Indonesia adalah negara yang merdeka pada 17 agustus 1945. Sebelumnya pernah dijajah oleh portugis, spanyol, belanda, inggris dan jepang.
  • Malaysia adalah salah satu negara tetangga negara Indonesia yang berbatasan langsung di darat. Sebelumnya Malaysia pernah dijajah oleh inggris dan akhirnya memperoleh kemerdekaan pada 31 agustus 1957.
  • Singapura adalah negara yang merdeka dari federasi Malaysia dan memperoleh kemerdekaan pada 9 agustus 1965.
  • Filipina adalah pernah dijajah oleh spanyol dan memperoleh kemerdekaan pada 12 juni 1898. Namun, setelah merdeka Filipina kembali dijajah oleh amerika serikat dan jepang.
  • Thailand adalah salah satu negara di asia tenggara yang tidak pernah dijajah. Kok hanya Thailand yang tidak dijajah, bagaimana bisa? Karena Thailand mampu dalam mengeksploitasi persaingan dan ketegangan yang terjadi antara indocina perancis dan inggris serta Thailand mempunyai sistem eksekusi yang terbaik pada abad ke 19. 
  • Brunei Darussalam adalah negara yang dijajah oleh inggris dan merdeka pada tahun 1 januari 1984.
  • Vietnam adalah negara yang dijajah oleh prancis dan merdeka tahun 2 september 1945. Namun, setelah kemerdekaan Vietnam dijajah oleh amerika serikat.
  • Laos adalah negara yang dijajah oleh perancis dan merdeka tahun 19 juli 1949.
  • Kamboja adalah negara yang dijajah oleh perancis dan merdeka pada 9 november 1953.
  • Myanmar adalah negara yang dijajah oleh inggris dan merdeka pada 4 januari 1948.
Selain itu, latar belakang berdirinya organisasi ASEAN dalam persamaan nasib negara ASEAN adalah sebagai berikut.

Persamaan Senasib Dan Sepenanggungan Lainnya


Selain, itu terdapat dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Berikut kedua faktor tersebut:
  • Faktor internal atau dalam adalah karena banyaknya lahirnya negara baru di Kawasan Asia Tenggara setelah masa Perang Dunia II berakhir, dimana mereka terbentuk karena adanya persamaan nasib antara satu negara dengan negara lainnya. Sehingga agar dapat mewujudkan keamanan dan stabilitas maka terwujud lah asean. Nah, itulah apakah latar belakang berdirinya ASEAN pada faktor internalnya.
  • Faktor dari luar yang menjadi latar belakang terbentuknya ASEAN adalah adanya krisis dikawasan Indocina, dimana krisis ini ada karena gerakan paham ideologi komunis yang ingin menguasai beberapa wilayah di Asia Tenggara yang kemudian dijadikan sebagai negara yang menganut sistem komunis.
Nah, itulah salah satu yang merupakan latar belakang lahirnya ASEAN adalah persamaan nasib negara ASEAN.

Selanjutnya, dari apa latar belakangnya ASEAN adalah persamaan kebudayaan ASEAN miliki. Penjelasan latar belakang terbentuk nya ASEAN dalam persamaan kebudayaan ASEAN adalah sebagai berikut.
Gambar Bendera Negara ASEAN
Gambar Bendera Negara ASEAN


Persamaan Kebudayaan ASEAN


Ketiga, latar belakang terbentuknya organisasi ASEAN adalah persamaan kebudayaan ASEAN.

Negara di asia tenggara umumya merupakan pewaris kebudayaan dari peradaban rumpun melayu Austronesia. Bahkan bukan hanya kebudayaan, bahasa, pergaulan dan tata kehidupan pun hampir sama.

Rumpun melayu austronesia adalah rumpan bahasa dengan persebaran yang sangat luas. Persebarannya mulai dari Taiwan, Hawai di ujung utama sampai Selandia Baru di ujung selaran. Disebelah barat terdapat Madagaskar hingga sebelah timurnya adalah pulau paskah.

Maka dari itu, dengan memiliki persamaan kebudayaan negara ASEAN. Sebuah inisitif muncul untuk menjalin hubungan yang lebih baik lagi.

Terakhir, apa latar belakang berdirinya ASEAN?


Persamaan Kepentingan Di Berbagai Bidang ASEAN


Terakhir, latar belakang lahirnya ASEAN adalah persamaan kepentingan di berbagai bidang ASEAN.

Kepentingan diberbagai bidang tersebut adalah seperti ekonomi, budaya, keamanan, kesehatan, politik, sosial dan sebagainya serta pintu perdagangan dunia terletak di selat malaka dan selat sunda.  

Sehingga hal ini lah yang melatar belakangi dilahirkannya atau dbentuknya asean selain itu pasti tujuan utamanya sesuai dengan lambang asean yakni padi agar asean menjadi kawasan yang makmur, stabilitas dan kaya serta damai.

Kerjasama ASEAN Di Berbagai Bidang


Contoh kerjasama asean diberbagai bidang sebagai berikut:

Kerjasama ASEAN Di Bidang Ekonomi


Pertama, salah satu latar belakang terbentuknya negara asean adalah kerjasama ASEAN di bidang ekonomi.

Kerjasama eonomi ini meliputi seperti ekspor dan impor berbagai macam kebutuhan seperti sayuran, hewan, barang mentah, barang jadi atau yang lainnya, serta pendirian pabrik dan sebagainya. Contoh kerjasama dibidang ekonomi yaitu pendirian pabrik pupuk urea di Indonesia dan Malaysia, proyek abu soda di Thailand, proyek vaksin di singapura dan sebagainya.

Kerjasama ASEAN Di Bidang Budaya


Kedua, kepentingan di berbagai bidang salah satu latar belakang terbentuknya ASEAN adalah dalam bidang budaya.

Contoh kerjasama di bidang budaya adalah pertukaran dan pengenalan budaya antar budaya, festival budaya antar negara, pariwisata budaya dan sebagainya.

Kerjasama ASEAN Di Bidang Sosial Budaya


Ketiga, kepentingan di berbagai bidang latar belakang dibentuknya ASEAN adalah dalam bidang sosial budaya.

Contoh kerjasama dibidang sosial budaya adalah seperti diadakannya pesta olahraga asean (sea games), peningkatan kesehatan dan lainnya.

Kerjasama ASEAN Di Bidang Politik Dan Keamanan


Terakhir, dalam berbagai kepentingan bidang latar belakang ASEAN adalah dalam kerjasama ASEAN di bidang politik dan keamanan.

Contoh kerjasama dibidang politik dan keamanan adalah seperti menjaga stabilitas keamanan di asia tenggara, sebagai kawasan bebas nuklir, adanya perjanjian ekstradisi atau penyerahan orang yang bermasalah baik dengan hukum atau apapun yang tertangkap untuk dikembalikan ke negara asal) dan sebagainya.

Itulah salah satu latar belakang berdirinya asean dilandasi persamaan kepentingan di berbagai bidang ASEAN.

Nah, itulah 4 latar belakang berdirinya ASEAN. Keempar latar berdirinya ASEAN tersebut perlu kamu tahui. Semoga materi mengenai 4 hal yang melatarbelakangi berdirinya ASEAN dapat menambah pengetahuan sobat semuanya.

Jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Terimakasih Atas Kunjungannya Dan Telah Membaca