Biografi Sunan Gresik Lengkap: Tanggal,Silsilah,Karya

Biografi Sunan Gresik lengkap dari tanggal lahir, nama asli, anak, silsilah, peninggalan, wafat, makan, dan Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim.

Siapa si yang tidak mengenal dengan Sunan Gresik. Sunan Gresik adalah Wali songo yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Sunan Gresik berasal dari Negara Indonesia dalam daerah penyebaran agam Islam. Namun, beberapa riwayat mengetakan bahwasannya sunan gresik dilahirkan di samakundy yang merupakan asal daerah Sunan Gresik. Sunan Gresik menyebarkan Islam di daerah Leran, Gresik, Jawa Timur.

Pada kesempatan kali ini, Blog Pelajaran Sekolah akan membahas mengenai biografi Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) lengkap. Yuk, baca artikel bioragfi atau riwayat hidup sunan gresik sampai selesai untuk mengetahui seputar informasi biografi lengkap Sunan Gresik.

Selamat Membaca!!!

Artikel ini berisi tentang sebagai berikut ini.
  • Biografi Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik
  • Tempat tanggal lahir sunan gresik.
  • Dimana Sunan Gresik lahir.
  • Tempat dakwah sunan gresik.
  • Metode dakwah Maulana Malik Ibrahim.
  • Peninggalan dari sunan gresik

Biografi Tentang Sunan Gresik 


Sunan Gresik merupakan ulama sekaligus sebagai salah satu sunan walisongo yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa, Indonesia. Nama Sunan Gresik sangat populer dengan nama sunan lainnya. Nah, selengkapnya mengenai biografi Sunan Gresik singkat namun singkat tentang tanggal lahir, metode dan tempat dakwah, karomah, peninggalan, karya dan gambarnya dibawah ini. 

Gambar Sunan Gresik
Gambar Sunan Gresik atau Foto Sunan Gresik Maulana Malik Ibrahim

Dijelaskan biografi singkat sunan gresik agar sobat semua mengetahui mengenai Sunan Gresik bertambah banyak. Biodata Sunan Gresik secara lengkap adalah sebagai berikut ini.


Nama Asli Sunan Gresik 


Mungkin dari kita ada yang belum tahu, siapa nama asli dari Sunan Gresik. Padahal kita tahu betul siapa beliau. Lantas, siapakah nama asli Sunan Gresik, nama asli sunan gresik adalah sebagai berikut.

Sunan Gresik nama aslinya adalah Maulana Malik Ibrahim. Selain itu, Sunan Gresik memiliki nama lengkap yang lainnya loh. Sunan Gresik nama lengkap lainnya adalah Maulana Maghribi.

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai tempat kelahiran sunan gresik.

Tempat Dan Tanggal Lahir Sunan Gresik 


Dimanakah Sunan Gresik lahir (ttl Sunan Gresik)?

Diperkirakan tempat lahir Sunan Gresik di Samarkandy. Sunan Gresik lahir di wilayah Samarkandy adalah suatu daerah yang berada di wilayah Asia. Nah, itulah tempat sunan gresik lahir dimana. Sedangkan, tanggal lahir sunan gresik adalah pada awal abad ke 14, tetapi tahun lahir sunan gresik masih belum dapat dipastikan dengan tepat. Sehingga, apabila sudah ada info valid mengenai tahun kelahiran sunan gresik, maka akan diinformasikan atau diupdate.

Nah, itulah mengenai daerah kelahiran sunan gresik atau tanggal lahir sunan maulana malik ibrahim. Selanjutnya kita akan mengetahui siapa nama ayah dan ibu sunan gresik.

Tempat Tinggal Sunan Gresik


Temapat tinggal Sunan Gresik selama menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa, Beliau menetap di daerah Leran, Gresik, Jawa Timur.

Orang Tua Sunan Gresik 


Siapakah nama kedua orang tua Sunan Gresik?

Orang tua sunan gresik bernama Jamaluddin Akbar Al-Husaini yang merupakan nama ayah sunan gresik. Sedangkan, nama ibu sunan gresik kami belum mendapatkan informasinya.

Nah, itulah siapa nama orang tua Sunan Gresik.

Istri Dari Sunan Gresik


Nah, setelah mengetahui siapa nama orang tua sunan gresik. Lantas, siapa istri sunan gresik? 

Istri Sunan Gresik bernama Siti Fathimah binti Ali Nurul Alam Maulana Israil. Istri Sunan Gresik berasal dari keturunan Raja Champa Dinasti Azmatkhan 1.

Anak Sunan Gresik


Sunan Gresik dan Istrinya yang bernama Siti Fathimah binti Ali Nurul Alam Maulana Israil dikarunai beberapa anak. Siapa saja anak Sunan Gresik?

Anak Sunan Gresik terdiri dari dua orang anak yang bernama sebagai berikut.
  • Sunan Ampel
  • Ali Murthada
Selanjutnya dari biografi sunan maulana malik ibrahim atau sunan gresik adalah tentang silsilahnya adalah sebagai berikut ini.

Silsilah Sunan Gresik Lengkap


Dibawah ini gambar silsilah keluarga Sunan Gresik agar sobat mengetahui asal usul dan keturunan Sunan Gresik adalah sebagai berikut.

Gambar Silsilah Sunan Gresik
Gambar Silsilah Sunan Gresik

Nah, itulah silsilah sunan gresik yang dapat sobat lihat digambar diatas tersebut. Semoga bermanfaat.

Daerah Penyebaran Sunan Gresik


Daerah pertama yang menjadi daerah penyebaran Sunan Gresik adalah wilayah Leran, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur. Daerah Leran dulunya bernama Sembalo dan wilayah Leran ini berjarah 9 Kilometer sebelah utara Kota Gresik.


Metode Berdakwah Sunan Gresik 


Bagaimana metode dakwah Sunan Gresik? Dalam berdakwah yang dilakukan oleh Sunan Gresik, Sunan Gresik melakukan beberapa metode. Lantas, apa metode dakwah Suna Gresik tersebut?
  • Dengan cara bergaul dengan masyarakat luas. Sunan Gresik ketika sampai didaerahnya yang dituju tidak begitu saja menyebarkan agama Islam. Melainkan beliau bergaul dengan masyarakat sekitar tersebut. Bersikap ramah tamah, sopan, dan sebagainya terhadap masyarakat di daerah tersebut. Alhasil banyak masyarakat yang tertarik untuk masuk agama Islam karena sikap Sunan Gresik tersebut.
  • Dengan cara berdagang. Selanjutnya Sunan Gresik mulai berdagang agar dapat bertemu dengan banyak orang. Sunan Gresik berdagang di wilayah pelabuhan, dimana pada waktu itu pelabuhan adalah salah satu daerah yang sangat ramai karena banyaknya orang berlalu lalang dari berdagang, menaikan dan menurunkan barang dari kapal dan sebagainya. 
  • Dengan cara membuka pondok pesantresn dan pengobatan gratis kepada masyarakat luas. Hal ini jugalah yang mendukung penyebaran agama Islam semakin mudah dan cepat tersebar pada waktu itu.

Hasil Karya Sunan Gresik


Sunan Gresik memiliki beberapa karya yang terkenal. Beberapa karya tersebut pada bidang kesenian dan pendidikan. Lantas, apa saja karya dari Sunan Gresik tersebut? Berikut beberapa karya peninggalan Sunan Gresik adalah dibawah ini.

Hasil Karya Kesenian Sunan Gresik


Sunan Gresik meninggalan beberapa karya pada bidang kesenian. Beberapa karya maulana malik ibrahim pada bidang kesenian sudah dikenal secara umum oleh masyarakat luas. Dibawah ini beberapa hasil kesenian karya Sunan Gresik adalah sebagai berikut.
  • Pertama, hasil karya sunan gresik adalah tembang Suluk
  • Kedua, karya sunan gresik adalah salah satu karya dari sunan maulana malik ibrahim dalam bidang kesenian adalah Gundul-gundul pacul. Salah satu karya yang masih terkenal hingga sekarang.
  • Dan sebagainya.
Nah, bagaimana mengenai karya Sunan Gresik? Tentunya kalian mengetahui bukan mengenai karya sunan maulana malik ibrahim pada bidang kesenian tersebut?

Hasil Karya Pendidikan Sunan Gresik


Terakhir, hasil karya Pendidikan Sunan Gresik adalah sebuah pondok pesantren dan masjid sebagai tempat belajar dan menyebarkan agama Islam. Pondok Pesantren tersebut terletak di Leran, Gresik, Jawa Timur. Nah, itulah apa peninggalan sunan gresik di bidang pendidikan umat Islam.

Nah, itulah beberapa karya karya Sunan Gresik. Selanjutnya mengenai karomah Sunan Gresik.

Karomah Sunan Gresik


Beberapa karomah Sunan Gresik adalah sebagai berikut ini. 
  • Menurun hujan lebat. Pada saat itu, terjadi musim kemarau yang berkepanjangan di suatu daerah. Pada saat sunan gresik melintas, beliau melihat banyak orang yang berkumpul untuk melaksanakan suatu upacara agar diturunkannya hujan. Lantas, Sunan Gresik memberhentikan acara tersebut dan Sunan Gresik bersama para santrinya langsung shalat istiqa atau shalat minta hujan. Seketika setelah selesai Shalat, cuaca menjadi mendung dan akhirnya turun hujan. Masyarakat tersebut bersorak sorai senang gembira dan akhirnya mereka memutuskan untuk masuk islam.
  • Dapat mengubah beras menjadi pasir. Suatu waktu ketika Sunan Gresik bertamu kepada salah satu muridnya. Datanglah seorang pengemis untuk meminta beras yang dimiliki tersebut, karena murid tersebut memiliki banyak sekali beras sampai ber ton ton, Namun, murid tersebut menolaknya dan berkata bahwasannya itu pasir bukan beras. Setelah itu, Sunan Gresik pun berdoa kepada Allah, seketika beras tersebut berubah menjadi pasir. Tiba tiba pembatu murid saudagar kaya tersebut berteriak lantaran beras nya berubah menjadi pasir, alhasil murid saudagar kaya tersebut menangis dan meminta maaf serta ampunan. Diapun berjanji akan berubah. Akhirnya, Sunan Gresik berdoa kembali kepada Allah SWT dan kembali lagi pasir tersebut menjadi beras.
  • Doa Doa yang diucapkan oleh Sunan Gresik mujarab.

Peninggalan-Peninggalan Sunan Gresik


Sunan Gresik meninggalkan beberapa peninggalan sebelum beliau wafat. Beberapa peninggalan maulana malik ibrahim atau Sunan Gresik tersebut mungkin kalian juga sudah mengetahuinya loh.

Beberapa karya atau peninggalan Sunan Gresik adalah sebagai berikut ini.

Gambar Masjid Pesucinan
Gambar Masjid Pesucinan: Salah satu gambar peninggalan sunan gresik

Masjid Pesucinan Gresik sebagai masjid tertua di Pulau Jawa


Peninggalan fisik sunan gresik yang paling terkenal adalah Masjid Pesucinan.

Masjid Pesucinan ini merupakan masjid sunan gresik dan dicatat sebagai masjid tertua dikarenakan daerah pertama kali yang di singgahi merupakan desa Sembolo pada tahun 1389 masehi yang berada dalam kekuasaan kerajaan majapahit, yang sekarang berubah menjadi desa Leran, sembilan kilometer dari pusat Kota Gresik. Selain itu, masjid pesucinan adalah peninggalan sunan gresik di bidang seni pendidikan.

Di sisi utara masjid Pesucinan sampai kini masih ditemukan bebatuan arsenik peninggalan masa kejayaan Masjid Pesucinan. Bahkan, ada satu batu besar yang tepat di depan pagar Masjid sisi timur, yang dipercaya dahulu merupakan bekas batu tempat berlabuhnya kapal.

Nah, selain masjid pesucinan yang terkenal. Disekitar masjid tersebut terdapat batu arsenik. Batu arsenik raksasa peninggalan sunan gresik terletak di sekeliling masjid pesucinan Gresik Jawa Timur. Nah, itulah masjid peninggalan sunan gresik dimana merupakan salah satu dari apa peninggalan sunan gresik dalam bidang pendidikan.

Nah, itulah masjid pasucian adalah peninggalan sunan gresik di bidang seni pendidikan dan arsitektur. Selanjutnya, bukti peninggalan sunan gresik selanjutnya adalah air sumur sebagai air penyembuhan.

Air sumur sebagai air penyembuhan


Air Sumur yang terdapat di dalam Masjid Pesucinan menjadi sebuah air ajaib yang dipercaya oleh para Pakar Spiritual sebagai air yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Uniknya, sumber air dalam sumur ini sangat besar dan rasanya tawar, tidak seperti sumur di wilayah desa ini yang semua terasa asin.

Nah, itulah beberapa contoh peninggalan sunan maulana malik ibrahim atau Sunan Gresik. Semoga bermanfaat.

Wafat Sunan Gresik Dan Dimakamkannya


Tanggal wafat Sunan Gresik adalah pada 7 April 1419 di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Makam Sunan Gresik terletak di Desa Gapurosukolilo, Kota Gresik, Jawa Timur. Dibawah ini gambar makan sunan gresik.

Gambar Makam Sunan Gresik
Gambar Makam Sunan Gresik

Nah, itulah mengenai Sunan Gresik Biografi Lengkapnya. Dimana sunan gresik adalah sunan yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa bersama dengan walisongo. Semoga dapat menambah pengetahuan sobat mengenai Sunan Gresik.

Baca artikel lainnya hanya di Blog Pelajaran Sekolah.

Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung