Sumber Sejarah Kerajaan Singasari: Kitab & Prasasti

Sumber sejarah Kerajaan Singasari berasal dari kitab, prasasti, dll. Selain itu, sumber sejarah Kerajaan Singasari sebagai bukti adanya Kerajaan Singasari.

Sumber sumber sejarah Kerajaan Singasari cukup banyak. Beberapa sumber sejarah Kerajaan Singasari berasal dari kitab dan prasasti Kerajaan Singasari. Selain itu, tentunya sumber sejarah Kerajaan Singasari masih banyak lagi.

Kerajaan singasari sumber sejarahnya sangatlah penting. Hal ini karena sumber sejarah Kerajaan Singasari berisi mengenai berbagai macam tentang Kerajaan Singasari. Salah satu isi sumber sejarah Kerajaan Singasari adalah berisi mengenai silsilah Kerajaan Singasari. Selain itu, isi sumber sejarah Kerajaan Singasari masih banyak lagi lainnya.

Lantas, apa sumber sejarah Kerajaan Singasari?

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai sumber sejarah kerajaan Singasari lengkap. Selain itu, dilengkapi dengan sumber sejarah kerajaan singasari beserta gambar. Maka dari itu, baca terus artikel sumber sejarah Kerajaan Singasari adalah sebagai berikut.

Selamat Membaca!!!

Kerajaan Singasari


Kerajaan Singasari adalah kerajaan yang bercorak agama hindu di Indonesia. Kerajaan Singasari adalah salah satu kerajaan hindu budha di Indonesia yang pernah berdiri. Kerajaan singasari didirikan pada tahun 1222 oleh Ken Arok. Setelah naik tahta Ken Arok mendapat gelar. Ken Arok setelah naik tahta bergelar Sri Rajasa Bathara Sang Amurwabhumi.

Gambar Kerajaan Singasari
Gambar Kerajaan Singasari

Mulai berdirinya dan berkembangnya Kerajaan Singasari terdapat pada sumber sejarah Kerajaan Singasari. Nah, beberapa sumber sejarah Kerajaan Singasari adalah sebagai berikut ini.


Sumber Sejarah Kerajaan Singasari


Dibawah ini dikemukakan bukti-bukti sumber sejarah mengenai Kerajaan Singasari adalah sebagai berikut.

Sumber Sejarah Kerajaan Singasari Berasal Dari Kitab


Pertama, sumber sejarah kerajaan singasari dapat diperoleh dari kitab. Salah satu kitab sumber sejarah kerajaan singasari adalah Kitab Negarakertama. Selain itu, masih ada beberapa sumber sumber kerajaan singasari. Dibawah ini akan disebutkan sumber sejarah kerajaan singasari adalah sebagai berikut ini.

Kitab Pararaton Peninggalan Kerajaan Singasari


Pertama, salah satu sumber sejarah tentang kerajaan singasari adalah kitab-kitab kuno seperti Kitab Pararaton. 

Isi Kitab Pararaton Lengkap


Dibawah ini dijelaskan isi kitab pararaton adalah sebagai berikut.

Sumber sejarah kerajaan singasari berasal dari kitab pararaton yang menceritakan tentang kisah Ken Arok. Sehingga, kitab pararaton dalam sumber sejarah kerajaan singasari terdapat nama raja ken arok. Selain itu, kitab yang menjadi sumber sejarah kerajaan singasari dan majapahit adalah kitab pararaton ini.

Kitab pararaton berisi mengenai Kerajaan Singasari yang sangat banyak. Salah satunya adalah sumber sejarah kerajaan singasari dapat dipelajari dari kitab pararaton yang berisi tentang pendirian Kerajaan Singasari pada 1222 sampai 1292 Masehi. 

Selain itu, sumber sejarah kerajaan singasari adalah berasal dari kitab pararaton yang menceritakan tentang perjalanan hidup ken arok sampai akhirnya menjadi raja Kerajaan Singasari.

Kitab Pararaton Raja Raja Kerajaan Singasari


Sumber sejarah kerajaan singasari yang menceritakan tentang raja-raja singasari adalah kitab pararaton. Nah, dibawah ini versi silsilah raja Kerajaan Singasari adaah sebagai berikut.
  • Ken Arok (1222-1247)
  • Anusapati (1247-1249)
  • Tohjaya (1249-1250)
  • Ranggawuni atau dikenal juga Wisnuwardhana (1250-1272)
  • Kertanagara (1272-1292)
Selain itu, sumber sejarah pada masa kerajaan singasari yang menceritakan tentang kerajaan Singasari dari awal sampai runtuhnya masih banyak lagi. 

Nah, diatas telah dijelaskan sumber sejarah kerajaan singasari dari kita pararaton lengkap. Selanjutnya, kitab negarakertagama sebagai sumber sejarah kerajaan singasari yaitu sebagai berikut.

Gambar Kitab Pararaton Dan Negarakertagama
Gambar Kitab Pararaton Dan Negarakertagama

Kitab Negarakertagama Peninggalan Kerajaan Singasari


Kedua, sumber utama sejarah berdirinya kerajaan singasari adalah kitab negarakertagama. Kitab negarakertagama ditulis oleh Mpu Prapanca. Kitab negarakertagama ditulis pada masa pemerintahan Hayam Wuruk dari Kerajaan Majapahit. 

Walaupun begitu, Kitab Negarakertagama berisi tentang Kerajaan Singasari pula. Sehingga, tidak hanya menceritakan tentang majapahit saja. Kitab negarakertagama ditulis pada tahun 1365.


Isi Kitab Negarakertagama Karya Mpu Prapanca


Kitab negarakertagama menceritakan tentang Kerajaan Singasari didirikan pada tahun 1222 oleh Ken Arok yang dipuja sebagai dewa siwa. Kerajaan Singasari beribukota di Kutaraja. Wilayah kekuasaan Kerajaan Singasari pada saat Raja Kertanegara berkuasa adalah Bali, Melayu, Pahang, Gurun, dan Bakulapura. 

Selain itu, isi kita negarakertagama tentang masa pemerintahan secara bersamaan antara raja Wisnuwardhana dengan Narasingamurti. Terakhir, kitab negarakertagama berisikan tentang silsilah raja Kerajaan Singasari adalah sebagai berikut.
  • Rangga Rajasa Sang Girinathaputra (1222-1227)
  • Anusapati (1227-1248)
  • Wisnuwardhana (1248-1254)
  • Kertanegara (1254-1292).
Nah, itulah mengenai sumber sejarah kerajaan singasari berasal dari kitab. Selanjutnya, disebutkan prasasti-prasasti yang menjadi sumber sejarah kerajaan singasari adalah sebagai berikut.

Sumber Sejarah Prasasti Kerajaan Singasari


Selain, sumber sejarah dari kerajaan singasari berupa kitab pararaton menceritakan tentang Kerajaan Singasari. Terdapat sumber sejarah Kerajaan Singasari lainnya yang menceritakan tentang Kerajaan Singasari. Salah satu sumber sejarah Kerajaan Singasari selain berasal dari kitab adalah prasasti.

Nah, dibawah ini disebutkan prasasti-prasasti yang menjadi sumber sejarah kerajaan singasari adalah sebagai berikut.

Prasasti Padang Roco


Prasasti padang roco adalah prasasti yang diberikan kepada Raja Kerajaan Melayu Dharmasraya dari Raja Sri maharajadhiraja Kertanagara Wikrama Dharmmotunggadewa yang merupakan Raja Kerajaan Singasari. 

Prasasti padang roco berangka tahun 1286 Masehi. Prasasti padang roco ditemukan di hulu sungai Batanghari, kompleks percandian Padangroco, nagari Siguntur, kecamatan Sitiung, kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat.

Gambar Prasasti Padang Roco
Gambar Prasasti Padang Roco

Isi Prasasti Padang Roco


Prasasti padang roco menceritakan tentang bahwasannya harapan dari Kerajaan Singasari terhadap Kerajaan Melayu Dharmasraya. Harapan tersebut berisi mengenai kebahagiaan dan keselamatan untuk seluruh masyarakat Kerajaan Melayu di Sumatra.


Prasasti Kudadu Kerajaan Singasari


Prasasti kudadu berasal dari Kerajaan Singasari, sehingga menjadi salah satu sumber sejarah kerajaan Singasari. Prasasti Kudadu ditemukan di Gunung Butak. Selain itu, prasasti Kudadu berangka tahun 1216 saka atau 1294 M.

Isi Prasasti Kudadu


Prasasti Kudadu berisi tentang sebuah pemberian anugerah yang diberikan oleh Raja Kertarajasa Jayawardhana kepada Pejabat Desa Kudadu. Anugerah tersebut adalah Desa Kudadu sebagai Sima. Alasan pemberian anugerah tersebut dilandasi karena telah berjasa membantu Raden Wijaya saat dikejar oleh pasukan Jayakatwang dalam peristiwa pemberontakan Jayakatwang kepada Singasari.

Prasasti Singasari


Terakhir, sumber sejarah kerajaan singasari yaitu prasasti Singasari. Prasasti Singasari dikenal juga dengan Prasasti Gajah Mada. Prasasti Singasari ditemukan di Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Prasasti Singasari berangka tahun 1351 Masehi. Prasasti Singasari dilaksanakan oleh Mahapatih Gajah Mada.

Gambar Prasasti Singasari
Gambar Prasasti Singasari

Isi Prasasti Singasari


Prasasti Singasari berisi tentang kenangan pembangunan caitya atau monemun penghormatan yang diberikan kepada para Brahmana dan Raja Kertanegara. Para brahmana dan raja kertanegara gugur saat terjadinya pemberontakan Jayakatwang di Kerajaan Singasari.

Nah, itulah disebutkan sumber sejarah yang dimiliki oleh kerajaan singasari yaitu prasastinya. 

Sumber Sejarah Kerajaan Singasari Dari Berita Asing


Selain sumber sejarah kerajaan singasari berasal dari kitab dan prasasti, terdapat juga sumber sejarah kerajaan singasari dari luar negeri. Sumber sejarah kerajaan singasari dari luar negeri yaitu catatan Cina.

Catatan Bangsa Cina Tentang Kerajaan Singasari


Catatan bangsa Cina mengenai Kerajaan Singasari adalah bahwasannya Singasari adalah kerajaan maritim. Kerajaan Singasari melakukan perdagangan dengan Cina pada saat itu. Pada pedagang Cina tersebut mencatatnya dalam berbagai buku di Cina. 

Selain mengenai Kerajaan Singasari adalah kerajaan maritim. Terdapat catatan ekspedisi mengenai penaklukan Singasari yang dikirimkan oleh Kaisar Kubilai Khan dari dinasti Yuan.

Nah, itulah mengenai sumber sejarah Kerajaan Singasari lengkap dari kitab, prasasti, dan catatan luar negeri. Semoga materi sumber sejarah Kerajaan Singasari ini dapat menambah pengetahuan sobat semuanya.

Jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung