Sejarah Dinasti Isyana - Pendiri, Raja, Peninggalan

Sejarah dinasti isyana atau wangsa isyana disertai pendiri, raja, dan peninggalannya serta nilai nilai keteladanan para pemimpin pada masa dinasti isyana.

Dinasti isyana merupakan kelanjutan dari wangsa sanjaya setelah ditemukannya prasati Puncangan tahun 1041 yang mengatasnamakan airlangga (merupakan raja terbesar dinasti isyana). Setelah hancurnya dinasti isyana, maka muncullah Dinasti Girindra yang merupakan cikal bakal dari muncul kerajaan singasari dan majapahit yang melahirkan raja raja yang besar. Dimana pendiri wangsa isyana bernama mpu sindok.

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan menjelaskan mengenai kekuasaan Dinasti Isyana secara lengkap. Maka dari itu, baca artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui mengenai Dinasti isyana seperti sejarah, pendiri, raja, dan peninggalan dinasti isyana.

Artikel ini memuat materi mengenai:
  • Sejarah Kerajaan Wangsa Isyana
  • Melaskan latar belakang dari Wangsa Isyana
  • Dari mana nama isyana sebagai sebuah dinasti didapatkan?
  • Pendiri dari dinasti isyana adalah
  • Raja pertama dinasti isana atau mataram kuno jawa timur adalah
  • Silsilah keturunan mpu sindok
  • Raja Raja Dinasti Isyana
  • Peninggalan Kerajaan Dinasti Isyana
  • Dll

Selamat Membaca!!!

Sejarah Dinasti Isyana


Sebelum berdiri Dinasti Isyana di Jawa Timur, Dinasti Isyana merupakan Dinasti yang berasal dari Kerajaan Mataram Kuno. Dimana Kerajaan Mataram Kuno terketak di wilayah Jawa Tengah. Kerajaan Mataram Kuno didirikan oleh Dinasti Sanjaya, akan tetapi di perintah oleh Dinasti Sanjaya dan Dinasti Syailendra. Kerajaan Mataram Kuno berdiri pada abad ke - 8. 

Dinasti Isyana
Gambar Dinasti Isyana 

Lantas, pada abad ke 10, Pada masa dinasti wangsa isyana, pusat kerajaan mataram dipindahkan dari jawa tengah ke jawa timur.

Kerajaan Wangsa Isyana dimulai dari perpindahan Kerajaan Mataram Kuno ke Jawa Timur. Mengapa Kerajaan Mataram Kuno Dinasti Isyana berpindah dan namanya berubah menjadi Kerajaan Wangsa Isyana?


Faktor Utama Pindahnya Kerajaan Mataram Kuno


Mengapa Kerajaan Mataram pindah ke kawasan timur jawa?

Terdapat beberapa faktor penyebab pindahnya kerajaan mataram kuno tersebut. Faktor perpindahan ibukota mataram kuno terbagi menjadi dua versi dan dua faktor. Dibawah ini faktor penyebab pindahnya pusat kerajaan mataram sebagai berikut.

Sebab Kerajaan Mataram Kuno Pindah Ke Jawa Timur Pendapat Lama


Pendapat pertama dan merupakan pendapat lama, menyatakan bahwasannya, perpindahan pusat kerajaan mataram ke jawa timur pada abad ke-10 disebabkan oleh sebagai berikut ini.
  • Bencana alam. Dimana pada saat itu, Gunung Berapi meletus, sehingga menyebabkan perpindahan Kerajaan Mataram Kuno.
  • Banyaknya sawah yang terbengkalai, sehingga tidak terurus yang menyebabkan Kerajaan Mataram Kuno pindah ke Jawa Timur. Banyaknya sawah yang terbengkalai disebabkan karena masyarakat atau tenaga kerja laki - laki dipekerjakan untuk membangun candi - candi.

Penyebab Kerajaan Mataram Kuno Pindah Ke Jawa Timur Pendapat Baru


Pendapat terbaru dan merupakan pendapat kedua, menyatakan bahwasannya penyebab utama kerajaan mataram kuno dipindahkan ke jawa timur adalah sebagai berikut ini.

  • Keadaan alam bumi mataram terttutup secara almiah dari dunia luar, sehingga sulit berkembang. Sehingga, Kerajaan Mataram Kuno tidak dapat berkembang dengan baik karena keadaan alam bumi mataramnya tertutup dari dunia luar. 
  • Kedua, masalah politik. Dimana masalah politik yakni untuk menghindarkan diri dari serangan Kerajaan Sriwijaya. Hal ini karena sebelumnya Kerajaan Mataram Kuno berhasil menyerang dan merebut pelabuhan dagang di wilayah selat Sunda. Setelah itu, Kerajaan Sriwijaya bangkit untuk membalaskan dendamnya.
Nah, itulah alasan mengapa ibukota kerajaan mataram kuno dipindahkan ke jawa timur. Dimana merupakan beberapa latar belakang dari wangsa isyana untuk memindahkan kerajaan mataram kuno ke wilayah jawa timur.

Perpindahan Pusat Ibu Kota Kerajaan Mataram Kuno


Dari mana dinasti isyana didapatkan? Baca ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya. 

Peta Mataram Kuno Dan Dinasti Isyana
Peta Mataram Kuno Dan Dinasti Isyana

Perpindahan pusat kerajaan mataram dilakukan oleh Mpu Sendok. Alasan mpu sindok memindahkan kerajaan mataram telah dijabarkan sebelumnya. Selain memindahkan Kerajaan Mataram Kuno ke Jawa Timur, Mpu sendok membangun dinasti baru atau sebagai pengganti dari Kerajaan Mataram Kuno. 


Pendiri Wangsa Isyana


Pendiri wangsa isyana adalah empu Sendok. Selain itu, Mpu sindok menjadi raja pertama dinasti Isyana. Pemberi nama Isyana adalah Mpu Sendok. Lantas, dari mana nama dinasti isyana didapatkan? Nama isyana diambil dari gelar mpu sendok, yakni sri maharaja rake hiro sri isanawikramatunggadewa. Tercatatlah sejarah empu sendok menjadi raja pertama dan pendiri wangsa isana.

Letak Kerajaan Wangsa Isyana


Letak Kerajaan Wangsa Isyana terletak di wilayah Jawa Timur. Dimana daerah kekuasaan kerajaan isana ini berada di daerah Kerajaan Medang Kamulan. pada abad ke 10 sampai awal abad ke 11.

Masa Pemerintahan Mpu Sindok 


Pendiri wangsa isyana di jawa timur adalah Mpu Sindok, dia jugalah yang memegang pemerintahan pertama pada Kerajaan Wangsa Isyana. Mpu sendok memegang pemeritahan dari tahun 929-947 M dengan pusat pemerintahannya di watugaluh. Pada masa pemerintahan Mpu Sindok banyak membuat kebijakan. Kebijakan mpu sindok adalah sebagai berikut ini. 
  • Banyak membuat bendungan-bendungan sebagai irigari dan perairan untuk daerah perkebunan dan persawahan.
  • Memberikan hadiah hadiah tanah untuk pemeliharaan bangunan-bangunan suci seperti tempat beribadah. 
  • Mengubah sebuah kitab agama budha aliran tantrayana yang diberi judul sang hyang kamahayanikan.

Pemerintahan Raja Dinasti Isyana Setelah Mpu Sindok


Setelah mpu sendok meninggal maka digantikan dengan putrinya yaitu sri isanatunggawijaya. Setelah itu sri isanatunggawijaya menikah dengan lokapala yang melahirkan seorang putra bernama makutawangsawardana yang meneruskan takhta ibunya yaitu sri isanatunggawijaya.

Setelah makutawangsawardana meninggal maka diganikan oleh dharmawangsa (990-1016 M). Demi meningkatakan kemakmuran raknyatnya, dharmawangsa menyerang kerajaan sriwijaya dibagian selatan (selat sunda) agar menguasai perdagangan dan pertanian. Tetapi, akhirnya kerajaan sriwijaya pun bangkit dan melaksanakan serangan balasan bersama kerajaan worawari (kerajaan asal jawa).

Serangannya yang dilakukan oleh worawari sangatlah tepat ketika dharmawangsa sedang melangsungkan pernikahan putrinya dengan airlangga (1016 M ) dharmawangsa beserta seluruh pembesar istana mengalami pralaya, tetapi airlangga berhasil meloloskan diri bersama para prajurit dan pendeta.


Raja Airlangga Merupakan Keturunan Dinasti Isyana


Selama tiga tahun ( 1016-1019 M ), airlangga digembeleng lahir dan batin oleh para pendeta agar menjadi raja karena tuntutan dari rakyat dan pendeta. Pada tahun 1019 M, airlangga dinobatkan menjadi raja dengan gelar sri maharaja rake halu lokeswara dharmawangsa airlangga anantakwikramatunggadewa. Raja terbesar dinasti isyana adalah Raja Airlangga. Tugas airlangga menyatukan kembali daerah semasa dharmawangsa dan akhirnya berhasil. 

Pada tahun 1042 M airlangga mengundurkan diri dan menjadi seorang petapa dengan nama jatinindra atau resi jatayu. Sebelumnya, airlangga menobatkan putrinya sri sanggramawijaya tapi menolak dan ia pun menjadi seorang petapa dengan nama dewi kili suci. Akhirnya, kerajaan dibagi menjadi 2 yakni jenggala dengan ibu kota kahuripan dan panjalu yang dikenal dengan nama Kediri. Jenggala diperintah oleh garasakan dan Kediri oleh samarawijaya(keduanya terlahir dari selir).

Semasa airlangga, perekonomian berjalan dengan baik dan lancar serta banyak memperbaiki fasilitas seperti pelabuhan ujung galuh yang terletak disungai brantas sedangkan pelabuhan kembang putih dituban diberikan hak hak istimewah.

Gambar Raja Airlangga
Gambar Raja Airlangga


Peninggalan Dinasti Isyana


Suatu kerajaan tentunya akan meninggalkan peninggalan atau hasil kebudayaan yang berkembang pada saat itu. Peninggalan dari suatu kerajaan dapat berbentuk apa saja, mulai dari candi, prasati, kitab, dan sebagainya. 

Begitu juga dengan Dinasti Isyana, peninggalan Kerajaan wangsa Isyana ternyata cukup banyak. Peninggalan Dinasti Isyana pula dapat digunakan sebagai sumber sejarah Dinasti Isyana yang sangat penting. 

Dibawah ini adalah peninggalan wangsa Isyana yang dapat juga sebagai sumber sejarah Dinasti Isyana adalah sebagai berikut.
  • Salah satu kitab/serat sumber untuk mengetahui dinasti isana adalah prasasti Mpu Sindok dari Daerah Jombang bahwasannya Raja Mpu Sindok memerintah bersama permaisurinya Sri Wardhani Pu Kbin.
  • Salah satu prasasti dinasti isyana adalah Prasasti Mpu Sindok dari Daerah bangi bahwasannya Raja Mpu Sindok memerintah pembuatan suatu candi sebagai tempat pendharmaan ayahnya dari permaisurinya yaitu rakryan Bawang.
  • Prasasti Mpu Sindok Dari Daerah Nganjuk bahwasaanya Raja Mpu Sindok memerintah pembuatan candi yang bernama Jayamrata dan Jayastambho.
  • Prasasti Calcuta Raja Airlangga bahwasannya silsilah keterunan dari raja mpu sindok

Silsilah Mpu Sindok


Pendiri wangsa isyana dari kerajaan mataram kuno adalah mpu sindok. Sehingga, Kerajaan wangsa isyana ini dipimpin oleh mpu sindok dan dilanjutkan oleh keturunannya. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai silsilah mpu sindok yaitu sebagai berikut ini. 

Dibawah ini adalah silsilah mpu sindok atau silsilah dinasti isyana. Bagi sobat yang ingin dapat mengetahui mengenai silsilah kekuasaan keluar isyana dari mpu sindok dibawah ini.

Gambar Silsilah Mpu Sindok
Gambar Silsilah Mpu Sindok

Nah, itulah silsilah keturunan mpu sindok dari kerajaan dinasti isyanawangsa.


Raja Raja Dinasti Isyana 


Dibawah ini adalah daftar raja raja Dinasti Isyana. Raja raja Dinasti Isana yang memerintah sejak awal berdirinya Dinasti Isyana sampai runtuhnya Dinasti Isyana. Dinasti isyana dimulai dari raja mpu sindok sampai raja airlangga. Dimana selanjutnya Kerajaan Isyana digantikan oleh Dinasti Girindra. 

Raja raja kekuasaan dinasti isyana dipimpin oleh sebagai berikut ini.
  • Raja Mpu Sindok alias Maharaja Isyana adalah pemimpin wangsa isyana yang pertama.
  • Dinasti isyanawangsa diperintah oleh yang bergelar isyana tunggawijaya adalah Raja Sri Isyanatunggawijaya sebagai raja kedua.
  • Dinasti isyanawangsa diperintah oleh Raja Makutawangsawardhana sebagai raja ketiga.
  • Raja Dharmawangsa Teguh memerintah di Jawa dan Mahendradatta memerintah di Bali.
  • Raja Airlangga.

Rangkuman Kekuasaan Dinasti Isyana


Dibawah ini adalah rangkuman kekuasaan dinasti isyana atau rangkuman mataram kuno yang berpindah pusat pemerintahannya ke jawa timur. Rangkuman kekuasaan dinasti isyana adalah sebagai berikut ini.
  • Pada masa dinasti wangsa isyana pusat kerajaan mataram dipindahkan dari jawa tengah ke jawa timur.
  • Pendiri wangsa isana adalah Mpu Sendok. 
  • Tahun berdiri dinasti isyana adalah sekitar abad 10. sekitar tahun didirikan tersebut Dinasti Isyana mulai tumbuh. 
  • Raja pertama dinasti isyana adalah mpu sindok.
  • Kerajaan Dinasti Isyana pernah diperintah oleh seorang perempuan. Dinasti isyana wangsa diperintah oleh seorang ratu dari anak mpu sindok yang bergelar isyana tunggawijaya.
  • Di mana nama dinasti isyana didapatkan? Nama isyana diambil dari gelar mpu sendok, yakni sri maharaja rake hiro sri isanawikramatunggadewa. Nah dari mana nama dinasti isyana di dapatkan terjawab sudah. 
  • Nama-nama raja kerajaan wangsa isyana adalah Raja Mpu Sindok, Raja Sri Isyanatunggawijaya, Raja Makutawangsawardhana, Raja Dharmawangsa, dan Raja Airlangga.
  • Lokasi kerajaan wangsa isyana yang memerintah di Jawa Timur.

Pertanyaan Dinasti Isyana


  • Jelaskan nilai nilai keteladanan para pemimpin pada masa dinasti isyana!
Jawaban: nilai nilai keteladanan para pemimpin pada masa dinasti isyana adalah menjadi pemimpin yang tangguh dan bertanggung terhadap kesejahteraan rakyatnya. Selain itu, bersikap tegas juga dalam mengambil suatu keputusan. Terakhir, selalu mempertahankan dan memperjuangkan kekuasaan demi rakyat lebih sejahtera.
  • Jelaskan dinasti girindra?
Jawab : Pendiri dinasti girindra adalah sama dengan pendiri kerajaan singasari yaitu ken arok yang menjadi raja singasari yang bergelar Sri Ranggah Sang Amurwabumi dan raja pertama. munculnya ken arok sebagai raja singasari menandakan munculnya sebuah dinasti baru.

  • Apa hubungan dinasti isyana dengan munculnya kerajaan hindu budha di jawa timur?
Jawab : karena dari sinilah awal dari munculnya kerajaanhindu budha di Jawa timur seperti kerajaan singasari dan majapahit.

Nah, itulah bagaimana gambaran kekuasaan dinasti isyana. Semoga bermanfaat mengenai sejarah dinasti isyana tersebut. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung