Jenis Kebutuhan Menurut Intensitasnya Dan Contohnya

Jenis kebutuhan menurut intensitasnya terbagi menjadi 3 yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Salah satunya contoh kebutuhan sekunder adalah mobil.

Macam macam kebutuhan manusia terbagi menjadi beberapa macam. Macam-macam kebutuhan manusia adalah menurut intesitas, waktu pemenuhan, sifat, dan subjeknya. Setiap macam-macam kebutuhan manusia memiliki contohnya. Bahkan, tanpa disadari kita memiliki barangnya loh. Salah satunya contoh kebutuhan menurut intensitasnya adalah kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Nah, kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas jenis kebutuhan menurut intensitasnya dan contohnya. Maka dari itu, yuk baca artikel ini sampai akhir.

Materi ini berisi mengenai sebagai berikut.
  • Pengertian kebutuhan manusia.
  • Macam macam kebutuhan manusia.
  • Kebutuhan primer.
  • Kebutuhan sekunder.
  • Kebutuhan tersier.
  • Dll.

Selamat Membaca!!!

Pengertian Kebutuhan Manusia


Kebutuhan manusia adalah kebutuhan yang diperlukan oleh manusia untuk berlangsungnya hidup. Kebutuhan manusia banyak macamnya. Jenis jenis barang dan jasa yang dibutuhkan manusia sangatlah beragam. Namun, macam macam barang dan jasa tersebut dapat dikelompokkan menjadi beberapa kebutuhan macam-macam barang dan jasa.


Gambar Kebutuhan Manusia
Gambar Kebutuhan Manusia

Macam Macam Kebutuhan Manusia


Menurut kebutuhan barang dan jasa, kebutuhan jenis-jenis barang dan jasa dapat dikelompokkan menjadi 4 kebutuhan yaitu sebagai berikut ini.
  • Pertama, jenis jenis kebutuhan adalah kebutuhan menurut intensitasnya terbagi menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Salah satu contoh kebutuhan manusia menurut intensitasnya adalah kebutuhan sekunder seperti motor.
  • Kedua, jenis-jenis kebutuhan adalah kebutuhan menurut waktu dibagi menjadi dua yaitu kebutuhan sekarang dan kebutuhan mendatang. Salah satunya adalah makan disaat lapar, minum disaat haus, dan tidur disaat mengantuk adalah contoh dari kebutuhan sekarang. Sedangkan, contoh kebutuhan jasa dalam kebutuhan sekarang adalah ketika sakit, pergi ke dokter.
  • Ketiga, jenis jenis kebutuhan adalah kebutuhan menurut sifatnya dibagi menjadi kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Salah satu contoh kebutuhan menurut sifatnya adalah kebutuhan rohani seperti ibadah. Selain itu, contoh jenis kebutuhan menurut sifatnya dalam kebutuhan jasmani adalah olahraga.
  • Terakhir, jenis jenis kebutuhan adalah kebutuhan menurut subjek terbagi dua yaitu kebutuhan individu dan kebutuhan sosial. 
Nah, diatas telah disebutkan jenis jenis kebutuhan dan contohnya. Selanjutnya, kita akan membahas lebih detail mengenai macam macam kebutuhan menurut intensitasnya seperti judul artikel ini.

Macam Macam Kebutuhan Menurut Intensitasnya Dan Contohnya


Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwasannya macam macam kebutuhan menurut intensitasnya dibagi 3 yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Kebutuhan yang paling penting dan dasar yang harus dimiliki pertama adalah kebutuhan primer. Selanjutnya, kebutuhan sekunder dan barulah kebutuhan tersier. 


Dibawah ini dijelaskan macam-macam kebutuhan menurut intensitasnya dan berikan contohnya adalah sebagai berikut.

Kebutuhan Primer


Apa itu kebutuhan primer?

Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok atau dasar yang wajib dipenuhi oleh manusia. Hal ini karena kebutuhan primer sangatlah berperan penting. Tanpa kebutuhan primer yang cukup, manusia akan sulit dalam menjalani aktifitas kehidupannya. 

Contoh kebutuhan primer adalah sebagai berikut ini.
  • Pangan.
  • Sandang.
  • Papan.

Gambar Kebutuhan Primer
Gambar Kebutuhan Primer

Penjelasan terkait contoh kebutuhan primer dibawah ini.

Kebutuhan Pangan Manusia


Kebutuhan pangan adalah kebutuhan akan tubuh manusia. Hal ini karena pangan menjadi bahan pokok atau dasar manusia yang harus dipenuhi. Contoh kebutuhan pangan adalah nasi, sayuran, buah buahan, daging, susu, telur, dan sebagainya.

Kebutuhan Sandang Manusia


Selanjutnya, kebutuhan sandang manusia merupakan kebutuhan pokok manusia atau primer. 

Kebutuhan sandang adalah kebutuhan akan pakaian atau kain yang menutupi tubuh manusia. Hal ini dilakukan sebagai manusia yang berbudaya tentunya harus menggunakan pakaian untuk menutupi tubuhnya tersebut. Selain itu, manfaat sandang atau pakaian yang dikenakan sangat banyak, seperti melindungi dari pancaran matahari, luka, dan sebagainya. 

Contoh kebutuhan sandang adalah pakaian, celana, jaket, kaos dalam, celana dalam, switer, dan sebagainya.


Kebutuhan Papan Manusia


Kebutuhan papan adalah kebutuhan akan tempat tinggal. Salah satu kebutuhan primer adalah kebutuhan papan atau tempat tinggal yang harus dimiliki oleh manusia. Hal ini karena tempat tinggal akan menjadi tempat berlindung, beristirahat, dan sebagainya. Contoh kebutuhan papan adalah rumah, perumahan, rumah susun, dan sebagainya.

Kebutuhan Sekunder


Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder berkaiatan dengan usaha menciptakan kebahagiaan tambahan pada seseorang. Namun, kebutuhan sekunder tentunya dapat ditunda terlebih dahulu sampai kebutuhan primer terpenuhi semua dengan baik. 

Contoh kebutuhan sekunder adalah motor, mobil, handphone, meja, kursi, tempat tidur, dan sebagainya.

Kebutuhan Tersier


Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang berkaitan dengan menciptakan suara gengsi dan harga diri pada seseorang. Kebutuhan tersier adalah termasuk kebutuhan yang dapat ditunda setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Hal ini karena kebutuhan tersier adalah kebutuhan akan barang - barang mewah dan bermerek mahal. Selain itu, kebutuhan tersier ini sama sekali tidak mengancam kelangsungan hidup manusia.

Gambar Kebutuhan Tersier
Gambar Kebutuhan Tersier

Contoh kebutuhan tersier adalah mobil mewah, kapal pesiar, jet pribadi, motor sport yang mahal, laptop mewah yang mahal, dan sebagainya. 

Nah, itulah jenis kebutuhan menurut intensitasnya dan contohnya telah disebutkan secara lengkap. Semoga artikel jenis jenis kebutuhan menurut intensitasnya dan contohnya ini dapat menambah pengetahuan sobat semuanya. 

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.


 Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung