Daftar Gubenur Jenderal Hindia Belanda Dan Kebijakannya Lengkap

Gubernur Jenderal VOC dan kebijakannya dari kebijakan jan pieterszoon coen, kebijakan daendels sampai kebijakan gubernur hindia belanda terakhir lengkap.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang gubernur jenderal voc dari yang pertama sampai yang terakhir beserta dengan kebijakannya yang didukung oleh hak istimewa VOC yang diberikan oleh parlemen pemerintah belanda. Gubernur pertama voc yakni Pieter both dan jp coen merupakan gubernur jenderal ke 4. Yuk langsung saja simak secara lengkap hanya disini.

Artikel ini berisi mengenai sebagai berikut ini.
  • Gubernur jenderal voc pertama
  • Kebijakan masa pemerintahan pieter both voc
  • Daftar gubernur jenderal voc
  • Lebih dari disebutkan 3 gubernur jenderal yang pernah memimpin voc beserta dengan kebijakannya ! lengkap.
  • Dll

Selamat Membaca!!!

Gubernur Jenderal VOC

Siapa saja gubernur jenderal voc?

Sejak berdirinya VOC pada 20 maret 1602 sampai runtuh pada 31 desember 1799 memiliki gubernur jenderal dari awal sampai akhir berjumlah 32 dengan 2 orangnya merupakan pengganti semnatara gubernur jenderal VOC yang meninggal dunia. 

Fungsi dari gubernur ini untuk menjalankan kebijakan dan hak oktroi yang telah diberikan oleh pemerintah belanda ke VOC di negeri jajahannya dari tanjung harapan sampai sleat magelhans. Berikut daftar lengkap secara urutan gubernur VOC beserta dengan tahunnya lebih dari 5 gubernur jenderal voc yang dibahas dibawah ini.

Gubernur Jenderal Pieter both (19 Desember 1610 – 6 November 1614)


Pieter both merupakan gubernur jenderal VOC pertama yang berkedudukan markasnya di ambon. Walaupun pieter both dianggap sebagai peletak dasar voc, ia dikenal kejam dan serakah. 

Selain itu, Pieter both dianggap sebagai gubernur jenderal yang berhasil dalam imperialisme dan kolonialismenya dengan cara memindahkan orang orang belanda ke nusantara bersama keluarganya. Dibawah ini foto pieter both adalah gubernur jenderal voc yang ke satu.


Gambar Pieter Both
Gambar Pieter Both Gubernur VOC Pertama

Ia juga dikenal dengan peletak dasar imperialisme belanda di nusantara atau hindia belanda yang sekarangnya dikenal dengan nama Indonesia. Ia jugalah yang membangun atau mendirikan Batavia setelah mengalahkan inggris dan merupakan salah satu gubernur jenderal hindia belanda yang terkenal. JP. Coen meninggal terbunuh pada perang melwan mataram yakni kerajaan mataram menggunakan sungai ciliwung sbeagai penyebar wabah penyakit.

Kebijakan Kebijakan Pieter Both


Kebijakan pada masa Pieter both sebagai gubernur-jenderal VOC yang pertama yaitu :
  • Kebijakan pada masa pemerintahan pieter both adalah memonopoli perdagangan hanya di internal belanda saja.
  • Salah satu kebijakan gubernur jenderal pieter both di indonesia adalah mendirikan pos perdagangan di banten dan Batavia
  • Gubernur jenderal voc yang pertama adalah pieter both dengan kebijakannya yaitu menaklukan pulau timor.
  • Selanjutnya, pieter both kebijakannya adalah mengusir spanyol dari pulau tidore merupakan kebijakan dari gubernur jenderal pertama voc adalah pieter both.
  • Kebijakan gubernur voc yang pertama adalah mengadakan perjanjian dengan Maluku.
Nah, itulah kebijakan gubernur jenderal voc Pieter both. Telah dijelaskan tentang 2 orang gubernur jenderal voc terkenal (pieterboth an j.p. coen). Dimana gubernur jenderal pieterboth telah dijelaskan diatas dan j.p. coen dapat dilihat pada urutan ke empat.

Setelah membahas mengenai kebijakan pieter both, kita akan lanjut membahas gubernur jenderal hindia belanda gerard reynst kebijakannya secara lengkap. 


Gubernur Jenderal Gerard reynst (7 November 1614 – 1615)


Pengganti pieter both adalah gubernur jenderal Gerard Reynst. Gubernur jenderal voc yang menggantikan pieter both dan hanya menjabat satu tahun adalah gubernur jenderal Gerard Reynst. Salah satu gubernur jenderal voc yang pernah memerintah di indonesia beserta kebijakannya adalah gerard reynst. Gerard reynst merupakan gubernur jenderal VOC yang kedua. Gubernur voc yang kedua yaitu gubernur jenderal gerard reynst memerintah voc pada tahun 1614 sampai 1615. 

Dibawah ini adalah gambar gerard reynst.

Gerard reynst
Foto Gerard reynst

Kebijakan Kebijakan Gerard Reynst


Kebijakan yang dibuat oleh gubernur jenderal Gerard reynst adalah

  • Kebijakan jenderal gerard reynst adalah Memulai awalnya perbudakan yakni pengiriman budak Maluku, ambon, dan banda ke jayakarta (sekarang Jakarta) untuk memperbaiki Factorij Nassau atau gudang yang merangkap kantor. Hal ini dilakukan karena biaya lebih murah dibanding pekerja dan pelaut VOC.
  • Kedua, kebijakan gubernur jenderal gerard reynst adalah membangun gudang Mauritius dengan tujuan mmperkuat VOC dari serangan VOC
  • Ketiga, kebijakan atau tugas gerad reynst adalah menyimpan rempah rempah terlebih dahulu sebelum dikirim ke Negera Belanda.
Nah, itulah beberapa kebijakan gerard reynst sebagai gubernur jenderal voc beserta kebijakannya yang ia buat pada waktu itu, sehingga menjadi salah satu keberhasilan gerard reynst dalam memimpin.

Yok tonton juga video dibawah ini mengenai daftar gubernur jenderal hindia belanda dibawah ini.


Gubernur Jenderal Laurens reael (1615 – 20 Mei 1619)


Laurens reael merupakan gubernur jenderal VOC yang ketiga. Kebijakan yang lauren reael yaitu diterapkannya pelayaran hongi atau hongi techten agar VOC tidak diperkenan bertindak sewenang sewenang terhadap rakyat pribumi. Nah, itulah sedikit mengenai kebijakan laurens reael.

Gambar Laurens Reael
Gambar Laurens Reael

Gubernur Jenderal Jan pieterszoon coen (21 Mei 1619 – 31 Januari 1623)


Urutan gubernur jenderal voc selanjutnya adalah gubernur jenderal hindia belanda yang memimpin selama dua periode atau dua kali yakni pada gubernur jendral keempat dan gubernur jenderal keenam serta seorang gubernur jenderal voc yang berhasil merebut jayakarta dari kerajaan banten. Salah satu gubernur voc yang terkenal adalah jan pieterszoon coen.

Namun, dilain sisi JP. Coen atau Jan Pieterszoon Coen merupakan gubernur jenderal VOC yang paling kejam dan sangat dibenci dinegerinya sendiri. Namun, dilain sisi JP. Coen justru menjadi salah satu gubernur jenderal hindia belanda yang terkenal atau tenar.


Gambar Jan Pieterszoon Coen
Gambar Jan Pieterszoon Coen

Kebijakan Kebijakan Jan Pieterszoon Coen


Kebijakan yang dterapkan oleh Jan Pieterszoon coen adalah:
  1. Memonopoli perdagangan secara paksa
  2. Mengadu domba atau devide et empira antar kerajaan
  3. Mengharuskan kerajaan yang masih berdiri untuk patuh terhadap VOC, jika tidak maka akan diperangi.
  4. Mengambil seluruh wilayah perdagangan yang strategis
  5. Mengambil paksa hasil pertanian milik warga.
  6. Pasti kalian tahu bahwa gubernur jenderal yang memindahkan kantor dagang voc dari maluku ke jayakarta adalah Jan Pieterszoon Coen. Yap, itulah salah satu kebijakannya yang ia buat. 
Nah, itulah kebijakan gubernur voc Jan Pieterszoon Coen. 

Gubernur Jenderal Pieter De Carpentier (1 Februari – 30 September 1627)


Siapa gubernur jenderal voc yang kelima?

Kita tahu bahwasannya, jp coen adalah gubernur jenderal voc yang keempat dan keenam siapa gubernur jenderal yang kelima adalah gubernur jenderal pieter de carpentier. Pieter de carpentier merupakan gubernur jenderal VOC yang ke lima dengan kebijakannya sebagai berikut:

Gambar Pieter De Carpentier
Gambar Pieter De Carpentier

Kebijakan Kebijakan Pieter De Carpentier


Kebijakan pieter de carpentier adalah sebagai berikut ini.
  • Mengatur kehidupan masyarakat Batavia
  • Mendirikan sekolah
  • Mendirikan balaikota
  • Mendirikan gereja
  • Mendirikan rumah yatim piatu
  • Mendirikan lembaga polisi dengan perangkat hukumnya
    Nah, diatas telah disebutkan gubernur jenderal voc dan tugasnya dari Gubernur Jenderal Pieter De Carpentier.

Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen (30 September 1627 – 21 September 1629)


Gubernur voc dan kebijakannya dari Jan Pieterszoon Coen telah dijelaskan pada nomer 4. Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen memerintah selama dua periode. Gubernur jenderal voc yang terkenal adalah jan pieterszoon coen. Selain itu, disebutkan nama gubernur jenderal voc yang terkenal paling kejam kebijakannya adalah jan pieterszoon coen.


Gubernur Jenderal Jacques specx (22 Sepetember 1629 – 17 April 1632)


Jacques specx merupakan gubernur jenderal VOC yang tujuh. Gubernur jenderal hindia belanda dan kebijakannya dari Jacques specx yakni sebagai berikut:
  • Pertama, kebijakan jacques specx adalah membaut sungai yang berkelok menjadi lurus agar melewati kota Batavia
  • Membuat banyak parit untuk memaksimalkan perlindungi.
Nah, itulah kebijakan gubernur jendral voc Jacques Specx.

Gambar Jacques Specx
Gambar Jacques Specx

Gubernur Jenderal Hendrik brouwer (18 April 1632 – 1 Januari 1636)


Tokoh voc dan kebijakannya selanjutya adalah hendrik brouwer. Hendrik brouwer merupakan gubernur jenderal VOC yang kedelapan. Kebijakan hendrik brouwer adalah yaitu keberaniannya memperbaiki hubungan antara VOC dan inggris.

Gubernur Jenderal Antonio van diemen (1 Januari 1636 – 19 April 1645)


Tokoh gubernur jenderal voc selanjutnya adalah antonio van diemen. Antonio van diemen adalah gubernur jenderal ke Sembilan dan dianggap sebagai salah satu dari gubernur jenderal yang berhasil memperluas wilayah VOC ke wilayah malaka pada tahun 1641 serta ia juga orang yang mengirim misi pelayaran yang dpimpin oleh abel tasman ke Australia, selandia baru dan Tasmania. Kebijakan yang ia keluarkan adalah berupa pelarangan korespondensi antar kerajaan sebelum meminta izin dari VOC.

Gubernur Jenderal Carel Reyniersz (8 Oktober 1651 – 19 Mei 1653)


Selanjutnya, nama gubernur jenderal voc adalah carel reyniersz. Carel reyniersz merupakan gubernur jenderal VOC yang ke sepuluh dengan kebijakannya yakni menyingkirkan para kompetetonya atau saingannya, membasmi kelebihan rempah rempah seperti cengkeh agar masyarakat tidak menjualnya selain ke VOC.

Gubernur Jenderal Joan Maetsuycker (19 Mei 1653 – 1678)


Joan Maetsuycker yaitu gubernur jenderal VOC ke sebelas dan salah satu gubernur jenderal voc yang dianggap tugasnya  berhasil memperluas wilayah VOC ke wilayah manado, padang dan semarang serta berhasil menyerang goa di Sulawesi.

Gubernur Jenderal Rijckloff Van Goens (1678 – 24 November 1681)


Rijckloff van goens yaitu gubernur jenderal VOC ke duabelas.

Gubernur Jenderal Cornelis Speelman (25 November 1681 – 11 Januari 1684)


Selanjutnya adalah gubernur jenderal voc dan tugasnya di hindia belanda adalah cornelis speelman. Cornelis speelman adalah gubernur jenderal VOC yang ke tiga belas dan peranannya dianggap berhasil dalam mengahadapi perlawanan daerah. Namun, ia tidak berhasil dalam menghadapi perlawanan dari Sultan Agung,Trunojoyo dan Sultan Ageng Tirtayasa.


Gambar Cornelis Speelman
Gambar Cornelis Speelman

Gubernur Jenderal Johannes camphuys ( 11 Januari 1684 – 24 Septermber 1691)

Kebijakan Johannes Camphuys tidak banyak memberikan pengaruh yang besar terhadap kemajuan VOC saat itu. Bahkan, tidak ada peristiwa penting selama Jenderal Johannes Cmphuys menjabat. Selain itu, pada saat ia menjabat banyak pejabat yang melakukan korupsi.

Diatas telah disebutkan gubernur jenderal yang pernah menjabat di indonesia beserta masing-masing kebijakannya! berjumlah 14, sisanya gubernur jenderal yang pernah menjabat dibawah ini.
  1. Willem van outhoorn (24 september 1691 – 14 agustus 1704)
  1. Joan van hoorn (15 agustus 1704 – 29 oktober 1709)
  1. Abraham van riebeeck (30 oktober 1709 – 17 november 1713)
  1. Christoffel van swol (17 november 1713 – 12 november 1718)

Disebutkan gubernur jenderal voc selanjutnya adalah hendrick zwaardecroon. Hendrick zwaardecroon (10 september 1720 – 7 juli 1725) sementara menggantikan Christoffel van swol yang meninggal dunia.

Gambar Hendrick Zwaardecroon
Gambar Hendrick Zwaardecroon

  1. Mattheus de haan (8 juli 1725 – 1 juni 1729)
  1. Diederik durven (1 juni 1729 – 28 mei 1732)
  1. Dirk van colon (28 mei 1732 – 10 maret 1735)
  1. Abraham patras (11 maret 1735 – 3 mei 1737)
  1. Adriaan valckenier (3 mei 1737 – 6 november 1741)
  1. Johannes thedens (6 november 1741 – 28 mei 1743)
  1. Gustaaf willem baron van imhoff (29 mei 1743 – 1 november 1750)
  1. Jacob mossel (1 november 1750 – 15 mei 1761)
  1. Petrus albertus van der parra (15 mei 1761 – 28 desember 1775)
  1. Jeremias van riemsdijk (28 desember 1775 – 3 oktober 1777)
Tokoh tokoh voc dan kebijakannya selanjutnya adalah Reinier de klerk. Reinier de klerk (9 oktober 1778 – 1 september 1780) sementara menggantikan Jeremias van riemsdijk yang meninggal dunia.

Gambar Reinier De Klerk
Gambar Reinier De Klerk

  1. Willem Arnold alting (1 september 1780 – 17 februari 1797)
  1. Pieter gerardus van overstraten (22 januari 1798 – 31 desember 1799) 
Pieter gerardus van overstraten  merupakan gubernur jenderal voc terakhir. Dimana disebutkan nama nama gubernur jenderal voc diatas secara lengkap.

Nah, itulah gubernur jenderal voc dan kebijakannya yang dapat saya sampaikan. Dimana diatas telah disebutkan nama-nama gubernur jenderal voc secara lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca Juga artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Terimakasih Telah Berkunjung Dan Membaca