Arti Lambang ASEAN Secara Lengkap & Arti PERBARA

PEBARA singkatan dari Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara yang memiliki lambang ASEAN berupa padi terikat yang arti lambang ASEAN tersebut kemakmuran.

Organisasi ASEAN adalah organisasi yang berada di wilayah Asia Tenggara. ASEAN dalam Bahasa Indonesianya adalah PERBARA. PERBARA kependekan dari Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara. Sama seperti organisasi lainnya, organisasi ASEAN memiliki lambang dan pada lambang tersebut terdapat makna lambang asean yang sangat dalam.

Mau tahu tentang arti dari lambang ASEAN dan arti dari PERBARA sebagai salah satu organisasi di Asia Tenggara?

Pada kesempatan ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai arti lambang ASEAN secara lengkap dan arti PERBARA sebagai organisasi di kawasan Asia Tenggara. Yuk, baca artikel ini sampai akhir untuk mengetahuinya.

Artikel ini memuat mengenai materi sebagai berikut.
  • Pengertian ASEAN/PERBARA.
  • Lambang ASEAN beserta artinya.
  • Arti makna lambang ASEAN.
  • Dll.
Selamat Membaca!!!

Pengertian ASEAN / PERBARA


Apa arti PERBARA/ASEAN?

Pengertian ASEAN adalah sebuah organisasi geo politik dan ekonomi yang berada dikawasan Asia Tenggara yang bersifat regional. ASEAN didirikan di Bangkok, Thailand. ASEAN merupakan kependekan dari Association OF Southeast Asian Nations. 

Dalam Bahasa Indonesia, ASEAN dikenal juga dengan PERBARA. Kepanjangan PERBARA adalah Perhimpunan Bangsa - Bangsa Asia Tenggara. Dilihat singkatan dari PERBARA, maka anggota negara PERBARA adalah negara - negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Sehingga, jika bukan dari kawasan Asia Tenggara seperti eropa tentunya ditolak untuk masuk menjadi anggota PERBARA.

Dengan gambar dibawah ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan pemahaman sobat mengenai PERBARA kepanjangan dari Perhimpunan Bangsa - Bangsa Asia Tenggara.


Gambar Negara ASEAN Beserta Keterangannya
Gambar Negara ASEAN Beserta Keterangannya

Nah, itulah mengenai pengertian ASEAN/PERBARA secara singkat. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai lambang asean dan artinya lengkap dibawah ini.

Arti Dan Makna Lambang ASEAN


Sejarah lambang ASEAN diambil dari seluruh filosofi yang ada di wilayah asia tenggara. Salah satunya adalah gagasan rancangan lambang ASEAN adalah tanaman padi atau nasi yang merupakan unsur makanan pokok yang banyak dikonsumsi diwilayah asia tenggara dan mungkin saja tanaman padi juga merupakan tanaman terpenting diwilayah ini.

Dibawah ini gambar lambang asean dan artinya agar sobat semakin paham mengenai gambar lambang asean dan maknanya serta artinya.

Gambar Lambang ASEAN
Sebelah kiri: Gambar Lambang ASEAN Terbaru, Sebelah kanan: Semboyan ASEAN

Nah, itulah contoh gambar lambang ASEAN yang perlu diketahui.

Sepanjang sejarah bahwasannya padi merupakan lambang dari kemakmuran, kekayaan dan kecukupan pangan. Hal inilah yang sesuai dan menyebabkan para bapak pendiri ASEAN menggunakan lambang padi agar asia tenggara senantiasa makmur, pangannya berkecukupan dan kaya sehingga akan menciptakannya kawasan yang damai pula.

Lambang yang sekarang merupakan lambang yang telah berganti beberapa kali karena menyesuaikan dengan jumlah anggota ASEAN. Lambang terbaru diresmikan pada bulan juli 1997, setelah anggota kesepuluh masuk yakni kamboja, walaupun kamboja menunda keanggotaannya selama 2 tahun dan baru bergabung pada 30 april 1999 karena masalah politik dalam negeri.

Nah, selanjutnya akan dibahas secara lengkap mengenai apa arti dari lambang ASEAN. Hal ini agar sobat tahu dan paham mengenai makna arti lambang bendera asean. 


Dibawah ini arti lambang asean adalah sebagai berikut.

Arti Lambang ASEAN


Apa arti lambang ASEAN? Lambang ASEAN artinya akan dibahas dibawah ini.

Arti dari lambang asean adalah sebagai berikut.
  • Ikatan rumpun yang berada di tengah berwarna kuning memiliki arti bahwa pendiri ASEAN berharap agar selalu terikat dalam kerjasama, perdamaian, persabatan dan kesetiakawanan sosial antar negara ASEAN.
  • Warna kuning pada batang padi dalam lambang ASEAN melambangkan tentang kemakmuran. Selain itu, warna kuning pada lambang asean melambangkan juga mengenai kesejahteraan di kawasan ASEAN.
  • Tulisan ASEAN melambangkan nama organsiasi tersebut.
  • Arti ikatan 10 batang padi pada lambang ASEAN melambangkan jumlah anggota ASEAN.
  • Merah melambangkan semangat dan kedinamisan.
  • Putih melambangkan kesucian.
  • Lingkaran berwarna biru pada logo asean melambangkan perdamaian dan stabilitas.
  • Arti lingkaran pada lambang asean adalah melambangkan satu kesatuan antar anggota ASEAN. Hal in diharapkan anggota ASEAN bersatu dalam suka maupun duka dan selalu mengutamakan kesatuan. Maka dari itu, lingkaran yang ada pada logo ASEAN melambangkan kesatuan antar anggota ASEAN.
Nah, itulah arti simbol ASEAN dan arti gambar lambang ASEAN yang perlu sobat ketahui. Selanjutnya kita akan mengetahui apa makna dari lambang asean loh. 

Makna Dari Lambang ASEAN


Apa makna lambang ASEAN?
Gambar Lambang ASEAN Beserta Maknanya
Gambar Lambang ASEAN Beserta Maknanya

Makna lambang ASEAN adalah sebagai berikut.
  • Hak cipta lambang ASEAN dimiliki oleh ASEAN.
  • Lambang asean ini digunakan sebagai lambang resmi dari asean
  • Didalam lambang asean melambangkan persatuan, perdamiana, kemantapan dan dinamika asean.
  • Warna warn ayang terdapat dalam lambang asean seperti biru, putih, merah, dan kuning merupakan warna warna yang digunakan dalam bendera anggota asean. Pada makna tulisan dan lingkaran berwarna biru pada lambang asean adalah perdamaian dan stabilitas.
  • Sepuluh batang padi yang terikat melambangkan anggota asean yang berjumlah sepuluh agar selalu tetap terikat dalam persahabatan dan solidaritas serta saling mendukung satu sama lain.
  • Lingkaran pada lambang asean melambangkan persatuan asean.
Nah, itulah mengena materi arti lambang negara ASEAN dan maknanya disertai arti perbara. Semoga artikel mengenai arti lambang asean secara lengkap dan arti perbara dapat menambah pengetahuan sobat semuanya.

Jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung