Pengertian Pasar Tradisional Dan Modern Beserta Contohnya Dan Gambarnya - Pengertian Dan Contohnya

Pengertian Pasar Tradisional Dan Modern Beserta Contohnya Dan Gambarnya Meliputi Pengertian, Contohnya, Kelebihan, Kekurangan, Pengertian Menurut Ahli, Letak, Dan Gambarnya

Pengertian Pasar Tradisional Dan Modern Beserta Contohnya Dan Gambarnya - Pengertian Dan Contohnya

Pengertian Pasar Tradisional Dan Modern Beserta Contohnya Dan Gambarnya - Pengertian Dan Contohnya

(Gambar Pasar)

Pengertian pasar tradisional dan contohnya – pasar tradisional adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual dan terjadi transaksi jual beli dan tawar menawar sesuatu. Contonya, pasar jamblang, pasar sumber dan pasar minggu. Contoh pasar modern dan pasar tradisional :
  1. Contoh Pasar Tradisional
  • Pasar jamblang
  • Pasar Minggu
  • Pasar tegalgubuk
  • Pasar sumber
  1. Pasar Modern
  • Alfamart
  • Indomart
  • Surya
  • Gyant
  • Griya Toserba
Pengertian pasar modern - pasar modern adalah tempat bertemunya penjua dan pembeli akan tetapi tidak ada tawar menawar antara penjua dan pembeli karena harga telah ditetapkan.
Perbedaan pasar modern dan pasar tradisional :
kelebihan dan kekurangan pasar modern :
  1. Kelebihan pasar modern
  • Tempatnya bersih dan nyaman
  • Barang-barang tertata rapih dan tempatnya pun
  • Menyediakan berbagai macam kebutuhan mulai dari barang daam negeri sampai barang ekspor
  1. Kekurangan pasar modern
  • Tidak terjadi transaksi tawar menawar
  • Terjadinya transaksi tidak langsung antara penjual dan pembeli
kelebihan dan kekurangan pasar tradisional
  1. Kelebihan pasar tradisional
  • Terjadinya transaksi tawar menawar antara pedagang dan pembeli
  • Terjadinya transaksi secara langsung dengan pedagang
  • Barang – barang yang tersedia lengkap
  1. Kekurangan pasar tradisional
  • Tempatnya kotor dan becek
  • Pengemasan barang – barangnya kurang baik
  • Beberapa makanan dan barang – barangnya berkuaitas baik
  • Makanannya biasanya tanpa mengandung bahan pengawet
pengertian pasar tradisional dan pasar modern menurut para ahli dan pengertian pasar tradisional menurut para ahli :
1. William J. Stanton, pasar adalah sekumpulan orang yang ingin meraih kepuasan dengan   menggunakan uang untuk berbelanja, serta memiliki kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.

2. Kotler dan Amstrong, pasar adalah sejumlah pembeli aktual dan juga potensial dari sebuah produk atau jasa. Besarnya pasar tergantung pada jumlah orang yang punya kebutuhan dan mau melakukan transaksi.

3. Simamora, Pasar adalah sekumpulan orang yang memiliki kebutuhan dan keinginan terhadap produk tertentu, memiliki kemampuan dan kemauan untuk membeli produk tersebut, dan memiliki kesempatan untuk memutuskan membeli sebuah produk.

4. Handri Ma’aruf, pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli, dimana terjadi interaksi permintaan dan penawaran antara penjual dan pembeli hingga terjadi transaksi jual dan beli.

5. Atep Adya Barata, pasar adalah tempat dimana berkumpulnya penjual dan calon pembeli, baik secara langsung maupun tak langsung saling berhubungan melaksanakan pertukaran, baik barang maupun jasa.

6. Dr. Winardi SE, pasar adalah sebuah tempat dimana secara ideal harga-harga pada waktu tertentu adalah sama untuk semua penjual dan pembeli.

7. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pasar adalah sekumpulan orang yang melakukan kegiatan transaksi jual-beli. Pasar merupakan sebuah tempat untuk kegiatan jual-beli yang diselenggarakan oleh sebuah organisasi atau perkumpulan dengan maksud untuk mencari derma.

Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual dan terjadnya transaksi jual beli. Peran pasar, yaitu :
  1. Pasar sebagai tempat menjual barang/jasa
  2. Pasar sebagai tempat untuk menawarkan barang-barang yang baru/langka/promosi
  3. Pasar dapat meningkatkan kegiatan perekonomian
  4. Pasar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat
  5. Pasar dapat meningkatkan pendapatan perkapita
  6. Pasar menumbuhkan kreativitas masyarakat dalam menjual barang/jasa
  7. Pasar sebagai tempat pendistribusian barang/jasa
  8. Pasar memperlancar arus barang/jasa dan uang
  9. Pasar membantu meningkatkan penerimaan
Kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi agar tidak mengganggu kelangsungan hidup. Contoh, ketika kita lapar kita harus makan, jika kita tidak makan-makan juga maka kita akan sakit, ketika kita sakit maka segeralah minum obat agar kita cepat sembuh, dll.

Keinginan adalah sesuatu yang tidak harus dipenuhi karena tidak mengganggu kelangsungan hidup. Contoh, jika rumah kita tidak jauh dari sekolah bahkan tetangga dengan sekolah maka tidak perlu menggunakan sepeda ataupun motor bahkan mobil, ketika kita tidak memerlukan HP maka tidaklah usah digunakan, dll.
  1. Kebutuhan Primer adalah kebutuhan yang pertama harus dipenuhi yaitu sandang(pakaian), pangan(makanan), dan papan(rumah). Kebutuhan primer disebut juga dengan kebutuhan pokok, kebutuhan yan harus dipenuhi terlebih dahulu dibanding dengan kebutuhan yang lain.
                                                                 
  1. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpeuhi semua. Kebutuhan sekunder sifatnya di pokok atau harus karena hanya untuk melengkapi kebutuhan saja. Contohnya mobil, motor, laptop, dan kulkas.

  1. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder sudah terpenuhi. Kebutuhan tersier memiliki sifat yang sama dengan kebutuhan sekunder. Orang yang memenuhi kebutuhan tersier hanya mereka yang memiliki lebihan uang saja. Contoh : mobil mewah, motor mewah, dan laptop mewah

Produksi adalah proses kegiatan yang menghasilkan dan menambah nilai guna terhadap barang dan jasa. Dalam produksi maka akan menghasilkan suatu barang atau jasa yang bermanfaat untuk masayarakat. Contoh suatu perusahaan membuat atau menghasilkan mobil yang bermanfaat untuk masyarakat luas, tentunya jika kita ingin memiliki mobil harus beli terlebih dahulu ^_^. Kalau menambah nilai guna maksudnya, suatu perusahaan menambah nilai guna suatu mobil yang tadinya hanya mengangkut manusia maka ditambahkan dengan dapat mengangkut barang. Contoh lain dari menambah nilai guna yaitu pada awalnya donat hanya memiliki rasa cokelat tetapi selanjutnya donat memiliki rasa yang lainnya.
Distribusi adalah proses kegiatan yang menyalurkan barang / jasa dari produsen ke konsumen. Kegiatan distribusi biasanya dilakukan oleh sopir truk, tukang pos dan sebagainya yang mengantarkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Contoh, perusahaan beras memngirim berasnya menggunakan truk untuk sampai ke konsumen atau sebuah took yang memesan beras tersebut untuk dijual ke masyarakat.
Konsumsi adalah proses kegiatan manusia menggunakan dan atau menghabiskan barang / jasa. contoh kita menggunakan kendaraan bermotor, menghabiskan sarapan pagi dll.

Terimakasih atas kunjungannya dan Membaca artikel ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri Ciri Kehidupan Zaman Megalitikum Dan Perundagian

Biografi Sunan Muria Lengkap - Tanggal lahir, Cara Dakwah, Jasa jasa

Biografi Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) - Tanggal Lahir, Metode Dakwah, Kisah