Manfaat Mempelajari Sejarah: CP Hill, Nugroho, Sartono K

Kegunaan mempelajari sejarah menurut para ahli seperti C.P. Hill, nugroho notosusanto, dan sartono kartodirjo lengkap dengan dilengkapi ciri ciri sejarah.

Manfaat belajar ataupun mempelajari sejarah secara umum atau sebagai ilmu sangatlah bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, kita dapat mengaplikasikan cara berpikir kronologis agar lebih terarah kehidupan kita. Fungsi sejarah sendiri adalah ilmu, pendidikan dan sebagainya. Selengkapnya ayo baca artikel kegunaan mempelajari sejarah menurut C.P. Hill ini sampai selesai. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai keguanaan mempelajari sejarah menurut C.P. Hill secara lengkap. Selain itu, terdapat kegunaan mempelajari sejarah menurut nugroho notosusanto, dan sebagainya. Selengkapnya yuk baca sampai selesai artikel ini.

Selamat membaca!!!

Manfaat Mempelajari Sejarah


Apa manfaat kita mempelajari sejarah? Dibawah ini akan dijelaskan manfaat sejarah menurut para ahli.

Manfaat mempelajari sejarah tentunya sangat banyak. Dengan belajar sejarah, kita akan lebih tahu dan mengenal lebih luas akan apa yang pernah terjadi di masa silam. Sehingga, kita daat mencegah hal serupa yang pernah terjadi di masa silam untuk masa sekarang dan masa depan. 

Manfaat Mempelajari Sejarah
Manfaat Mempelajari Sejarah

Manfaat atau kegunaan mempelajari sejarah banyak dikemukakan oleh parah ahli. Beberapa kegunaan sejarah menurut para ahli diantaranya seperti kegunaan sejarah menurut c.p hill dan nugroho notosusanto. Mereka mengungkapkan berbagai kegunaan sejarah yang amat penting. 

Lantas, apa saja kegunaan sejarah menurut para ahli tersebut? Dibawah ini akan disebutkan manfaat mempelajari sejarah secara lengkap menurut para ahli.

Manfaat Dan Kegunaan Sejarah Menurut CP Hill


Pertama mengenai manfaat mempelajari sejarah menurut para ahli, dibawah ini akan disebutkan kegunaan sejarah menurut cp hill secara lengkap.

Pengertian sejarah menurut c.p hill tertuang didalam beberapa poin dalam kegunaan sejarah menurutnya. Dibawah ini akan disebutkan kegunaan dari mempelajari sejarah kehidupan menurut cp hill secara lengkap. Hal ini agar sobat semua mengetahui apa si kegunaan sejarah menurut CP Hill tersebut. 

Berikut ini yang merupakan manfaat mempelajari sejarah bagi peserta didik menurut cp hill adalah dibawah ini.
  • Salah satu kegunaan sejarah menurut cp hill adalah unik. Unik yaitu dapat memuaskan rasa ingin tahu karena dapat membangkitkan kekaguman tentang kehidupan manusia masa lampau, kehidupan para tokoh, perbuatan, dan cita-cita.
  • Kedua, disebutkan kegunaan dari mempelajari kehidupan menurut cp hill adalah melalui pengajaran sejarah dapat diabndingkan kehidupan zaman sekarang dengan masa lampau.
  • Melalui pengajaran sejarah dapat diwariskan kebudayaan umat manusia.
  • Lewat pengajaran sejarah disekolah-sekolah dapat membantu mengemabngkan cinta tanah air dikalangan para siswa.
Nah, itulah telah disebutkan kegunaan dari mempelajari sejarah kehidupan menurut c.p.hill secara lengkap. Semoga dapat menambah pengetahuan sobat mengenai apa yang telah disebutkan kegunaan mempelajari sejarah kehidupan menurut cp hill.

Setelah menjelaskan kegunaan sejarah menurut CP Hill. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai manfaat mempelajari ilmu sejarah menurut Nugroho Notosusanto. 


Kegunaan Sejarah Menurut Nugroho Notosusanto


kegunaan sejarah menurut sartono kartodirdjo dengan mempelajari sejarah diharapkan dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari pengalaman masa lampau. 

Selain itu, kegunaan ilmu sejarah menurut Nugroho Notosusanto mengungkapkan bahwa dengan mempelajari sejarah akan memiliki wawasan sejarah karena dapat mengkonsepkan proses sejarah yang berguna untuk mengantisipasi masa depan. 

Selain, kedua hal diatas menurut nugroho notosusanto apa manfaat belajar sejarah terbagi lagi menjadi lima. Dibawah ini kegunaan mempelajari ilmu sejarah menurut nugroho notosusanto adalah sebagai berikut ini.
  • Fungsi mempelajari sejarah adalah memberikan kesadaran waktu, bahwa sejarah itu bergerak dari masa lampau kemasa kini dan kemasa depan.
  • Memberi pelajaran, karena generasi berikutnya dapat belajar nilai-nilai positif atau negative dari masa lalu. Ucapan:”Belajarlah dari sejarah”. Salah satu disebutkan kegunaan mempelajari sejarah secara umum.
  • Sumber inspirasi (ilham), karena dapat menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotism serta cinta tanah air.
  • Memberikan ketegasan identitas nasional dan kepribadian suatu bangsa, Karena itu unik dan berbeda.
  • Memberikan hiburan, karena kita dapat mempelajari sejarah Negara-negara didunia, seperti kita bertamasya terhadap Negara tersebut.
Nah, itulah telah dijelaskan 5 manfaat belajar sejarah menurut nugroho notosusanto. Setelah kita mempelajari kegunaan sejarah menurut nugroho notosusanto. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai apa kegunaan sejarah menurut sartono kartodirdjo secara lengkap. Dibawah ini disebutkan kegunaan mempelajari sejarah kehidupan menurut sartono kartodirdjo.

Kegunaan Sejarah Menurut Sartono Kartodirdjo


Apa kegunaan sejarah berkaitan dengan pengajaran menurut sartono kartodirdjo? Nah, dibawah ini akan disebutkan kegunaan dari mempelajari sejarah kehidupan menurut sartono kartodirdjo secara lengkap.

Kegunaan atau fungsi sejarah menurut sartono kartodirdjo adalah bahwa sejarah mempunyai kegunaan genetis dan dikdatis dengan pengetahuan sejarah bermaksud agar generasi berikut dapat megambil hikmah dan pelajaran serta suri tauladan dari nenek moyang.

Kegunaan Belajar Sejarah Bagi Kehidupan Manusia Menurut Sartono Kartodirdjo


Mungkin ada yang bertanya mengenai lebih lanjut mengenai menurut sartono kartodirdjo terdapat beberapa kegunaan sejarah bagi kehidupan manusia sebutkan! Menurut satono kartodirdjo kegunaan sejarah bagi kehidupan manusia adalah sebagai berikut ini yang berjumlah 6 kegunaan sejarah.

Gambar Sartono Kartodirdjo
Gambar Sartono Kartodirdjo
  • Pertama, menurut sartono kartodirdjo sejarah mempunyai kegunaan memberikan kesadaran waktu.
  • Kedua, disebutkan kegunaan sejarah bagi kehidupan manusia menurut sartono kartodirdjo adalah sejarah memberikan pelajaran yang baik.
  • Ketiga, kegunaan atau fungsi belajar sejarah mempertebal rasa kebangsaan (nasionalisme)
  • Sejarah memberikan ketegasan identitas nasionaldan kepribadiansuatu bangsa.
  • Sejarah sebagai sumber inspirasi atau inspiratif. kegunaan sejarah inspiratif, Inspiratif artinya sejarah berguna untuk dijadikan bahan inspirasi dalam kehidupan, baik pribadi maupun sosial.
  • Sejarah sebagai sarana rekreaktif.
Nah, itulah apa kegunaan mempelajari sejarah menurut sartono kartodirdjo. Dimana diatas disebutkan kegunaan sejarah menurut sartono k, bagi kehidupan manusia kedepannya.

Kegunaan Sejarah Secara Intrinsik Dan Ekstrinsik


Dibawah ini 4 manfaat sejarah secara intrinsik antara lain sebagai berikut.
  • Sejarah berfungsi sebagai sebuah ilmu.
  • Sejarah berfungsi sebagai sebuah pernyataan pendapat.
  • Sejarah berfungsi sebagai sebuah profesi (sejarawan).
  • Sejarah berfungsi sebagai cara/alat untuk mengetahui masa yang telah lampau.
Kegunaan sejarah secara ekstrinsik antara lain sebagai berikut ini.
  • Sejarah sebagai pendidikan suatu moral.
  • Sejarah sebagai pendidikan kebijakan.
  • Sejarah sebagai pendidikan perubahan.
  • Sejarah sebagai pendidikan masa depan.
  • Sejarah sebagai bukti suatu perbuatan.

Ciri Ciri Sejarah Sebagai Ilmu


Dibawah ini ciri ciri sejarah sebagai ilmu adalah sebagai berikut.
  • Empiris, yaitu hasil pengalaman manusia
  • Objek, yaitu  agar objek dapat diteliti
  • Teori, yaitu agar dapat mendukung teori argument yang kita punya
  • Metode, yaitu mempunyai metode sehingga bisa direplikasi

Pertanyaan Tentang Kegunaan Sejarah


Beberapa pertanyaan tentang kegunaan sejarah adalah sebagai berikut ini.
  • Sebutkan kegunaan dari mempelajari sejarah kehidupan menurut sartono kartodirjo !
Jawaban: Dibawah ini akan dijelaskan manfaat sejarah menurut sartono kartodirdjo adalah sebagai berikut.

Manfaat sejarah menurut sartono kartodirdjo mengatakan bahwa sejarah mempunyai kegunaan genetis dan dikdatis dengan pengetahuan sejarah bermaksud agar generasi berikut dapat megambil hikmah dan pelajaran serta suri tauladan dari nenek moyang.

Nah, itulah apa manfaat mempelajari sejarah indonesia. Semoga setelah mempelajari manfaat belajar sejarah menurut para ahli dapat menambah pengetahuan anda semuanya.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung